Selasa, November 29, 2022

Apa Perbedaan AHA, BHA, dan PHA dalam Produk Skincare?

Penggunaan Skincare di zaman ini menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. AHA, BHA, PHA adalah kandungan utama yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Hal ini karena manfaat dan fungsi AHA, BHA, PHA yang biasanya ada dalam produk perawatan, sangat bagus untuk kulit.

Saat ini AHA, BHA, PHA adalah kandungan utama yang paling sering digunakan dalam produk skincare. Apakah Anda tahu  AHA, BHA, PHA adalah bahan aktif ‘asam’ dalam skincare? Meski demikian ketiganya terbukti kandungan yang bagus untuk eksfoliasi wajah.

Pengertian Skincare

Sebelum kami membahas lebih jauh mengenai perbedaan kandungan dalam AHA, BHA, dan PHA, Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai pentingnya skincare untuk kulit wajah.

Seperti yang Anda tahu, penggunaan skincare memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah tapi apakah Anda tahu apa itu skincare?

Secara umum skincare adalah sebagai serangkaian kegiatan atau perawatan yang Anda lakukan pada wajah untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Wajah menjadi area yang paling sering terpapar oleh polusi dan zat-zat lain yang bisa merusak dan mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Maka itu, Anda perlu merawat kulit wajah Anda agar tidak mudah berjerawat dan mengalami masalah kulit lainnya.

Ini menjadi alasan yang mendasari pentingnya penggunaan skincare untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan wajah yaitu dengan rajin mencuci muka setelah melakukan aktivitas seharian penuh.

Selain untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Penggunaan skincare juga baik untuk mencegah munculnya masalah kulit wajah yang sangat mengganggu seperti jerawat.

Jerawat yang muncul di wajah sering kali menurunkan kepercayaan diri seseorang. Maka itu, perawatan kulit wajah dengan menggunakan produk skincare yang tepat dan sesuai dengan kulit wajah menjadi solusinya.

AHA, BHA, PHA adalah bahan dasar skincare yang bisa Anda pakai sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada wajah seperti jerawat.

Fungsi AHA, BHA, dan PHA terbukti mampu untuk mengatasi berbagai kulit wajah, seperti wajah kusam akibat penumpukan sel-sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam akibat bekas jerawat.

Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah dengan produk yang mengandung ketiga bahan tersebut. AHA, BHA, PHA adalah bahan aktif dengan kandungan utama yang bagus digunakan untuk eksfoliasi wajah

Apa Anda tahu perbedaan antara ketiga bahan aktif ini?

Perbedaan AHA, BHA, dan PHA

Photo by unsplash

AHA, BHA, PHA adalah bagian penting dalam produk skincare. Hal ini berhubungan dengan manfaat dan fungsi AHA, BHA, PHA itu sendiri. Lalu apa perbedaan antara ketiganya? Berikut penjelasannya.

1.     Alpha-hydroxy acid (AHA)

Alpha-hydroxy acid atau yang sering Anda kenal dengan istilah (AHA) merupakan salah satu dari tiga asam yang memiliki manfaat untuk kulit wajah.

AHA atau asam alfa hidroksi merupakan asam yang larut dalam air dan memiliki ukuran molekul yang kecil. Bahan aktif ini bekerja dengan cara menembus lapisan permukaan kulit. Tujuannya adalah untuk mempermudah terjadinya pengelupasan lapisan kulit, atau yang sering Anda tahu dengan istilah eksfoliasi.

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, eksfoliasi menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara berkala pada kulit. Tujuannya adalah agar kulit dapat melakukan regenerasi dengan mudah tanpa hambatan dari sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada kulit wajah. 

Dengan begitu kulit dapat memproduksi sel kulit baru sesuai dengan siklus alaminya. inilah alasannya kenapa kandungan AHA banyak terdapat pada produk skincare. Yaitu sebagai senyawa kimia yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di dalam kulit.

Fungi yang ada pada AHA untuk kecantikan dan kesehatan kulit yaitu:

  1. Sebagai bahan aktif untuk yang ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah, mengobati jerawat di wajah.
  2. Menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu
  3. Mencerahkan warna kulit yang tidak merata.
  4. AHA juga terbukti mampu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah.
  5. Mengenyalkan kulit
  6. Menunda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus pada wajah Anda.

Banyaknya manfaat inilah yang membuat AHA menjadi bahan dasar yang sering ada pada produk skincare.

Banyaknya manfaat yang terdapat pada AHA tidak bisa mengubah sifatnya yang sensitif dan dapat mengiritasi wajah. Ini sebabnya jika Anda menggunakan produk skincare untuk perawatan kulit dengan bahan utama AHA, pastikan jika konsentrasi AHA yang terdapat di dalamnya tidak lebih dari 10%.

2.     Beta-Hydroxy Acid (BHA)

Beta-hydroxy acid atau (BHA) adalah asam beta hidroksi. Sebagai asam yang dapat larut dalam minyak, BHA dapat Anda temukan pada kayu manis dan kulit pohon Willow yang merupakan sumber untuk pembuatan obat jerawat.

Bentuk molekul BHA lebih besar dari molekul AHA dan juga terlapisi oleh minyak sehingga mudah untuk masuk ke dalam permukaan kulit.

Beberapa manfaat BHA untuk perawatan kulit adalah sebagai berikut:

  1. Bisa masuk lebih dalam pada pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati yang berada di dalam kulit wajah.
  2. BHA memiliki kandungan pelembap yang bagus untuk perawatan bagi kulit yang berminyak karena sifatnya mengeringkan.
  3. BHA yang mengandung asam salisilat memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi minyak di wajah yang menjadi penyebab munculnya komedo.

3.     Polyhydroxy Acid (PHA)

Polyhydroxy acid (PHA) merupakan senyawa asam yang merupakan turunan dari AHA, sama seperti dua asam lainnya PHA juga bisa Anda pakai sebagai bahan utama eksfoliasi yang lebih lembut daripada AHA dan BHA.

Molekul PHA yang lebih besar dari BHA membuat penyerapan yang terjadi pada kulit lebih lama jadi kulit terhindar dari perih dan juga iritasi.

Beberapa manfaat PHA dalam perawatan kulit, antara lain:

  1. Penyerapannya yang lebih lama membuat PHA bisa membersihkan kulit dengan maksimal.
  2. Sama seperti fungsi AHA, BHA dalam eksfoliasi wajah PHA mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah dengan maksimal.
  3. Kulit wajah menjadi lebih merata.

Fungsi AHA, BHA, dan PHA

Salah satu perbedaan yang ada pada AHA, BHA, PHA adalah jenis molekul dan kandungan asam yang mereka miliki. Akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu fungsi AHA, BHA, PHA, sebelum membeli produk skincare yang sesuai dengan kulit Anda.

Meski sering kali banyak pengguna skincare beranggapan AHA, BHA, PHA memiliki manfaat yang berbeda. Padahal fungsi AHA, BHA, dan PHA pada dasarnya sama, yaitu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun secara spesifik, berikut beberapa fungsi ketiganya.

1.     Fungsi AHA

AHA memiliki peran untuk meningkatkan kadar air yang ada di dalam kulit Anda. Selain itu AHA juga mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki keadaan kulit yang rusak akibat terpapar sinar matahari.

AHA sering ada dalam produk skincare bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal, kering maupun kombinasi. AHA juga bisa Anda gunakan untuk meremajakan kulit wajah, sekaligus mengurangi tanda penuaan dini yang muncul pada wajah.

2.     Fungsi BHA

BHA memiliki fungsi utama yaitu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori di wajah dan juga sel kulit mati. Selain itu BHA juga berperan sebagai antibakteri yang mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah, menghilangkan komedo, dan memperbaiki lapisan pori-pori wajah yang rusak.

Jika kulit Anda termasuk berminyak, Produk skincare yang mengandung BHA cocok untuk Anda gunakan.

3.     Fungsi PHA

Sama halnya dengan fungsi AHA, BHA, PHA juga memiliki fungsi dalam proses eksfoliasi dengan tujuan utama pengelupasan sel kulit mati.

Perbedaannya terletak pada kandungan PHA terasa lebih ringan dan lembut. Bila Anda memiliki jenis kulit sensitif akan lebih baik untuk menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan PHA di dalamnya agar kulit tetap lembut dan tidak menyebabkan iritasi.

Skincare yang Mengandung AHA dan BHA

Photo by unsplash

Seperti penjelasan kami sebelumnya, AHA dan BHA memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kulit wajah Anda. Ini kenapa banyak produk kecantikan menggunakan dua kandungan utama ini dalam produk yang mereka pasarkan.

Sekarang pertanyaannya, kandungan AHA dan BHA ini terdapat pada produk skincare apa saja?

Secara umum ada dua jenis skincare yang mengandung AHA dan BHA

1.     Eksfoliasi Toner

Sebagian besar produk Eksfoliasi memiliki bahan utama AHA dan BHA. fungsi AHA, BHA dalam skincare ini adalah untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Eksfoliasi sendiri menjadi bagian penting dalam perawatan wajah, sebab sel kulit mati yang menumpuk akan menimbulkan banyak masalah untuk kulit. Saat seperti itulah eksfoliasi memiliki peran penting untuk membersihkan tumpukan sel kulit sehingga regenerasi bisa terjadi.

Eksfoliasi toner sendiri memiliki fungsi utama untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah dengan cara mengelupas lapisan kulit terluar. Eksfoliasi toner akan membersihkan wajah Anda dari kotoran yang tidak terangkat secara menyeluruh setelah mencuci muka.

Hal ini yang menjadi dasar kenapa pada skincare yang biasanya Anda gunakan untuk eksfoliasi terdapat kandungan AHA dan BHA karena keduanya memiliki manfaat yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati.

2.     Serum

Anda tentu tahu manfaat serum untuk mengencangkan wajah, menghilangkan jerawat, dan noda bekas jerawat. Serum juga memiliki fungsi untuk mengatasi penuaan dini pada wajah dan mempercepat proses peremajaan kulit.

Manfaat yang terdapat pada serum ini berasal dari kandungan utama AHA dan BHA yang ada dalam serum. Untuk penggunaannya Anda dapat memakai serum setelah kulit wajah Anda bersih dari debu dan kotoran.

Untuk cara pemakaiannya, Anda bisa mengaplikasikan serum sebelum pemakaian memakai moisturizer untuk wajah.

Dua produk kecantikan tadi merupakan produk yang paling sering terdapat kandungan AHA dan BHA.

Namun dalam penggunaannya, AHA dan BHA tidak boleh Anda gunakan bersamaan. Berilah jeda waktu Jika Anda ingin menggunakan keduanya. Penggunaan AHA dan BHA secara bersamaan akan mengurangi fungsi AHA, BHA pada kulit wajah.

Sedangkan untuk PHA, Anda bisa menggunakannya bersama-sama dengan AHA dan BHA.

Penutup

AHA, BHA, PHA adalah produk skincare dengan kandungan bahan aktif dengan beragam manfaat yang bagus untuk kulit wajah Anda.

Dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Meskipun AHA, BHA, PHA adalah bahan utama skincare yang memiliki banyak manfaat, namun hal itu tidak membuat AHA, BHA, dan PHA aman untuk semua jenis kulit.

Hal ini berpengaruh pada fungsi AHA, BHA, dan PHA pada skincare. Kulit sensitif biasanya tidak boleh menggunakan skincare dengan bahan dasar AHA, dan BHA, sebab berisiko menimbulkan iritasi.

Berdasarkan penjelasan tadi dapat kami simpulkan jika AHA, BHA, PHA adalah bahan aktif bersifat asam dalam produk kecantikan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Baca selengkapnya : 5 Produk QNET Untuk Kesehatan dan Perawatan Diri Anda

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini