Selasa, November 29, 2022

6 Vitamin untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah sehat bersinar? Setiap wanita mendambakan memiliki kulit idaman tersebut agar dapat tampil cantik maksimal. Untuk mencapai kulit idaman tersebut maka Anda memerlukan nutrisi, perawatan, dan vitamin untuk kulit wajah yang tepat.

Seperti yang umum diketahui, vitamin memang berperan penting dalam menunjang kesehatan tubuh, termasuk kulit. Ada berbagai jenis vitamin yang hadir dengan fungsinya masing-masing sebagai berikut:

  • Melawan infeksi
  • Menjaga kesehatan syaraf-syaraf di tubuh kita
  • Meremajakan kulit.

Mari kita ulas beberapa mineral dan vitamin untuk kulit berjerawat dan vitamin untuk kulit yang berperan besar bagi kesehatan kulit berikut ini.

Pentingnya Memiliki Kulit Sehat

Photo by Unsplash

Sebelum membahas jenis-jenis vitamin untuk kulit wajah, ada baiknya Anda memahami mengapa kesehatan kulit penting bagi kita. Pasalnya, kulit memiliki peran penting dalam melindungi terhadap berbagai bahaya dari luar, termasuk polusi, radikal bebas dan cuaca.

Itulah sebabnya penting bagi untuk terus melakukan yang terbaik agar kulit Anda tetap sehat. Mengonsumsi makanan dengan kandungan berbagai vitamin adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar kulit kita sehat.

Tanda-Tanda Kulit Tidak Sehat

Manfaat maksimal dapat Anda rasakan ketika ketika kulit Anda sehat. Ini sebabnya, penting bagi Anda untuk mengonsumsi vitamin untuk kulit berjerawat, saat kulit sedang ditumbuhi jerawat. Atau, nutrisi untuk melembapkan, ketika kulit sedang terasa kering.

Berikut tanda-tanda kulit tidak sehat akibat kekurangan vitamin untuk kulit berjerawat atau jenis kulit lainnya:

  • Tekstur kulit tidak merata
  • Terdapat noda atau bercak hitam karena adanya hiperpigmentasi
  • Kulit kering dan pecah-pecah
  • Terdapat tanda-tanda penuaan dini
  • Lingkaran hitam di area mata
  • Kulit berjerawat
  • Warna kulit wajah yang tidak merata

Vitamin untuk Kesehatan Kulit Wajah Anda

Photo by Pixabay 

Setelah mengetahui arti penting memiliki kulit sehat dan tanda kulit tidak sehat di atas, maka Anda perlu mengenal jenis vitamin untuk kulit wajah berikut.

1. Vitamin A

Perhatikan produk kosmetik dan perawatan wajah maka hampir semuanya mengandung vitamin A. Pasalnya, vitamin A merupakan suplemen penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, tidak merata dan terasa gatal. Kandungan antioksidan pada vitamin A cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A adalah vitamin untuk kulit berjerawat karena memiliki retinoid yang dapat memperbaiki sel kulit. Kandungan antiradang di dalamnya juga baik untuk membantu masalah kulit berjerawat, karena dapat mengurangi radang akibat jerawat.

Vitamin A juga baik untuk dijadikan sebagai anti-aging karena berperan besar dalam pembentukan kolagen. Selain itu vitamin A juga dapat membantu mencegah serta mengurangi terjadinya kerusakan pada kulit karena terpapar sinar matahari.

Alhasil, vitamin untuk kulit wajah ini baik bagi Anda yang bekerja di luar ruangan. Karena kebutuhan vitamin A bagi orang dewasa adalah 600 mikrogram per hari, maka pastikan Anda memenuhi kebutuhan tersebut untuk hasil terbaik.

Berikut contoh makanan yang mengandung vitamin untuk kulit berjerawat ini:

BuahSayurLain-lain
JerukSayuran berwarna kuningTelur
Sayuran hijauSereal
Minyak ikan Cod
Susu

2. Vitamin B

Ada beberapa jenis vitamin B sehingga Anda memerlukan vitamin B kompleks untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Berikut beberapa jenis vitamin untuk kulit wajah ini:

  • Vitamin B2 (Riboflavin)

Selain sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, sistem saraf dan mata. Anda juga memerlukan Riboflavin agar tetap sehat.

  • Vitamin B3 (Niacin)

Niacin sangat sesuai menjadi vitamin kulit untuk usia 30 tahun ke atas karena berpotensi mengurangi proses penuaan dini, mengurangi kemerahan serta hiperpigmentasi di kulit wajah.

  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Vitamin B5 mampu menghidrasi kulit, mencegah garis halus di wajah dan memperbaiki lapisan luar kulit sehingga harus Anda konsumsi secara tepat. Selain itu, vitamin ini juga dapat mengurangi rasa capek dan lelah.

Pantothenic Acid memiliki peran penting dalam menjaga kulit tetap sehat dan kencang sehingga wajib untuk Anda masukkan dalam menu harian dan diet Anda.

  • Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin untuk kulit berjerawat ini penting bagi kulit tubuh karena dapat melawan masalah pada kulit seperti ruam pada kulit.

  • Vitamin B12 (Cobalamin)

Cobalamin juga merupakan vitamin untuk kulit berjerawat yang memiliki peran paling efektif terhadap kulit kita. Pasalnya, jenis ini dapat membantu mengatasi masalah kulit kering, jerawat, pigmentasi, kulit mengelupas, hingga gatal-gatal.

Contoh makanan yang mengandung vitamin untuk kulit berjerawat ini sebagai berikut:

BuahSayurLain-lain
AlpukatBrokoliTelur
JerukKol (kobis)Susu
ManggaBuncisIkan
PisangKacang-kacanganDaging

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat populer digunakan di berbagai produk kecantikan karena dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Beberapa masalah kulit yang dapat Anda lawan dengan vitamin untuk kulit berjerawat yaitu noda hitam, garis-garis halus, hiperpigmentasi kulit, dan jerawat.

Sama seperti vitamin A, Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen. Seiring dengan bertambahnya usia maka produksi kolagen Anda akan menurun sehingga kulit berkurang elastisitasnya dan muncul garis-garis halus.

Vitamin C dapat membantu Anda mengurangi masalah ini sehingga kulit wajah Anda tetap sehat. Vitamin C juga dapat membantu mencegah pigmentasi karena dapat menghambat terbentuknya enzyme tyrosinase yang berperan dalam produksi melanin di kulit.

Selain itu, kandungan dalam vitamin untuk kulit wajah ini juga dapat mengurangi kerusakan sel tubuh sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan. Kebutuhan harian vitamin C bagi pria adalah 90 mg sedangkan untuk wanita sebesar 75 mg.

Fungsi vitamin C antara lain sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi dan mencegah kulit kering
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengurangi garis halus dan kerutan di wajah
  • Melindungi kulit dari radikal bebas
  • Menyamarkan noda dan warna kulit yang tidak merata

Berikut contoh makanan yang mengandung vitamin C:

BuahSayurLain-lain
JerukBrokoli
LemonKecambah
PepayaBunga kol
StrawberryPaprika

4. Vitamin D

Vitamin D penting bagi kulit karena ini dapat membantu mengurangi kulit rusak akibat paparan sinar UV. Keratinosit pada vitamin untuk kulit wajah yang satu ini dapat membantu pembentukan lapisan luar kulit sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai vitamin untuk kulit wajah kusam.

Berapa makanan yang mengandung vitamin D antara lain:

BuahSayurLain-lain
PisangKacang-kacanganTelur
ManggaBrokoliSusu
KiwiKecambahSereal
Jambu BijiBunga kolIkan salmon
JerukPaprika

5. Vitamin E

Vitamin E juga kaya akan antioksidan sehingga mampu mempertahankan kulit kita agar tetap sehat. Ketika Anda mengaplikasikan vitamin E ke kulit wajah Anda maka kerusakan kulit akibat paparan sinar surya dapat berkurang.

Selain itu vitamin untuk kulit wajah ini juga membantu menghidrasi kulit kita sehingga terhindar dari iritasi dan kulit kering. Tubuh umumnya memproduksi vitamin ini secara alami, jadi pastikan Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Berikut beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin untuk kulit wajah ini:

BuahSayurLain-lain
AlpukatPaprika merahIkan salmon
ManggaBiji bunga matahariMinyak almond
KiwiBayamKerang abalone
Jambu BijiBunga kolIkan salmon

6. Vitamin K

Vitamin K sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit karena sudah dibuktikan selama lebih dari 50 tahun penggunaannya dalam dermatologi. Vitamin untuk kulit wajah ini dapat membantu menjaga sel kulit dari oxidative stress akibat radikal bebas, sehingga mencegah penuaan dini dan keriput di wajah.

Selain itu vitamin ini juga bermanfaat untuk mengurangi noda dan kondisi kulit wajah yang tidak merata. Konsumsi vitamin K sebesar 65 mikrogram per hari untuk kaum pria dan 55 mikrogram bagi wanita agar manfaat dari vitamin untuk kulit wajah dapat maksimal .

Contoh makanan yang mengandung vitamin K sebagai berikut:

BuahSayurLain-lain
AnggurBrokoliTelur
BlueberryKecambahIkan
AlpukatBayamSereal
Bunga kol
Tomat

Mineral untuk Kesehatan Kulit

Selain vitamin untuk kulit wajah di atas, tubuh juga membutuhkan berbagai mineral penting agar terjaga kesehatannya. Berikut beberapa mineral penting yang memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan kulit kita:

1. Yodium

Yodium merupakan mineral yang penting bagi kulit karena berperan besar dalam proses pembentukan hormon tiroid yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh dan pembentukan sel baru.

Kekurangan mineral yang satu ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah, sehingga Anda harus memasukkannya dalam menu Anda.

Berikut beberapa makanan yang mengandung yodium:

BuahSayurLain-lain
Buah plumRumput lautTelur
ApelKacang polongIkan
PisangJagungSusu
KentangDaging ayam dan daging sapi

2. Selenium

Selenium merupakan mineral yang membantu vitamin C bekerja dengan baik dalam melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari sehingga penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, mineral ini juga berperan besar dalam menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah rusaknya sel kulit kita.

Jika Anda ingin mencegah penuaan dini dan terhindar dari kanker kulit, maka mengonsumsi selenium dapat menjadi solusi Anda. Namun, Anda harus waspada karena mengonsumsi selenium secara berlebihan dapat menimbulkan keracunan.

Gejala yang ditunjukkan jika mengalami keracunan selenium antara lain mual, muntah, pusing, nyeri pada otot dan rambut rontok.

Contoh makanan yang mengandung selenium sebagai berikut:

BuahSayurLain-lain
Biji bunga matahariIkan tuna
Jamur shitakeTiram
Ayam
Telur
Ikan sarden

3. Zinc (Seng)

Selain kedua mineral di atas, seng juga penting dalam menjaga kesehatan kulit kita karena memiliki berbagai fungsi penting. Berikut beberapa fungsi penting seng bagi kesehatan kulit Anda:

  • Menjaga kulit agar tidak rusak karena paparan sinar UV
  • Mempercepat kesembuhan luka pada kulit
  • Merupakan antioksidan sehingga penting bagi tubuh dan kulit

 Contoh makanan yang mengandung seng sebagai berikut:

BuahSayurLain-lain
PisangKacang polongTiram
AlpukatKedelaiLobster
Yogurt
Cokelat hitam
Daging ayam

Kesimpulan

Kini Anda mulai memahami bahwa ada banyak jenis mineral dan vitamin untuk kulit wajah sehingga perlu Anda maksimalkan fungsinya. Alhasil, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin di atas dengan porsi seimbang, maka kulit idaman yang sehat dapat tercapai.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung mineral dan vitamin untuk kulit wajah, Anda juga dapat menggunakan berbagai produk perawatan kulit seperti masker dan krim wajah. Namun, Anda juga perlu berolahraga secara rutin, memiliki pola makan sehat serta istirahat yang cukup agar dapat memiliki kulit sehat.

Jadi, pastikan bahwa vitamin untuk kulit wajah di atas ada di menu harian Anda agar kesehatan kulit Anda selalu terjaga ya.

Baca Juga: 7 Manfaat Glutathione bagi kesehatan tubuh – QNET Indonesia

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini