Selasa, Februari 7, 2023

5 Manfaat Menjaga Berat Badan Anda Dapat Membantu Anda Melawan Diabetes

Menjaga berat badan

Lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes. Dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan bahwa jumlahnya telah meningkat dengan cepat dan hal itu mengkhawatirkan, mengingat kondisi kesehatan yang buruk dapat menimbulkan penyakit lainnya seperti, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan.

Ada tiga jenis diabetes: tipe 1, suatu kondisi genetik di mana tubuh tidak membuat insulin, hormon yang mengubah gula menjadi energi; tipe 2, di mana tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik; dan diabetes gestasional, yang berkembang selama kehamilan.

Dari jumlah tersebut, tipe 2 yang paling umum, mempengaruhi sekitar 90-95% orang.

Kabar baiknya adalah seseorang dapat mengurangi dan melawan risiko pengembangan bentuk diabetes ini, antara lain dengan menjaga berat badan yang sehat.

Berikut adalah beberapa manfaat jika kita menjaga berat badan, terutama dalam melawan dan mencegah diabetes:

1. Menjaga gula darah

Penderita diabetes memiliki kadar glukosa darah yang tinggi karena tubuh tidak menyerap insulin dengan baik, hormon yang mengubah gula menjadi energi. Masalahnya semakin parah semakin berat. Tetapi penurunan berat badan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah.

2. Menurunkan kolesterol

Peningkatan berat badan berarti lebih banyak lipoprotein densitas rendah (LDL) atau “kolesterol jahat” dalam darah. Sebaliknya, menurunkan berat badan memastikan hati menghasilkan jumlah kolesterol yang tepat untuk membangun jaringan, membran sel, dan Vitamin D.

3. Melindungi jantung dan organ vital

Diabetes mengancam jantung, ginjal, saraf, pembuluh darah dan banyak lagi. Tetapi berat badan yang sehat secara otomatis meningkatkan penyerapan insulin dan mengurangi penumpukan lemak di dinding arteri. Ini memastikan ancaman serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal yang lebih rendah.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Kesehatan dan pola tidur berjalan beriringan, terkadang sleep apnea dan hipoglikemia nokturnal hadir di antara banyak kasus. Namun, penurunan berat badan mengurangi gejala tidur obstruktif, yang kemudian memungkinkan kontrol kadar gula darah yang lebih baik.

5. Menjaga berat badan membuat Anda merasa lebih baik

Fluktuasi gula darah dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Tetapi berat badan yang sehat dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan harga diri, dan secara umum membuat Anda lebih bahagia. Bahkan penurunan berat badan sebesar 2% dapat meningkatkan suasana hati dan penampilan Anda.

Kesimpulan: Ada banyak cara untuk mengelola berat badan dengan baik, termasuk olahraga teratur, mengurangi kalori, dan meningkatkan asupan serat. Dan Anda juga dapat meningkatkan dan mempertahankan upaya Anda dengan Qberry, kandungan serat Psyllium Husk dan Inulin serta formulasi campuran sayuran dan buah-buahan lengkap, dapat membantu menjaga berat badan Anda, menjaga kadar kolesterol dan gula tetap rendah, dan mendetoksifikasi tubuh.

Meskipun diderita sekitar 400 juta orang di seluruh dunia, diabetes, khususnya tipe 2, dapat dikelola dan bahkan dicegah dengan memilih untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Yang terbaik dari semuanya, adalah mungkin untuk melihat dan merasakan efek positif dengan segera.

Ingat, tidak ada obat ajaib satu kali untuk mengelola dan mencegah diabetes. Tetapi upaya berkelanjutan seperti memperhatikan apa yang kita makan dan menjaga berat badan yang sehat dapat sangat membantu.

Mungkin Anda juga menyukai:

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini