Berbisnis merupakan suatu kegiatan yang memberikan kenyamanan bagi banyak orang sekaligus memberikan keuntungan. Namun, dalam melakukan bisnis tentu ada strategi dan tips yang harus Anda lakukan agar proses bisnis bisa berjalan dengan maksimal.

Apakah setiap strategi bisnis sama? Ternyata terdapat strategi yang berbeda pada setiap jenis bisnis yang Anda lakukan.

Terlebih pada saat pandemi dimana setiap sektor mengalami kesulitan, termasuk sektor bisnis. Anda harus memutar otak bagaimana caranya agar bisnis tetap berjalan dengan baik.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan menjelaskan strategi yang mampu mendukung kegiatan penjualan langsung agar lebih sukses.

Apa Itu Direct Selling?

Apakah Anda sedang menjalani bisnis penjualan langsung (direct selling)? Tahukah Anda pengertian dari bisnis yang sedang dijalani saat ini?

Penjualan Langsung adalah sebuah metode penjualan barang maupun jasa kepada konsumen secara langsung di luar lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang telah dikembangkan oleh mitra usaha.

Sistem penjualan ini menghilangkan berbagai perantara mulai dari distribusi produk regional dan grosir. Hal ini membuat produk direct selling tidak bisa pelanggan temukan di tempat belanja umum lainnya.

Penjualan langsung menjadi pilihan masyarakat untuk menjalankan bisnis. Berbagai keuntungan dan kemudahan yang pebisnis lakukan dari sistem ini sangat menggiurkan.

Terbukti, saat ini banyak masyarakat yang melakukan kegiatan direct selling untuk menjual berbagai produk. Mulai dari produk kesehatan, kecantikan, olahraga hingga produk jasa.

Keuntungan Melakukan Direct Selling

Apakah Anda tahu apa saja bisnis yang melakukan sistem penjualan langsung? Salah satu yang cukup terkenal adalah QNET. Sistem bisnis QNET adalah penjualan langsung dari produsen ke konsumen tanpa melalui panjangnya alur distribusi.

Lalu, apa saja keuntungan dari sistem penjualan langsung ini? Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari sistem penjualan langsung.

1. Meminimalkan Biaya Operasional

Keuntungan pertama dari melakukan penjualan langsung adalah Anda dapat berhemat dan meminimalkan biaya operasional. Berbeda dengan melakukan penjualan tidak langsung, Anda perlu membuat toko untuk melakukan transaksi jual beli.

Tentu biaya yang harus Anda keluarkan dalam memiliki sebuah toko tidaklah murah. Anda harus membayar biaya listrik, perawatan dan membayar karyawan yang cukup memakan banyak biaya.

Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda melakukan penjualan langsung. Anda tidak perlu memiliki toko fisik untuk berjualan dan mendapatkan keuntungan.

Salah satu ciri khas penjualan langsung adalah penawaran langsung dari mulut ke mulut. Hal ini membuat proses penawaran dan transaksi penjualan langsung dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

2. Tidak Perlu Menyimpan Stok

Anda tidak memiliki toko atau tempat yang luas untuk menyimpan stok barang? Tak perlu khawatir, dengan menggunakan sistem penjualan langsung Anda tidak perlu menyimpan barang.

Tentu apabila harus menyimpan barang dan membeli barang membutuhkan modal yang cukup banyak. Terlebih apabila produk yang dimiliki tidak semua laku terjual, pasti akan membuat Anda bingung.

Dalam penjualan langsung bahkan Anda tidak perlu menyimpan barang apapun. Apabila ada pembeli maka Anda bisa baru memesan produk yang mereka pesan.

Hal ini tentu sangat menguntungkan para pebisnis yang tidak memiliki modal terlalu banyak untuk tetap bisa berbisnis secara maksimal.

3. Fleksibel

Tidak ada syarat bagi siapapun untuk melakukan penjualan langsung, baik pekerja hingga ibu rumah tangga bisa melakukannya.

Keuntungan dari melakukan penjualan langsung adalah Anda bisa tetap melakukan pekerjaan utama sembari melakukan bisnis. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik untuk menjual produk dengan sistem direct selling.

Jika Anda memerlukan dana tambahan untuk keperluan sehari hari, maka melakukan bisnis dengan sistem direct selling sangat tepat.

Tips Melakukan Penjualan Langsung

Setelah mengetahui pengertian hingga keuntungan dari melakukan penjualan langsung, apakah Anda tertarik untuk melakukannya?

Sama seperti bisnis lainnya, Anda juga memerlukan strategi yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan. Apabila dilakukan secara asal asalan, maka Anda akan kesulitan.

Tidak perlu khawatir melakukan bisnis pada masa pandemi, Anda tetap bisa bertahan dan bangkit. Berikut ini adalah berbagai tips yang perlu Anda ketahui untuk mensukseskan penjualan langsung

1. Perkenalkan Brand Dan Produk

Tak kenal, maka tak sayang. Peribahasa ini sangat cocok untuk berbagai kondisi termasuk penjualan.

Bagaimana seseorang dapat membeli sebuah produk apabila mereka tidak mengetahui secara utuh tentang produk dan brand tersebut?

Salah satu tips dan trik dalam melakukan penjualan langsung adalah dengan memperkenalkan brand dan produk. Bagi Anda yang bergabung dengan QNET, maka jelaskan tentang Fakta QNET.

Jelaskan kepada target pasar tentang QNET mulai dari kelebihan, sejarah dan berbagai hal yang meyakinkan calon pelanggan. Apabila target pasar sudah percaya tentang suatu merek, maka mereka akan mulai tertarik.

Setelahnya, Anda juga perlu memberikan informasi yang lengkap terkait dengan produk. Jelaskan kelebihan, cara pakai hingga manfaat dari suatu produk kepada para target pasar.

Jika Anda berhasil meyakinkan para target pasar dengan berbagai informasi yang diberikan, maka mereka akan mulai tertarik. Bukan tidak mungkin mereka akan membeli produk yang Anda pasarkan.

Jadi, saat Anda menjual sebuah produk maka pelajari dengan baik segala sesuatu tentang produk dan brand.

2. Melakukan Prospek Pelanggan Dengan Tepat

Setiap produk memiliki target pasarnya sendiri. Contohnya, produk kecantikan akan lebih disukai oleh para wanita khususnya wanita muda. Produk memasak akan lebih diminati oleh ibu rumah tangga atau penggemar masak.

Sebagai penjual, Anda harus jeli menentukan dan menemukan target pasar yang tepat. Hal ini bisa Anda lakukan apabila telah memahami produk dengan baik sehingga mengetahui untuk apa dan siapa produk tersebut.

Setelah itu, tentukan target pasar Anda apakah masyarakat kelas menengah, bawah atau atas. Anda juga bisa memetakan target pasar berdasarkan dengan pekerjaan mereka.

Pastikan target pasar yang sudah ditentukan tepat untuk membuat pemasaran hingga penjualan produk menjadi lebih efektif.

3. Lakukan Pendekatan Yang Baik

Salah satu kunci utama dalam melakukan penjualan langsung adalah pendekatan kepada para target pasar. Anda harus pandai pandai melakukan pendekatan kepada para calon pelanggan dan pelanggan.

Apabila Anda memasarkan produk secara langsung, maka gabungkanlah pendekatan bahasa tubuh dan komunikasi yang baik. Cara paling mudah adalah dengan memulai pemasaran dengan senyum dan bersikap ramah.

Kemudian, apabila Anda memasarkan produk kepada orang yang belum dikenal, jangan lupa untuk memperkenalkan diri. Selalu bersikap ramah dan tamah untuk dapat menciptakan kesan yang positif kepada para pelanggan.

Anda juga perlu menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar target bisa memahami penjelasan tentang produk.

Setiap target pasar memiliki pendekatan yang berbeda pula, Anda harus mempelajari target pasar dengan baik. Tentu, melakukan pendekatan dengan ibu rumah tangga berbeda dengan pendekatan dengan wanita remaja.

4. Fokus Pada Membangun Hubungan Terlebih Dahulu

Tentu, Anda menginginkan terciptanya transaksi jual beli dengan para klien. Namun, tentunya terdapat proses untuk menciptakan transaksi yang berhasil.

Terlebih bagi Anda para pemula dalam bisnis, Anda perlu membangun hubungan dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Jangan terlalu terburu buru untuk memaksakan penjualan.

Para calon konsumen akan merasa tidak nyaman dan tentu mereka memerlukan waktu untuk membeli produk. Anda harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan baru maupun lama.

Menjalin hubungan dengan pelanggan baru akan menambah jumlah konsumen Anda. Menjaga hubungan dengan pelanggan lama juga tak kalah penting untuk membuat mereka kembali lagi kepada Anda untuk membeli produk.

Hal yang perlu dicatat adalah dalam melakukan penjualan langsung, menjalin hubungan dan membangun komunikasi dengan konsumen sangat penting.

5. Ceritakan Pengalaman Anda

Sulit untuk membuat orang lain percaya? Bagaimana jika Anda menceritakan pengalaman pribadi tentang penggunaan produk dan manfaatnya kepada konsumen.

Dengan memiliki bukti yang nyata, tentu orang orang akan lebih mudah percaya dan tertarik untuk menggunakan produk yang sama. Tentunya, dalam menceritakan pengalaman tersebut harus penuh dengan rasa percaya diri.

Anda juga bisa menceritakan tentang pengalaman bergabung dengan penjualan langsung. Ceritakan bagaimana Anda mampu bangkit setelah mengalami kesulitan dan bagikan tips kepada orang lain bagaimana cara mengatasinya.

Pengalaman pribadi akan sangat membantu orang lain percaya dengan apa yang Anda katakan. Terlebih jika Anda memberikan bukti tentang manfaat dan keuntungan suatu produk.

Misalkan Anda menjual produk kecantikan, perlihatkan kepada para konsumen wajah sebelum menggunakan produk. Kemudian bandingkan dengan wajah terbaru dengan menggunakan produk yang Anda tawarkan.

6. Simpan Data Pembeli

Tahukah Anda bahwa data pembeli atau calon pembeli sangat penting? Dengan adanya data yang lengkap memungkinkan pelaku bisnis untuk kembali melakukan pendekatan kepada pelanggan.

Jika Anda memiliki nomor telepon atau alamat email, maka hubungi pelanggan ketika ada produk baru. Lakukan pemasaran yang konsisten untuk menarik perhatian calon pelanggan menjadi pelanggan.

7. Gunakan Sosial Media Dengan Baik

Kesulitan untuk menemui orang orang setiap hari secara langsung? Tak perlu Khawatir, Anda tetap bisa melakukan penjualan langsung dengan lebih baik.

Caranya adalah dengan memanfaatkan sosial media dengan baik untuk melakukan promosi dan pemasaran. Anda bahkan bisa melakukan pengeditan foto untuk menarik perhatian para kerabat dan teman di media sosial.

Bergabung ke berbagai komunitas sosial media juga dapat membantu Anda melakukan promosi dengan lebih efektif. Ketika sudah menggunakan sosial media, pastikan Anda mengatur sosial media dengan baik.

Jika ada seseorang yang bertanya tentang produk yang dijual, maka respon pertanyaan dengan cepat. Pastikan para calon pelanggan mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat.

QNET, Pilihan Partner Terpercaya

Masa pandemi adalah masa yang sangat sulit bagi banyak orang. Berbisnis merupakan salah satu pilihan terbaik untuk dapat bertahan di kondisi sulit ini.

Tertarik untuk melakukan direct selling namun bingung menemukan partner yang tepat?

Anda bisa memilih QNET sebagai partner melakukan bisnis secara aman dan nyaman. Asal usul QNET menjadi sebuah perusahaan direct selling terpercaya di dunia dimulai sejak tahun 1998.

Berdiri di Hongkong, kini QNET telah melakukan ekspansi ke berbagai negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, QNET telah hadir secara legal dengan nama perusahaan PT. QN International Indonesia.

Anda tidak perlu khawatir dan ragu tentang kebenaran QNET. Perusahaan ini telah berhasil membantu ribuan orang untuk melakukan bisnis dengan aman. Terlebih, produk yang disediakan sangat beragam dan berkualitas.

Dengan memilih produk berkualitas dan melakukan strategi yang tepat dalam melakukan penjualan langsung, Anda akan meraih kesuksesan.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca Juga : Tips Praktis Bagaimana Kamu Bisa Mencapai Kesuksesan di Penjualan Langsung