Senin, Agustus 8, 2022

9 Tips Sukses Bekerja dari Rumah dan Menghasilkan Uang

Sukses kerja dari rumah di era digital seperti ini hampir bisa dicapai oleh banyak orang, termasuk Anda. Khususnya, jika Anda menerapkan tips sukses bekerja dari rumah dan memiliki perlengkapan sekaligus peralatan yang proper untuk menunjang kebutuhan kerja.

Akan tetapi, tidak menampik juga bahwa banyak pekerja remote yang ternyata belum sukses, walau hitungannya sudah menekuni pekerjaan selama bertahun-tahun. Ada banyak faktor yang menyebabkan belum suksesnya pekerja remote.

Misalnya saja ada banyak distraksi dengan pekerjaan lain, jadwal kerja yang berantakan sehingga akhirnya produktivitas terganggu, rasa malas yang lebih tinggi daripada semangat bekerja karena tidak adanya yang mengawasi, gawai untuk bekerja rusak, dan masih banyak lainnya.

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa hal terkait tips sukses bekerja dari rumah agar sukses yang bisa Anda terapkan. Tips ini akan membantu Anda agar tidak mudah terjebak dengan yang namanya faktor penyebab belum suksesnya pekerja remote seperti yang telah kami paparkan di atas.

Tips Sukses Bekerja dari Rumah

Tips sukses bekerja dari rumah-QNET

Photo by Chris Montgomery on Unsplash

Sistem kerja remote memang bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi Anda bisa bekerja secara lebih efisien. Namun, pada hal lain justru membuat Anda tidak produktif.

Pilihan ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin terlena dengan semua permasalahan pekerja remote atau justru ingin terus memacu diri untuk produktif dan sukses kerja dari rumah walau permasalahan selalu menghampiri.

Mengenai pilihan ingin memacu diri untuk produktif dan sukses kerja dari rumah, berikut beberapa tips sukses kerja di rumah yang bisa Anda terapkan:

1.  Mempersiapkan Diri Seolah-Olah Anda Bekerja di Kantor

Bukan hanya pekerja kantoran saja yang harus mempersiapkan diri sebelum berangkat bekerja. Mulai dari olahraga, sarapan, mandi, dan tampil dengan pakaian menarik. Anda pun juga bisa menerapkan hal ini ketika ingin sukses kerja dari rumah.

Manfaat mempersiapkan diri seolah-olah Anda bekerja di kantor tentu banyak. Misalnya saja, Anda akan semakin termotivasi untuk bekerja, tubuh semakin rileks untuk siap bekerja, dan lainnya. Sehingga, produktivitas kerja pun akan tetap terjaga.

2.  Mendesain Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Tempat kerja yang nyaman bisa menunjang produktivitas. Namun, juga bisa menjebak Anda untuk bermalas-malasan. Misalnya saja, bekerja di atas kasur memang nyaman, tetapi tidak jarang tarikan gravitasi kasur untuk merebahkan badan justru lebih kuat.

Tips sukses kerja di rumah untuk hal ini adalah Anda perlu mendesain tempat kerja yang nyaman untuk menunjang produktivitas kerja. Misalnya saja memanfaatkan ruangan yang jauh dari kasur dan mendesainnya senyaman mungkin. Anda bisa menambahkan meja dan kursi yang nyaman untuk bekerja.

3.  Membuat Jadwal Kerja dan Mematuhinya

Membuat-Jadwal Kerja dan Mematuhinya-QNET

Photo by Nelly Antoniadou on Unsplash

Salah satu privilege orang yang bekerja dari rumah biasanya memiliki fleksibilitas waktu kerja. Anda bisa membuat jadwal kerja sesuai dengan waktu puncak Anda bekerja dan komitmen untuk mematuhinya.

Misalnya saja, Anda memilih jam kerja mulai dari jam 6 pagi hingga 12 siang. Kemudian, lanjut kerja jam 7 malam hingga 9 malam.

Dengan pembuatan jadwal kerja seperti ini, kegiatan Anda akan lebih terstruktur dan memiliki ritme work life balance. Anda bisa bekerja dengan proporsi waktu yang pas dan tahu kapan waktunya bekerja, kapan waktunya istirahat, dan kapan waktunya mengurus kegiatan rumah.

4.  Melengkapi Perlengkapan dan Peralatan Kerja

Di samping memiliki privilege jam kerja yang fleksibel, seorang pekerja remote harus menyiapkan segala perlengkapan dan peralatan kerjanya sendiri. Jika ingin sukses kerja dari rumah, Anda bisa mengkondisikan perlengkapan dan peralatan kerja selengkap mungkin dan mudah Anda jangkau.

Misalnya saja, menggunakan stabilizer agar PC Anda mendapat daya yang stabil, menggunakan cooler agar PC Anda tidak overheat karena pemakaian yang lama, menyiapkan notebook untuk mencatat hal-hal yang perlu Anda catat, dan masih banyak lainnya. Itu semua tergantung dari kebutuhan kerja Anda.

5.  Meminta Orang Rumah Agar Memahami Kondisi Anda

Salah satu distraksi besar yang menghambat seseorang bisa sukses kerja dari rumah adalah anggota keluarga sendiri. Terkadang anggota keluarga Anda menganggap Anda memiliki banyak waktu luang, sehingga bisa leluasa untuk mengajak Anda ngobrol atau melakukan kegiatan lainnya yang bisa didelegasikan.

Jika hal seperti ini terus Anda normalisasi dan biarkan begitu saja, produktivitas kerja Anda akan terganggu. Sementara, jam kerja terus melaju.

Anda bisa mengkomunikasikan kepada anggota keluarga kapan waktunya Anda bekerja dan tidak bekerja, serta meminta anggota keluarga untuk memahami kondisi Anda sebagai pekerja remote.

6. Fokus dan Menjauhkan Diri Dari Aktivitas Mengganggu Lainnya

Tips sukses bekerja dari rumah selanjutnya adalah fokus dan menjauhkan diri dari aktivitas mengganggu lainnya. Pasalnya, banyak pekerja remote yang merasa tidak fokus bekerja. Terlebih saat ada gangguan kecil yang terus-menerus Anda tanggapi.

Biasanya, gangguan kecil yang mengganggu fokus kerja adalah bermain sosmed. Tidak sadar memang, saat Anda scroll media sosial yang niatnya hanya 10 menit, karena keasyikan Anda justru bisa menghabiskan waktu 1 jam sekali duduk.

Anda bisa menonaktifkan sosial media yang menurut Anda bisa menghambat sukses kerja dari rumah. Namun, jika Anda bisa berkomitmen untuk menggunakan sosial media 10 menit misalnya dan itu bisa meningkatkan produktivitas Anda, tidak masalah Anda mengaktifkannya.

7. Menjaga Komunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja

Tidak hanya mengkomunikasikan kondisi Anda dengan anggota keluarga, Anda pun juga harus mengkomunikasikan kondisi Anda dengan rekan kerja. Menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja bisa memperlancar aktivitas kerja dan tidak membuat Anda dan rekan kerja merasa terisolasi dengan pekerjaan remote.

Misalnya saja, Anda bisa menginformasikan update project secara berkala, Anda bisa mengemukakan ide untuk dapat diimplementasikan terhadap pekerjaan, Anda bisa menunjukkan rasa empati dan dukungan jika rekan kerja Anda sedang mengalami masalah, dan Anda bisa membangun personal connection yang baik.

8. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Apapun pekerjaan Anda dan di mana pun Anda bekerja, seharusnya pola hidup sehat tidak boleh Anda abaikan. Bekerja dari rumah rata-rata membuat diri ini mengabaikan untuk menerapkan pola hidup sehat. Misalnya saja, terlalu sering makan, enggan untuk berolahraga, dan lupa untuk minum air putih yang cukup.

Padahal, tips sukses kerja dirumah yang satu ini sangat efektif untuk mengantarkan Anda ke kesuksesan yang sesungguhnya. Jika Anda sehat, maka Anda akan semangat untuk bekerja. Dengan begitu, uang akan datang menghampiri Anda.

Tidak masalah jika Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli buah, sayur, hingga suplemen kesehatan. Selama hal itu bisa membuat Anda berkomitmen agar tetap sehat untuk bekerja, maka hasil yang Anda dapat pun bisa berkali lipat dari yang Anda keluarkan.

9. Jangan Lupa untuk Mengawali Hari dan Menutup Hari Dengan Berdoa

Satu tips sukses kerja dirumah yang tidak boleh Anda lupakan adalah doa. Berdoalah sebelum mengawali pekerjaan agar selama prosesnya Anda selalu mendapat pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

Serta, berdoalah setelah bekerja agar hati Anda bisa lebih tenang karena sudah berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja di hari itu.

Sebenarnya, doa bukan senjata akhir untuk Anda bisa sukses kerja dari rumah. Melainkan, doa harus menjadi senjata utama untuk Anda bisa sukses kerja dari rumah.

Itu dia 9 tips sukses kerja di rumah yang bisa Anda terapkan. Dengan niat tulus dan menerapkan tips bekerja dari rumah ini, maka semoga Anda bisa benar-benar sukses kerja dari rumah dan menghasilkan banyak rupiah. Segala hambatan yang menghampiri, semoga bisa Anda selesaikan dengan baik.

10. Bagaimana dengan Ibu Rumah Tangga yang Harus Bekerja Rremote?

Seorang ibu rumah tangga sejatinya tidak wajib mencari nafkah. Namun, jika ada tuntutan untuk bekerja dari rumah atau memang memiliki keinginan untuk bekerja dari rumah, maka selain menerapkan tips sukses bekerja dari rumah seperti yang telah kami paparkan, Anda harus tetap memprioritaskan keluarga.

Tantangan seperti ini seringkali membuat Anda merasa sulit untuk bisa sukses kerja dari rumah. Sebab, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga saja cukup menyita waktu, apalagi jika harus menjalani dua peran sekaligus.

Anda harus mengurus keluarga, rumah, bahkan pekerjaan baik itu bekerja di suatu perusahaan dengan sistem remote atau memiliki bisnis online sendiri.

11. Rekomendasi Bisnis Online yang Praktis dan Bisa Mendulang Kesuksesan

Berbicara mengenai bisnis online, ada bisnis online yang cukup praktis untuk Anda tekuni, tanpa perlu produksi sendiri. Termasuk untuk ibu rumah tangga yang memiliki peran ganda, yakni sebagai ibu rumah tangga dan juga penghasil rupiah. Anda bisa berbisnis dengan QNET.

Bisnis QNET adalah bisnis dengan sistem penjualan langsung atau direct selling. Dimana, para direct seller langsung menjual produk milik perusahaan kepada konsumen tanpa melalui perantara pihak ketiga. Umumnya, direct seller ini adalah distributor atau perwalian resmi yang bergabung dengan bisnis QNET.

Anda bisa menjadi direct seller dari bisnis QNET itu sendiri dan melakukan promosi sekaligus penjualan langsung kepada konsumen.

Sistem bisnis seperti ini juga sangat menguntungkan untuk Anda yang tengah membangun bisnis, namun terkendala biaya. Sebab, membangun bisnis baru rata-rata membutuhkan biaya dan itu jumlahnya tidak sedikit.

Sementara itu, dengan bergabung di bisnis QNET, fokus Anda lebih kepada penjualan. Kunci dari kesuksesan membangun bisnis tidak semata-mata karena produknya, tetapi karena jago tidaknya Anda menjual produk tersebut.

Dengan bisnis ini, Anda bisa langsung melakukan promosi dan penjualan kepada konsumen, tanpa perlu memikirkan proses produksinya.

Menariknya lagi, di zaman digital seperti ini, bisnis ini bisa Anda lakukan secara online tanpa harus melakukan promosi door to door ke rumah pasar tertarget. Jadi, Anda bisa bekerja dari rumah dan sukses kerja dari rumah mendulang banyak rupiah.

Namun, satu hal yang juga tidak boleh Anda abaikan untuk bisa sukses kerja dari rumah adalah menerapkan tips sukses kerja di rumah seperti yang telah kami paparkan dalam tulisan ini. Tips bekerja dari rumah ini sangat efektif jika Anda bisa berkomitmen menerapkannya. Semoga Anda berhasil!

Baca Selengkapnya: Peluang Kewirausahaan Online Saat di Rumah

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini