Senin, Desember 5, 2022

3 Manfaat Minum Air 3.5 Liter Sehari

Kebanyakan orang lebih memilih minuman dengan tambahan perasa ketimbang air putih tawar. Padahal mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas setiap itu merupakan sebuah anjuran yang memberikan banyak manfaat.

Jika air putih sudah tercukupi, maka tubuh kita bisa melakukan fungsinya kembali dengan maksimal. Tubuh kita akan kembali merasa segar bugar dan merasakan efek lainnya.

Beragam Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin

Mengkonsumsi air putih tidak hanya untuk mengatasi dehidrasi saja, tapi manfaatnya juga beragam. Berikut adalah 10 manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi air putih secara rutin setiap harinya.

1. Fungsi Tubuh Bisa Bekerja Secara Maksimal

Tubuh akan memiliki performa yang tidak maksimal ketika kekurangan cairan atau hidrasi. Hal ini harus benar-benar Anda perhatikan, terutama jika Anda sedang berolahraga.

Ketika kita melakukan aktivitas ini, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Seorang atlet bisa kehilangan cairan tubuh hingga 10 persen melalui keringat ketika berolahraga.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh tidak akan bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal. Suhu tubuh akan menurun, menimbulkan rasa lelah, dan aktivitas olahraga akan semakin memberatkan.

Di sinilah peranan air putih sangat vital dalam proteksi performa tubuh supaya maksimal. Lantas kapan Anda harus minum air putih ketika sedang berolahraga? Sebaiknya dilakukan sebelum dan sesudah maupun sedang olahraga harus tetap mengkonsumsi air putih.

2. Memaksimalkan Fungsi Otak

Kekurangan cairan tidak hanya membuat tubuh cepat lelah, otak juga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Dehidrasi akan membuat kinerja otak berkurang

Tidak hanya tubuh saja yang merasa lelah ketika kekurangan cairan. Otak juga akan terkena dampaknya jika tubuh Anda tengah mengalami dehidrasi. Otak tidak akan menjalankan fungsinya dengan baik ketika tubuh Anda kekurangan cairan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal bernama British Journal Nutrition, cairan tubuh sangat penting untuk kinerja otak. Dari studi tersebut disebutkan bahwa 15,9 persen cairan tubuh yang hilang bisa meningkatkan rasa cemas dan kelelahan dan kinerja memori otak menurun.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Apakah Anda pernah merasakan sakit kepala? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya cairan dalam tubuh Anda.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Headache di tahun 2004 lalu, ternyata air putih juga bisa mengurangi rasa sakit kepala tipe tegang.

Tetapi mengkonsumsi air putih tidak hanya akan membuat sakit kepala benar-benar hilang. Karena air putih hanya akan mengurangi intensitas dan durasi sakit kepala.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi dalam jurnal European Journal of Neurology yang terbit pada tahun 2005 silam. Dari studi ini, air putih tidak memiliki efek apapun pada frekuensi sakit kepala.

Meskipun dampaknya tidaklah besar, tapi mengkonsumsi air putih bisa mengurangi rasa sakit kepala. Karena faktor yang membuat kepala Anda sakit tidak hanya disebabkan oleh kekurangan cairan saja.

4. Mencegah Batu Ginjal

Zat dengan kelarutan yang rendah memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan ginjal. Karena jika konsentrasinya tinggi akan menyebabkan batu ginjal. Oksalat dan Kalsium merupakan dua contoh zat yang bisa membentuk batu ginjal.

Zat yang sangat sulit terlarut akan tetap larut jika Anda mengkonsumsi lebih banyak air. Sehingga masalah batu ginjal bisa kita minimalisasi dengan mengkonsumsi air putih dengan dosis yang lebih banyak.

5. Mencegah Hangover

Hangover merupakan masalah yang tidak akan membuat para pengkonsumsi alkohol tidak nyaman. Jika sekarang Anda minum alkohol, Anda tidak akan merasa nyaman ketika bangun tidur di esok harinya.

Hal itu memang wajar terjadi mengingat alkohol memiliki sifat diuretik. Sifat ini akan membuat tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan yang bisa berefek pada tingkat dehidrasi yang tinggi.

Dengan begitu Anda jangan heran kalau setelah meminum alkohol akan merasa kelelahan, mulut kering, dan sakit kepala.

6. Meringankan Konstipasi

Pernah mengalami susah buang air besar? Mungkin penyebabnya Anda kurang mengkonsumsi air putih.

Kekurangan cairan bisa menjadi penyebab kenapa tekstur tinja cenderung keras. Tinja yang bertekstur keras ini bisa membuat Anda kesulitan buang air besar atau konstipasi.

Jika Anda membiarkannya terus menerus, maka akan timbul gangguan kesehatan lainnya. Salah satu gangguan tersebut adalah ambeien. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya rutin mengkonsumsi air putih setiap harinya.

7. Program Diet Bisa Lebih Maksimaldiet - QNET

Khusus bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi air mineral setiap harinya merupakan langkah yang tepat. Air mineral berperan penting dalam membantu pembuangan limbah dari dalam tubuh.

Air putih juga dapat membuat Anda terasa tetap kenyang, dengan begitu Anda dapat makan dengan porsi yang lebih sedikit.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Endocrinology and Metabolism tahun 2008 lalu, metabolisme dalam tubuh akan meningkat pesat dengan air mineral.

Dari hasil riset ini, mengkonsumsi air putih dengan dosis setengah liter dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 24 hingga 30 persen selama 1,5 jam.

Dengan begitu, mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter per harinya bisa membakar kalori total hingga 96 kalori.

8. Suhu Tubuh Tetap Terjaga

Ketika Anda sedang olahraga, keringat yang keluar akan membuat cairan dalam tubuh berkurang. Jumlah keringat yang keluar akan lebih banyak jika melakukan aktivitas olahraga di lingkungan yang mempunyai suhu panas.

Jika tubuh kehilangan banyak keringat, maka suhu tubuh akan berubah menjadi dingin. Tapi jika Anda mengimbanginya dengan minum air putih, maka suhu tubuh akan tetap terjaga.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Tubuh manusia itu terdiri dari 60 persen air, termasuk untuk sel-sel kulit. Kalau cairan dalam tubuh berkurang, proses fisiologis dalam tubuh otomatis juga akan terganggu.

Minimnya konsumsi air putih akan membuat kulit Anda sangat mudah mengalami dehidrasi. Efeknya kulit Anda akan terlihat lebih kering dan kusam.

10. Membantu Penyerapan Nutrisi

Air putih juga memaksimalkan proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Pada proses pencernaan makanan, air berperan besar untuk memisahkan berbagai nutrisi dalam makanan tersebut seperti vitamin dan mineral.

Setelah semuanya terpisah, kemudian nutrisi tersebut akan dikirimkan ke seluruh tubuh.

Bagaimana Jika Minum Air 3.5 Liter Sehari?

Seperti sudah kami bahas di atas, mengkonsumsi minuman sebanyak 2 liter sehari memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Lalu bagaimana jika jumlah air putih yang dikonsumsi itu itu sebanyak 3.5 liter sehari?

Memangnya perut kita tidak akan kembung kalau mengkonsumsi air putih sebanyak 3.5 liter sehari? Itu bisa terjadi jika Anda mengkonsumsinya dengan cara yang tidak benar.

Air putih memang tidak menjadi solusi untuk berbagai permasalahan dalam tubuh meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Lalu apa manfaatnya kalau kita mengkonsumsi air putih sebanyak 3.5 liter sehari? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Proses Metabolisme Tubuh Meningkat

Tubuh manusia bisa mengkonsumsi air sebanyak 16 ons dalam satu jam. Jika mengkonsumsi air putih sebanyak 3.5 liter sehari, metabolisme tubuh akan meningkat drastis hingga 30 persen dalam 40 menit selanjutnya.

Metabolisme tubuh yang cepat ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif. Penyerapan nutrisi dalam tubuh akan lebih cepat dan Anda tidak akan cepat merasa lapar.

Sebagai informasi tambahan, di dalam tubuh itu terdapat enzim yang harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum metabolisme lemak berlangsung. Air putih berperan penting dalam aktivasi enzim tersebut. Dengan begitu proses aktivasi juga akan berlangsung dengan lebih cepat.

2. Daya Tahan Lebih Kuat Ketika Olahraga

Keluar keringat secara berlebihan di dalam tubuh memang memberikan dampak yang sangat buruk. Karena semakin banyak keringat yang keluar, semakin banyak pula cairan tubuh yang keluar. Pasokan cairan di dalam tubuh akan berkurang dengan drastis.

Dengan mengkonsumsi lebih banyak air putih, maka cairan tubuh akan tetap seimbang meskipun keringat keluar dengan jumlah yang banyak. Dengan begitu performa Anda ketika berolahraga juga akan menjadi maksimal.

3. Mengurangi Lemak Sekitar Mata

Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi air putih sebanyak satu galon sehari tidak akan membuat keriput di wajah menghilang. Kulit keriput Anda tidak akan menghilang, tapi kelembaban kulit akan tetap terjaga. Untuk mengatasi kulit keriput, Anda memerlukan perawatan khusus.

Efek yang paling terasa ketika mengkonsumsi banyak air putih yaitu lemak di sekitar mata akan berkurang. Cara ini sangat tepat jika Anda menginginkan kulit yang tetap lembab dan sehat.

Konsumsi Air Putih dengan HomePure Nova

water - QNET

Supaya memberikan hasil yang maksimal, air putih yang dikonsumsi tentu harus bersih. Jangan sampai air tersebut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti klorin. Lalu bagaimana kita memastikan kalau air yang kita konsumsi itu aman?

Salah satu langkah yang bisa kita lakukan yaitu dengan menggunakan HomePure Nova. Alat ini akan melakukan filtrasi air minum sebanyak sembilan tahapan, sehingga air yang dikonsumsi benar-benar bersih dan terhindar dari bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Produk QNET ini juga bisa membuat air minum kaya dengan air mineral dan mengubahnya menjadi Pi-Water. Jika dilihat sekilas, Pi-Water ini hampir mirip seperti air minum pada umumnya.

Air minum ini ini akan memberikan hidrasi yang lebih efektif ketimbang air mineral pada umumnya. Selain itu, Pi-Water juga memiliki sifat antioksidan sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Produk QNET HomePure Nova yang akan Anda peroleh diantaranya sebagai berikut.

  • Air minum akan tetap bersih dan kaya akan mineral serta memiliki cita rasa yang lezat.
  • Membantu menghemat energi karena untuk pengoperasiannya tidak memerlukan energi listrik.
  • Desainnya yang mudah digunakan membuat Anda akan lebih mudah untuk minum.
  • Memberikan kesehatan holistik bagi tubuh Anda.

HomePure Nova merupakan salah satu produk QNET yang bisa Anda memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Masih ada beberapa produk lainnya yang juga memberikan manfaat yang sama. Karena bisnis QNET ini selalu berfokus pada manfaat untuk konsumennya.

QNET sendiri merupakan perusahaan direct selling yang inovatif. Perusahaan ini mengadopsi model bisnis QNET direct selling yang memberikan banyak peluang bisnis bagi banyak orang.

Semua produk QNET sudah mendapatkan sertifikasi dan legal digunakan, termasuk HomePure Nova untuk kebutuhan air minum Anda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan produk yang ditawarkan oleh QNET.

Dari uraian di atas Anda sudah tahu banyak manfaat mengkonsumsi air minum setiap harinya. Efek yang akan Anda peroleh akan signifikan jika jumlah air minum yang dikonsumsi sebanyak satu galon per harinya.

Baca Juga : 7 Vitamin dan mineral yang wajib Anda Konsumsi

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini