Perawatan Gigi dan Gusi yang bisa kamu lakukan di rumah - QNET

Apakah Anda sudah mempunyai gigi dan gusi yang sehat? Tahukah Anda menjaga kesehatan mulut adalah hal yang sangat penting untuk mencegah munculnya berbagai penyakit pada tubuh?

Meskipun terkesan sepele namun apabila seseorang tidak merawat gusi dan gigi dengan baik akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit lain.

Jika gigi dan gusi tidak terawat, maka infeksi pada bagian tubuh vital seperti jantung dan paru paru akan lebih besar. Dengan fakta bahwa menjaga gigi dan gusi adalah hal penting, maka Anda tidak boleh mengabaikan tentang kebersihan mulut.

Sama seperti anggota tubuh lainnya, di dalam mulut bakteri mudah berkembang. Jika bakteri bakteri tersebut tidak dibersihkan maka dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Berikut ini adalah beberapa penyakit dan kondisi yang bisa muncul karena tidak memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi serta gusi.

  • Menyebabkan plak yang mampu menembus enamel pelindung gigi dan menyerang lapisan rentan. Hal ini bisa membuat gigi menjadi berlubah
  • Melemahkan gusi dan menyebabkan radang gusi. Gusi Anda bisa mengalami pembengkakan hingga pendarahan.
  • Penyakit jantung, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal European Journal of Preventive Cardiology mengatakan seseorang yang menjaga kesehatan gigi bisa terhindari dari berbagai risiko penyakit jantung.
  • Kelahiran Prematur, bagi wanita yang tidak memperhatikan kesehatan gigi akan memiliki risiko lebih tinggi melahirkan secara prematur.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Gigi dan Gusi

Perawatan Gigi dan Gusi yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah - QNET

Demi mencegah terjadinya kondisi gigi dan gusi yang tidak sehat, Anda perlu melakukan perawatan yang konsisten. Tak perlu khawatir, ternyata merawat gigi dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah dan tak memakan banyak waktu.

Yuk, simak apa saja kebiasaan baik yang mampu membuat gigi dan gusi menjadi lebih bersih dan sehat!

1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Langkah mudah menjaga kesehatan gigi yang bisa Anda lakukan di rumah ialah dengan menyikatnya. Kegiatan ini sangat penting sehingga perlu dilakukan bahkan sejak sedini mungkin.

Setelah Anda mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman, maka mulut akan dipenuhi dengan bakteri. Jika bakteri tersebut tidak Anda bersihkan, maka akan merusak kondisi gigi dan gusi.

Seperti rekomendasi para ahli, dalam sehari manusia disarankan untuk menyikat dan membersihkan gigi dua kali sehari. Waktu terbaik untuk menyikat gigi ialah pada malam hari dan pagi hari.

Selain rutin, Anda juga perlu memperhatikan cara menyikat gigi yang benar. Bersihkan semua area gigi mulai dari depan, belakang dan bagian atas. Jangan terburu buru, Anda perlu menyikat gigi selama 2 hingga 3 menit untuk hasil terbaik.

Ketika menyikat gigi jangan terlalu keras karena hanya akan merusak enamel gigi dan gusi. Efek lainnya adalah membuat gigi menjadi sensitif hingga terjadi erosi pada gusi.

Asosiasi dokter gigi Amerika menyarankan penggunaan sikat gigi dengan bulu yang lembut. . Sikat gigi yang Anda gunakan juga harus rutin diganti setidaknya 3 bulan sekali atau ketika bulu sikat gigi sudah mulai rontok.

Bagi Anda yang memiliki anak anak, ajak buah hati untuk memiliki kebiasaan yang baik untuk menjaga kebersihan gigi sejak dini.

2. Berkumur Dengan Obat Kumur

Masih merasa sikat gigi belum mampu untuk membersihkan gigi secara maksimal? Anda bisa menyempurnakannya dengan membersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur.

Setelah menyikat gigi, bersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur selama 30 hingga 60 detik. Dengan rutin menggunakan obat kumur, maka gigi Anda akan terawat dengan lebih baik.

Obat kumur memiliki beberapa manfaat seperti mencegah pembentukan plak pada gigi, mencegah pertumbuhan bakteri hingga menyegarkan nafas. Apabila Jika Anda tidak percaya diri dengan nafas yang bau, obat kumur mampu mengatasinya.

Lalu, kapan Anda bisa membersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur? Anda bisa melakukannya sebelum atau sesudah sikat gigi.

Namun, Anda harus memahami bahwa berkumur tidak bisa menggantikan fungsi penting dari menyikat gigi. Berkumur hanya bisa melengkapi perawatan gigi dan gusi.

3. Menggunakan Pasta Gigi Fluoride

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut menurut who ialah dengan menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride.

Fluoride adalah sebuah bahan alami yang berasal dari unsur tanah bumi bernama Fluor. Zat ini dipercaya oleh para ahli kesehatan gigi mampu merawat gigi dengan lebih baik.

Salah satu fungsi dari bahan ini adalah mampu mencegah gigi berlubang. Tak heran zat ini banyak Anda temukan pada berbagai produk perawatan gigi.

Namun, ternyata tidak semua produk mengandung bahan ini. Jika Anda memang menginginkan gigi dan gusi yang sehat, maka gunakan produk yang mengandung fluoride.

Produk perawatan gigi yang tidak mengandung fluoride membuat perawatan gigi menjadi tidak maksimal. Bahkan, pasta gigi tidak ampuh untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi.

4. Menggunakan Pasta Gigi Yang mengandung Zinc dan Vitamin E

Diantara banyak produk perawatan gigi, pasta gigi merupakan produk yang paling penting. Oleh karenanya, pastikan pasta gigi yang Anda gunakan mampu memenuhi kebutuhan perawatan gigi dengan baik.

Selain fluoride, kandungan penting lainnya yang mampu menjaga kesehatan gigi ialah vitamin E dan zinc.

Apa fungsi zinc dalam menjaga kesehatan gigi? Zat ini mampu melindungi mulut dari perkembangan bakteri yang membahayakan. Selain itu zinc juga mampu memastikan gusi dalam kondisi baik.

Sementara vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi area mulut dari radikal bebas yang berbahaya.

5. Jangan Merokok

Tentu Anda sudah sangat sering mendengar himbauan untuk tidak merokok, apakah Anda masih sering melakukannya?

Merokok memiliki banyak keburukan bagi tubuh, tidak hanya untuk sistem pernafasan namun juga bagi kesehatan gigi dan mulut. Jika seseorang rutin merokok maka akan merusak sistem imun tubuh.

Hal ini akan menyebabkan tubuh kesulitan untuk melawan berbagai bakteri dan virus dalam tubuh termasuk pada area mulut.

Para ahli mengatakan bahwa merokok dapat menjadi faktor terjadinya penyakit gusi. Selain itu merokok juga akan membuat perawatan gigi yang Anda lakukan menjadi tidak maksimal.

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan mulut, merokok juga mempengaruhi keindahan gigi dan gusi. Dengan merokok gigi dan lidah akan menguning serta dapat menyebabkan bau mulut.

6. Menjaga Pola Makan

Apa yang Anda makan sangat mempengaruhi tubuh dan kesehatan. Oleh karena itu, perhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Bagi Anda yang sedang menjaga kesehatan gigi dan gusi perhatikan makanan apa saja yang baik dan buruk untuk gigi dan gusi. Makanan yang mampu menjaga kesehatan dan menguatkan gigi adalah sebagai berikut:

  • Susu, kandungan vitamin D pada susu sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Mengkonsumsi susu secara rutin mampu membuat gigi menjadi lebih kuat.
  • Kacang, ikan dan telur. Protein merupakan zat penting yang mampu membuat gigi menjadi lebih sehat.
  • Sayur, ajakan mengkonsumsi sayur dengan jumlah yang cukup ternyata sangat penting. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, sayur yang mengandung vitamin A dan C mampu menjaga kesehatan gusi.
  • Buah buahan, dalam buah terkandung banyak vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mengkonsumsi buah apel mampu mencegah terjadinya plak.
  • Teh hijau, kandungan fluoride dalam teh hijau mampu menjaga kesehatan gigi.

Sementara untuk makanan yang perlu Anda kurangi adalah gula dan minuman bersoda. WHO menyarankan manusia membatasi asupan gula dibawah 10% dari asupan kalori.

Jika Anda membatasi asupan gula hingga 5% perhari dapat mengurangi terjadinya risiko berlubang dan masalah gigi lainnya.

Menurut para ahli, makanan yang bertepung juga sebaiknya dikurangi. Hal ini karena makanan tersebut sulit terurai menjadi gula sederhana. Hasilnya makanan tersebut akan bertahan di dalam mulut terlebih jika Anda tidak menyikat gigi.

7. Mengkonsumsi Air Putih Secara Teratur

Berapa konsumsi air putih harian Anda? Apakah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari? Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi air putih mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Jika selama ini Anda lebih menyukai minuman manis dan bersoda, maka cobalah untuk menguranginya.

Mengkonsumsi air putih mampu membersihkan dan meluruhkan berbagai sisa makanan yang menempel pada permukaan dan sela gigi. Air putih juga mampu melarutkan asam yang dihasilkan bakteri di mulut.

8. Menggunakan Benang Gigi

Sebelum tidur, pastikan bahwa Anda sudah membersihkan gigi sehingga tidak ada lagi sisa makanan pada sela sela gigi. Jika masih ada sisa, maka pastikan Anda tetap menjangkaunya.

Apabila sisa makanan masih sulit untuk dijangkau dengan menggunakan sikat gigi, manfaatkanlah benang gigi.

Cara menjaga gusi agar tetap sehat adalah dengan membersihkan sisa sisa makanan dengan memanfaatkan benang gigi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menggunakan benang gigi mampu mencegah berbagai masalah pada gusi seperti gusi berdarah dan bengkak.

9. Menggunakan Sikat Gigi Elektrik

kesehatan gigi dan mulut - QNET

Bagi Anda yang ingin memastikan bahwa gigi telah bersih secara maksimal, maka ganti sikat gigi biasa menjadi sikat gigi elektrik. Saat ini, sangat mudah untuk menemukan produk ini.

Sikat gigi elektrik dapat membantu Anda membersihkan dan menghilangkan penumpukan plak berlebih pada gigi. Jika plak dalam gigi berkurang, maka kesehatan mulut dan tubuh akan lebih terjaga.

Prospark, Produk Terbaik Dalam Membersihkan Gigi

Apakah kini Anda sudah memiliki produk yang mampu menjaga kesehatan gigi dengan lebih baik? Jika belum, maka segera beralih ke produk yang lebih berkualitas.

Produk QNET yang bisa Anda gunakan untuk memastikan kesehatan gigi dan gusi menjadi lebih baik adalah ProSpark. Produk ini merupakan pasta gigi yang bisa Anda dan keluarga gunakan setiap hari.

Terdapat berbagai manfaat yang bisa pengguna dapatkan jika rutin menggunakan ProSpark. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya

  • Membuat gigi lebih bersih dan cerah
  • Mengurangi terjadinya peradangan gusi
  • Membasmi bakteri dan racun yang ada pada mulut
  • Mengendalikan kandidiasis mulut
  • Membuat nafas menjadi lebih segar dan tahan lama

QNET sebagai perusahaan penjualan langsung memiliki beragam produk kesehatan yang sangat membantu manusia. ProsPark adalah produk yang penting sehingga semua orang perlu menggunakannya.

Bisnis QNET membuat para anggotanya untuk menyediakan produk terbaik dan berkualitas kepada pengguna. Tentunya, setiap produk memiliki kandungan dan bahan utama yang aman.

Dengan menggunakan ProsPark, maka Anda akan mendapatkan gigi dan gusi yang sehat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi secara rutin!

Baca juga : Mengapa produk QNET Mahal?