Rabu, Oktober 5, 2022

QNET Mampu Berkembang Untuk Bisnis Dan Mengedukasi Masyarakat Sekitar

Gairah dan semangat untuk tumbuh dan berkembang merupakan dua di antara sekian nilai positif yang disebarkan lewat QNET bisnis. Kabar dan berita QNET selalu konsisten dalam membawa dan mengumandangkan nilai positif tersebut. Ini karena QNET paham bahwa bisnis yang kekal bukanlah yang semata-mata mengejar keuntungan. Akan tetapi, yang juga membawa manfaat bagi sebanyak mungkin orang.

Simak bagaimana QNET mendukung, mendorong, dan menguatkan masyarakat untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Dan Anda dapat mengambil peran penting di dalamnya untuk kebaikan diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar Anda.

Tantangan Demografi Indonesia 2020-2030

Saat ini, Indonesia sedang mengalami tantangan yang luar biasa dari segi demografis. Sebanyak ⅔ atau hampir 70% dari jumlah penduduk merupakan kelompok usia produktif. Melihat statistik pertumbuhan jumlah penduduk per tahun, BPS memperkirakan profil demografi ini akan bertahan lama. Profil ini juga diperkirakan mencapai puncaknya pada 2030.

QNET Mampu Berkembang Untuk Bisnis Dan Mengedukasi Masyarakat Sekitar - Qnet

Di satu sisi, hal ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan GDP dan pertumbuhan ekonomi nasional. Karena usia produktif merupakan kelompok penggerak ekonomi yang sangat berpengaruh. Di sisi lain, bonus demografi ini dapat menjadi bencana demografi jika kita tidak mampu mengelola. Alih-alih, tingkat pengangguran dapat naik bahkan dari kelompok usia terdidik.

Jika melihat data tingkat pengangguran terbuka dari BPS 2018-2020, ada satu fakta menarik. Seiring membaiknya tingkat pendidikan masyarakat, pengangguran dari kalangan terdidik memiliki persentase yang semakin tinggi. Dan sebaliknya. Data BPS juga mencatat rerata penambahan tenaga kerja baru per tahun sekitar 2 juta orang.

Jika ditambah terdampak pandemi 3,7 juta, ditambah TPT Februari 2020 sebesar 6,8 juta, maka total pengangguran terbuka mencapai 12,5 juta. Pertanyaannya, apa yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan bonus demografi tersebut? Bagaimana agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan mencapai kemajuan yang lebih baik?

Bisnis QNET sebagai Solusi

QNET percaya bahwa bisnis dan entrepreneurship dapat menjadi kunci utama untuk memanfaatkan bonus demografi yang dimiliki Indonesia. Dengan bisnis, tak perlu terlalu tergantung dengan pihak lain dan mampu mandiri secara finansial. Kesempatan untuk itu sangat terbuka, mengingat Indonesia masih tertinggal cukup jauh dari negara tetangga.

QNET Mampu Berkembang Untuk Bisnis Dan Mengedukasi Masyarakat Sekitar - Qnet

Meski tingkat pengusaha telah meningkat dari 1,67 (2015) ke 3,1 (2020), tapi masih di bawah Singapura (7%), Malaysia (6%), bahkan Thailand (5%). Dengan jumlah penduduk sekitar 268 juta jiwa (2020), untuk peningkatan 1% membutuhkan wirausaha baru sebesar 2 juta.

Mengembangkan Bisnis QNET dan Berkembang Melalui Bisnis

Menjawab tantangan demografis yang telah diuraikan di atas, bisnis QNET dapat menjadi salah satu solusinya. QNET bisnis tak hanya mampu menjawab kebutuhan akan penyaluran kelompok produktif, juga sekaligus kebutuhan pengembangan diri. Melalui direct selling, QNET mendorong para IR (Independent Representative) untuk senantiasa mengembangkan skill dan pribadinya.

Direct selling sendiri merupakan sebuah sistem yang mendorong tenaga penjual untuk menawarkan produk langsung ke konsumen. Tanpa melalui jalur distribusi pada umumnya dari distributor, pedagang besar, dan pedagang kecil atau eceran.

Sistem direct selling disebut juga penjualan langsung, yang berarti produsen akan langsung mendistribusikan produk ke konsumen. Sedangkan Independent Representative berfungsi mewakili produsen dalam menawarkan produknya. Penghematan yang didapat dari proses pemasaran maupun distribusi dengan bypass langsung ke konsumen menjadi komisi penjualan untuk IR.

Dengan sistem penjualan langsung, IR akan sering melatih diri untuk melakukan presentasi dan berkomunikasi dengan pelanggan. Kemampuan sosialisasi dan negosiasi menjadi hal penting yang dibutuhkan dalam bisnis di era kapanpun.

QNET bisnis tidak hanya menempatkan konsumen sebagai obyek, tapi juga partner untuk sama-sama berkembang. Bersama-sama dengan perusahaan, konsumen merangkap sebagai IR perusahaan dan membangun jaringan bisnis.

Sistem penjualan langsung seperti ini juga dikenal dengan pemasaran jaringan atau network marketing. Di mana saat melakukan penjualan, IR dapat sekaligus membangun bisnis dan sistem marketingnya. Sistem direct selling atau penjualan langsung terbukti dapat menjadi solusi dalam merintis bisnis dengan modal yang relatif minim namun berkelanjutan. Di berbagai negara, sistem pemasaran jaringan atau penjualan langsung menjadi salah satu industri bernilai miliaran dollar AS.

Ilustrasi Contoh Sistem Pemasaran Jaringan

Bagaimana industri pemasaran jaringan mampu bertumbuh di berbagai negara, tak lepas dari sistemnya yang memberikan opsi saling menguntungkan. Dalam industri ini, pertumbuhan perusahaan produsen berkorelasi langsung dengan pertumbuhan bisnis Anda. Ilustrasi contoh jaringan pemasaran berikut akan memberikan Anda gambaran di balik relasi antara pertumbuhan bisnis Anda dengan pertumbuhan perusahaan. Misalkan Anda membeli dan menggunakan produk QNET, maka di saat yang sama, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi IR.

Setelah Anda merasakan manfaat dan kepuasan dari produk dan jasa QNET, Anda dapat mereferensikannya kepada orang lain. Sebagai Independent Representative dari QNET, Anda perlu untuk memberikan edukasi tentang nilai dan manfaat produk atau jasa yang digunakan. Orang lain yang tertarik berkat edukasi Anda, akan menggunakan jasa atau produk dari QNET. Di sini, Anda bisa mendapatkan komisi atas upaya Anda dalam memberikan edukasi kepada klien.

Ketika orang yang Anda referensikan tersebut mereferensikan pelanggan lain, ada kesempatan untuk Anda mendapatkan komisi penjualan berulang. Dengan membantu orang yang Anda referensikan tersebut dalam memberikan edukasi, Anda akan meningkatkan kesempatan itu. Sistem seperti ini merupakan simbiosis mutualisme yang saling memberikan keuntungan, baik untuk perusahaan, pelanggan, ataupun IR.

Semakin besar omset yang terjual dalam grup atau jaringan, semakin besar komisi penjualan yang Anda dapatkan. Pelanggan juga memiliki kesempatan untuk membangun bisnis bersama dengan perusahaan dan menjadi bagian dari pemilik brand. Karena itu, mengembangkan bisnis QNET sama dengan mengembangkan bisnis Anda sendiri. Vice versa (dan sebaliknya).

Edukasi: Kunci Mewujudkan Visi Harmoni

QNET sangat memahami bahwa untuk dapat memberikan relasi yang saling menguntungkan antara perusahaan, pelanggan, dan IR, butuh 2 kunci utama.

  1. Produk atau jasa yang bernilai tinggi dan memiliki manfaat luar biasa
  2. Edukasi yang tepat atas nilai dan manfaat produk atau jasa tersebut.

Karena itu QNET berkomitmen untuk memberikan produk atau jasa terbaik dengan edukasi yang lengkap, baik untuk program maupun sistem bisnis. Produk QNET merupakan barang dan jasa yang memberikan dampak dalam mewujudkan hidup sehat, bahagia, dan bertumbuh secara elegan.

Jenis produk QNET terbagi dalam 8 kategori, meliputi:

  1. Liburan;
  2. Kesejahteraan Menyeluruh;
  3. Jam tangan dan perhiasan;
  4. Rumah dan Kehidupan;
  5. Pendidikan;
  6. Kesehatan;
  7. Perawatan Pribadi dan Kecantikan; dan
  8. Teknologi.

Manfaat produk QNET dari 8 kategori tersebut berfokus pada membangun tubuh sehat, pikiran kuat, dan jiwa yang berbahagia. Contoh manfaat produk QNET, salah satunya yang terbuat dari buah merah asal Papua kebanggaan Indonesia, Eternaleaf.

Dengan kandungan antioksidan hingga 30x antioksidan pada buah manggis, Eternaleaf merupakan produk unggulan dalam perawatan tubuh dan kecantikan. Agar dapat mengkomunikasikan nilai dan manfaat produk QNET, tiap IR tentu perlu mengetahui secara mendalam mengenai masing-masing produk.

Cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang produk dan jasa tersebut adalah dengan edukasi. Contohnya melalui seminar (online maupun offline) dan training penggunaan produk/jasa. Dengan seminar, QNET IR dapat memberikan edukasi untuk ratusan orang sekaligus secara bersamaan. Sedangkan dengan training, IR dapat membangun trust dan kedekatan agar lebih efektif dalam transfer nilai dan pengetahuan.

Edukasi Bisnis dan Bisnis Edukasi

Pentingnya edukasi dalam bisnis memiliki hubungan timbal balik yang saling memberikan manfaat. Kesuksesan dalam sebuah bisnis sangat dipengaruhi dengan kualitas edukasi yang didapatkan entrepreneur tersebut. Edukasi yang baik menjadi salah satu kunci utama berkembangnya sebuah bisnis.

QNET Mampu Berkembang Untuk Bisnis dan Mengedukasi Masyarakat Sekitar-qnet

Karena itu salah satu lini produk dan jasa QNET adalah Qlearn, yang menyediakan edukasi berkualitas untuk para wirausaha dan pebisnis. Qlearn menyediakan kursus lengkap di semua bidang yang Anda perlukan untuk berkembang dalam bisnis.

Mulai dari manajemen bisnis, strategi pengembangan dengan agile management, pemanfaat teknologi informasi, juga strategi serta teknis pemasaran. Setiap kursus dibangun berdasarkan kebutuhan dan tuntutan terkini oleh tenaga ahli dan terampil di bidangnya. Profesionalisme menjadi standar yang pasti dengan sertifikasi bagi para alumninya.

Pendidikan memang dianggap sebagai kunci utama dalam melakukan perubahan menuju ke arah kesuksesan dan kemajuan. Tidak hanya yang formal, pendidikan informal justru memegang peranan penting karena bersifat teknis dan praktis. Di Indonesia sendiri, gairah untuk berkembang melalui pendidikan informal sangat besar tapi belum dapat diwadahi secara optimal. Jumlah LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) menunjukkan tren meningkat, tapi masih banyak yang belum memenuhi standar profesional.

Pada tahun 2011, jumlah LKP tercatat 16.353 dan tumbuh mencapai 29.283 di tahun 2017. Namun di tahun 2020, data LKP yang memenuhi standar profesional hanya terhitung 9.760 unit saja. Itu pun masih mempertahankan proporsi lama dengan jumlah LKP terkumpul di pulau Jawa mencapai 50% dibandingkan seluruh wilayah Indonesia.

Artinya, prospek bisnis edukasi dengan standar profesional sangat baik dengan demand yang besar dan supply yang masih terbatas. Apalagi edukasi khusus di bidang bisnis. Dukungan Qnet juga mampu membuat Qlearn dapat diakses dari jarak jauh, sehingga mengatasi kesenjangan jumlah LKP di Indonesia.

Penghargaan dalam Pengabdian

Support yang luar biasa tersebut membuat QNET meraih Gold dalam ajang Globee Awards 2020 di kategori Communication & PR Campaign. Bersama-sama dengan perusahaan tingkat dunia lainnya seperti IBM, Paypal, Tata Consulting, Departemen Budaya dan Pariwisata Abu Dhabi.

Tentu ini merupakan kabar menggembirakan. Berita QNET lainnya yang juga tak kalah menggembirakan datang dari ajang International Business Award 2020. Di tengah pandemi Covid-19, QNET juga mendulang Bronze Winner dalam ajang Stevie International Business Awards 2020 untuk Best Social Media Campaign.

Malau Calouza, CEO Qnet mengungkapkan, “Kami bertekad untuk tidak membiarkan lockdown dan karantina dunia mempengaruhi kemampuan Anda untuk membangun bisnis dan mendapatkan penghasilan.” Ia juga menyatakan bahwa QNET akan selalu bersama para Independent Representative dalam masa sulit ini. Karena itu para IR diharapkan tetap optimis dan semangat dengan menggunakan solusi online business yang disediakan oleh QNET Bisnis.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini