Qnet Direct Selling Sukses Dalam Bisnis Jaringan dan Pembinaan-QNET Indonesia

Banyak yang heran ketika masa pandemi COVID-19 lalu, ada berita QNET justru membuka kantor perwakilan baru di Surabaya. Apakah ini berarti bisnis QNET tidak terpengaruh pandemi?. Jika terpengaruh, bagaimana mungkin saat banyak perusahaan melakukan PHK atau menutup operasional sementara, QNET justru membuka kantor perwakilan?. Jika tidak terpengaruh, seperti apa model bisnis QNET sehingga begitu kuat dan mampu tetap bertumbuh bahkan saat krisis?. Di sini, Anda akan diajak untuk mengenal QNET dan memahami seperti apa model bisnisnya. Setelah itu mencermati langkah-langkah dan strategi yang dapat Anda terapkan untuk sukses menjadi mitra bisnis QNET ini.

QNET, Perusahaan Direct Selling Kelas Dunia

Jika Anda heran mengapa QNET tidak hanya bertahan, tapi malah berkembang saat krisis, Anda perlu tahu sejarah berdirinya QNET. QNET didirikan pada tahun 1998 di Hongkong, saat di mana negara-negara Asia sedang mengalami krisis moneter terparah. Berdiri di saat krisis justru menjadikan QNET bisnis sebagai solusi dari masalah pendapatan yang menurun. Bisnis penjualan langsung QNET menjadi sebuah bisnis yang booming dalam waktu singkat karena menawarkan kesempatan yang hebat. Selama 22 tahun Perusahaan QNET beroperasi, kini telah memiliki lebih dari 200.000 Independent Representative – IR (sebutan untuk mitra bisnis QNET). Dengan total revenue lebih dari 495 juta US dollar di 2019. Dengan tingkat revenue sebesar itu, Qnet termasuk ke dalam TOP 100 perusahaan direct selling di dunia, dan TOP 30 di Asia.

Mengenal Direct Selling QNET

Mendengar QNET sebagai perusahaan direct selling, Anda mungkin bertanya-tanya apa maksudnya kalimat tersebut. Direct selling atau penjualan langsung merupakan salah satu metode pemasaran paling efektif dan tertarget dalam sejarah pemasaran. Hal ini karena konsumen akan berhubungan secara langsung dengan tenaga pemasar dan dapat membangun hubungan yang dekat. Beda dengan ritel konvensional yang menggunakan metode broadcast marketing via iklan. Direct selling juga merupakan sebuah industri tersendiri di mana wirausaha-wirausaha baru memulai bisnis untuk diri mereka sendiri.

Para pebisnis penjualan langsung ini akan mendapatkan komisi dan bonus yang sesuai dengan volume bisnis yang mereka capai. Yang membuat industri penjualan langsung sangat powerfull adalah kemungkinan untuk mendapatkan komisi tidak dari volume penjualan personal.  Business volume bisa diakumulasikan dari tim penjualan yang berada di bawah referal anda. Karena skema kompensasi yang hebat inilah industri penjualan langsung juga disebut sebagai industri pemasaran jaringan. Industri ini sendiri mencatatkan pertumbuhan yang memuaskan dan berkelanjutan dari tahun ke tahun.

Di tahun 2019, total industri pemasaran jaringan mencapai omset total hingga lebih dari 200 miliar US dollar. Model bisnis QNET sendiri menggunakan 2 kaki atau binary untuk menjamin sistem berlaku secara fair dan berkeadilan. Karena itu ada juga yang menyebut bisnis QNETsebagai QNET Direct Selling binary.

Apa Perbedaan Bisnis QNET dan Skema Ponzi (Piramida)?

Bisnis penjualan langsung QNET merupakan sebuah peluang bisnis nyata, bukan investasi abal-abal ala skema piramida (Ponzi). Paling tidak, ada 7 perbedaan utama yang memberi batas yang jelas antara bisnis direct selling dengan penipuan ala Charles Ponzi.

NoBisnis direct selling QnetPenipuan Skema Ponzi
1Menyediakan produk atau jasa berkualitas dengan nilai dan manfaat yang sebanding dengan harganyaPenawaran sering berupa tawaran investasi. Tidak ada produk atau jasa yang ditawarkan. Kalaupun ada, manfaat dan nilainya jauh di bawah harga yang disepakati
2Bonus dan komisi diperoleh berdasarkan volume penjualan dan pembelian berulangBonus dan komisi diperoleh berdasarkan sebanyak apa Anda merekrut orang untuk masuk ke dalam skema penipuan ini.
3Memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan yang besarMenjanjikan cara cepat kaya dengan bergabung dan melakukan perekrutan
4Menyediakan sistem pelatihan, baik untuk product knowledge maupun skema rencana kompensasi. Bahkan juga hingga leadership, pengembangan diri, dan program mentoringHanya menjelaskan skema earning plan. Malah sering tanpa penjelasan sama sekali.
5Menyediakan tools dan support, baik terkait produk maupun bisnis penjualan langsungnya sendiriSering tidak ada tools maupun support yang disediakan. Bahkan, sering pula tak ada interaksi antar distributor/agen.
6Ada kode etik profesional  yang mengatur tenaga pemasar. Melanggar kode etik tersebut dapat berakibat pada putusnya hubungan kerja sama dengan Qnet.Tidak ada kode etik yang harus diikuti. Selama bisa merekrut banyak orang ke dalam skema piramida tersebut, cara apapun diperbolehkan.
7Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk sukses, tak peduli kapan waktu ia bergabungOrang yang gabung duluan menikmati keuntungan. Sedangkan yang belakangan pasti rugi karena berada di lapisan terbawah piramida.

Dari sini sudah jelas bahwa bisnis QNET bukanlah penipuan sistem piramida ala Ponzi. Melainkan skema penjualan langsung yang terbukti memunculkan banyak wirausaha baru dengan penghasilan yang lumayan besar. Buktinya, pada tahun 2019 saja, Qnet sudah membayarkan komisi dan bonus hingga 173 juta US dollar.

Skema Kompensasi Bisnis QNET (Komisi dan Bonus)

Seperti apa skema kompensasi bisnis QNET tersebut sehingga mampu membayarkan bonus dan komisi hingga jutaan US dollar?. Skema kompensasi merupakan satu hal yang penting dalam industri penjualan langsung atau pemasaran jaringan. Karena itu harus diatur secara detil, rinci, dan penuh kehati-hatian. Skema yang tidak adil akan mengecilkan minat dan upaya mitra pemasaran untuk berusaha di bisnis ini. Namun, jika skema kompensasi terlalu besar, perusahaan tidak akan mampu bertahan lama dan terancam bangkrut. Rahasia dari perusahaan QNET tetap tumbuh ,baik secara revenue maupun jumlah IR (Independent Representative) , adalah karena skema kompensasi yang tepat. Ada 6 jenis komisi dan bonus dari QNET yang mana semuanya berhubungan dengan business volume dan penjualan.

1.      Laba Ritel/Eceran

Laba eceran didapatkan dari selisih harga jual ke konsumen dengan harga diskon sebagai IR. Selisih harga ini dapat mencapai 20%, yang mana merupakan salah satu laba yang cukup besar dalam industri ritel.

2.      Komisi Langkah (Step Commission)

Komisi langkah didapat dari keseimbangan business volume pada tim penjualan sisi kanan dan kiri. Business volume minimal untuk mulai mendapatkan  komisi langkah QNET adalah masing-masing 3000 BV di tiap sisi. Nominal step commission bervariasi mulai dari 250 USD hingga 525 USD yang dibayarkan tiap minggu.

3.      Komisi Penjualan Berulang (Repeat Sales Points)

Komisi penjualan berulang didapatkan dari penjualan berulang, baik untuk pembelian pribadi maupun pembelian dari pelanggan. Poin ini tidak hanya dihitung dari pembelian pribadi, tapi seluruh tim penjualan Anda. Dengan catatan, bahwa poin yang dihitung sesuai dengan peringkat, mulai dari 4 level hingga 10 level. Poin ini diakumulasikan dalam sebulan. Selanjutnya dapat ditukarkan komisi atau bonus dalam bentuk tunai atau yang lainnya.

4.      Peringkat Bulanan

Peringkat bulanan merujuk pada tingkat keaktifan Anda dan tim penjualan di bulan tersebut. Perhitungannya tentu dipengaruhi oleh business volume dan repeat sales Anda beserta tim di bulan itu. Peringkat ini mempengaruhi pencapaian komisi dari RSP. Semakin tinggi peringkat, maka perhitungan komisi dari poin akan semakin besar hingga maksimal level 10 downline. Peringkat ini juga memungkinkan Anda mendapatkan insentif perjalanan, apresiasi hall of fame, dan lain-lain.

5.      Bonus Pemeliharaan Peringkat

Ini merupakan jenis bonus yang diberikan jika Anda mampu mempertahankan peringkat Anda dalam waktu 6 bulan berturut-turut. Bonus diberikan dalam bentuk tunai sesuai dengan tingkat peringkat dari bronze hingga diamond star.

6.      Insentif Sepanjang Tahun

Setiap tahun ada event-event tertentu dimana Anda bisa mendapatkan poin, bonus, atau, komisi yang lebih besar daripada biasanya. Contoh, jika di hari biasa sebuah produk bernilai 250 BV, di waktu tertentu bisa jadi 500 BV tergantung promo. Dengan skema kompensasi yang sederhana dan kompetitif, Qnet direct selling merupakan salah satu perusahaan direct selling dengan skema terbaik.

QPro, Panduan Sukses dalam Pembinaan Jaringan

QNET sangat memahami pentingnya dukungan bagi para mitra IR untuk dapat sukses dalam membina jaringan bisnisnya. Karena itu perusahaan menyediakan panduan sukses dalam bisnis penjualan langsung Qnet dalam bentuk layanan QPro. Di sini Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan bisnis QNET dengan cepat dan bermartabat. Mulai dari product knowledge, cara presentasi, hingga dukungan mentor yang hebat. Di QPro, Anda juga bisa mendapatkan materi branding, marketing, maupun pengembangan diri berupa foto, video, dan konten lain. Termasuk tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam mempresentasikan bisnis QNETini.

QNET sangat peduli dengan kemajuan bisnis Anda yang berkelanjutan sehingga mendukung untuk mengembangkan etika bisnis yang profesional. Di tahun 2019 lalu, QNET telah menghentikan kerjasama dengan lebih dari 400 IRs yang menerapkan etika bisnis tidak profesional. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap bisnis direct selling yang profesional dan berkelanjutan untuk jangka panjang.

Direct Selling Qnet via Online

Bentuk dukungan lainnya adalah QNET virtual office yang dapat Anda akses melalui internet dengan perangkat apapun. Baik laptop atau komputer PC, hingga App yang dapat diinstall pada tablet dan smartphone. Materi marketing dan branding QNET dapat Anda unduh secara bebas di website resmi Qnet.net. Foto dan video dapat Anda bagikan melalui media sosial, marketplace, atau toko online dengan menyertakan kredit bagi QNET sebagai kreatornya. QNET juga memiliki pelatihan digital marketing dalam salah satu produk pendidikannya, Qlearn. Dimana Anda dapat belajar dan berlatih mengembangkan jaringan lewat internet. Di antara strategi yang paling dianjurkan adalah adanya seminar dan training pelatihan. Dua hal ini merupakan strategi yang efektif dalam mempresentasikan QNET via online.

Raise Yourself to Help Mankind

Meski dengan segala dukungan dan fasilitas yang disediakan, tetap tidak ada yang menggantikan tekad dan ketekunan sebagai kunci sukses  bisnis. QNET sangat mendukung terbentuknya sebuah komunitas yang saling menolong dan membantu agar sukses dalam kesehatan, kesejahteraan, dan kehidupan. RYTHM (Raise Yourself to Help Mankind) menjadi semangat yang selalu digelorakan dalam dada para IR bisnis QNET. Anda juga dapat merajut kisah sukses Anda di bisnis direct seflling QNET dan bersama-sama menolong umat manusia.