Selasa, Desember 6, 2022

6 Tips dan Trik Membangun Teamwork

Dalam sebuah organisasi maupun perusahaan, teamwork merupakan hal penting yang harus dibangun sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia.

Namun, membangun tim yang solid bukanlah hal mudah karena setiap orang punya ego masing-masing. Ada tips dan trik membangun team building yang bisa Anda ikuti. Apa saja itu?

Apa Itu teamwork?

Tips dan Trik Membangun Teamwork - Qnet Indonesia

Photo by Unsplash

Sebelum mengetahui apa saja tips dan trik membangun team building, maka pahami dulu apa itu pengertian teamwork. Dalam sebuah organisasi, agar kegiatan dan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar maka dibutuhkan teamwork yang bagus.

Soft skill atau keterampilan untuk bisa bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim harus setiap karyawan miliki. Dengan demikian, tujuan utama perusahaan dapat lebih cepat tercapai jika ada kerjasama yang kompak antar individu. Sehingga tidak hanya hard skill dan kecakapan personal saja yang perusahaan butuhkan.

teamwork artinya adalah kemampuan setiap individu untuk mendengar, berkomunikasi, dan melakukan pekerjaan secara terkoordinasi. teamwork melibatkan lebih dari satu individu, artinya Anda harus bekerja dengan orang lain dan membangun kerjasama yang solid dalam tim.

Ciri-ciri Teamwork yang Bagus

Tidak semua orang bisa bekerja dengan orang lain dalam satu tim karena sebagian lainnya merasa lebih cocok untuk bekerja secara mandiri. Itulah mengapa, membangun team building yang bagus harus dengan soft skill setiap individu. teamwork skill yang harus dimiliki di antaranya adalah:

1. Komunikasi yang Baik

Contoh teamwork yang bagus adalah terjalin komunikasi yang baik antar individu karyawan dalam sebuah tim. Konflik dan masalah pasti akan mereka alami, namun jika komunikasi dapat terjalin dengan baik dan lancar, maka kerjasama tim tetap dapat tercapai.

Komunikasi yang baik juga dapat membantu meningkatkan efisiensi teamwork terutama dalam produktivitas dan kualitas kerja mereka. Menjalin komunikasi dengan baik tidak hanya secara lisan saja, namun juga dalam bentuk tulisan.

2. Semangat

Ketika bekerja sendiri, seseorang mungkin akan merasa mudah lelah dan tidak bersemangat. Berbeda jika bekerja dalam tim, jika ada anggota yang mengalami masalah, maka mereka pun akan saling memberi semangat satu sama lain.

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan butuh bergantung dengan orang lain. Secakap-cakapnya karyawan dalam bekerja, tetap saja mereka membutuhkan orang lain agar pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik.

Semangat yang dibangun dalam sebuah tim akan mampu membangkitkan produktivitas yang lebih tinggi dalam bekerja. Individu dalam anggota akan saling memberi semangat dan afirmasi positif satu sama lain.

3. Saling Menghargai

Setiap individu memiliki ego masing-masing, ada yang keras dan ada juga yang mampu menahan egonya. Sehingga ketika bekerja dalam tim Anda akan dihadapkan pada kenyataan bahwa karakter dan kebiasaan kerja setiap anggota pasti akan berbeda-beda. Tugas setiap karyawan adalah bisa saling menghargai satu sama lain.

Terlebih lagi jika terjadi perbedaan pendapat yang akhirnya menimbulkan konflik. Sebagai individu tentu harus menghargai opini dan pendapat karyawan lainnya meskipun berseberangan. Diskusikan dengan baik-baik untuk mencari jalan tengah atas perbedaan tersebut.

4. Bertanggung Jawab

Meskipun dalam menyelesaikan pekerjaan ada anggota karyawan lain, bukan berarti Anda bisa mengandalkan orang lain. Setiap individu tetap memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang harus mereka selesaikan.

Setiap karyawan dalam teamwork harus mampu mendistribusikan tanggung jawab tersebut sehingga efektivitas kerja pun meningkat.

5. Kejujuran

Pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain memang cenderung lebih sulit daripada paper work. Butuh skill tertentu agar seorang karyawan mampu berkomunikasi dengan baik. Salah satunya adalah kejujuran antar anggota tim.

Jika ada ketidaknyamanan atau hal mengganjal dalam pekerjaan, maka sebaiknya segera diungkapkan daripada mengganggu kinerja. Setiap individu dalam tim harus transparan, jujur, dan terbuka satu sama lain agar tujuan bersama dapat tercapai.

Tips Membangun Teamwork yang Solid

Memang bukan hal yang mudah untuk membangun kerja sama yang baik antar anggota tim karena setiap orang memiliki karakter berbeda. Namun, tak perlu khawatir karena tips dan trik membangun team building yang solid berikut ini bisa Anda ikuti, di antaranya:

1. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan merupakan salah satu kunci tips dan trik membangun team building yang solid. Berikan hak dan wewenang bagi setiap individu untuk mengutarakan opini mereka. Jika ada yang salah atau berbeda, maka jangan langsung mematahkannya karena hal tersebut hanya akan membuat karyawan takut untuk berpendapat.

Sebaiknya ciptakan komunikasi yang baik dan interaktif satu sama lain. Ingatkan jika ada yang salah, namun bukan berarti bisa men-judge begitu saja. Setiap anggota tim harus mendapatkan kepercayaan untuk memberi opini dan saran tanpa takut merasa dihakimi.

2. Memiliki Tujuan yang Jelas

Kunci penting lainnya untuk membangun tim yang solid adalah harus memiliki tujuan yang jelas. Tentukan tujuan, visi, dan misi apa saja yang perusahaan harapkan secara spesifik setiap tim atau departemen. Berikan mereka kepercayaan untuk membuat goal masing-masing sesuai kebutuhan tim.

Dalam menentukan tujuan perusahaan yang jelas ini, maka bisa melakukan rapat rutin setiap satu minggu atau sebulan sekali tergantung kebutuhan perusahaan. Rapat rutin ini sangat penting agar terbantu dalam mengatur pola komunikasi yang terbuka antar individu karyawan.

3. Mengadakan Kegiatan yang Mendekatkan Anggota Tim

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan ini sangat relate untuk individu karyawan yang harus bekerja dalam tim. Mereka harus mengenal anggota dalam timnya agar timbul rasa saling percaya dan memiliki satu sama lain.

Maka tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan yang dapat semakin mendekatkan anggota tim. Contohnya seperti outing, makan siang dan makan malam bersama, dan lain sebagainya.

Beri kebebasan kepada anggota tim untuk bertemu di luar lingkungan kerja sehingga mereka bisa saling mengenal satu sama lain secara personal. Karena tentu saja untuk urusan pekerjaan sudah cukup mereka bicarakan ketika di kantor. Jika perlu adakan kegiatan seperti outbound untuk meningkatkan kerja sama tim.

4. Menciptakan Sistem Penghargaan

Sistem penghargaan atau reward juga patut Anda pertimbangkan agar anggota tim merasa hasil kerja keras mereka selama ini dihargai dengan baik. Sehingga mereka pun akan semakin semangat untuk melakukan pekerjaannya dan bekerja sama dalam tim demi mencapai tujuan.

Penghargaan bisa berbentuk insentif, sertifikat, atau bonus kerja. Menciptakan kompetisi yang sehat di dalam tim akan meningkatkan semangat mereka dalam bekerja. Namun, jangan sampai kompetisi ini justru menjadi boomerang tersendiri karena ada anggota yang iri dan ingin menjadi paling unggul.

5. Meningkatkan Kompetensi Anggota Tim

Setiap anggota tim memiliki bakat dan kecakapan berbeda-beda dalam pekerjaannya. Membangun team building yang solid hanya akan berhasil jika pekerjaan yang karyawan lakukan sesuai dengan kompetensi mereka.

Komunikasikan dengan baik terkait tugas, pembagian tanggung jawab, serta kendala yang mungkin mereka hadapi ketika mengerjakan tugas. Jika ada individu dalam tim yang ternyata belum memiliki keahlian, maka beri pelatihan dan training khusus.

6. Evaluasi Secara Rutin

Evaluasi perlu Anda lakukan secara rutin untuk mengetahui perkembangan kinerja masing-masing anggota tim. Sehingga akan ketahuan kesulitan apa saja yang mereka alami serta pencapaian apa saja yang sudah berhasil mereka dapatkan.

Melalui evaluasi secara rutin ini, pimpinan perusahaan juga dapat mengetahui kesulitan apa yang anggota timnya alami. Sehingga bisa segera mencari penyelesaian atas permasalahan tersebut.

Manfaat Memiliki Teamwork yang Bagus

Photo by Unsplash

Membangun team building yang bagus sangat perusahaan perlukan karena perannya sangat penting dalam rangka mencapai visi dan misi organisasi. Berikut ini beberapa peran penting teamwork yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Lebih Efektif dan Efisien Dalam Pekerjaan

Pekerjaan jika ditangani oleh lebih dari satu orang tentu akan lebih cepat selesai dibandingkan hanya dikerjakan sendiri. Analogi sederhana bisa Anda perhatikan saat membangun rumah. Tentu akan membutuhkan waktu yang teramat lama jika harus membuatnya sendiri.

Berbeda jika melibatkan lebih dari satu orang dan saling membagi tugas untuk memasang pondasi, memasang keramik, membuat atap, dan lain sebagainya. Begitupun dalam hal pekerjaan di sebuah organisasi dan bisnis. Semua akan lebih efektif dan efisien jika mengerjakannya bersama-sama.

Hubungan kerja yang baik antar individu karyawan akan sangat membantu untuk memecahkan setiap masalah yang terjadi. Setiap orang tentu memiliki ego dan pendapat yang berbeda-beda. Jika antar anggota tim solid dan dapat bekerjasama dengan baik, maka komunikasi pun akan terjalin dengan lancar.

2. Ide dan Gagasan Lebih Banyak

Perusahaan membutuhkan urun ide dari para karyawan demi bisa meningkatkan performa dan mencapai visi misi yang tinggi. Ide dan gagasan dari karyawan tentu akan sangat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.

Ketika bekerja dalam satu tim, saat menghadapi kesulitan antar anggota akan saling bekerja sama untuk menyelesaikannya. Setiap individu dapat mengemukakan gagasan demi mendapatkan penyelesaian terbaik atas masalah yang mereka hadapi.

Proses untuk menemukan solusi atas suatu masalah tentu harus melalui diskusi agar setiap individu karyawan dapat mengungkapkan gagasannya. Sehingga kreativitas dan inovasi dapat terpacu untuk dimunculkan.

3. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Setiap orang pasti memiliki masalah, tak terkecuali dalam sebuah tim di perusahaan. Terlebih lagi jika gaya, latar belakang, kebiasaan kerja, dan perilaku yang karyawan miliki berbeda-beda. Sudut pandang pun semakin luas.

Konflik antar anggota dalam tim sangat mungkin terjadi. Sehingga mau tidak mau mereka harus berusaha untuk menyelesaikan konflik tersebut. Secara tidak langsung, kerjasama dalam tim akan melatih karyawan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah.

4. Mendorong Rasa Memiliki

Ketika suatu proyek pekerjaan berhasil terselesaikan dengan baik, maka akan ada rasa bangga bagi karyawan karena sudah ikut berkontribusi. Setiap individu dalam tim akan merasa puas karena sudah berhasil mengatasi setiap hambatan atau kendala hingga bisa membangun kerjasama yang baik.

Koneksi antar karyawan juga akan semakin kuat dengan perusahaan karena merasa memiliki proses saat ingin mencapai tujuan bersama-sama. Dengan membangun team building yang baik, maka loyalitas karyawan pun akan semakin meningkat, begitupun dengan kepuasan kerja mereka.

Tips dan trik membangun team building di atas bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik urusan pekerjaan maupun lainnya. Tim yang solid dibangun atas dasar kepercayaan dan rasa saling memiliki satu sama lain.

Baca juga: Tips Kesehatan untuk Pengusaha Sibuk

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini