Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Pria di Segala Usia

Apakah Anda adalah seorang pria yang ingin memulai untuk merawat kulit, terutama perawatan kulit wajah Anda?

Memang, merawat kulit merupakan kebutuhan yang tidak memandang gender dan usia. Baik wanita maupun pria, tua ataupun muda, saat ini semua orang berlomba-lomba untuk mendapatkan kulit yang cerah, sehat, dan bercahaya.

Tak heran, akhir-akhir ini banyak sekali produk kecantikan yang mengeluarkan rangkaian khusus untuk para pria. Mulai dari produk drugstore hingga high-end, pilihan rangkaian produk perawatan pria sangat beragam.

Dulu, seorang pria yang terlihat merawat kulitnya cenderung mendapat asumsi sebagai orang yang feminin atau kurang maskulin. Namun, zaman sekarang, orang yang memiliki mindset seperti ini malah ketinggalan zaman dan memiliki bias terhadap gender.

Oleh karena itu, para pria pun kini tak usah lagi merasa malu atau minder jika ketahuan merawat kulit. Mindset orang-orang mengenai pria yang “perawatan” sudah tidak lagi condong ke arah negatif. Malahan, banyak orang mendukung gerakan pria untuk merawat diri sendiri, terutama kulit wajahnya.

Perawatan tubuh, terutama kulit wajah merupakan hal yang penting untuk dilakukan semua orang. Jika seseorang memilih untuk merawat kulit wajahnya, itu berarti dia peduli dengan kebersihan dan kesehatan diri sendiri.

Kulit yang sehat termasuk anugerah Tuhan, bukan? Oleh karena itu rawatlah kulit Anda dengan sebaik-baiknya.

Nah, apabila Anda masih clueless untuk tahapan merawat kulit serta apa saja yang harus Anda ketahui sebelum memilih produk, saya telah merangkum penjelasannya di artikel ini. Simak terus, ya!

Perbedaan Karakteristik Kulit Pria dan Wanita

Pada dasarnya, kulit pria dan wanita tercipta dengan karakteristik berbeda. Umumnya, kulit pria memiliki ketebalan 20% lebih tebal dibanding kulit wanita. Hal ini disebabkan oleh lebih tingginya kadar kolagen pada kulit pria.

Selain itu, pori-pori pada kulit pria cenderung lebih besar. Hal ini menyebabkan wajah pria lebih sering berminyak karena produksi minyak dari kelenjar sebasea, kelenjar penghasil minyak, lebih tinggi. Hal ini juga yang menyebabkan pH kulit pria tergolong lebih rendah.

Fakta lain tentang kulit pria adalah lebih banyaknya rambut yang dapat tumbuh di permukaan. Pada dasarnya, rambut di tubuh manusia terdiri atas rambut halus dan rambut yang lebih kasar.

Karena pria memiliki kadar hormon testosteron yang lebih tinggi, rambut-rambut halus yang terdapat di tubuhnya akan menjadi rambut yang lebih kasar, apalagi yang ada di kulit muka. Misalnya, kumis atau brewok.

Nah, perbedaan jenis kulit ini menyebabkan pria seharusnya memiliki perawatan kulit yang berbeda dengan wanita. Maka dari itu, ketahuilah langkah-langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda.

Berikut saya rangkumkan beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama merawat kulit wajah Anda.

Hal-hal Penting Terkait Perawatan Kulit Wajah Pria

Inilah hal-hal penting yang harus para pria perhatikan dalam merawat kulit wajahnya:

1. Ketahui Jenis Kulit Wajah Anda

Menurut American Academy of Dermatology, jenis kulit terbagi menjadi lima jenis yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan kulit sensitif.

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Sedangkan, perawatan untuk masing-masing jenis kulit pun berbeda.

Banyak produk yang dengan formulasi khusus untuk satu jenis kulit tertentu. Namun, ada juga produk yang formulasinya cocok untuk semua tipe kulit.

Oleh karena itu, kenali jenis kulit wajah Anda agar perawatan kulit dapat bekerja dengan maksimal sehingga Anda dapat mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

2. Cek Komposisi Skincare

Selain wajib memahami jenis kulit, Anda juga wajib untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang cocok untuk jenis kulit Anda. bahan-bahan tertentu dapat mengakibatkan ketidakcocokan untuk tipe kulit tertentu.

Anda memiliki kulit yang sensitif? Sebaiknya, carilah produk yang tidak mengandung bahan parfum atau pewangi. Anda memiliki kulit berminyak? Carilah produk dengan klaim “oil-control” dan sejenisnya.

Oleh karena itu, pahami benar komposisi produk skincare yang Anda gunakan, ya! Anda tidak harus mengetahui fungsi satu per satu komposisi, kok. Cari tahu yang umum saja agar mempermudah.

3. Rutinlah Menggunakan Produk Perawatan

Salah satu kunci keberhasilan produk perawatan kulit adalah konsistensi penggunanya. Jika Anda sering bolos menggunakannya, maka hasil yang didapatkan akan kurang maksimal.

Berkomitmenlah untuk menggunakan produk perawatan muka Anda dengan rajin. Jangan sering skip, ya!

4. Perbaiki Pola Makan dan Pola Tidur

Pernahkah Anda sudah memakai rangkaian skincare sedemikian rupa, namun kulit masih tetap kondisinya? Ya, selain perawatan dari luar, tubuh juga perlu perawatan dari dalam, loh!

Coba tilik pola makan dan pola tidur Anda, apakah sudah cukup baik atau masih berantakan?

Jika sudah baik, maka lanjutkan. Namun, jika masih berantakan, maka cobalah untuk memperbaiki mulai dari sekarang, yuk!

Faktanya, pola makan dan pola tidur dapat berpengaruh signifikan terhadap kondisi kulit. Dengan pola makan teratur, minum yang cukup, serta tidur yang cukup, kulit wajah Anda juga akan terbantu kelembaban dan kesehatannya.

Jika Anda keseringan makan gorengan, kulit Anda bisa jadi akan bereaksi, misalnya dengan munculnya jerawat. Coba imbangi dengan makan buah atau makan makanan kaya serat, gizi, dan vitamin agar kebutuhan nutrisi tubuh dan kulit dapat tercukupi.

Kemudian, apakah Anda termasuk tim begadang? Wah, jika iya, kebiasaan ini akan benar-benar berpengaruh terhadap kondisi kulit muka Anda. Kulit akan cenderung kusam dengan mata panda yang menggantung jika Anda keseringan begadang.

Langkah-Langkah Dasar Perawatan Kulit Wajah Pria

Inilah urutan langkah-langkah dasar untuk merawat kulit wajah Anda.

1. Bersihkan Wajah dengan Rutin

Setelah bangun tidur di pagi hari atau setelah seharian berkegiatan, kulit muka pasti akan terasa kotor dan beresidu, kan? Oleh karena itu, bersihkan kulit wajah Anda dengan rutin untuk menjaga kebersihannya.

Ada banyak sekali jenis produk pembersih wajah yang beredar di pasaran seperti facial wash, facial foam, dan lain-lain.

Gunakan air mengalir dengan suhu normal. Lalu, gunakan handuk muka yang terpisah dari handuk badan atau tisu untuk menyeka wajah Anda setelahnya. Hal ini untuk menghindari bakteri yang ada di handuk badan tertransfer ke wajah Anda. Jangan menggosok muka terlalu keras saat mengeringkan muka Anda agar kulit tidak tersiksa.

Ingat, pilih produk sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda, ya!

2. Gunakan Toner untuk Melembabkan dan Mengembalikan pH Kulit

Toner adalah produk skincare yang berfungsi untuk mengembalikan pH kulit wajah setelah menggunakan facial wash. Produk ini penting digunakan agar kulit wajah terjaga kelembabannya.

Gunakan hydrating toner untuk sehari-hari agar kulit wajah senantiasa lembab serta mempermudah kulit dalam menyerap rangkaian skincare setelahnya.

3. Melembabkan Kulit Wajah dengan Moisturizer

Moisturizer atau pelembab juga merupakan produk skincare wajib.

Dengan menggunakan pelembab, kulit akan menjadi lembab dan sehat, mencegah penuaan dini dan kerutan, serta mengontrol produksi minyak berlebih.

4. Gunakan Produk Skincare Tambahan

Tiga produk di atas adalah produk dasar yang wajib untuk merawat kulit wajah. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal lagi, Anda dapat menggunakan produk-produk tambahan seperti essence, serum, masker, dan lain-lain.

Produk-produk tambahan tersebut biasanya diformulasikan dengan lebih spesifik. Misalnya, untuk membuat wajah glowing, untuk memperlambat penuaan dini, untuk menghilangkan bekas jerawat, dan lain-lain.

5. Gunakan Pisau Cukur dan Krim Aftershave yang Tepat

Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk pria di segala usia - QNet

Jika Anda ingin menjaga muka tetap bersih atau ingin merapikan kumis dan jenggot setiap beberapa waktu sekali, maka Anda harus cermat dalam memilih pisau cukur yang bagus.

Gunakan pisau cukur dengan klaim yang tidak akan mengiritasi kulit. Selain itu, penggunaan krim aftershave juga penting untuk menjaga kelembutan kulit saat bercukur serta meminimalisir iritasi.

Rekomendasi Produk Perawatan Wajah untuk Segala Usia

Dengan banyaknya produk perawatan kulit yang beredar di pasaran, sebagai konsumen Anda harus cerdas dalam memilih produk berkualitas yang sesuai dengan Anda. Nah, saya punya rekomendasi produk perawatan kulit wajah untuk Anda.

Produk berikut berasal dari brand DEFY, yaitu brand asal Prancis, dengan rangkaian DEFY Dirt Fighter dan DEFY Youth Tonic.

1. DEFY Dirt Fighter

DEFY Dirt Fighter merupakan produk yang diformulasikan khusus untuk pria gunakan sebagai pembersih wajah yang merangkap sebagai shaving foam.

Produk ini dirancang menggunakan teknologi NVIRO-P atau environment protection yang dapat melindungi kulit wajah dari kondisi lingkungan seperti apapun.

Kandungan yang terdapat pada produk ini diklaim dapat menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, mengenyalkan dan mengencangkan kulit wajah, mencegah radang dan iritasi kulit, serta membantu mencegah bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan filtrat fermentasi alteromonas yang membantu membersihkan noda pada wajah.

Dengan menggunakan produk ini, Anda dapat mendapatkan segudang manfaat. Selain itu, produk ini juga tergolong praktis karena dapat Anda gunakan pula sebagai krim bercukur. Menarik sekali, bukan?

2. DEFY Youth Tonic

Nah, kalau yang satu ini merupakan produk toner merangkap serum dan moisturizer untuk kaum pria.

DEFY Youth Tonic hadir dengan klaim dapat membantu mengatasi kerutan, mengencangkan kulit, dan melembabkan kulit secara alami.

Dengan kandungan-kandungannya yang penuh manfaat, produk ini dapat Anda pilih sebagai produk perawatan kulit Anda. Selain manfaatnya yang luar biasa banyak, Anda juga bisa berhemat karena produk ini merupakan produk multifungsi.

Produk-produk DEFY Dirt Fighter dan DEFY Youth Tonic dapat Anda dapatkan di perusahaan distribusi ternama QNET. QNET merupakan perusahaan penjualan langsung yang telah terkenal seantero Asia. Dalam kiprahnya, QNET berhasil mengantongi sejumlah penghargaan di level Asia.

Melalui QNET, Anda tidak hanya dapat menjadi konsumen, namun juga peluang menjadi partner bisnis untuk tumbuh dan sukses bersama. Jaringan perusahaan yang besar memberikan Anda kesempatan untuk meraup keuntungan yang menjanjikan.

Anda tidak perlu ragu, kualitas produk yang ditawarkan oleh QNET dijamin mantap dan meyakinkan. Terutama produk DEFY ini. Produk ini merupakan produk yang dirancang dengan teknologi mutakhir dari Prancis.

Jadilah pria sejati sekarang juga dengan menggunakan produk-produk premium untuk pria segala usia DEFY Dirt Fighter dan DEFY Youth Tonic yang bisa Anda dapatkan di QNET

Baca Juga : Produk QNET Untuk Kesehatan dan Perawatan Diri Anda