Selasa, November 29, 2022

11 Penyebab Wajah Pria Tampak Tua dari Usia Sebenarnya

Menjadi tua merupakan hal wajar seiring bertambahnya usia. Tapi terkadang Anda mungkin pernah menjumpai orang yang terlihat lebih tua dari umur sebenarnya atau bisa jadi Anda sendiri yang mengalaminya. Mengapa wajah pria tampak tua? Mengapa beberapa orang punya bentuk wajah yang cepat tua?

Tentunya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab wajah pria tampak tua atau bentuk wajah yang cepat tua. Jika Anda penasaran akan hal ini, Anda sudah berada di halaman yang tepat.

Kali ini kami akan membagikan informasi terkait penuaan yang datang lebih cepat dan cara mengatasi wajah yang terlihat lebih tua dari umur.

Bagaimana Proses Penuaan pada Wajah?

Photo by Unsplash

Penuaan merupakan bagian dari proses perubahan secara fisiologis yang manusia alami selama hidupnya. Tentunya menjadi tua bukanlah hal yang bisa dihindari karena sel-sel tubuh secara alami akan menurun struktur serta fungsinya, seiring berjalannya waktu.

Tanda-tanda penuaan tentunya cukup banyak untuk dibahas satu per satu. Namun beberapa bagian tubuh yang paling bisa menunjukkan proses penuaan adalah bagian wajah dan leher.

Wajah pria tampak tua atau bentuk wajah  yang cepat tua bisa juga karena hilangnya massa otot dan terjadinya penipisan kulit membuat kulit lebih lembek dan terkulai. Saat rahang mengalami pengenduran, dagu akan terlihat berlipat.

Seiring bertambahnya usia, kulit perlahan mengering dan menyusut sehingga tidak terlihat montok dan halus lagi. Inilah yang pada akhirnya membentuk kerutan atau keriput pola hidup yang kurang sehat terkadang membuat proses tersebut terjadi lebih cepat.

Penyebab Wajah Pria Tampak Tua

Photo by Unsplash

Kondisi penuaan yang datang lebih cepat sering kali dialami kaum pria. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan wajah pria tampak tua atau memiliki bentuk wajah  yang cepat tua.

1.  Jarang Menggunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari ternyata berdampak buruk pada kulit. Sinar UV akan merusak sel-sel kulit, kolagen hingga elastin kulit. Hal ini bisa menyebabkan proses penuaan lebih cepat.

Makanya, sangat penting bagi kaum pria, terlebih lagi yang beraktivitas di luar ruangan, untuk selalu menggunakan tabir surya.

Keampuhan tabir surya dalam melindungi kulit sudah dibuktikan oleh banyak orang. Tabir surya dengan SPF 30 saja sudah cukup untuk mencegah kulit Anda mengalami kerusakan akibat sinar UV.

2. Mengalami Gangguan Tidur

Salah satu manfaat dari tidur adalah membuat Anda akan terlihat lebih muda. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sel-sel tubuh termasuk sel kulit mengalami regenerasi dengan baik, yang membuat kulit wajah sehat dan cerah di pagi hari.

Di malam hari saat Anda tidur, sel-sel akan bekerja untuk memperbaiki dan memperbarui sel-sel yang telah rusak yang Anda alami di siang harinya. Sel-sel menjadi rusak bisa jadi karena paparan sinar matahari, polusi, bakteri, dan lain sebagainya.

Jika Anda sering bergadang dan tidur pada dini hari, sel-sel tidak akan bisa melakukan proses regenerasi dengan baik. Alhasil, sel-sel yang kurang baik atau sudah rusak akan membuat proses penuaan datang lebih cepat dan bentuk wajah yang cepat tua.

Saran dari para ahli kesehatan, waktu tidur setidaknya harus delapan jam setiap malam.

3. Kurang Mengonsumsi Buah-buahan

Siapa pun tidak akan meragukan khasiat dari buah-buahan. Makanya sangat dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi buah. Kulit pria tampak lebih cdpat kendur bisa jadi dikarenakan kurangnya mengonsumsi buah-buahan.

Kenapa buah-buahan dapat mencegah bentuk wajah yang cepat tua atau penuaan dini? Tidak lain karena buah-buahan mengandung antioksidan serta vitamin yang menjaga sel-sel kulit tetap sehat.

Berdasarkan penelitian yang termuat dalam Journal of American Academy of Dermatology, vitamin A, C, dan B3 dapat mencegah kerusakan kolagen sehingga mempertahankan elastisitas kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Kemudian kandungan vitamin E akan melindungi sekaligus mengatasi kerusakan akibat sinar UV. Vitamin-vitamin tersebut dapat pula bertindak sebagai zat antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Konsumsi makanan bertepung dan manis juga bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah yang menyebabkan tampilan wajah pria tampak tua.

Hal ini dapat terjadi karena makanan manis seperti roti, es krim, dan lainnya dapat menaikkan kadar gula dengan cepat sehingga memicu munculnya jerawat.

Seperti yang Anda ketahui jerawat tidak bisa hilang dalam satu hari dan bisa menyebabkan jaringan kulit rusak. Kalaupun sembuh, jerawat sering kali meninggalkan noda coklat kehitaman. Jika jumlahnya banyak, tampilan wajah pastinya akan terlihat kusam dan lebih tua.

Mengonsumsi makanan manis akan menyebabkan glikasi (proses menempelnya molekul gula pada kolagen). Kondisi tersebut akan membuat struktur kolagen kera sehingga kurang fleksibel yang berujung pada munculnya kerutan atau keriput lebih cepat dan bentuk wajah yang cepat tua.

5. Memiliki Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya kerusakan paru-paru dan organ pernapasan lainnya, tapi juga bisa membuat wajah pria tampak tua. Pria yang memiliki kebiasaan merokok akan memiliki kantung mata lebih besar dan bibir lebih gelap, dan lebih banyak kerutan, sehingga terlihat sudah berumur.

Kandungan dalam rokok ternyata dapat mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit Anda. Alhasil, pembuluh darah akan menyempit dan memotong sirkulasi.

Ini menjadi penyebab mengapa kerutan muncul lebih dini dan bentuk wajah yang cepat tua. Kandungan dalam tembakau juga bisa merusak kolagen dan elastin kulit Anda.

6. Mengonsumsi Alkohol

Tidak jauh beda dengan rokok, alkohol juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit Anda. Alkohol mampu mengurangi zat antioksidan yang berperan melindungi kulit Anda.

Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas yang menyerang sel-sel kulit. Selain akan memunculkan berbagai masalah kulit, keriput juga akan muncul lebih cepat yang membuat wajah pria tampak tua.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Seperti, penyakit jantung, kanker, hati, hingga penyakit psikologis seperti depresi.

7. Kurang Minum Air Putih

Saat kulit dehidrasi atau kekurangan cairan maka kulit akan kering dan tidak elastis lagi. Ini akan memunculkan keriput lebih cepat sehingga wajah pria tampak tua lebih awal.

Inilah makanya Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air dan kalau bisa gunakan produk pelembap atau moisturizer untuk membantu kulit tetap terhidrasi.

Kebutuhan hidrasi harian tentunya akan bergantung pada berat badan serta tingkat aktivitas Anda. Dengan membiarkan tubuh selalu mengalami dehidrasi, tubuh akan merespon dengan menarik cairan dari jaringan Anda termasuk kulit.

Jika sudah demikian, jaringan kulit akan kering, kolagen menjadi rusak dan tidak elastis, sehingga muncul keriput dini dan bentuk wajah yang cepat tua.

8. Mengalami Stres

Stres berkepanjangan nyatanya bisa mengubah wajah pria tampak tua dalam waktu yang singkat. Mengapa hal ini terjadi? Stres ternyata bisa memperpendek bagian dari kromosom yang biasa disebut telomer.

Dengan memendeknya kromosom telomer menyebabkan tubuh menua lebih cepat. Jadi bagi pria yang notabene adalah pekerja keras yang rentan mengalami stres untuk bisa menyempatkan diri rehat sejenak untuk meredakan stres tersebut.

Jika tidak, Anda mesti siap-siap mengalami penuaan lebih cepat dari usia Anda. Ada banyak cara untuk bisa menghilangkan stres. Anda bisa coba dengan menyalurkan hobi Anda atau melakukan travelling bersama keluarga maupun pasangan.

Jika Anda beralasan terlalu sibuk, maka luangkan waktu sekitar 10 menit setiap harinya untuk menenangkan diri dan bermeditasi untuk mengurangi streas dan mencegah bentuk wajah yang cepat tua.

Tidak perlu terlalu memaksakan diri mencapai sesuatu dan berhentilah mengendalikan banyak hal dalam hidup Anda. Selain menjadi lebih mudah stres, Anda juga akan kurang bahagia.

9. Faktor Genetik

Melansir dari halaman Hellosehat, terdapat penelitian terkait bentuk wajah yang cepat tua pada tiap orang. Hasilnya, 80% faktor yang berpengaruh terhadap penuaan seseorang adalah genetik. Faktor genetik tentu bukanlah hal yang bisa dipastikan karena berada di luar kendali seseorang.

Namun, faktor dari segi perubahan psikologis dan adanya riwayat penyakit kronis juga dapat menjadi penyebab proses penuaan datang lebih cepat.

10.  Malas Merawat Kulit Wajah

Wajah pria tampak tua bisa dikarenakan faktor kemalasan untuk merawat kulit wajah. Bukan hanya wanita yang harus merawat kulit wajah, kaum pria juga perlu melakukan hal ini.

Saat wajah tidak terawat dengan baik, bisa dipastikan masalah kulit akan mudah menghinggapi kulit Anda. Tidak harus perawatan kulit yang menyita banyak waktu.

Cukup hanya dengan rutin mencuci muka dengan sabun khusus pembersih wajah, menggunakan pelembap dan tabir surya sudah mampu menjaga kulit tetap sehat, mencegah bentuk wajah yang cepat tua, dan menghambat kemunculan keriput yang membuat wajah pria tampak tua.

11.  Gerakan Berulang-ulang pada Wajah

Kebiasaan mengerutkan alis atau mengerutkan dahi ternyata menjadi salah satu faktor yang membuat pria tampak lebih tua. Gerakan berulang-ulang pada salah satu bagian wajah akan membuat kulit di area tersebut kehilangan elastisitasnya. Alhasil, kulit akan mulai mengendur dan keriput pada area tersebut.

Jika Anda sering melakukannya bentuk wajah yang cepat tua, mulai sekarang Anda harus belajar menghentikannya jika tidak ingin memiliki keriput lebih cepat.

Selain kerutan akan terlihat pada bagian dahi, bagian atas hidung tepatnya di antara kedua mata juga cepat sekali memunculkan kerutan. Hentikan kebiasaan tersebut dan Anda bisa meminimalisir tampilan wajah tampak lebih tua.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Cara mengatasi bentuk wajah yang cepat tua  tentunya Anda perlu melakukan perawatan tubuh dan wajah untuk penuaan dini, dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Mencukupi kebutuhan air putih tubuh Anda. Meminum air putih bukan hanya untuk menghilangkan dahaga tapi juga menghidrasi tubuh terutama kulit yang rentan mengalami kekeringan.
  • Perbaiki pola makan. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga penting untuk Anda perhatikan. Jangan mengonsumsi terlalu banyak gula, minuman bersoda, atau minuman beralkohol. Selanjutnya perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran.
  • Perbaiki pola tidur. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap malam. Hal ini agar sel-sel kulit bisa beregenerasi dengan optimal.
  • Proteksi diri dari dampak buruk sinar matahari. Bagi pria yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan baiknya memproteksi diri dari sinar UV dengan menggunakan tabir surya dan pelembap.

Pria kantoran yang kerja di ruang ber-AC juga mesti menggunakan pelembap agar kulit tidak kering.

Ketika Anda sudah tahu penyebab wajah pria tampak tua atau bentuk wajah yang cepat tua mulai sekarang lakukan langkah pencegahan. Kemudian atasi pula kerusakan kulit dengan produk skincare dari kami.

Kami menawarkan beragam pilihan produk perawatan diri bagi pria yang bisa Anda cek di sini. Jangan biarkan kulit Anda terlihat tua sebelum waktunya!

Baca selengkapnya : Perawatan Kulit untuk Pria – Bagaimana Pria Sejati Merawat Kulit Mereka

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini