Sabtu, Juni 25, 2022

7 Rekomendasi Seminar Online Nasional di Masa Pandemi

Ada banyak sekali cara menuntut ilmu walaupun titah pemerintah terkait social distancing ketika pandemi tak bisa dihindari. Salah satunya dengan mengikuti seminar online nasional.
Topik yang dibahas pun beragam, mulai jaringan pemasaran, kesehatan, dan berbagai topik menarik lainnya. Seminar online bisa dibilang sebagai bentuk lain seminar tatap muka yang diselenggarakan secara daring.
Tak sembarangan digelar, seminar-seminar online berskala nasional tentunya mengundang narasumber yang sangat kredibel di bidangnya. Nah, bagi Anda yang suka mencari ilmu pengetahuan secara gratis maupun berbayar, mengikuti webinar tentu saja jadi hal menyenangkan. Yuk, simak rekomendasi dari kami berikut!

Rekomendasi Seminar Online Nasional Di Masa Pandemi

Rekomendasi Seminar Online Nasional Di Masa Pandemi - QNET

Di masa pandemi Covid 19 yang bermula pada kuartal awal tahun 2020, ada cukup banyak seminar online yang diselenggarakan lembaga-lembaga atau pemerintah.
Anda yang sangat suka mengikuti online seminar atau webinar (web seminar) pasti akan mencari-cari informasi terbaru tentang seminar tersebut. Dan acara yang diselenggarakan pastinya mengusung tema serta topik yang berbeda-beda. Bagi Anda yang perlu topik seminar online terbaik di masa pandemi, berikut ini saran kami :

1. Langkah Sukses Berbisnis di Internet

Kategori webinar yang satu ini merupakan affiliate marketing – yang tentu saja berkaitan dengan metode pemasaran yang efektif untuk perusahaan.
Seperti yang diperkirakan, webinar yang satu ini akan membahas berbagai hal mengenai metode marketing melalui internet yang baik untuk bisnis.
Karena di masa pandemi banyak kekhawatiran terjadi terkait bisnis yang tadinya dijalankan secara offline. Dan sekarang harus dijalankan dengan metode online.

Garis besar dari pembicaraan para narasumber pasti eksklusif, yaitu terkait membangun bisnis yang ideal dan kebal krisis di masa pandemi. Jenis topik webinar ini pastinya juga akan membahas rahasia para online marketer yang mendunia dengan tujuan bisa diduplikasi pola bisnisnya.
Tak hanya itu, berbagai topik mengenai financial (keuangan) pasti juga disinggung.
Karena mustahil menciptakan bisnis yang kuat tanpa pondasi sistem keuangan yang kokoh pula.
Anda yang ingin mencoba membuka ladang uang baru, cocok ikut webinar yang satu ini.

2. Strategi Investasi

Siklus kehidupan tiap orang berbeda, namun hal ini tidak menyurutkan ahli keuangan untuk membagi ilmu mereka mengenai tahap investasi yang disarankan. Nah, webinar santai dengan topik Strategi Investasi (Investment Strategy) menjadi salah satu acara yang harus Anda tonton.
Pada webinar yang diselenggarakan dengan skala nasional ini Anda akan diberitahu cara terbaik menyusun strategi investasi. Biasanya narasumber yang datang di acara seperti ini sangat kredibel.

Contohnya dari kalangan financial planner serta financial consultant, yang membuat webinar ini worth it banget ditonton. Anda yang berasal dari kalangan umum, investor, pelajar, mahasiswa, hingga karyawan dan pemilik bisnis pun sangat disarankan untuk ikut. Banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari webinar ini, seperti tips mengatur keuangan dan langkah memilah pos pengeluaran uang.

Bahkan studi kasus keuangan serta pentingnya mendahulukan pelunasan hutang juga menjadi topik yang akan dijelaskan dengan panjang lebar. Anda pun akan tahu betapa untungnya membeli produk asuransi, saham, dan reksadana sejak dini. Dengan begitu di saat pandemi seperti ini Anda tidak perlu lagi khawatir masalah keuangan nantinya.

3. Problem Solving Masalah Bisnis

Memang tak bisa dipungkiri banyak sekali roda usaha yang macet saat pandemi, namun itu bukanlah alasan untuk berhenti berbisnis. Salah satu kasus nyata dan telah terjadi yaitu KFC, merek franchise berskala internasional, terpaksa mengerahkan karyawannya untuk jualan di pinggir jalan.
Padahal KFC adalah merek dagang yang sangat terkenal dan memiliki objek bisnis yang berkelas.

Dari kasus tersebut Anda akan belajar untuk menyelesaikan masalah yang datang pada bisnis, seberat apapun itu. Anda harus bertahan, dan mencari langkah problem solving yang efektif serta efisien.
Oleh karena itu Anda harus nonton acara seminar online dengan topik business problem solving.
Memang sumber permasalahan dalam bisnis sangat banyak. Diantaranya sumber daya manusia, proses produksi, manajemen rantai pasokan, dan lainnya. Akan tetapi inilah saat yang tepat bagi Anda untuk belajar langsung dari ahlinya. Anda bisa lho bertanya-tanya pada narasumber webinar terkait permasalahan bisnis Anda nantinya.

4. Analisis Resiko Keuangan pada UMKM

Masih tentang bisnis, UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah menjadi kategori usaha yang cukup banyak digeluti masyarakat Indonesia. Bahkan pihak Kementerian Koperasi dan UKM RI menyatakan bahwa peran UMKM untuk menyerap tenaga kerja adalah sebesar 97% di tahun 2017. Namun begitu, masalah utama dari pelaku UMKM adalah kurangnya edukasi mengenai analisis resiko keuangan.

Ternyata prospek sebuah bisnis bisa dinilai dengan menganalisis sistem keuangan yang selama ini dijalankan. Dengan mengikuti webinar dengan topik ini, Anda akan paham bagaimana cara menilai kelangsungan bisnis suatu UMKM dilihat dari laporan keuangannya. Nantinya Anda bisa memproyeksikan ilmu yang Anda dapat dengan mengimplementasikan langsung pada bisnis yang Anda jalankan. Seru, bukan?

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Pandemi akibat virus Covid 19 tahun 2020 menjadikan semua lapisan masyarakat khawatir akan kesehatan tubuh mereka. Kondisi kehidupan yang normal berubah drastis sejak pandemi diumumkan. Termasuk adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan social distancing. Oleh karena itu cara menjaga kesehatan tubuh di saat pandemi harus Anda ketahui, salah satunya dengan cara mengikuti seminar online nasional. Dan tentu saja perkembangan kasus Covid 19 di Indonesia yang meningkat dengan cepat mengakibatkan pihak medis berbondong-bondong melakukan edukasi.

Anda bisa dengan mudah mencari jadwal seminar online nasional bertemakan menjaga kesehatan tubuh di internet. Pada seminar tersebut Anda bisa mengetahui apa saja hal yang harus dihindari ketika pandemi, bagaimana cara menjaga sistem imun tubuh, dan lain sebagainya. Dan yang terpenting, Anda bisa mendapatkan ilmu mengenai basic kesehatan tubuh tersebut langsung dari ahli medis yang menjadi pembicara. Sehingga informasi yang diberikan pun akurat.

6. Public Speaking

Kemampuan public speaking Anda tetap bisa dilatih dengan cara mengikuti webinar dari para mentor berpengalaman, lho. Mengingat ketika pandemi tahun 2020, masyarakat Indonesia banyak berdiam diri di rumah selama kurang lebih 3-6 bulan di rumah. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus penyebab penyakit Covid 19. Namun hal ini menyebabkan kondisi abnormal pada sebagian orang, yaitu penyakit dengan istilah cabin fever.

Menurut sebuah artikel yang telah diverifikasi oleh Steven Gans, M.D., cabin fever adalah kondisi dimana seseorang terlalu lama berdiam di suatu tempat. Dan banyak orang yang merasa stres karena harus terisolasi secara mandiri sewaktu pandemi melanda. Hal ini bisa menyebabkan kondisi depresi berlebihan serta peningkatan nafsu makan. Sehingga dengan mengikuti webinar bertema public speaking, kemampuan bersosialisasi Anda bisa terus diasah. Anda akan belajar dari ahli public speaking yang menjadi narasumber, serta bisa mempraktekkan skill berkomunikasi Anda walau sedang berada di rumah.

7. Peran Mahasiswa Vokasi Bagi Perkembangan Ekonomi

Webinar ini mengangkat topik yang cukup krusial, yaitu bagaimana peran mahasiswa untuk perkembangan ekonomi di Indonesia. Karena seperti yang kita ketahui, pendidikan vokasi terfokus pada praktek dan lebih sedikit mendapatkan teori daripada sarjana. Tujuan dari seminar online nasional ini juga untuk memotivasi para mahasiswa vokasi untuk bisa lebih berkarya demi masa depan.
Karena masyarakat Indonesia butuh generasi muda yang terampil, cerdas, dan cekatan seperti mahasiswa pendidikan vokasi. Itulah beberapa topik seminar yang sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang berniat mengikuti webinar berskala nasional. Dengan mengikuti berbagai seminar tersebut, Anda akan terus bis menggali ilmu walau sedang pandemi.

Manfaat Mengikuti Seminar Online Nasional

Manfaat Mengikuti Seminar Online Nasional - QNET

Anda sudah membaca cukup banyak referensi serta rekomendasi seminar online berskala nasional yang sangat bagus untuk konsumsi otak di kala pandemi. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti seminar online nasional, salah satunya adalah memperkaya khasanah ilmu.
Selain itu memang ada berbagai manfaat lainnya seperti berikut :

1. Menghemat Biaya

Biaya untuk datang ke seminar online nasional lebih murah daripada seminar offline yang mengharuskan tatap muka. Jenis seminar ini bahkan banyak juga dipakai oleh perusahaan QNET, perusahaan Direct Selling terbesar di dunia untuk mengedukasi masyarakat pentingnya direct selling.
Anda tinggal duduk di hadapan komputer dan menerima semua materi yang ditayangkan di layar. Dan jika ada pertanyaan, tinggal bertanya. Sesimpel itu.

2. Sarana Menambah Relasi

Relasi adalah hal yang sangat Anda perlukan di masa depan nantinya, karena hampir semua orang yang beruntung dalam hal bisnis pasti punya banyak kenalan. Relasi nantinya sangat diperlukan ketika kerja, terutama jika Anda ikut terjun dalam bisnis QNET yang sudah terkenal akan mega profitnya.
Karena jujur, tanpa relasi bisnis penjualan langsung QNET pun tidak akan berjalan dengan mulus. Inilah manfaat lain dari seminar online nasional yang tak bisa Anda kesampingkan.

3. Belajar dari Ahlinya

Dari beberapa rekomendasi webinar atau seminar online nasional yang telah kami berikan, bisa kita tahu siapa saja narasumbernya. Kebanyakan merupakan individu yang sudah ahli dalam bidangnya dan bisa dikatakan sebagai seorang profesional. Dengan belajar langsung dari ahlinya, kemampuan Anda di bidang terkait juga akan meningkat. Sama halnya ketika Anda bergabung dengan QNET Direct Selling, Anda juga bisa bergabung dan belajar metode penjualan langsung dari ahlinya. Metode pembelajaran dengan model seperti ini pasti lebih efektif daripada yang melalui trial and error secara mandiri.

Tips Ketika Ikut Seminar Online Nasional

Tips Ketika Ikut Seminar Online Nasional - QNET

Anda sudah mengetahui berbagai manfaat seminar online nasional seperti yang kami sebutkan di atas.
Mungkin setelah ini Anda langsung surfing internet dan mencari cara untuk bergabung pada acara-acara webinar tersebut. Namun jangan sembarangan, sejatinya ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti sebelum mendaftar acara webinar seperti berikut :

  1. Lakukan registrasi pada laman webinar sedini mungkin. Usahakan untuk mengisi data diri sebenar-benarnya karena digunakan untuk pendataan dari pihak penyelenggara.
  2. Simpan tiket webinar atau link online meeting hasil pendaftaran Anda. Jangan sampai link ini hilang karena kecerobohan Anda sendiri. Resikonya, Anda bisa terlambat join meeting atau bahkan ketinggalan sama sekali.
  3. Pastikan tanggal serta waktu seminar Anda catat dengan sebenar-benarnya di buku. Jangan sampai Anda ketinggalan hanya karena lupa ada jadwal seminar online berskala nasional.
  4. Pastikan jika gadget Anda memadai dan bisa digunakan untuk ikut online meeting secara lancar. Kendala yang muncul dari gadget atau peralatan seminar Anda pasti akan sangat mengganggu dan mengakibatkan Anda tidak fokus.
  5. Usahakan agar bandwith internet lancar ketika Hari-H. Bandwith internet yang kurang lancar menyebabkan proses seminar terhambat, dan informasi pun tidak akan Anda terima secara totalitas.

Dengan menerapkan berbagai tips mengikuti seminar online nasional tersebut, Anda bisa mengikuti pertemuan daring dengan para narasumber dengan lebih layak. Sekian penjelasan kami mengenai rekomendasi seminar online nasional yang bagus Anda ikuti ketika masa pandemi. Semoga bermanfaat ya!

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini