Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda dan Ucapkan Selamat Tinggal Pada Pilek dan Flu - QNET

Flu dan pilek merupakan dua masalah yang paling umum melanda masyarakat dunia, terutama di Indonesia. Kondisi ini biasanya terjadi akibat infeksi virus yang melanda di tenggorokan dan hidung.

Meskipun kondisi ini tidak berbahaya, rasa tidak nyaman akan melingkupi sekujur tubuh. Anak-anak hingga usia 6 tahun biasanya cenderung mudah terserang flu dan pilek. Pada orang dewasa, kasus ini terjadi setidaknya dua kali dalam setahun.

Biasanya perlu waktu seminggu hingga 10 hari untuk sembuh total dari flu dan pilek. Perokok perlu waktu lebih lama untuk sembuh.

Apabila gejala berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter.

Flu biasa dan Covid-19 adalah dua hal yang berbeda. Ada langkah-langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari flu dan pilek secara umum. Namun untuk Covid-19, jaga jarak, pakai masker, dan rajin mencuci tangan adalah tindakan preventif paling ampuh. Anda juga bisa konsumsi produk QNET untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Flu dan Pilek: Gejala dan Sebabnya

Flu dan pilek memiliki gejala yang sangat universal, sehingga ketika pandemi Covid-19 menyerang seluruh penjuru dunia, semua orang mengaitkannya dengan flu biasa. Gejala yang terjadi pada tiap orang berbeda-beda, meskipun sebagian besar memiliki kesamaan.

Apabila pilek disebabkan oleh virus, gejala akn muncul setidaknya tiga hari setelah terpapar. Gejalanya meliputi:

  • Tidak enak badan;
  • Sumeng;
  • Bersin;
  • Pusing dan nyeri sendi;
  • Hidung tersumbat;
  • Batuk;
  • Sakit tenggorokan;
  • Dan hidung meler.

Tanda-tanda lain bahwa pilek dan flu yang Anda alami adalah akibat dari virus adalah ingus yang semakin kental dan kadang kekuningan atau kehijauan.

Penyebab Flu dan Pilek

Pada umumnya, segala macam virus dapat mengakibatkan pilek dan demam, namun rhinovirus adalah biang keladinya.

Virus biasanya masuk ke tubuh manusia melalui mulut, mata, maupun hidung. Droplet dari orang yang bersin, batuk, maupun bicara merupakan cara lain bagaimana virus dapat tiba ke tubuh Anda. Itulah sebabnya Anda perlu memakai masker, menjaga kebersihan tubuh, rajin cuci tangan, dan jangan menyentuh muka ketika di luar rumah.

Faktor-faktor tertentu membuat seseorang lebih rentan terserang virus flu dan pilek. Hal tersebut antara lain:

  • Pilek dan flu akibat virus mudah menyerang anak-anak di bawah 6 tahun, apalagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di penitipan anak.
  • Sistem imun yang lemah. Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Namun orang yang menderita penyakit kronis cenderung memiliki sistem imun yang jauh lebih lemah.
  • Musim sangat mempengaruhi sirkulasi flu dan pilek serta sistem imun manusia. Musim hujan adalah waktu di mana banyak orang terserang pilek mendadak, tapi tidak jarang juga kemarau panjang memicu penyakit yang satu ini.
  • Merokok dan berada di keramaian. Menurut penelitian, perokok mudah mengalami gejala yang berkaitan dengan flu dan pilek. Ketika flu akhirnya menyerang, perlu waktu lebih lama untuk sembuh. Berada di keramaian atau kerumunan orang juga meningkatkan resiko Anda terserang flu.

Maka dari itu, Anda harus melengkapi asupan harian dengan suplemen. Suplemen memang hanya membantu, namun perubahannya memberikan manfaat baik untuk Anda. Kami menyarankan suplemen dari QNET.

Anda tidak akan mendapatkan suplemen QNET di tempat lain, karena perusahaan ini hanya menggunakan QNET direct selling sebagai cara penjualan.

Hal ini memungkingkan Anda untuk mendapatkan produk eksklusif dan unik tanpa mengurangi fungsi utamanya.

Rahasia Sistem Kekebalan Tubuh Tahan Banting

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun merupakan salah satu bagian terpenting yang ada di dalam tubuh manusia. Ketika keberadaannya tidak mendapat perhatian yang cukup, tubuh Anda akan mudah sakit.

Selain makan makanan yang sehat, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan adalah keputusan yang tepat. QNET memberikan pilihan suplemen dan vitamin yang tubuh Anda perlukan. Manfaat produk QNET tidak hanya untuk kesehatan pribadi, namun juga kebaikan hubungan antar manusia yang semakin baik.

Di bagian ini, Anda akan menemukan rahasia sistem kekebalan tubuh tahan banting, yang menjauhkan Anda dari penyakit. Beberapa di antaranya tidak memerlukan banyak usaha dan mudah untuk menemukannya di mana-mana.

1. Tidur yang Cukup

Banyak orang menganggap bahwa tidur adalah suatu hal yang sepele. Bahkan beberapa meyakini bahwa tidur sangat dekat dengan kematian, sehingga tidak sepatutnya manusia banyak tidur semasa hidupnya.

Pada dasarnya, tidur dan sistem kekebalan tubuh berkaitan sangat erat. Ketika tubuh kurang tidur, penyakit dan virus-virus lain akan mudah menyusup ke sistem imun tubuh kita.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa manusia dewasa perlu setidaknya 6 jam tidur di malam hari untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ketika tubuh sakit, kita cenderung banyak tidur karena itu adalah cara sistem imun melawan virus.

Lalu bagaimana jika Anda sulit tidur?

Pakar menyarankan untuk membatasi screen time terutama satu jam sebelum tidur. Selain itu, pastikan kamar benar-benar gelap, menggunakan penutup mata bila perlu. Bahkan melakukan olahraga ringan dapat mempermudah proses tidur.

Tentu saja, Anda harus melakukannya secara rutin.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Buah - QNET

Makanan sehat di sini adalah makanan yang tidak melalui terlalu banyak proses, terutama sayur, buah, kacang, biji-bijian, dan legum. Bahan-bahan tersebut kaya akan nutrisi dan antioksidan yang mendorong sistem imun untuk melawan patogen berbahaya.

Selain itu, bahan makanan di atas juga kaya serat. Serat sangat penting keberadaannya untuk merawat bakteri baik di usus kita. Lagipula, buah dan sayur yang masih asli atau belum melalui proses pengolahan mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

3. Konsumsi Lemak Pilihan

Lemak pilihan adalah jenis lemak yang sehat. Meskipun banyak orang takut dengan keberadaan lemak, tanpa zat yang satu ini tubuh kita tidak akan berfungsi dengan baik.

Padahal, lemak sehat berkontribusi dalam meningkatkan sistem imun tubuh, lho.

Lemak pilihan ini berasal dari minyak zaitun dan salmon serta ikan laut lain yang kaya akan omega-3.

Apabila Anda seorang vegan atau vegetarian, biji chia adalah alternatif yang baik.

4. Rutin Olahraga

Olahraga ketika merasa tidak enak badan memang bukan keputusan yang tepat. Namun penting bagi tubuh untuk olahraga secara rutin, meskipun gerakannya tergolong ringan.

Olahraga ringan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah jalan cepat, bersepeda, jogging, berenang, dan mendaki. Melakukan olahraga selama 150 menit per minggu membantu menjauhkan virus dari tubuh Anda.

Jika Anda bergabung dengan bisnis QNET, ada berbagai tips berguna terkait olahraga dan kesehatan. Tertarik bergabung?

5. Banyak Minum

Meskipun minum air putih secara umum tidak melindungi Anda dari kuman dan virus, kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah awal dari banyak penyakit.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, Anda akan merasa pusing dan performa tubuh menurun drastis. Dehidrasi juga mempengaruhi fokus, suasana hati, pencernaan, bahkan fungsi hati dan ginjal. Seram, kan?

Meskipun teh, jus, dan kopi menghidrasi tubuh, minum air putih lebih banyak memberi kebaikan. Lupakan soal berapa banyak air yang harus diminum dalam sehari.

Pastikan Anda minum setiap kali merasa haus, dan berhenti sebelum kekenyangan. Kebutuhan akan air jadi lebih tinggi ketika cuaca panas atau setelah berolahraga.

Lansia mengalami penurunan keinginan untuk minum, sehingga mereka merasa tidak pernah haus. Namun lansia tetap harus minum air putih yang cukup!

6. Jangan Stres

Stress - QNET

Stres tentu saja bagian dari menjadi orang dewasa. Namun tahukah Anda bahwa stres berkontribusi dalam melemahkan sistem kekebalan tubuh?

Meredakan stres dan kecemasan adalah kunci utama dalam kesehatan sistem imun. Stres berkepanjangan memicu pembengkakan di dalam tubuh dan membuat komposisi sel sistem imun tidak seimbang.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatur stres dan kecemasan?

Meditasi dan menulis jurnal adalah cara ampuh untuk mengontrol emosi diri. Apabila Anda suka olahraga, lakukan apa yang paling Anda minati. Yoga juga pilihan aktivitas yang baik untuk menurunkan kadar stres dan kecemasan di dalam tubuh.

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Makanan di Bawah Ini!

Sejatinya, mengkonsumsi vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh dapat membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu, tubuh akan selalu sehat tak peduli apa musimnya.

Di bawah ini, kami punya daftar makanan sehat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara natural. Ketika sistem imun meningkat, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan serangan flu dan pilek.

1. Bawang Putih

Hampir setiap makanan di seluruh penjuru dunia menggunakan bawang putih dalam proses memasaknya. Selain membuat makanan menjadi lebih nikmat, bawang putih berperan dalam melawan infeksi.

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang tinggi, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sejak konsumsi pertama.

2. Buah-buahan Sitrus

Vitamin C adalah vitamin paling populer ketika seseorang mengalami flu. Untuk membangung sistem imun, kehadiran vitamin C sangat krusial.

Selain memproduksi darah putih, vitamin C juga melawan infeksi di dalam tubuh. Sebelum beralih ke suplemen, ada baiknya Anda mengkonsumsi buah-buahan sitrus, seperti:

  • Jeruk nipis;
  • Lemon;
  • Berbagai macam jeruk;

Tubuh kita tidak memproduksi maupun menyimpan vitamin C. Anda perlu mengkonsumsinya setiap hari.

3. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Setidaknya brokoli memberikan Anda asupan vitamin A, C, dan E, serta serat dan antioksidan penting lainnya. Tidak heran jika brokoli merupakan satu dari sayuran tersehat yang harus menjadi bagian dari diet harian Anda.

Brokoli memberikan kebaikan secara utuh ketika proses memasaknya sangat minimal. Bahkan akan lebih baik jika Anda memakannya mentah-mentah.

Proses terbaik untuk memasak brokoli adalah dengan mengukusnya.

4. Jahe

Jahe juga sangat populer di kalangan orang-orang yang demam dan pilek. Hal ini karena jahe membantu meredakan pembengkakan, mengurangi sakit tenggorokan, dan membuat tubuh enakan.

Meskipun tidak secara langsung meredakan pilek dan flu karena virus, konsumsi jahe dapat mengurangi gejalanya.

5. Pepaya

Pepaya adalah buah tropis yang ada di mana-mana. Mengandung vitamin C tinggi, satu buah pepaya sedang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda sekaligus.

Apabila Anda memiliki masalah pencernaan, sembelit misalnya, pepaya adalah buah yang tepat. Pepaya juga mengandung anti peradangan, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang mengalami gejala flu dan pilek.

Suplemen tentu saja dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda akan vitamin dan mineral penting. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda selalu konsumsi makanan yang sudah mengandung vitamin dan mineral penting agar virus flu dan pilek tidak berani mendekat!

Bca Juga: Apakah Lemak Dibawah Kulit Baik Atau Buruk?