Senin, Agustus 8, 2022

12 Tips Menjadi Public Speaker Yang Handal

Menjadi seorang yang menguasai public speaking bagi segelintir orang mungkin terlihat mudah karena belum pernah mencoba berbicara di depan orang banyak.

Saat Anda tidak terbiasa melakukannya maka besar kemungkinan Anda akan mengalami kondisi seperti jantung berdetak dengan cepat, tangan gemetaran, lutut gemetaran, hingga keringat mengucur deras.

Untuk menjadi public speaker yang handal, Anda perlu tahu beberapa hal yang urgen untuk kamu kuasai biar semakin percaya diri saat berbicara di muka umum. Berikut tips menjadi public speaking handal yang bisa Anda coba.

Sekilas Tentang Profesi Public Speaker

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Bagi Anda yang masih awam dan mempertanyakan mengenai apa itu public speaking? Harus tahu kalau profesi ini dilakoni oleh orang yang disebut public speaker.

Public speaking adalah suatu kemampuan atau keterampilan komunikasi lisan untuk berbicara di depan umum atau di depan banyak orang. Beberapa orang menyebut profesi ini dengan orang yang kerjanya berpidato.

Namun sebenarnya bukan hanya pidato, seorang public speaker juga bisa sebagai moderator, MC (Master of Ceremony), presenter, dan pelaku seni komunikasi lisan lainnya.

Tips Menjadi Public Speaker Yang Handal

Bagi Anda yang baru meniti karir di dunia public speaking mesti tahu tips-tips berikut untuk bisa menjadi public speaker profesional dan handal. Ini di list-nya.

1. Tidak Masalah Jika Anda Nervous

Jangankan Anda yang baru memulai belajar menekuni dunia public speaking, para public speaker yang sudah punya nama pun tetap akan merasa nervous ketika baru ingin memulai speech. Jadi, bukan masalah besar jika Anda selalu nervous saat menjadi public speaker.

Saat Anda masih pemula, perasaan nervous yang berlebihan akan sering Anda rasakan.

Tapi, seiring berjalannya waktu dan Anda sudah mulai bisa menguasai audiens dengan mudah maka perasaan nervous ini akan berkurang.

Saat persiapan Anda matang dan paham betul dengan hal-hal yang ingin dibicarakan. Maka, perasaan nervous akan hilang dengan sendirinya.

2. Persiapan yang Matang

Persiapan jadi hal urgen yang perlu Anda perhatikan sebagai salah satu tips menjadi public speaking jika tidak ingin pidato atau speech Anda gagal. Anda perlu menyiapkan beberapa hal, diantaranya:

  • Setelah mengetahui tema yang akan Anda bicarakan, Anda perlu mencari bahan materi yang penting untuk Anda angkat dalam speech.
  • Persiapan selanjutnya yaitu berlatih dalam menyampaikan pidato, berlatih mengatur nafas dan mengatur nada bicara.
  • Penting untuk tidak melewatkan sarapan terutama jika Anda akan melakukan speech di pagi hari. Sarapan yang tepat akan membantu Anda lebih fokus dan tampil maksimal di depan umum.
  • Persiapan mental sebelum tampil juga perlu Anda lakukan. Anda perlu merilekskan diri, mengenali audiens, hingga mengenali ruangan untuk mengurangi rasa gugup Anda.

3. Cobalah Untuk Berlatih

Seorang public speaking pemula seperti Anda sangat memerlukan latihan yang lebih banyak. Tujuan latihan ini agar Anda bisa tampil percaya diri, nyaman dengan pilihan kalimat yang Anda ingin ucapkan atau sampaikan.

Jika perlu Anda bisa meminta bantuan orang sekitar untuk mendapatkan umpan balik dari teman, anggota keluarga, atau kolega, perspektif dari luar bisa sangat membantu.

Latihan sebelum tampil akan membantu menenangkan saraf Anda dan membuat audiens lebih memahami apa yang Anda katakan. Selain itu, Anda akan lebih percaya diri untuk menyampaikan pidato yang sudah Anda pahami betul-betul.

Selain itu, tips menjadi public speaking dengan berlatih menggunakan perut Anda untuk mendorong udara masuk dan keluar dari paru-paru Anda. Sebelum Anda mulai berbicara di depan umum, ambil 10 napas lambat dan dalam.

4. ‘Eye Contact’ Dengan Audiens

Tips menjadi public speaking berikutnya, penting untuk melihat orang yang sedang berbicara dengan Anda, ini menunjukkan tanda kesopanan dan menunjukkan bahwa Anda menghargai apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Sama halnya ketika Anda menjadi seorang public speaking.

Anda sebaiknya perlu melakukan eye contact dengan audiens. Dengan begitu, audiens akan lebih memperhatikan dan peduli dengan hal-hal yang Anda sampaikan. Hal ini juga akan membuat kepribadian Anda menjadi jauh lebih baik dan Anda terlihat lebih kompeten serta percaya diri.

Pastikan Anda mengedarkan pandangan dan melakukan eye contact dengan audiens Anda. Jangan hanya melakukan kontak mata dengan satu orang saja yang mungkin tersenyum sepanjang Anda menyampaikan pidato.

5. ‘Be Yourself’

Menjadi percaya diri dan selalu be yourself jadi kunci sukses bagi seorang public speaking. Semua hal yang Anda sampaikan saat pidato akan semakin meyakinkan jika Anda menampilkannya sesuai karakter Anda dengan percaya diri. Audiens faktanya lebih pintar dan mampu menyadari ketika Anda terlalu gugup dan pura-pura tersenyum.

Jadi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk tampil di luar karakter Anda yang membuat Anda hanya akan bertambah gugup yang beresiko menggagalkan penampilan Anda. Biarkan audiens melihat dan menilai sendiri seperti apa penyampaian pidato Anda.

6. Tenang Dan Rileks

Walaupun sulit Anda lakukan sebagai public speaking pemula, Anda tetap harus berusaha untuk tenang dan rileks selama melakukan speech. Beberapa public speaker memiliki cara berbeda untuk membuat diri lebih rileks sebelum dan saat tampil.

Ada yang mendengarkan musik ada sebelum tampil, ada juga yang merilekskan diri dengan bantuan bahasa tubuh selama tampil, dan lain sebagainya. Dengan tampil lebih tenang dan rileks akan membuat Anda lebih percaya diri dan audiens juga akan nyaman dan fokus menyaksikan Anda.

7. Membuat Outline Dari Hal-hal Yang Ingin Anda Bicarakan

Kebiasaan yang kurang baik saat pidato maupun presentasi salah satunya yaitu membaca naskah dari awal hingga akhir. Public speaker profesional tidak akan melakukan hal tersebut. Umumnya mereka hanya menyiapkan outline berupa garis besar mengenai hal-hal yang ingin disampaikan.

Anda bisa mulai membuat serangkaian poin-poin pembahasan yang penting untuk audiens Anda ketahui. Jangan lupa untuk mengatur poin pembicaraan Anda dalam urutan kronologis, agar alur pembicaraan lebih terstruktur.

Dengan bantuan outline akan membantu Anda untuk tidak membahas hal-hal diluar dari tema. Selain itu, Anda juga tidak akan lupa pesan-pesan yang penting untuk Anda sampaikan.

Dengan outline yang jelas, Anda bisa berbicara menggunakan bahasa yang lebih alami dan ringan yang mudah audiens pahami. Alur pikir Anda akan tersampaikan dengan baik tanpa naskah detail dan lebih nyaman untuk disimak. Tanpa script Anda akan terlihat lebih profesional dan kompeten.

8. Kenali Audiens Anda

Photo by Teemu Paananen on Unsplash

Tips menjadi public speaking selanjutnya yaitu mengenali audiens Anda. Penting sekali untuk mengetahui pendengar Anda yang dalam hal ini para audiens. Materi yang Anda bawakan haruslah sesuai dengan apa yang dicari oleh audiens.

Anda harus mempertimbangkan apa-apa saja yang penting dan perlu untuk mereka ketahui. Dengan begitu, informasi yang Anda sampaikan dapat membawa manfaat bagi audiens Anda kedepannya.

Selain materi pidato, cara pendekatan dan komunikasi saat penyampaian speech juga harus disesuaikan dengan audiens Anda. Cara penyampaian materi untuk audiens berusia dewasa lanjut tentu akan berbeda ketika audiens Anda adalah anak remaja.

9. Gunakan Body Language

Untuk membantu penyampaian isi dari presentasi Anda, menggunakan body language bisa menjadi cara yang juga cukup efektif. Tips menjadi public speaking menggunakan body language yang tepat, Anda akan bisa berbicara lebih rileks dan tidak tegang lagi.

Apalagi jika dibarengi dengan kontak mata dan gerakan yang mengajak audiens untuk tetap fokus pada speech Anda. Bahasa tubuh yang baik meningkatkan kinerja Anda dan membantu audiens memahami dan mengingat apa yang Anda katakan.

Namun, Anda perlu hati-hati juga dengan penggunaan bahasa tubuh. Jangan pernah untuk menghilangkan tangan atau memasukkannya dalam saku saat Anda berbicara.

Sebaiknya menempatkan tangan di samping atau bisa juga Anda gerakkan untuk menekankan poin penting bahasan Anda. Perlu Anda perhatikan juga untuk tidak terlalu lama melihat script saat berbicara.

10. Penting Untuk Memperhatikan Tempo dan Nada Bicara

Berbicara di hadapan orang banyak menuntut seorang public speaking agar bisa mengontrol tempo dan nada saat berbicara. Saat menyampaikan pidato Anda tidak boleh terlalu cepat, karena audiens juga butuh waktu untuk mencerna dengan baik informasi yang Anda sampaikan.

Saat berbicara terlalu cepat, pesan penting bisa jadi tidak tersampaikan dengan baik. Berbicara dengan terlalu lambat juga perlu Anda hindari karena akan membuat audiens cepat bosan dan mengantuk. Alhasil, audiens akan mengabaikan setiap informasi yang Anda sampaikan.

Tips menjadi public speaking disini penting untuk melatih kemampuan speech Anda sebelum tampil agar Anda tahu apakah tempo dan nada bicara Anda sudah baik.

11. Jangan Takut Salah

Tips menjadi public speaking selanjutnya yaitu jangan pernah takut salah. Wajar sekali jika seorang public speaker melakukan kesalahan saat menyampaikan pidatonya. Public speaker yang sudah tersohor pun pasti pernah melakukan kesalahan, apalagi pemula seperti Anda.

Kesalahan yang umum yang biasa terjadi seperti salah dalam pengucapan dan kata, bisa juga salah karena lupa mengenai hal yang ingin disampaikan.

Saat melakukan kesalahan dan Anda menyadarinya, penting untuk tidak panik karena akan membuat penampilan speech Anda kacau. Jika memungkinkan Anda bisa meralat kesalahan yang Anda buat atau merevisi maksud perkataan Anda.

12. Mengambil Kelas Public Speaking

Jika Anda ingin menjadi seorang public speaker profesional Anda bisa mencoba mengasah kemampuan diri dengan mengambil kelas public speaking. Saat ini sudah banyak kursus online public speaking yang bisa Anda ikuti.

Melalui kelas public speaking Anda akan mendapat banyak tambahan ilmu dan masukan dari para ahli di bidang ini. Sehingga kemampuan Anda bisa lebih cepat meningkat dan siap menjadi public speaker yang handal.

Jika Anda memang sudah punya niat yang besar untuk menjadi public speaking yang handal Anda bisa mengikuti beberapa tips menjadi public speaking yang sudah kami ulas buat Anda.

Semakin tinggi jam terbang Anda sebagai public speaker maka kemampuan speech Anda juga akan semakin terasah. So, tetap semangat, yah!

Baca juga: 6 Tips Instagram Story Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Keterlibatan Di Media Sosial Anda

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini