Tips Penting Untuk Mengguncang Presentasi Bisnis Anda Berikutnya - QNET

Penjualan langsung QNET menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan sepanjang

masa. QNET yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu sudah sukses memasarkan produknya ke seluruh dunia.

Teknik penjualan langsung atau direct selling QNET menjadi pionir kemunculan perusahaan penjualan langsung di dunia. QNET membuktikan jika penjualan langsung lebih menguntungkan dan efisien dalam memasarkan sebuah produk.

Salah satu kunci sukses berjualan langsung adalah mampu memberikan presentasi yang memukau sehingga orang lain tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Membuat presentasi yang mengguncang dan menarik memang tidaklah mudah.

Agar Presentasi Bisnis QNET Anda Lancar dan Banyak yang Tertarik Anda Perlu Melakukan Beberapa Tips Berikut Ini :

Anda membutuhkan sedikit trik agar orang lain tertarik dengan presentasi bisnis yang Anda lakukan.

1. Memilih Tempat yang Tepat

1. Memilih Tempat yang Tepat

Tips yang pertama agar presentasi bisnis Anda berhasil adalah memilih tempat yang tepat. Tempat sangat berperan penting dalam keberhasilan sebuah presentasi. Untuk presentasi tidak perlu tempat yang mahal dan mewah, yang terpenting tempat itu nyaman dan tidak bising.

Agar presentasi Anda berhasil pastikan tempat yang Anda pilih minim suara-suara bising. Tempat yang seperti ini akan membuat Anda menjadi lebih nyaman presentasi dan audiens lebih fokus untuk mendengarkan.

Tidak hanya tenang, pastikan tempat yang Anda pilih juga luas atau setidaknya cukup dengan jumlah audiens yang Anda undang. Suasana yang tenang dan tempat yang luas akan membuat presentasi Anda maksimal.

Pada intinya pilih tempat yang tidak terlalu banyak gangguannya agar presentasi Anda berjalan lancar. Pilih juga tempat yang mudah untuk dijangkau oleh audiens maupun oleh Anda sendiri yang akan presentasi.

2. Datang Lebih Awal dari Jadwal Janji

Agar presentasi Anda berhasil dan mengguncang Anda juga perlu untuk datang lebih awal dari jadwal janji. Kedatangan Anda yang tepat waktu bahkan sebelum jadwal presentasi dimulai bisa menjadi nilai tambah pada Anda. Hal ini akan membuat audiens lebih percaya pada Anda.

Jika audiens sudah percaya dengan Anda bisa dipastikan jika presentasi Anda 90% akan diterima. Datang lebih awal dari jadwal juga bisa Anda manfaatkan untuk berlatih sebelum presentasi. Anda juga bisa melakukan pengecekan semua perlengkapan presentasi secara maksimal.

Supaya presentasi Anda lancar sebaiknya datang minimal 1 jam sebelum jadwalnya. Sebenarnya Anda bisa saja datang 30 menit sebelum acara, namun akan lebih baik jika datang jauh lebih awal. Persiapan Anda akan lebih maksimal daripada Anda datang dekat dengan waktu presentasi.

Hindari juga membuat audiens atau calon costumer Anda menunggu lama. Anda yang terlambat datang atau datang setelah audiens akan membuat nilai Anda berkurang di mata audiens.

3. Latihan Terlebih Dahulu Sebelum Melakukan Presentasi

Banyak yang mengatakan jika akan presentasi yang terpenting adalah sudah menguasai materi yang akan disampaikan. Jika memang Anda sudah menguasainya maka presentasi bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Pernyataan ini memang benar, setiap orang yang akan presentasi memang harus menguasai materinya. Namun tidak hanya menguasainya saja Anda juga harus bisa menyampaikannya dengan baik. Jika hanya menguasai tanpa bisa menyampaikannya maka presentasi Anda akan gagal.

Agar bisa menyampaikan materi presentasi dengan baik maka Anda perlu untuk berlatih terlebih dahulu. Latihan sebelum melakukan presentasi sangat penting. Dengan berlatih Anda bisa memastikan apakah Anda sudah menguasai materi dan bisa menyampaikannya.

Latihan bisa Anda lakukan jauh sebelum presentasi dilakukan. Lakukanlah latihan secara rutin agar presentasi Anda bagus dan bisa menarik audiens. Semakin lama latihan Anda pasti hasilnya akan lebih maksimal.

4. Undang Mentor dan Uplines untuk Bergabung

QNET merupakan bisnis network marketing yang dalam satu timnya terdiri dari banyak orang. Dalam bisnis ini Anda mempunyai banyak uplines dan menter. Para uplines dan mentor inilah yang akan membimbing Anda dalam menjalankan bisnis ini.

Sangat penting untuk Anda mengundang mereka dalam presentasi bisnis QNET yang akan Anda lakukan. Para uplines dan mentor merupakan penguat Anda dalam melakukan presentasi. Kehadiran mereka bisa membuat presentasi bisnis Anda semakin meyakinkan.

Anda bisa mengundang 1 atau 2 uplines dan mentor Anda dalam presentasi yang akan Anda lakukan. Pilihlah uplines yang berkualitas dan bisa membantu meyakinkan audiens Anda.

Agar audiens semakin yakin dan percaya, Anda juga bisa memberikan sesi ntuk para uplines dan mentor menyampaikan sepatah dua kata. Jika dalam presentasi terdapat kendala Anda juga bisa meminta bantuan mentor dan uplines Anda.

5. Gunakan Presentasi QNETPRO

Tidak seperti bisnis penjualan langsung lainnya, QNET Indonesia menghadirkan panduan dalam melakukan presentasi bisnis. Anda yang bergabung dengan QNET akan mendapatkan satu paket QNETPro. QNETPro ini merupakan paket pelajaran bisnis yang akan membantu Anda sukses dalam menjalankan bisnis ini.

Dalam QNETPro terdapat janji QNETPro di mana Anda berjanji akan menggunakan materi presentasi darinya. Di dalam QNETPro ini sudah diberikan secara lengkap materi presentasi bisnis QNET. Anda tidak perlu membuat lagi bisa langsung menggunakannya.

Bisa saja Anda memodifikasi materi ini, namun sangat tidak disarankan. Memodifikasi bahkan mengubah materi presentasi bisa saja mengubah isi tujuan presentasi QNET. Jadi daripada Anda mengubahnya sebaiknya gunakan materinya.

Materi dalam QNETPro sudah pasti jelas dan lengkap. Anda tidak perlu lagi menambahkan maupun mengurangi apa yang ada di dalamnya.

6. Gunakan Bahasa Tubuh untuk Memperkuat Presentasi

Gunakan Bahasa Tubuh Untuk Memperkuat Presentasi

Tips selanjutnya agar presentasi Anda berhasil dan menarik adalah menggunakan bahasa tubuh. Gesture atau bahasa tubuh bisa menjadi penguat ketika Anda melakukan presentasi.

Anda tentu pernah melihat orang presentasi sebelumnya bukan? Anda bisa bandingkan antara presentasi tanpa gesture dan presentasi yang menggunakan gestur. Tentu akan lebih nyaman dilihat yang menggunakan gesture bukan?

Gesture atau bahasa tubuh ini sangat penting Anda lakukan ketika melakukan presentasi. Gunakan bahasa tubuh sederhana saja dan tidak berlebihan. Terlalu banyak menggunakan bahasa tubuh juga bisa membuat presentasi Anda tidak menarik.

Bahasa tubuh yang terlalu banyak akan memberikan kesan pada audiens bahwa Anda sedang gugup. Jadi hindari menggunakan bahasa tubuh yang berlebihan. Anda bisa menggunakan gerakan tangan yang mendukung selama presentasi.

7. Kenali Terlebih Dahulu Audiens yang Akan Mendengarkan Presentasi Anda

Mengenali audiens yang akan mendengarkan Anda presentasi sangat penting. Ini menjadi salah satu kunci agar presentasi Anda berhasil.

Anda harus tahu latar belakang audiens Anda, mulai dari usia, jenis kelamin, dan profesi atau pekerjaannya. Dengan mengetahui hal ini Anda bisa menyesuaikan bahasa yang akan Anda gunakan dalam presentasi.

Mengenali audiens bisa membantu Anda dalam mempersiapkan materi presentasi. Latar belakang audiens bisa menjadi salah satu acuan bagaimana nantinya Anda akan menyampaikan presentasi.

Oleh karena pentingnya mengenali audiens ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu gambaran umum audiens Anda sebelum presentasi. Presentasi yang menarik adalah yang penyampaiannya bisa diterima oleh audiens. Jika Anda sudah mengenali audiensnya maka Anda akan dengan mudah menyesuaikan presentasi Anda.

8. Gunakan Call to Action yang Jelas Di Akhir Presentasi

Call to action seringkali terabaikan ketika melakukan presentasi bisnis. Banyak orang yang hanya menyampaikan materi saja ketika presentasi tanpa melakukan call to action.

Perlu Anda tahu call to action sangat penting dalam sebuah presentasi bisnis. Melalui call to action artinya Anda mengajak para audiens ke dalam bisnis Anda.

Tanpa call to action presentasi Anda akan terlihat datar dan biasa saja. Audiens juga akan merasa bingung sebenarnya apa tujuan dari presentasi tersebut. Jika terdapat ajakan atau call to action audiens akan lebih tertarik.

Pentingnya ajakan di akhir presentasi ini harus Anda perhatikan. Gunakan kalimat ajakan yang menarik dan terkesan tidak memaksa. Kalimat ajakan yang memaksa akan menghancurkan semua presentasi yang sudah Anda lakukan.

9. Berikan Waktu yang Cukup untuk Audiens Bertanya

Memberikan waktu kepada audiens untuk bertanya juga menjadi salah satu trik agar presentasi Anda berhasil.

Setelah melakukan presentasi sebaiknya Anda memberikan waktu beberapa menit untuk audiens bertanya. Misalnya saja Anda bisa memberikan 3 termin sesi pertanyaan dengan setiap terminnya 3 orang penanya.

Adanya kesempatan bertanya untuk para audiens ini akan memberikan nilai lebih pada presentasi Anda. Jika waktu masih cukup banyak, Anda juga bisa memberikan waktu kepada audiens untuk bertanya langsung pada uplines maupun mentor Anda.

Melibatkan semua audiens termasuk mentor dan uplines membuat presentasi Anda akan lebih menarik. Audiens dan para tamu undangan merasa dihargai dengan adanya sesi pertanyaan dan diskusi ini. Hal ini juga bisa mempererat hubungan Anda dengan calon costumer dan uplines serta mentor Anda.

10. Jangan Memaksakan Calon Customer untuk Hadir

QNET merupakan bisnis penjualan langsung dengan teknik pemasaran jaringan yang saling berhubungan. Untuk mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis ini yang paling utama adalah mampu menjual produk QNET.

Pemasaran sistem jaringan di QNET juga memudahkan Anda dalam mendapatkan banyak komisi. Anda hanya perlu memperbanyak jaringan agar komisi bonus jaringan bisa Anda dapatkan. Salah satu caranya untuk memperbanyak jaringan adalah dengan melakukan presentasi bisnis.

Namun perlu Anda ketahui dalam memperbanyak jaringan hindari untuk memaksakan calon customer Anda untuk hadir dalam presentasi. Undangan yang memaksa akan membuat calon customer kurang mempercayai Anda. Anda justru akan mendapatkan penilaian buruk sebelum melakukan presentasi.

Memaksa customer untuk hadir juga bisa menurunkan kredibilitas Anda dan bisnis Anda. Oleh karena itu, hindari memaksakan customer untuk hadir ke presentasi Anda.

11. Perhatikan Penampilan Anda

Hal yang paling penting agar sukses dalam melakukan presentasi adalah dengan memperhatikan penampilan Anda. Penampilan pada saat presentasi sangatlah penting terutama pakaian yang Anda kenakan.

Pilihlah pakaian yang formal ketika akan melakukan presentasi. Pastikan jika pakaian Anda bersih dan rapi. Tidak perlu menggunakan pakaian yang mahal, yang terpenting adalah rapi dan bersih.

Hindari untuk menggunakan kaos atau pakaian yang terlalu santai. Anda juga bisa menyesuaikan penampilan Anda dengan audiens yang Anda undang. Berikan kesan pertama yang bagus dari penampilan Anda maka presentasi Anda akan menarik para audiens.

Presentasi yang mengguncang dan mengesankan merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis penjualan langsung QNET. Pastikan Anda menguasai trik-trik presentasi ini agar Anda mendapatkan banyak customer dan mitra dalam jaringan Anda.

Baca Juga : Tips Pemasaran untuk penjualan langsung di masa pandemi Covid-19