Penjualan langsung atau direct selling merupakan metode penjualan yang tidak perlu adanya perantara Tentunya hal ini tidak mudah karena berbeda konsumen berbeda pula sikap dan respon yang mungkin diberikan.

Lantas, bagaimana bisa mencapai kesuksesan di penjualan langsung? Apakah ada tips tertentu atau penjualan langsung ya hanya berjualan saja?

Apa Itu Direct Sales atau Penjualan Langsung?

Sebelum masuk ke tips bagaimana sih supaya sukses mempraktekan penjualan langsung? Mari kita bahas dahulu mengenai apa itu direct sales supaya Anda benar-benar paham.

Memanfaatkan jaringan dan face to face atau bisa juga memakai media digital, seperti email, sosial media dan aplikasi pesan.

Siapa Saja yang Terlibat dalam Penjualan Langsung?

Selanjutnya, ia menjual produk yang ia pilih langsung kepada konsumen tanpa ada perantara lain.

Sistem ini tentu sangat menguntungkan bagi penjual karena bisa mendapatkan komisi langsung dari hasil produk terjual.

Keuntungan Menggunakan Strategi Marketing Penjualan Langsung

Penjualan langsung memiliki banyak kelebihan yang membuat para pengusaha melirik strategi penjualan satu ini. Apa saja kelebihan yang bisa Anda dapatkan bila menerapkan penjualan langsung?

  • Tidak perlu melakukan promosi berlebihan karena independent representative yang nantinya akan mempromosikan produk
  • Menghemat biaya promosi karena sesuai poin pertama, independent representative sudah melakukan promosi

Poin diatas merupakan keuntungan bagi perusahaan. Sedangkan, bagi independent representative sendiri keuntungannya yaitu :

  • Tidak perlu menyiapkan modal besar karena produk dari perusahaan
  • Bisa menentukan sendiri jam kerja yang Anda inginkan tidak seperti pekerja kantoran
  • Partner kerja bukan perusahaan yang menentukan, tapi Anda sendiri yang memilih bila menginginkan partner
  • Kualifikasi pendidikan dan pendidikan bukan yang utama

Semua kelebihan dari penerapan sistem penjualan langsung bisa siapa saja rasakan asal menerapkannya dengan benar. Pertanyaanya, bagaimana menerapkan penjualan langsung dengan benar?

Penasaran ingin tahu bagaimana tips beserta langkah-langkah yang bisa Anda coba? Silahkan saja langsung simak tips-tipsnya di bawah ini :

1. Gunakan Waktu Kerja dengan Maksimal

Penjualan langsung membutuhkan waktu lebih lama dari pada penjualan biasa. Ini karena ada interaksi yang harus penjual bangun dan bagaimana meyakinkan konsumen agar mau membeli. Proses ini tidak bisa begitu saja dipercepat, karena setiap pembeli berbeda.

Untuk itu, sebelum memulai pikirkan bagaimana bisa menggunakan waktu kerja dengan maksimal. Seperti misalnya harus door to door atau telemarketing, siapa dulu yang harus Anda hubungi, dan apa yang harus Anda lakukan bila gagal.

2. Buat Banyak Jaringan

Baik itu Anda bekerja pada perusahaan atau berusaha sendiri dari nol, jaringan itu penting. Jaringan ini nantinya yang akan memasarkan produk, jadi memiliki banyak jaringan akan menguntungkan.

Apabila bekerja pada perusahaan, biasanya jaringan sudah terbentuk dan Anda tinggal jalan saja. Akan tetapi, apabila sendiri bagaimana cara membentuk jaringan ini? Apa bisa sukses memulai penjualan langsung dari nol?

Jawabannya bisa kok, Anda bisa sukses memulai bisnis ini dari nol. Cara jadi orang sukses dari nol dengan strategi penjualan langsung bukan hal yang sulit, seperti apa?

  1. Pikirkan apa jenis produk yang mau Anda jual dan pilih yang kamu suka
  2. Bisa menjelaskan produk dengan baik
  3. Berapa modal yang akan Anda butuhkan?
  4. Percaya diri, poin pertama adalah percaya diri. Untuk bisa berkomunikasi agar orang mau ikut menjualkan produk yang pertama Anda harus percaya diri.
  5. Berani mengambil resiko, saat menawarkan produk resiko ditolak tentu ada. Jangan berkecil hati apabila ada penolakan, daripada sedih mending langsung cari lagi siapa yang bisa.
  6. Jaga komunikasi dengan konsumen

Untuk langkah awal, langkah-langkah menjadi pengusaha sukses dari nol bisa mengikuti cara di atas. Poin pertama yaitu menentukan produk yang akan Anda jual sangat penting. Ini karena nantinya bagaimana gaya bahasa yang akan Anda gunakan pastinya juga harus menyesuaikan produk.

3. Kenali Produk yang akan Anda Jual dengan Baik

Lucu apabila Anda kurang tahu seluk-beluk produk yang Anda jual bukan? Apabila sebagai pembeli dan penjual ketika Anda bertanya jawabannya tidak memuaskan juga pasti kesal, setuju?

Maka dari itu, sebagai penjual Anda harus memahami produk dengan baik. Bukan cuma dari deskripsi yang ada, akan tetapi bagaimana produk digunakan serta perawatanya juga. Apabila Anda terlihat terpercaya, orang yang ingin beli juga jadi tertarik dan percaya bukan?

Jadi, pahami peraturan, sistem atau SOP yang berlaku dengan baik supaya tidak salah langkah.

4. Cari Tahu Mengenai Target Pasar

Ketika Anda sudah punya produknya, lantas apa yang harus Anda lakukan? Hal yang harus Anda lakukan sebelum benar-benar memasarkan produk adalah ketahui dulu target pasarnya.

Ketahui dulu produk yang Anda pilih dari perusahaan itu siapa yang biasanya membeli? Bagaimana cara pendekatan kepada konsumen?

Hal seperti ini penting untuk menyusun strategi Anda dan bagaimana mengarahkan konsumen agar beli.

5. Buat Target Penjualan dan Bagaimana Rencana Realisasinya

Menentukan target penjualan penting agar Anda tahu seberapa banyak produk yang harus terjual agar tidak gulung tikar. Target penjualan ini bisa Anda tentukan tiap harian, minggu, atau bahkan bulan tergantung kesepakatan.

Mengenai rencana realisasi, adalah langkah yang Anda ambil agar target tercapai. Misalnya apabila memiliki target penjualan mingguan, lantas berapa banyak yang perlu dijual dalam satu hari? Kemudian, apabila target harian gagal apa rencana cadangan untuk mengatasi masalah penjualan tersebut

Untuk masalah solusi, akan sulit kalau pemecahannya baru terpikirkan saat itu. Akan lebih baik, Anda memikirkan sebelumnya masalah yang mungkin terjadi dan apa saja opsi solusinya. Dengan begini, tindakan cepat bisa terlaksana dan terhindar dari kerugian.

6. Sosial Media juga Aspek yang Penting

Sosial media bisa menjadi salah satu cara untuk tetap berhubungan dengan konsumen. Selain itu, sosial media juga bisa sekalian untuk memperluas pasar agar semakin banyak yang tahu tentang produk.

Membangun halaman sosial media yang terlihat profesional juga bisa meningkatkan penjualan. Bagaimana caranya membagun rasa percaya pada brand melalui sosial media?

Cara untuk membagun rasa percaya pada brand melalui sosial media adalah dengan :

  • Produk sesuai dengan yang Anda iklankan
  • Menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat dan tepat
  • Membuat iklan yang jujur dan menarik
  • Bagikan konten yang bermanfaat
  • Ajak konsumen untuk berinteraksi
  • Menampilkan review positif
  • Konsisten dengan apa yang Anda tunjukan

Dengan poin-poin di atas, Anda bisa menggunakan sosial media untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Oh ya, sosial media yang Anda miliki tidak perlu semuanya. Pilih sosial media dimana target pasar Anda paling aktif.

7. Tekun dan Konsisten Pada Tujuan Awal

Tekun dan konsisten dalam penjualan langsung sangat Anda perlukan. Hal ini karena sistem penjualan langsung meskipun menggiurkan tapi tidak mudah. Ada kalanya target penjualan tidak terpenuhi dan itu bukan hanya sehari saja.

Di masa mendatang, hal-hal seperti itu pastinya akan terus terjadi. Mak dari itu, jangan mudah menyerah dan tetap konsisten dengan semangat, serta usaha untuk berhasil. Ingat bagaimana Anda sangat bersemangat ketika memulai, pertahankan semangat tersebut.

Menurut Anda bagaimana tips-tips yang sudah disebutkan di atas? Termasuk tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang sudah disebutkan pada poin nomor 2 tadi? Apakah informasinya sudah cukup jelas?

Apabila Anda memilih untuk bergabung dengan perusahaan daripada berusaha merintis sendiri, caranya lebih mudah. Anda bisa bergabung dengan penjualan langsung QNET.

Apa itu Penjualan Langsung QNET?

QNET merupakan bisnis penjualan berbasis e-commerce. Sistem penjualan yang QNET terapkan menggunakan penjualan langsung. Anda tentu sudah membaca tips bagaimana bisa sukses di penjualan langsung pada informasi di atas bukan?

Apabila enggan untuk memulai usahanya sendiri, Anda bisa bergabung dengan QNET. Sistem kerja di QNET adalah dengan menjual atau mempromosikan produk-produk yang QNET miliki.

Untuk saat ini tersedia berbagai produk, mulai dari produk yang menunjang lifestyle, kesehatan, sampai kebugaran. Semua produk yang QNET miliki tentu kualitasnya tidak perlu Anda ragukan, pasti berkualitas dan aman.

sudah tersedia berbagai produk QNET yang bisa independent representative tawarkan secara langsung. Anda tidak perlu memikirkan masalah stok produk dan penyimpananya.

Gambaran mudahnya, platform ini mirip dengan meja kerja semua yang Anda butuhkan ada disana. Sangat dipermudah bukan bergabung bersama QNET dan bagaimana nantinya mulai berjualan karena sudah ada platformnya.

Jadi, bagi Anda yang tertarik memulai dan mencapai kesuksesan di penjualan langsung bisa bergabung bersama QNET. Semua prosesnya aman, sudah ada platform sendiri, dan produk yang ada juga beragam.

Baca Juga : 12 Cara Sukses di Bisnis Penjualan Langsung