Senin, Agustus 8, 2022

Mengenal Self Awareness, dan 7 Cara Membentuknya Pada Lingkungan kerja

Self awareness (kesadaran diri) harus dikembangkan jika Anda ingin menjadi orang yang memiliki pengaruh atau menjadi pemimpin yang efektif. Dengan menjadi orang yang lebih sadar diri, Anda akan menemukan kelebihan terbaik Anda dan cara mengoptimalkannya.

Jadi, apa itu self awareness dan mengapa itu penting? Simak pengertian sampai cara membentuk self awareness di lingkungan kerja.

Pada akhirnya Anda akan memahami bagaimana menjadi orang yang lebih sadar diri dan memberikan nilai positif pada pekerjaan.

Apa itu Self Awareness?

Self awareness artinya keterampilan untuk memahami kekuatan, tindakan, pikiran, ucapan, perasaan, dan kelemahan Anda sendiri. Supaya Anda mampu mengenali efek yang Anda miliki pada orang lain.

Sederhananya, kemampuan Anda untuk mengevaluasi diri Anda sendiri dan mengenali potensi yang dimiliki.

Jadi, untuk memilikinya Anda membutuhkan persepsi yang jelas tentang keadaan emosional dan mental Anda. Di mana Anda harus meluangkan waktu dan upaya untuk memahami diri sendiri dan lingkungan dengan lebih baik.

Sebagai contoh:

Anda sadar jika Anda sangat menikmati makan siang di kantin. Namun kesadaran diri membantu Anda mengidentifikasi alasan yang lebih spesifik. Anda menyadari, Anda menikmati makan di kantin karena Anda menyukai kebersamaan dengan teman-teman atau karena suasananya yang nyaman.

Mengapa Self Awareness Penting?

Kesadaran diri berperan sangat penting dalam lingkungan kerja. Untuk itu Anda harus tahu cara meningkatkan self awareness.

Karena dengan self awareness, Anda dapat menemukan kesadaran untuk lebih bahagia dan menjaga hubungan sosial yang lebih baik. Termasuk kemampuan mengidentifikasi, mengelola, dan secara produktif mengekspresikan pikiran dan emosi.

Bahkan Anda mulai dapat mengenali apa yang Anda suka dari pekerjaan Anda. Seperti  bagaimana Anda membangun jalur karir untuk sukses dan mencapai kepuasan kerja yang lebih tinggi.

Maka secara tidak langsung, menjadi lebih sadar diri membuat Anda termotivasi untuk meningkatkan pekerjaan.

Jika Anda dapat menumbuhkan sifat ini, maka Anda dapat meningkatkan hubungan dan produktivitas.

Anda akan mengerti bagaimana orang memandang Anda dan cenderung memiliki empati yang lebih kepada orang-orang dengan perspektif yang berbeda.

Jika Anda seorang pemimpin, memiliki persepsi yang sesuai dengan orang lain lebih mungkin untuk memberdayakan dan mengenal karyawan. Selain itu mudah bagi Anda mengambil keputusan dan penilaian tentang lingkungan dan pekerjaan.

Manfaat Self Awareness Di Lingkungan kerja

Photo by QNET Indonesia

Membawa kesadaran diri ke tempat kerja, memungkinkan terjadinya korelasi positif yang signifikan antara pemimpin, karyawan, dan kinerja perusahaan.

Semua pihak yang sadar diri akan melihat segala hal secara positif bukan negatif.

Lebih jelas, berikut beberapa manfaat memiliki kesadaran diri dalam dunia kerja:

1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Kuat

Dalam lingkungan kerja, keputusan terus dibuat tanpa ada kata berhenti. Sementara self awareness bisa menjadi alat yang membantu Anda mengatur pikiran dan emosi.

Membuat Anda percaya diri dan mampu mengambil keputusan yang jelas dan lebih baik. Artinya Anda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi hasil akhir dari sebuah pekerjaan.

2. Meningkatkan Harga Diri

Self awareness memberi Anda rasa percaya diri yang cukup tinggi dalam berusaha untuk meningkatkan pekerjaan. Maka dengan meningkatkan harga diri akan lebih mungkin bagi Anda melakukan pekerjaan dan menjalani peran dengan baik.

3. Mengatasi Konflik Secara produktif

Konflik selalu ada dan tidak untuk dihindari, terutama dalam dunia kerja. Sementara orang yang sangat sadar diri tahu bagaimana bereaksi terhadap tantangan dengan tenang, positif, dan profesional.

Berpikir mencari rintangan dalam pekerjaan dan berusaha memperbaiki masalah potensial yang ditemukan. Dengan mengambil tindakan korektif ini, setiap individu dalam tim akan terlibat sehingga tim menjadi lebih produktif dan mandiri.

4. Memahami Emosi Lebih Mendalam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kesadaran diri membantu Anda mengidentifikasi dan mengelola emosi dengan lebih baik. Maka ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda berkomunikasi dengan banyak rekan kerja.

Memberi kemampuan yang lebih besar untuk mengatur emosi, mengurangi stres, dan membantu rekan kerja mengontrol emosi. Menciptakan tim yang terdiri dari individu yang tidak mudah tersinggung dan sakit hari. Sehingga bisa menjadi lebih terbuka terhadap kritik dan saran.

Maka, Anda bersama tim dapat berkolaborasi secara produktif dengan hasil yang memuaskan.

5.  Kolaborasi yang Lebih Baik

Apabila memahami cara meningkatkan self awareness, Anda akan lebih terbuka untuk bekerja sama dengan orang yang membawa kemampuan berbeda. Anda sadar, dengan kemampuan yang berbeda Anda dapat menciptakan hal-hal yang lebih besar.

Karena dengan mengakui keahlian, Anda juga akan menyadari kekurangan Anda dan tahu kapan harus mencari bantuan. Dengan melakukan ini maka akan membawa keselarasan antara nilai-nilai Anda dan rekan Anda.

6. Meningkatkan Empati dan Inklusivitas

Orang dengan kesadaran diri lebih mudah berempati dengan orang lain dari latar belakang berbeda. Karena kemampuannya memahami banyak hal dari berbagai perspektif.

Dalam lingkungan kerja, kemampuan ini mengarah pada tingkat inklusivitas dan keragaman dalam berpikir yang lebih tinggi.

7 Cara Membentuk Self Awareness Pada Lingkungan Kerja

Jadi, bagaimana membangun kesadaran diri di dalam lingkungan kerja? Mulai dengan kiat-kiat di bawah ini.

Berikut 7 strategi untuk cara meningkatkan self awareness di lingkungan kerja:

1.     Uji Kepribadian Diri

Temukan lebih banyak tentang diri Anda, tentang kemampuan sampai kelemahan Anda dalam pekerjaan. Jika perlu, gunakan tes kepribadian untuk merefleksikan sikap, perilaku, karakteristik, dan cara Anda mengambil keputusan.

Cara meningkatkan self awareness ini bisa Anda mulai dengan menganalisis setiap hasil pekerjaan, baik itu berjalan dengan lancar maupun tidak. Supaya Anda dapat mengidentifikasi kelemahan dan keterampilan terbaik yang Anda miliki.

Dengan demikian maka Anda tahu kapan harus menerapkan kelebihan Anda dalam situasi yang tepat. Serta kapan dan dalam situasi seperti apa Anda membutuhkan kemampuan orang lain.

Mengakui kegagalan yang Anda buat bukanlah hal buruk. Karena Anda akan sadar tentang potensi diri Anda, apa yang harus diperbaiki dan dipelajari. Jadi, jangan takut menerima kelemahan Anda.

2.     Saling Memberikan Umpan Balik

Cara meningkatkan self awareness yang kedua yaitu saling memberikan umpan balik.

Bawa kesadaran diri Anda dan tim dengan menciptakan percakapan terbuka. Jadi, pastikan semua yang terlibat dapat menerima komentar apapun secara konstruktif dan benar.

Lakukan diskusi untuk saling memberi dan menerima umpan balik dari setiap rekan kerja tentang segala hal. Baik mengenai pribadi maupun profesionalisme pekerjaan.

3.     Evaluasi Diri

Luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda menangani situasi yang berbeda setiap harinya. Catat apa yang sudah Anda lakukan dengan baik, bagaimana itu bisa terjadi, dan apa yang masih membutuhkan peningkatan.

Dengan mencatat, Anda dapat melihat setiap interaksi Anda dan mempersiapkan diri untuk situasi yang serupa. Namun, jangan membuat catatan hanya berdasarkan persepsi Anda sendiri.

Minta orang lain yang Anda percaya untuk ikut memberikan evaluasi terkait tindakan dan pendapat Anda. Nantinya Anda dapat merefleksikan diri dengan lebih percaya diri berdasarkan analisa pribadi dan umpan balik orang lain.

Tulis juga pencapaian yang Anda harapkan selanjutnya. Kemudian belajar dari catatan Anda apa dan bagaimana mewujudkan pencapaian tersebut.

4.     Berani Keluar Dari Comfort Zone

Cara meningkatkan self awareness selanjutnya adalah keluar dari zona yang membuat Anda merasa nyaman dan aman.

Beranikan diri Anda untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Cara ini membantu Anda merespon dengan cara yang berbeda dan menemukan hal-hal lain tentang diri Anda.

Memang sulit, tapi mulai maksimalkan potensi Anda dengan mengambil satu langkah pertama, membangun dan belajar untuk mencapai tujuan. Kemudian pertimbangkan untuk mendengarkan pendapat atau perspektif orang lain tentang banyak hal.

Bagian terbaiknya, hadapi rasa takut Anda untuk berkembang atau menyelesaikan tugas yang menantang. Buat target pribadi dan jangan menyerah dengan masalah, segera temukan solusi dan rencana selanjutnya.

Ingat, jangan takut untuk meminta bantuan.

5.     Ciptakan Kebersamaan untuk Saling Membantu

Membangun hubungan baik dengan semua rekan kerja akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Karena keharmonisan adalah cara efektif meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

Jika kebersamaan antar rekan kerja sudah tercipta, lebih mudah untuk menularkan pola pikir yang positif dan rasa peduli untuk saling membantu.

Di sini kesadaran diri setiap individu diperlukan supaya tidak terjadi sikap untuk saling menjatuhkan. Butuh untuk saling menghargai dan peduli ketika ada pihak yang membutuhkan bantuan.

Maka untuk cara meningkatkan self awareness ini harus bersedia mendengarkan setiap ide yang disampaikan. Kemudian diskusikan beberapa keberhasilan terakhir sebagai cara berbagi hal yang positif.

Langkah selanjutnya adalah mendorong orang lain melakukan hal yang sama untuk merayakan setiap kemenangan.

6.     Bertukar Pendapat dengan Rekan kerja

Selain feedback, mendiskusikan berbagai pandangan di tempat kerja juga membantu Anda untuk cara meningkatkan self awareness. Karena dengan saling bertukar pendapat, memberi Anda pengetahuan terkait persepsi dari sudut pandang orang lain.

Jadi, bagikan pengetahun dan pengalaman Anda untuk memancing lawan bicara melakukan hal yang sama. Dengan demikian maka Anda dapat lebih mengembangkan kesadaran diri setelah belajar hal-hal baru.

Selain itu, diskusi seperti ini membantu Anda mengingat kembali sesuatu yang selama ini tersimpan dalam diri Anda dan sudah terlupakan.

7.     Dapatkan Pelatihan

Memiliki motivator atau mentor yang menginspirasi sangat membantu Anda dalam menemukan cara meningkatkan self awareness. Temukan mentor yang dapat membantu Anda mendeskripsikan umpan balik dari orang lain dengan lebih baik.

Supaya kedepannya Anda tahu perubahan apa yang harus dilakukan. Melalui pelatihan, mentor Anda menciptakan ruang yang Anda perlukan untuk lebih sadar diri dan mengenali potensi diri. Memberi Anda saran dan wawasan yang lebih luas dari sebuah pengalaman.

Sebuah sesi untuk merubah perilaku, pola pikir, dan sikap yang juga akan mempengaruhi hubungan dan kinerja dalam pekerjaan.

Tidak hanya itu. Anda bisa mulai cara meningkatkan self awarenessini dari cara yang sangat sederhana, seperti menemukan rekan yang bersemangat untuk sukses.

Karena dengan memiliki rekan kerja yang demikian membantu rekan kerja lainnya untuk ikut bersemangat dan tidak berhenti belajar.

Jadi, sekarang Anda memiliki strategi untuk membentuk self awareness dan mengembangkan keterampilan Anda. Menciptakan lingkungan kerja yang positif serta mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Mulai strategi ini dari sekarang.

Baca Selengkapnya: Memahami 12 Kiat Pengembangan Diri Untuk Mencapai Sukses

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini