5 Mitos Perawatan Kulit Pria Terbesar

Selama ini keberadaan kosmetik dan produk perawatan tubuh – terutama untuk wajah – berfokus kepada perempuan saja. Bahkan hal ini sudah terjadi selama ribuan tahun lamanya.

Tidak percaya? Coba Anda cek berita dan tulisan-tulisan tentang kosmetik. Pasti yang Anda temukan adalah wajah perempuan di mana-mana.

Sebenarnya perempuan bukan satu-satunya pihak yang berada di “kursi tertinggi” produk kecantikan atau perawatan kulit. Kalau Anda sering nonton film bertema kerajaan, terutama yang berlatar di Eropa, sangat jelas bahwa raja-raja dan pengawalnya akan menggunakan kosmetik untuk acara-acara tertentu.

Hal itu cukup membuktikan bahwa kosmetik dan perawatan kulit tidak hadir untuk perempuan saja. Namun seiring berjalannya waktu, mitos-mitos berdatangan, membombardir kepercayaan diri para pria.

Apa hasilnya? Pria memilih cuek dengan perawatan kulit, meskipun mereka sangat peduli dengan penampilan.

Di artikel ini, kami punya segudang mitos tentang skin care pria yang menjadi stereotype negatif di masyarakat. Tentu saja kami juga memberikan perspektif baru untuk para pria dalam melihat kesehatan tubuh dan kulitnya.

Kebahagiaan berawal dari diri sendiri. Skin care adalah satu bentuk apresiasi tertinggi terhadap diri sendiri, lho.

Mitos 1: Kulit Wajah dan Tubuh Sama Saja

Banyak orang percaya bahwa kulit wajah dan tubuh tidak ada bedanya. Tapi faktanya, keduanya memiliki karakter dan fungsi berbeda, sehingga Anda harus memberikan perawatan yang berbeda juga.

Kulit wajah memiliki karakter yang lebih tipis dan mudah menua, serta memproduksi lebih banyak minyak daripada bagian tubuh lainnya. Selain itu, wajah kita lebih banyak bersinggungan langsung dengan sinar matahari.

Maka dari itu, SPF, sabun wajah, pelembab wajah, dan segala produk yang khusus untuk wajah ada karena berbagai alasan. Jangan sekali-kali menggunakan sabun mandi batangan untuk wajah karena akan merusak pH kulit Anda.

Beberapa produk QNET menawarkan perawatan kulit, terutama untuk wajah, yang simpel dan efektif. Selain membersihkan, produk besutan QNET juga menghidrasi kulit agar tetap lembab seharian.

Mitos 2: Kulit Berminyak Tidak Perlu Moisturizer

Mitos kedua ini cukup bahaya, ya. Bahkan banyak remaja yang bingung dan menganggap mitos ini kebenaran.

Kulit manusia perlu pelembab setiap hari, meskipun kadang rasanya kulit ini lebih berminyak. Padahal oil glands memang bertugas menyeimbangkan kulit kita.

Ketika Anda melewatkan pelembab dari ritual perawatan kulit, itu artinya Anda membuang percuma minyak natural yang bertugas menyeimbangkan kulit tersebut. Oil glands biasanya akan memproduksi lebih banyak minyak ketika tidak ada pelembab yang menghidrasi dari luar.

Hasilnya, kulit Anda akan lebih kering di hari tertentu dan sangat berminyak di hari lainnya.

Bagaimana cara menghadapinya?

Setelah mencuci muka dengan sabun wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, jangan lupa aplikasikan pelembab. Pelembab juga banyak macamnya. Pilih yang paling cocok dengan tipe kulit dan kebutuhan Anda, ya.

Pelembab yang bagus akan membuat kulit terlihat poreless. QNET hadir dengan pilihan perawatan kulit yang cocok untuk segala jenis kulit. Selain untuk perawatan, Anda juga bisa belajar tips berbisnis dari QNET, lho.

Mitos 3: Pria Tidak Cepat Menua

Para pria melewatkan perawatan kulit karena mereka menganggap bahwa penuaan bukan bagian dari kultur mereka. Padahal setiap orang pasti akan menua. Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa penuaan yang terjadi pada diri laki-laki membuat mereka lebih menawan, sedangkan wanita yang punya kerutan terlihat tua dan kelelahan.

Tapi tahukah Anda, bahwa pria mendapatkan kerutan lebih banyak dan cepat daripada wanita. Itu fakta.

Namun memang pria mengalami tanda penuaan di usia yang lebih tua daripada wanita. Hal itu terjadi karena karakter kulit pria lebih tebal dan memproduksi lebih banyak minyak dibanding wanita. Sekali tanda penuaan tampak, prosesnya cepat dan penyebarannya pun tak terbendung.

Tidak heran kalau pria cenderung menggunakan botox dan semacamnya.

Tentu saja gaya hidup, makanan, dan produk perawatan kulit mempengaruhi kondisi wajah Anda. Namun tabir surya adalah satu hal yang wajib digunakan, kapan saja dan di mana saja.

Bagaimana kalau Anda lebih banyak aktivitas di dalam ruangan? Apakah sunscreen tetap perlu?

Tentu saja. Sunscreen merupakan perawatan kulit yang menyelamatkan Anda dari fine lines, kerutan, flek hitam, dan tanda penuaan lainnya.

Bicara tentang tabir surya, Anda harus cek katalog QNET kategori perawatan kulit pria. Selain menawarkan produk terbaik, terlibat dalam bisnis QNET memungkinkan Anda untuk memiliki komunitas yang sejiwa.

Mitos 4: Treatment Kecantikan Hanya Untuk Perempuan

Ini merupakan persepsi yang sangat salah. Sudah bertahun-tahun lamanya masyarakat umum memberi label suatu aktivitas berdasarkan gender, salah satunya adalah perawatan kulit. Hal ini membuat para pria mengabaikan kesehatan kulitnya karena merasa estetik dan kecantikan kulit hanya milik perempuan.

Padahal pria juga punya kulit yang perlu perawatan yang benar.

Anda tidak perlu mengikuti 10-langkah perawatan kulit yang berasal dari kultur Korea modern. Tapi Anda harus merawat kulit wajah dengan baik dan benar, setidaknya mengaplikasikan perawatan dasar.

Prinsipnya sama seperti membentuk otot tubuh: 75% dari makanan dan 25% olahraga. Anggap saja 75% dedikasi Anda tercurah untuk perawatan sehari-hari di rumah, dan sisanya untuk treatment ke klinik profesional.

Cek berita QNET untuk mengetahui kabar terkini tentang produk kesehatan dan perawatan kulit terbaik, yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Mitos 5: Kulit Makin Bersinar Kalau Sering Cuci Muka

Kulit makin bersinar kalau sering cuci muka

Pernahkah Anda mencuci muka berkali-kali dalam sehari dan berharap kulit wajah Anda tampak halus?

Cuci muka memang memberikan tampilan poreless pada wajah. Namun hal itu juga menyebabkan kulit kering, bahkan produk tertentu mengakibatkan iritasi parah.

Menurut dokter dan pakar kulit, mencuci muka cukup dilakukan dua hingga tiga kali sehari. Melakukannya lebih dari anjuran dokter akan membuat kulit makin sensitif, dan tidak jarang malah merangsang produksi minyak berlebih.

Jangan lupa dengan pelembab atau moisturizer setelah cuci muka, ya. Memilih pelembab yang cocok untuk kulit Anda memang perlu waktu, namun hasilnya akan memukau dan luar biasa

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih produk perawatan kulit. Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Sesuai Jenis Kulit

Kulit wajah pria cenderung berminyak dan lebih tebal daripada wanita. Hal ini merupakan pengaruh testosteron.

Sebagian besar produk perawatan kulit untuk pria dibuat untuk mengontrol masalah minyak berlebih. Namun kalau kulit Anda kering dan pecah-pecah atau mengelupas, jangan ragu untuk mencari produk yang khusus menangani masalah tersebut.

Produk apapun yang nantinya Anda beli, pastikan sesuai dengan jenis kulit. Bahkan sekarang mudah sekali mendapatkan produk untuk kulit kombinasi.

QNET punya banyak produk yang mungkin sesuai dengan jenis kulit Anda. selain membeli produk, Anda bisa belajar tentang bisnis dengan QNET.

2. Lupakan Gender

Beli produk perawatan yang khusus dibuat untuk pria memang oke. Namun sebenarnya ada banyak produk unisex dengan hasil yang memukau. Selain itu, produk-produk tersebut cocok-cocok saja untuk pria dan wanita.

Saat ini banyak sekali merk yang menjual produk perawatan tanpa aroma atau dengan aroma-aroma earthy dengan efek menenangkan. “Label gender” pada produk perawatan kulit wajah sebaiknya diabaikan saja. Fokus pada kebutuhan jenis kulit Anda.

3. Perhatikan Warna Kulit

Terlihat menawan tidak harus berkulit putih. Jika Anda berasal dari etnik berkulit gelap, jangan ragu untuk bersinar tanpa harus mengubah warna kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa suku dan keturunan mempengaruhi jenis kulit dan kebutuhan skincare.

Etnis Afrika-Amerika, misalnya, cenderung punya banyak ingrown hair karena keturunan rambut keriting dan lebat. Untuk bercukur, lebih baik menggunakan krim hair removal daripada pisau cukur untuk menghindari iritasi.

Sedangkan ras Asia dan Hispanik cenderung mengalami masalah pigmentasi yang tidak merata. Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat memperparah kondisi tersebut. Selain tabir surya, produk untuk kulit sehat secara merata sangat disarankan.

Anda bisa menengok katalog QNET untuk perawatan kulit wajah pria. Selain mendapatkan produk terbaik untuk kebutuhan kulit Anda, ada peluang bisnis besar dengan penawaran menarik dari QNET, lho.

Bagaimana Mengatasi Kulit Iritasi?

Tekstur kulit merupakan satu dari beberapa hal yang menjadi perhatian utama dalam menggunakan skincare. Pria cenderung memiliki tekstur kulit yang bergelombang dan tebal. Tidak heran kalau pria sering mengalami jerawatan, ingrown hairs, dan iritasi karena bercukur.

Penyebab iritasi kulit paling umum adalah bercukur. Tapi tenang saja, perawatan kulit yang tepat akan menjauhkan Anda dari masalah tersebut.

Salisilat dan benzoyl peroxide adalah produk yang paling simpel dan umum untuk mengatasi kulit iritasi. Dan ketika bercukur, Anda bisa gunakan pisau cukur elektrik daripada yang manual.

QNET menawarkan cukuran elektrik untuk mengurangi masalah kulit, lho. Metode pemasaran jaringan QNET memungkinkan Anda mendapatkan produk unik dan premium tanpa markup harga.

Asam Salisilat atau Benzoyl Peroxide?

Ketika bingung memilih di antara keduanya, Anda bisa ingat hal simpel di bawah ini.

Benzoyl peroxide efektif membunuh bakteri yang menyebabkan bruntusan dan jerawat. Namun zat yang satu ini cukup menyiksa kulit kering dan sensitif.

Asam salisilat, di sisi lain, merupakan eksfolian yang oke, apalagi untuk penggunaan sebelum bercukur. Mengaplikasikan asam salisilat sebelum bercukur menghilangkan kulit mati dan membersihkan pori. Zat ini sangat efektif mengatasi kulit kemerahan dan kerusakan akibat radikal bebas maupun hal jahat lainnya.

Pria dan Perawatan Kulit

Hubungan pria dengan produk perawatan kulit seringkali tampak renggang, tidak harmonis seperti sebagaimana wanita menggunakan produk-produknya. Selain faktor kebiasaan, pria menganggap merawat kulit sebagai hal yang tidak maskulin.

Melihat pasar produk grooming untuk pria, pertumbuhannya diperkirakan mencapai USD 60 juta akhir tahun ini. Hal ini merupakan pertanda bagus bahwa sekarang ini sudah banyak pria yang terbuka pikirannya

Penelitian menunjukkan bahwa masalah kulit mempengaruhi self-image, penampilan, dan hubungan dengan manusia lain. Tapi jangan khawatir karena belum terlambat untuk membuat kebiasaan baru untuk kulit lebih sehat.

Untuk mengontrol kesehatan kulit wajah dan penampilan secara umum perlu usaha dan perubahan kebiasaan. Anda bisa mulai dari menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, jangan ragu untuk cek katalog QNET. Berbagai produk perawatan kulit untuk pria dan wanita tersedia di sana. Selain itu, Anda juga bisa menekuni network marketing dengan bergabung bersama QNET.

Baca Juga : Perawatan Kulit untuk Pria – Bagaimana Pria Sejati Merawat Kulit Mereka