Selasa, Desember 6, 2022

10+ Cara Ampuh Mengubah Kebiasaan Buruk dan Menanamkan Kebiasaan Baik

Kenali Kebiasaan Buruk Anda

Definisi sederhana dari kebiasaan buruk adalah kegiatan berpola yang dilakukan secara berulang-ulang namun memiliki dampak tidak baik pada si pelaku. Dampak tersebut dapat mempengaruhi kesehatan jasmani, mental bahkan karir seseorang.

Itulah sebabnya Anda perlu untuk menanganinya secara serius. Pasalnya, kebiasaan buruk yang tidak tertangani dengan baik dapat menjerumuskan kita kepada kondisi kecanduan. Jika kebiasaan sudah menjadi kecanduan maka akan lebih sulit lagi bagi orang tersebut untuk mengubahnya.

Namun, dengan tekad yang kuat Anda tetap dapat mengubah kebiasaan buruk Anda dengan kebiasaan baru yang positif. Kebiasaan baru ini merupakan pengganti kebiasaan lama yang negatif sehingga dapat membuat hidup Anda lebih produktif.

Masalahnya, tidak mudah bagi setiap kita untuk menerapkan cara menghilangkan kebiasaan buruk karena membutuhkan waktu, semangat, dukungan dan kesabaran ekstra. Seringkali kita ingin terlepas dari kebiasaan buruk yang dapat menghambat karier maupun kesehatan tetapi tidak bisa.

Alhasil, kita masih melakukan kebiasaan buruk tersebut seolah-olah kita tidak berdaya. Mengapa demikian? Karena kebiasaan kita, entah baik atau buruk maupun yang baik, terbentuk dari kegiatan yang kita lakukan secara berulang-ulang sehingga kita cenderung melakukannya secara otomatis tanpa perlu berpikir panjang.

Menerapkan Cara merubah kebiasaan menjadi lebih baik dapat Anda adopsi sehingga membantu Anda mengubah kebiasaan tersebut.

Contoh kebiasaan buruk yang umum kita jumpai antara lain:

  • Hidup boros
  • Tidur larut malam
  • Kurang atau tidak berolahraga
  • Kurang minum air putih
  • Merokok
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan masih banyak lagi.

Penyebab Kebiasaan buruk

Secara umum stress dan bosan adalah penyebab terbentuknya kebiasaan buruk seseorang. Kita dapat mengembangkan kebiasaan buruk karena dipicu oleh stress dan rasa bosan.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Photo by Mikail Duran on Unsplash

Anda membutuhkan cara-cara berikut untuk mengubah kebiasaan buruk dan menjadikannya kebiasaan positif:

1. Kenali Faktor Pencetusnya

Langkah pertama yang harus Anda ambil ketika mulai mempraktekkan cara menghilangkan kebiasaan buruk adalah mengenali faktor pencetusnya. Dengan demikian Anda tahu langkah selanjutnya agar terbebas dari kebiasaan buruk Anda.

Misalnya, Anda suka menunda pekerjaan di kantor, maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa faktor berikut:

  • Tempat terjadinya kebiasaan buruk
  • Berapa kali dalam sehari biasanya Anda melakukannya
  • Apakah orang lain terlibat?
  • Bagaimana perasaan Anda ketika melakukannya
  • Apakah kebiasaan tersebut terjadi setelah ada kejadian tertentu?

Dengan mengenali pemicunya, maka nantinya Anda dapat menyiapkan langkah-langkah antisipasi terbaik. Selain itu Anda juga dapat memotong lingkaran setan kebiasaan buruk sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda.

2. Mengganti Dengan Kebiasaan baru

Cara mengubah kebiasaan menjadi lebih baik yang kedua adalah mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baru yang positif. Pasalnya, melakukan kebiasaan baru secara berulang-ulang dapat membantu Anda membangun rutinitas baru.

Alhasil, akan terbentuk kebiasaan baru yang positif. Dengan demikian maka Anda tidak lagi melakukan kebiasaan buruk yang merugikan tersebut.

3. Mulai dengan Langkah Kecil

Anda mungkin ingin langsung menghilangkan beberapa kebiasaan buruk sekaligus karena sudah terlalu mengganggu kehidupan Anda. Misalnya Anda ingin berhenti merokok dan minum minuman keras, maka kedua kebiasaan buruk ini dapat Anda hilangkan secara bersamaan.

Namun, tidak semua kebiasaan buruk dapat kita hilangkan bersama. Jadi, tidak perlu berkecil hati jika cara menghilangkan kebiasaan buruk yang Anda pilih dimulai dari langkah kecil. Pasalnya, Anda tetap dapat melakukannya secara bertahap hingga tujuan Anda tercapai.

4. Hindari Faktor Pemicu

Jika Anda ingin berhasil mempraktekkan cara mengubah kebiasaan menjadi lebih baik maka Anda harus menghindari faktor pemicu kebiasaan buruk tersebut. Jadi, biasakan untuk menciptakan lingkungan yang membuat kebiasaan buruk Anda susah muncul.

Misalnya jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu menonton TV di ruang keluarga, maka letakkan remote TV di ruangan lain.

Jika Anda seorang perokok dan peminum, maka hindari untuk masuk bar atau tempat lain yang memicu Anda melakukannya. Intinya, ubah lingkungan Anda maka hasil yang Anda dapatkan juga akan berubah.

5. Mengubah Pola Pikir

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Seringkali hambatan yang dialami seseorang yang menerapkan cara menghilangkan kebiasaan buruk adalah pola pikir dan gaya hidup yang susah diubah. Alhasil, ia kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruknya karena merasa terbebani untuk merubah hal tersebut.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap kita untuk merubah cara pandang kita karena berperan besar terhadap keberhasilan perubahan kebiasaan buruk. Sebelum kebiasaan buruk terbentuk biasanya semua berawal dari pikiran orang tersebut. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk melatih pikiran Anda agar dapat mencapai kemenangan.

Hindari berpikir bahwa kebiasaan tersebut menyenangkan tetapi coba ingatkan diri Anda akan segala risiko yang dihasilkannya. Jika keinginan untuk kembali melakukan kebiasaan lama muncul maka Anda harus melawannya.

6. Meminta Dukungan Keluarga dan Teman

Ketika Anda memutuskan untuk menerapkan Cara merubah kebiasaan menjadi lebih baik maka Anda dapat mengajak keluarga atau teman yang memiliki masalah serupa. Perjalanan mengurangi kebiasaan buruk Anda akan terasa lebih ringan karena memiliki teman sepenanggungan.

Ketika Anda mengalami halangan dan merasa usaha Anda seperti berjalan di tempat, maka teman tersebut dapat memberi semangat dan sebaliknya. Bahkan ketika ia atau Anda sudah terbebas dari kebiasaan buruk tersebut maka Anda berdua tetap dapat saling mendukung dan menguatkan.

7. Sayangi Diri Sendiri

Dalam proses menerapkan cara menghilangkan kebiasaan buruk maka salah satu faktor yang harus Anda perhatikan adalah menyayangi diri sendiri. Pasalnya, usaha yang Anda lakukan tersebut tidak mudah dan pasti ada masa-masa Anda merasa ingin menyerah.

Itulah sebabnya, menyayangi dan memotivasi diri sendiri wajib untuk Anda lakukan. Cobalah untuk menjawab dengan jujur beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah dengan kebiasaan ini aku menjadi lebih baik?
  • Apakah kebiasaan ini baik untuk masa depanku atau malah berpotensi merusaknya?
  • Kebiasaan ini berdampak baik untuk pribadi dan kesehatanku?

Dengan menjawab pertanyaan di atas, maka Anda dapat memutuskan untuk terus berjuang mengubah kebiasaan buruk Anda. Ingat, Anda bertanggungjawab terhadap semua hal yang Anda lakukan sehingga setiap konsekuensi yang muncul tidak dapat Anda hindari.

Pastikan Anda menyayangi diri sendiri sehingga tidak lagi melakukan hal yang merusak atau menghancurkan hidup dan masa depan Anda. 

8. Memaksimalkan Teknologi yang Ada

Kita hidup di era teknologi sehingga hampir segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah. Alhasil, Anda dapat menerapkan cara mengubah kebiasaan menjadi lebih baik dengan memanfaatkan teknologi yang ada, salah satunya ponsel pintar. Ada banyak aplikasi untuk Anda pilih sehingga dapat membantu Anda mencapai target dan tujuan Anda. Sebut saja alarm, reminder, aplikasi pengatur keuangan, penghitung detak jantung, video aerobic dan lainnya. Alhasil, dengan aplikasi tersebut Anda dapat mencapai target dengan lebih terarah dan terkoordinasi baik.

9. Jangan Menyerah

Menerapkan cara menghilangkan kebiasaan buruk pastinya membawa banyak tantangan baru sehingga Anda perlu terus meyakinkan diri untuk tidak menyerah. Bahkan, ketika Anda merasa gagal, maka Anda tidak boleh menyerah.

Pasalnya, keputusan Andalah yang nantinya akan membawa Anda kepada target dan tujuan yang sudah ditentukan.

10. Beri Waktu Pada Diri Anda

Melakukan cara mengubah kebiasaan menjadi lebih baik terlihat sederhana tetapi nyatanya sulit untuk dilakukan. Jika di tengah perjalanan Anda ternyata lupa atau gagal melakukan rencana Anda, maka usahakan untuk tidak menghukum diri sendiri.

Sebaliknya, belajar dari kesalahan tersebut dengan membuat rencana berjangka sehingga pada akhirnya Anda dapat mencapai tujuan utama Anda.

Tips Konsisten Dengan Kebiasaan Baru

Proses mengubah kebiasaan buruk tidak semudah membalik telapak tangan karena membutuhkan keinginan yang kuat serta dukungan dan kesabaran lebih. Jadi, tidak cukup hanya mempraktikkan cara menghilangkan kebiasaan buruk saja agar berhasil.

Anda juga memerlukan tips jitu dan praktis untuk tetap konsisten melakukannya sehingga dapat mencapai target Anda.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda tetap konsisten dengan pilihan untuk mengubah kebiasaan buruk Anda:

1. Ingatkan Diri Anda pada Tujuan dan Target yang Ingin Dicapai

Jika Anda merasa lelah dengan usaha Anda mengubah kebiasaan buruk, maka Anda perlu mengingatkan diri sendiri pada tujuan awal dan target yang ingin Anda capai. Menetapkan tujuan dan target awal umumnya dibarengi dengan berbagai pertimbangan penting sehingga membuat Anda memutuskan yang terbaik.

Dengan kembali mengingat pertimbangan tersebut maka diharapkan Anda mendapat semangat dan kekuatan baru untuk melanjutkan usaha Anda.

2. Rayakan Keberhasilan Anda

Mempraktekkan cara mengubah kebiasaan menjadi lebih baik merupakan sesuatu yang tidak mudah karena membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, Anda juga membutuhkan semangat dan dukungan sehingga dapat melakukannya dengan baik.

Oleh sebab itu, setiap keberhasilan yang Anda capai layak untuk Anda rayakan. Dengan demikian, Anda akan semakin bersemangat dan termotivasi untuk terus melakukannya hingga kebiasaan buruk Anda hilang.

3. Bergabung di Komunitas yang Tepat

Anda mungkin berhasil melakukan semua cara menghilangkan kebiasaan buruk namun tetap tergoda untuk kembali melakukannya karena lingkungan yang kurang mendukung. Itulah sebabnya sangat penting bagi Anda untuk selalu berada di lingkungan dan komunitas yang tepat.

Pasalnya, salah memilih lingkungan dan komunitas berdampak buruk pada usaha Anda tersebut. Jadi, pastikan Anda mengenal dengan siapa Anda bergaul sehingga membantu menghentikan kebiasaan buruk Anda. 

4. Siapkan Diri Jika Keadaan Memburuk

Karena kita tidak dapat mengontrol setiap kejadian dalam hidup, maka Anda perlu menyiapkan diri ketika hal yang buruk terjadi. Peristiwa buruk cenderung membuat kita kembali melakukan kebiasaan buruk sehingga Anda harus mengantisipasinya. Lakukan hal ini dengan membuat keputusan yang tepat. Alhasil, target mengubah kebiasaan buruk yang sedang Anda lakukan tetap dapat tercapai.

Penutup

Bukankah sekarang saat yang tepat untuk mencoba menerapkan cara menghilangkan kebiasaan buruk agar kebiasaan buruk Anda lenyap? Pastikan bahwa Andalah yang memegang kendali atas kebiasaan-kebiasaan Anda dan bukan sebaliknya.

Baca juga: Ikuti 4 Kebiasaan Sehat Orang Sukses Ini Untuk Mengubah Hidup Anda

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini