Selasa, November 29, 2022

Apa itu Pola Makan Vegetarian? Kenali Arti dan Manfaat Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian merupakan keputusan yang tepat bagi sebagian orang karena alasan mereka masing-masing. Ada yang memilihnya karena alasan kesehatan, mengikuti kepercayaan yang mereka anut, dan alasan lainnya sehingga membuat mereka menjadi vegetarian.

Jika Anda mempertimbangkan untuk memilih menjadi seorang vegetarian maka informasi berikut dapat membantu Anda lebih memahaminya.

Apa Itu Vegetarian

Apa itu Pola Makan Vegetarian? Kenali Arti dan Manfaat Menjadi Vegetarian - Qnet Indonesia

Photo By Unsplash

Secara sederhana arti vegetarian adalah orang-orang yang memilih untuk mengonsumsi makanan berbahan dasar nabati seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, maupun polong-polongan.

Ada beberapa jenis vegetarian sehingga Anda perlu mempelajarinya jika ingin menerapkan yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Selain itu, alasan seseorang memilih menjadi vegetarian juga beragam seperti yang akan kita simak berikut.

Beberapa alasan yang melatarbelakangi mengapa seseorang memilih menjadi vegetarian antara lain:

  • Budaya di tempat mereka tinggal,
  • Kepercayaan yang mereka anut sehingga mengharuskan mereka menjadi vegetarian,
  • Alasan kesehatan sehingga mengharuskan mereka mengonsumsi makanan vegetarian,
  • Menghindari makan daging karena takut dengan kontaminasi bahan kimia di dalamnya,
  • Mendukung kesejahteraan hewan karena tidak ingin membunuh hewan untuk dikonsumsi,
  • Menghemat biaya karena makanan vegetarian tidak mengandung daging dan olahan susu sehingga relatif lebih murah.

Jenis-Jenis Vegetarian

Ada beberapa jenis vegetarian yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan jenis mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Berikut informasi mengenai jenis-jenis vegetarian:

1. Vegetarian

Jika Anda menjadi seorang vegetarian maka artinya Anda tidak mengonsumsi daging, unggas dan ikan. Jenis ini dibagi lagi menjadi 3 yaitu: 

  • Lacto-Ovo Vegetarian : kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi telur dan berbagai jenis olahan susu
  • Lacto Vegetarian : kelompok vegetarian yang mengonsumsi berbagai olahan susu namun menghindari untuk mengkonsumsi telur
  • Ovo Vegetarian : kelompok vegetarian yang mengonsumsi telur tetapi menghindari produk olahan susu

2. Vegan

Vegan tidak mengonsumsi ikan, daging dan unggas, tetapi jenis ini juga tidak mengonsumsi berbagai olahan susu, telur dan produk olahan dari binatang lainnya. Jadi, jika Anda seorang vegan maka Anda hanya mengonsumsi makanan berbahan dasar nabati saja. Bahkan madu dan gelatin pun tidak Anda konsumsi karena merupakan produk olahan dari hewan.

3. Partial Vegetarian

Memilih menjadi partial vegetarian maka berarti Anda tidak mengonsumsi daging tetapi mengonsumsi makanan dari jenis hewan lain. Jenis ini dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Pescatarian             : vegetarian yang mengonsumsi ikan tetapi tidak mengkonsumsi segala jenis daging
  • Pollo-Vegetarian     : vegetarian yang menkonsumsi unggas namun tidak mengonsumsi ikan dan daging

4. Flexitarian

Jenis vegetarian yang satu ini juga dikenal dengan sebutan semi vegetarian karena jenis makanan yang mereka konsumsi. Flexitarian mengonsumsi sumber makanan nabati namun sesekali mereka juga mengonsumsi daging, olahan susu, unggas, telur dan ikan dalam jumlah sedikit.

Manfaat Menjadi Vegetarian

Photo By Unsplash

Setelah Anda mengetahui informasi mengenai berbagai jenis vegetarian, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui apa saja manfaatnya. Pasalnya, manfaat menjadi vegetarian sudah dirasakan oleh banyak orang sehingga hal ini dapat menjadi bahan pertimbangkan Anda.

Berikut beberapa manfaat vegetarian yang perlu Anda ketahui:

1. Baik untuk Kesehatan

Banyak vegetarian merasakan tubuh mereka menjadi lebih sehat dan jarang masuk rumah sakit karena pola makan yang mereka terapkan. Pasalnya, makanan vegetarian yang mereka konsumsi umumnya tinggi serat, rendah lemak, dan terdiri dari buah dan sayur, sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol.

Pola makan tersebut juga dapat mengurangi risiko serangan jantung. Jadi, secara umum manfaat menjadi vegetarian adalah baik untuk kesehatan karena dukungan pola makan yang dipilih.

2. Mencegah Terkena Penyakit Diabetes

Vegetarian dapat mengurangi resiko terkena diabetes karena makanan vegetarian mampu menjaga kadar gula darah stabil.

3. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Salah satu manfaat penting dari menjadi vegetarian adalah terhindar dari risiko terkena kanker karena diet dan pola makan sehat yang dianut. Makanan berbahan dasar nabati yang mereka konsumsi baik bagi kesehatan sehingga dapat mencegah mengurangi risiko terkena penyakit termasuk kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi banyak daging telah terbukti berpotensi meningkatkan tekanan darah. Jika Anda seorang vegetarian maka kemungkinan Anda terkena penyakit tekanan darah tinggi, cukup kecil.

Pasalnya, olahan hewani berpotensi meningkatkan tekanan darah. Smentara dengan mengonsumsi sayur dan buah yang tinggi akan potassium, maka Anda bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.

5. Terhindar dari Kelebihan Berat Badan

 Menjadi vegetarian dapat membantu menjaga berat proporsional Anda karena makanan yang Anda konsumsi baik untuk proses metabolisme tubuh. Selain itu, makanan vegetarian Anda umumnya tidak mengandung lemak jahat sehingga tubuh tidak menimbun banyak lemak, dan berat badan Anda pun terjaga.

6. Mengurangi Gejala Asma

Sebuah penelitian di Swiss menyebutkan bahwa pola makan vegetarian dapat mengurangi risiko asma karena tidak mengandung sumber makanan hewani.

Pasalnya, beberapa jenis makanan tersebut berpotensi meningkatkan alergi atau peradangan sehingga makanan vegetarian dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Faktor Risiko Pelaku Diet Vegetarian

Bagi mereka yang memilih menjadi vegetarian karena alasan kesehatan, maka umumnya dengan menerapkan pola makan tersebut dapat menunjang kesehatan mereka. Namun, jika seseorang memilih menjadi vegetarian tanpa memperhatikan kecukupan nutrisi, maka hal ini dapat membahayakan kesehatan mereka.

Makanan vegetarian sebaiknya memiliki unsur buah, sayur, lemak sehat dan biji-bijian, agar terpenuhi seluruh kebutuhan nutrisi harian Anda. Beberapa jenis lemak sehat hanya bisa diperoleh dari produk hewani.

Itulah sebabnya penting bagi para vegetarian untuk memperhatikan pola makan mereka agar nutrisi harian terpenuhi. Jika kesehatan tubuh dan metabolisme Anda terjaga, maka Anda dapat beraktivitas dengan maksimal.

Pastikan juga bahwa sebagai vegetarian Anda tidak berlebihan mengonsumsi nutrisi tertentu, agar berat badan tetap terjaga. Simak nutrisi harian yang Anda perlukan ketika Anda menjadi seorang vegetarian berikut ini.

Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Menjadi vegetarian dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun dengan hanya mengonsumsi makanan vegetarian, Anda perlu memperhatikan nutrisi harian Anda. Pasalnya, tanpa nutrisi yang cukup Anda justru tidak dapat mencapai tujuan hidup sebagai vegetarian karena kekurangan nutrisi.

Itulah sebabnya penting bagi Anda untuk merencanakan menu makanan vegetarian Anda sehingga nutrisi harian Anda terpenuhi.

Berikut daftar nutrisi harian yang dapat Anda jadikan acuan:

Daftar NutrisiKebutuhan Harian untuk DewasaSumber
Zat Besi8 – 18 mgKacang-kacangan, bayam, tahu sutra, kismis, brokoli. Anda harus mengonsumsinya bersama vitamin C agar penyerapan zat besi lebih baik
   
Protein46 – 56 gSusu kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, mentega, margarin, sereal. Penuhi kebutuhan harian protein Anda baik dari sumber nabati dan hewani agar kesehatan terjaga.
   
Kalsium1.000 – 1.200 mgYogurt, susu, keju, jus jeruk, edamame, tahu, tempe, brokoli. Nutrisi yang satu ini penting terutama bagi wanita dan anak-anak karena berperan membentuk tulang yang kuat.
   
Yodium150 mcg (mikrogram)Susu, kejum yoghurt, rumput laut, roti, jus apel, kacang-kacangan, pisang.
   
Seng8 – 11 mgSereal, produk olahan susu, kacang-kacangan, produk olahan kedelai.
   
Vitamin B122,4 mcg (microgram)Makanan bervermentasi, telur, hasil olahan susu, sereal.
   
Vitamin D15 – 20 mcg (microgram)Makanan vegetarian berbahan dasar susu, susu kedelai, sereal, berjemur di matahari pagi.
   
Omega 31,1 – 1,6 gramIkan salmon, telur, selasih

Tips Menjadi Vegetarian

Tertarik menjadi vegetarian? Perhatikan tips berikut supaya kesehatan Anda tetap terjaga.

1. Penuhi Kebutuhan Protein Harian Anda

Banyak orang khawatir menjadi vegetarian karena takut kebutuhan protein mereka tidak tercukupi. Namun, ketakutan tersebut tidak berasalan karena sekalipun Anda seorang vegetarian, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda dengan baik.

Pilih berbagai makanan vegetarian yang mengandung protein tinggi seperti susu dan olahannya, tahu, tempe maupun telur. Selain itu sumber protein dari buah seperti kurma, apricot dan kismis juga dapat menjadi pilihan Anda.

2. Rencanakan Kegiatan Besar Anda

Jika Anda berencana untuk liburan maka pastikan bahwa Anda mencari informasi mengenai lokasi liburan Anda tersebut. Hal ini untuk membantu Anda menemukan restoran yang menyediakan makanan atau vegetarian sehingga Anda dapat menikmati liburan dengan puas.

3. Coba Menu Makanan Berbahan Dasar Ikan

Jika Anda memilih menjadi pescatarian maka Anda dapat memaksimalkan menu Anda dengan olahan ikan dan berbagai resep masakan berbahan dasar ikan.

4. Lengkapi Dapur Anda

Karena Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian maka Anda perlu melengkapi dapur Anda dengan berbagai bahan makanan yang ramah vegetarian. Hal ini penting karena dapat membantu Anda tetap menerapkan pola hidup ini dengan baik sekaligus membantu memudahkan Anda membuat makanan vegetarian sendiri.

5. Kenali Tempat Makan di Sekitar Anda

Gunakan kemajuan teknologi untuk mencari informasi berbagai tempat makan dan café yang ramah vegetarian agar Anda dapat mengunjungi dan mencoba menu yang ada. Siapa tahu Anda menemukan menu favorit Anda sehingga dapat menjadi alternatif tempat makan bersama teman dan keluarga.

6. Kreatif dengan Makanan Ringan

Mungkin saat ini masih belum banyak kudapan dan makanan ringan yang ramah vegetarian sehingga Anda harus mulai belajar untuk membuatnya sendiri. Kumpulkan resep yang banyak untuk Anda coba maka Anda dapat memulai berkreasi dengan resep tersebut untuk membuat kudapan Anda sendiri.

7. Makan di Luar

Menjadi vegetarian bukan berarti kesenangan Anda hilang karena tidak lagi dapat hangout dengan teman dan keluarga. Kabar baiknya, kini banyak resto yang menawarkan menu ramah vegetarian sehingga Anda tetap dapat mengajak teman dan keluarga makan di luar.

Anda hanya perlu mencari informasi mengenai berbagai lokasi resto semacam itu di sekitar Anda agar dapat mengunjunginya nanti.

Bagaimana Memulai Menjadi Vegetarian?

Apakah Anda tertarik untuk menjadi vegetarian? Tips berikut ini dapat membantu Anda untuk memulainya:

  • Mulai mencari tahu berbagai informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan agar nantinya dapat Anda terapkan dalam perencanaan makanan vegetarian Anda
  • Perbanyak informasi mengenai resep masakan, ahli gizi, toko dan restoran yang ramah vegetarian maupun berbagai tips penting sehingga bermanfaat bagi Anda nantinya.
  • Rencanakan belanja dan menu makan mingguan Anda agar pola makan sehat ala vegetarian Anda terpenuhi
  • Mulai dengan mengonsumsi makanan tanpa daging yang umum seperti salad atau olahan sayur dan buah.
  • Usahakan agar memulainya secara bertahap agar tubuh tidak bereaksi dengan perubahan yang terlalu mendadak.

Kesimpulan

Jadi, jika Anda ingin menerapkan pola hidup sebagai seorang vegetarian, maka Anda dapat memilih salah satu dari 4 jenis vegetarian di atas. Sesuaikan pilihan Anda dengan kondisi Anda agar semuanya dapat berjalan lancar.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan ahli gizi ketika memulai pola hidup vegetarian Anda agar kebutuhan nutrisi dan kondisi kesehatan Anda tetap termonitor dengan baik. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mengurangkan Berat Badan yang Bisa Kamu Terapkan – QNET Indonesia

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini