Selasa, November 29, 2022

12 Cara Menghilangkan Garis Halus dan Keriput Wajah

Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit wajah akan mulai berubah dan tanda-tanda penuaan mulai terlihat. Hal ini membuat sebagian orang, terutama wanita, merasa was-was tidak bisa tampil dengan percaya diri lagi. Sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan garis halus pada wajah, yang bisa Anda coba.

Munculnya garis halus dan keriput pada wajah tidak hanya karena faktor usia yang semakin tua saja, namun juga pengaruh gaya hidup. Penting untuk memperhatikan perawatan kulit wajah apa saja yang selama ini Anda lakukan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan perawatan secara alami maupun dengan bantuan medis.

Cara Menghilangkan Garis Halus Secara Alami

Photo by  Unsplash

Penyebab garis halus di wajah memang beragam sehingga perawatan antara satu orang dengan yang lainnya mungkin berbeda. Anda bisa mengantisipasi timbulnya tanda-tanda penuaan dini dengan mengikuti beberapa tips dan cara menghilangkan garis halus berikut ini:

1.     Hindari Menyipitkan Mata Terlalu Sering

Cara menghilangkan garis halus secara alami adalah dengan menghindari terlalu sering menyipitkan mata. Penyebab garis halus di wajah ini biasanya terjadi saat sedang membaca terlalu banyak hingga akhirnya otot wajah pun sering bergerak dan memicu timbulnya lekukan pada bagian bawah permukaan kulit.

Lekukan yang timbul tersebut akhirnya menjadi garis halus dan keriput. Oleh karena itu, saat sedang membaca jagalah jarak pandang mata agar tetap dalam posisi lebar. Jika Anda mengalami masalah penglihatan, gunakan kacamata. Contohnya saat berada di bawah terik matahari, pakailah kacamata hitam.

2.     Menggunakan Vitamin C

Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan jeruk nipis juga bisa Anda lakukan karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C. Menurut penelitian, krim atau bahan alami yang mengandung vitamin C dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen.

Kandungan vitamin C mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB, serta mengurangi bintik gelap, kemerahan, dan warna kulit tidak rata. Namun, tetap hati-hati dalam memilih produk skincare untuk mengatasi kulit keriput.

3.     Hindari Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa mencuci wajah sebaiknya jangan terlalu sering dan bagaimana bisa menjadi penyebab garis halus di wajah. Hal ini karena air dapat mengupas kelembapan dan minyak alami pada kulit yang memiliki fungsi untuk melindungi kerutan.

Jika Anda terlalu sering mencuci wajah, artinya perlindungannya jadi hilang dan dapat menjadi penyebab garis halus di wajah. Sebaiknya gunakan produk seperti sabun dengan pelembap dan pembersih krim atau gel, untuk membantu mengangkat kotoran pada kulit wajah.

Meskipun tidak dianjurkan untuk terlalu sering, namun mencuci muka penting untuk Anda lakukan secara rutin. Terutama setelah menggunakan make up, jangan lupa membersihkannya dengan menggunakan make up remover agar tidak menjadi penyebab garis halus di wajah.

Setelah itu, lanjutkan mencuci muka untuk mengangkat semua kotoran, minyak, dan bekas make up dengan menggunakan sabun pembersih. Keringkan wajah dengan handuk bersih dan tepuk secara perlahan. Idealnya mencuci muka bisa dua kali sehari atau setiap selesai berolahraga.

4.     Menggunakan Produk yang Mengandung AHA (Alpha-Hydroxy Acids)

Alpha-Hydroxy Acids atau yang biasa orang-orang mengenalnya dengan nama AHA, merupakan asam alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Itu artinya pori-pori, kerutan permukaan, dan garis-garis halus terutama di sekitar mata pun bisa diantisipasi.

Selain itu, AHA juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Kolagen sendiri merupakan salah satu jenis protein yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang. Namun, Anda juga harus mengimbanginya dengan tabir surya atau sunscreen setiap hari.

5.     Memperbaiki Posisi Tidur

Ketika bangun tidur, mungkin Anda sering mendapati wajah tiba-tiba terlihat memiliki kerutan. Saat tidur pada posisi tertentu, sebenarnya kulit akan mengarah ke garis tidur sehingga bisa menjadi penyebab garis halus di wajah yang terukir di lapisan teratas.

Saat bangun, kerutan tersebut malah justru tidak memudar. Jika Anda tidur dalam posisi miring, biasanya kerutan akan muncul di dagu dan pipi. Sedangkan ketika tidur tengkurap, maka bagian alis yang akan berkerut. Solusinya, tidurlah dengan terlentang.

Selain posisi tidur yang harus Anda perbaiki, pastikan tidur dalam waktu yang cukup yakni idealnya 7 – 9 jam setiap hari. Karena kurang tidur juga bisa menjadi penyebab garis halus di wajah.

Hal ini mengingat saat sedang tidur, produksi HGH atau human growth hormone sedang meningkat. Sehingga ketebalan kulit pun ikut meningkat dan elastisitas semakin bagus.

Sementara itu, jika kurang tidur, maka hormon yang akan diproduksi oleh tubuh adalah kortisol. Hormon ini dapat melepas sel-sel kulit mati dan menjadi penyebab garis halus di wajah.

6.     Menggunakan Tabir Surya

Menjaga kulit agar terlihat lebih muda bisa Anda mulai dari hal-hal dasar terlebih dahulu. Contohnya seperti menggunakan tabir surya atau sunscreen terutama saat sedang berada di luar rumah. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian panjang yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV penyebab garis halus di wajah.

Jenis sunscreen yang dianjurkan adalah dengan label SPF 30 dan broad spectrum. Penggunaan tabir surya secara rutin tidak hanya mencegah dan memperlambat munculnya tanda penuaan, namun juga dapat menurunkan resiko kanker kulit.

7.     Menggunakan Pelembap

Selain tabir surya atau sunscreen, yang tidak kalah penting untuk Anda gunakan adalah pelembap. Idealnya penggunaan pelembap pada kulit wajah ini adalah setelah mencuci muka. Memang penggunaan pelembap tidak bisa menghilangkan kerutan secara permanen, namun untuk menyamarkan.

Mengoleskan pelembap secara rutin pada kulit wajah dapat menjaga dan mengunci kelembaban dan kekenyalan kulit. Jika Anda menggunakannya rutin setiap hari, maka hasilnya pun akan lebih maksimal dan mencegah penyebab garis halus di wajah.

8.     Memijat Wajah dengan Minyak

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang memiliki kandungan antioksidan dan dapat bermanfaat untuk mencegah kerutan. Anda bisa menggunakannya dengan cara memijat wajah terutama pada area dahi dan area wajah yang ada kerutannya.

Selain minyak zaitun, alternatif lainnya adalah dengan minyak kelapa karena keduanya kaya akan antioksidan. Fungsi dari kandungan tersebut adalah untuk mencegah garis halus dan keriput karena faktor paparan radikal bebas.

Tampilan kerutan pada wajah akan menjadi tersamarkan jika rutin memijatnya dengan minyak kelapa atau zaitun. Apalagi di dalam kedua bahan alami ini mengandung zat pelembap untuk kulit. Otot-otot pada wajah pun dapat lebih relaks.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan saat memijat wajah dengan minyak, di antaranya:

  • Oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun pada area wajah yang sudah Anda bersihkan (gunakan secukupnya)
  • Pijat area alis dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk sebanyak 20 putaran
  • Gunakan ibu jari untuk memberi tekanan pada dahi selama kurang lebih 10 detik
  • Ulangi langkah yang sama untuk area rahang selama 10 detik

9.     Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan kulit wajah. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah. Karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang dapat melawan terjadinya kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Dengan mengonsumsi makanan sehat, maka kulit pun akan menjadi lebih awet, segar, dan bercahaya. Salah satu yang direkomendasikan adalah salmon karena kandungan asam lemak di dalamnya dapat menutrisi kulit agar terlihat lebih awet muda.

10.    Membatasi Gula dan Makanan Berminyak

Gula dalam tubuh dapat meningkatkan proses glikasi menjadi lebih cepat. Tubuh pun akan memproduksi AGE atau Advanced Glycation End Products yang merupakan salah satu jenis protein.

Tidak seperti protein jenis lainnya yang bagus untuk kesehatan, jenis protein satu ini justru dapat berdampak buruk. Hal ini bisa terjadi karena AGE dapat memecah kolagen dalam tubuh sehingga membuat wajah menjadi terlihat lebih tua.

Selain karena terlalu banyak gula di dalam tubuh, produksi AGE juga ada hubungannya dengan konsumsi makanan berminyak atau hasil pembakaran. Oleh karena itu, batasi makanan berminyak dan yang terlalu banyak gula untuk mencegah garis halus dan kerutan.

11.    Berhenti Merokok

Jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok, maka sebaiknya segera kurangi secara perlahan hingga akhirnya bisa berhenti. Karena selain memiliki dampak buruk untuk kesehatan, merokok juga dapat mempercepat penuaan pada kulit dengan memecah elastin dan kolagen.

12.     Menggunakan Masker Alami

Cara menghilangkan garis halus pada wajah yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan rutin menggunakan masker. Bahan alami yang bisa digunakan seperti jus jeruk dan yogurt, mentimun dan yoghurt, aloe vera/lidah buaya, serta putih telur dan air perasan lemon dengan madu.

Sebelum maskeran, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu baru kemudian oleskan secara merata pada wajah. Jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih setelah didiamkan beberapa saat.

Cara Menghilangkan Kerutan Secara Medis

Photo by  Unsplash

Selain mengikuti cara menghilangkan garis halus secara alami seperti disebutkan di atas, Anda juga bisa mencoba cara medis. Karena tak bisa dipungkiri bahwa cara alami memang tidak bisa instan, sehingga sebagian orang memilih tindakan medis sebagai jalur cepat. Berikut ini beberapa jenis perawatannya:

1.     Chemical Peeling

Perawatan wajah chemical peeling adalah dengan mengangkat lapisan kulit teratas untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Prosedur ini dilakukan oleh dokter kulit dengan cara mengoleskan asam tertentu ke atas permukaan kulit. Hasilnya kulit menjadi lebih kinclong, halus, sehat, bersih, dan awet muda.

2.     Dermabrasi

Teknik adalah dengan cara mengelupas atau mengikis lapisan kulit luar dengan menggunakan alat khusus yang mirip seperti vacuum. Di dalamnya terdapat kristal kimiawi untuk mengangkat lapisan tersebut agar sel-sel kulit baru muncul dan garis halus atau keriput pun mulai menghilang.

3.     Filler

Jenis perawatan ini merupakan salah satu tindakan medis atau cara menghilangkan garis halus yang cukup ampuh. Anda akan mendapatkan suntikan zat-zat tertentu berupa hyaluronic acid, kolagen, dan senyawa sintetik lainnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi garis halus dan keriput akibat penuaan.

4.     Suntik Botox

Cara menghilangkan garis halus ini juga bisa menjadi opsi untuk membantu menghilangkan keriput atau kerutan pada wajah. Botulinum toxin atau yang biasa disingkat dengan botox ini pada dasarnya memiliki fungsi untuk mengurangi kerutan pada wajah. Sehingga kulit pun menjadi terlihat lebih awet muda dan kenyal.

5.     Laser Resurfacing

Prosedur peremajaan kulit yang satu ini dilakukan dengan menggunakan alat berupa laser. Cara menghilangkan garis halus dengan cara ini bertujuan untuk memperbaiki penampilan wajah dan menghilangkan gangguan minor seperti keriput atau garis halus.

Kulit biasanya akan mendapatkan efek samping seperti perubahan warna menjadi merah muda atau merah selama kurun waktu beberapa bulan. Namun, setelah treatment ini selesai, Anda akan mendapatkan hasil maksimal di mana kulit menjadi lebih bersih dan bebas kerutan.

Cara menghilangkan garis halus dan keriput wajah bisa Anda lakukan secara alami maupun medis. Tetap tampil percaya diri dengan produk-produk QNET yang akan membuat wajah Anda terlihat lebih cerah dan halus.

Baca selengkapnya : QNET Perkenalkan Produk Perawatan Wajah Pria

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini