Senin, Agustus 8, 2022

7 Manfaat Kolagen untuk Wajah Anda

Siapa yang menyangka kalau sepertiga dari total protein yang ada di dalam tubuh adalah kolagen. Kolagen banyak terdapat pada tendon, kulit, ligamen, juga tulang. Tidak mengherankan jika ada beragam manfaat kolagen untuk wajah maupun tubuh Anda.

Artikel kali ini akan membahas manfaat kolagen untuk wajah secara spesifik. Jadi, kalau Anda peduli dengan kebutuhan kulit wajah dan ingin merawat wajah agar tetap sehat dan kencang, Anda perlu membaca lebih lanjut ulasan mengenai manfaat kolagen untuk kulit berikut ini.

Apa Itu Kolagen?

Photo by Leohoho on Unsplash

30% dari total protein yang ada dalam tubuh kita merupakan kolagen. Kolagen atau collagen adalah protein yang tak larut dalam air yang memegang peranan penting dalam pembentukan struktur kulit, tulang, kuku, rambut, dan tendon.

Selain memberi struktur kolagen juga memberi kekuatan pada ligamen, kuku, tulang, serta urat di tubuh Anda. Selain itu juga membuat rambut lebih berkilau dan sehat.

Kolagen sebenarnya diproduksi tubuh secara alami dari berbagai senyawa asam amino, vitamin, dan mineral. Hanya saja, produksi kolagen menjadi menurun akibat faktor usia dan faktor lingkungan seperti paparan sinar UV dari matahari.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan sumber makanan tinggi kolagen atau bisa juga suplemen kolagen untuk mencukupi kebutuhan kolagen tubuh. Suplemen kolagen sendiri umumnya di jual di pasaran dalam bentuk bubuk sehingga mudah diserap tubuh.

Selain suplemen dan makanan kaya kolagen Anda juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kondisi kolagen dalam tubuh tetap baik dengan memanfaatkan beberapa bahan seperti:

  • Retinol (vitamin A)

Zat ini akan mencegah kerusakan kolagen dengan menghalangi aktivitas enzim tertentu serta merangsang pembentukan kolagen.

  • Vitamin C

Zat ini akan bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari serangan radikal bebas yang bisa merusak kolagen.

  • Sunflower oil

Minyak nabati yang kaya akan asam lemak omega-6 yang menjaga kulit tetap sehat sehingga dapat mencegah terjadinya degradasi kolagen.

Manfaat Kolagen untuk Kulit dan Wajah

Anda pastinya sudah tahu bahwa kolagen baik buat kulit. Tapi, Anda mungkin belum begitu paham seberapa banyak manfaat kolagen untuk wajah, terutama dalam membantu kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah.

Untuk lebih jelasnya, simak daftar manfaatnya berikut ini.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Dilansir dari adashiko.com terdapat studi klinis terkait kolagen di Jerman. Studi tersebut menemukan bahwa subjek yang mengonsumsi suplemen selama 12 Minggu mengalami peningkatan hidrasi kulit sebesar 28% dan kepadatan kulit meningkat 24%.

Selain itu, ditemukan pula bahwa elastisitas kulit meningkat dan kerutan berkurang. Temuan tersebut memberitahu Anda manfaat kolagen untuk kulit dan pentingnya mencukupi kolagen untuk kulit Anda. Kandungan asam amino dari kolagen membuat tekstur kulit jadi lebih lembap, cerah, dan halus.

2. Mencegah Penuaan Dini

Photo by Soheil Kmp on Unsplash

Aktivitas harian di ruang ber-AC, terpapar sinar matahari, polusi udara, ditambah pola hidup yang kurang sehat akan menyebabkan seseorang bisa menua lebih cepat. Faktor lingkungan dan pola hidup bisa saja merusak kolagen sehingga memunculkan kerutan di usia muda.

Tapi berbeda halnya jika Anda rutin mengonsumsi makanan tinggi kolagen atau mengonsumsi suplemen kolagen. Manfaat kolagen untuk kulit, bisa memperlambat penuaan kulit yang mengarah pada penuaan dini.

Terdapat studi yang menemukan bahwa wanita yang tiap harinya mengonsumsi 3-10 gram kolagen menunjukkan kulit yang lebih lembap dan struktur kulit lebih kencang dan kenyal sebagai penanda kulit sehat.

Suplemen kolagen bekerja dengan merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Tidak hanya produksi kolagen, manfaat kolagen untuk wajah pada suplemen ini juga bisa meningkatkan produksi protein lain yang baik buat kulit seperti elastin dan fibrillin.

3. Meratakan Warna Kulit

Salah satu masalah kulit wajah yang juga sering merusak penampilan Anda yaitu kondisi di mana warna kulit wajah tidak merata. Kondisi seperti ini merupakan hiperpigmentasi sebagai akibat kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebih yang dipicu oleh paparan sinar UV yang mengenai kulit.

Untungnya, manfaat kolagen untuk kulit wajah lainnya yaitu bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini juga bisa terjadi karena perubahan hormon, penuaan dini, penggunaan obat tertentu, hingga akibat cedera pada kulit.

Jika Anda mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir karena salah satu manfaat kolagen untuk wajah, bisa membantu meratakan kembali warna kulit Anda. Kolagen akan bekerja dengan memperbaiki lapisan epidermis kulit dan menjaganya agar tetap cerah dan sehat.

4. Menjaga Kekencangan Kulit

Kulit tetap kencang, lembab, cerah, dan sehat jadi impian banyak wanita. Cara agar kekencangan kulit terjaga tidak lain dengan memastikan kolagen tetap terjaga dan cukup untuk kebutuhan kulit Anda.

Saat kolagen kulit rusak atau hilang, kulit Anda lama kelamaan akan mengendur dan keriput akan bermunculan. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan manfaat kolagen untuk kulit ini.

Konsumsi makanan kaya kolagen atau suplemen kolagen menjadi solusi agar kekencangan kulit bisa terjaga dengan baik. Penggunaan cream yang mengandung retinol dan tretinoin terbukti dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

5. Memperlancar Aliran Darah pada Kulit dan Wajah

Manfaat kolagen untuk kulit lainnya yaitu mampu memperlancar aliran darah. Ketika fungsi pembuluh darah menurun, oksigen dan nutrisi tidak dapat dikirim ke seluruh bagian tubuh yang menyebabkan fungsi sel juga menurun. Jadi penting untuk menjaga pembuluh darah tetap bisa bekerja secara optimal.

Dengan begitu oksigen dan nutrisi dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh kulit dan wajah Anda. Manfaat kolagen untuk wajah yang satu ini tidak hanya menyehatkan kulit tapi juga seluruh organ tubuh Anda.

Kolagen mampu bekerja dengan elastin dalam melembutkan dan memperkuat pembuluh darah. Ketika pembuluh darah sehat maka bisa dijamin kulit, wajah, serta organ tubuh lainnya akan ikutan sehat dan kuat.

6. Mengurangi Bekas Luka

Manfaat kolagen untuk wajah lainnya, mampu mengurangi bekas luka termasuk jerawat. Saat jerawat maupun luka sembuh, biasanya akan meninggalkan bekas berwarna kecoklatan hingga kehitaman. Tentunya bekas tersebut tinggal di wajah dan kulit dalam waktu yang lama.

Untuk membantu menghilangkan bekas luka Anda bisa mengandalkan kolagen. Manfaat kolagen untuk kulit ini akan mempercepat pembentukan jaringan baru yang lebih sehat dan menyamarkan bekas luka.

7. Menyehatkan Kulit

Manfaat kolagen untuk kulit selanjutnya yaitu kolagen dapat menyehatkan kulit. Dengan produksi kolagen yang cukup buat kulit tentunya akan menjaga agar kulit tetap sehat. Kulit yang sehat tentu akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, flek hitam, hiperpigmentasi, dan lain sebagainya.

Saat kolagen kulit berfungsi dengan baik, kulit wajah akan terasa lembut, halus, kenyal, kencang, terasa lembab, warnanya merata dan cerah.

Untuk mencapai kulit yang sehat salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kolagen, suplemen kolagen, skincare collagen ataupun cream yang mengandung bahan yang bisa merangsang produksi kolagen.

Selain untuk wajah dan kulit, kolagen juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, sendi, dan lainnya. Lantas makanan apa saja yang memiliki kandungan kolagen tinggi? Berikut daftarnya.

Jenis Makanan yang Kaya Kolagen

Ada banyak jenis makanan yang kaya akan kolagen yang bisa Anda jadikan panganan untuk mencukupi kebutuhan kolagen tubuh. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Ikan

Anda pasti sudah sering mengonsumsi ikan. Dengan rutin mengonsumsi ikan dan berbagai makanan laut lainnya, akan memberi Anda banyak manfaat terutama dari kolagen yang dikandung ikan.

Bagian tubuh ikan yang paling banyak kolagennya ada di bagian kepala, mata, juga kulit ikan. Jika Anda tidak terbiasa memakan kepala dan mata ikan, cukup konsumsi daging ikan beserta dengan kulitnya.

2. Kaldu Tulang

Kaldu tulang juga menjadi sumber alternatif penyedia kolagen buat tubuh Anda. Tulang yang dimaksud di sini bisa tulang apa saja, seperti tulang ayam, tulang sapi, dan lainnya.

Untuk mendapatkan kolagen dari tulang-tulang tersebut, Anda perlu merebus tulang selama mungkin, biasanya 12 sampai 48 jam. Kolagen akan keluar terbawa oleh air yang nantinya menjadi kaldu tulang.

Rutin mengonsumsi kaldu tulang akan memberi Anda manfaat kolagen untuk wajah, membuat kulit Anda terjaga kesehatannya karena kolagen pada kulit dalam keadaan baik atau tidak rusak. Selain kaya akan kolagen, kaldu tulang juga kaya akan fosfor, magnesium, kalsium, dan lain-lain.

3. Daging Ayam

Kalau juga bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi daging ayam. Makanan tinggi protein ini mengandung berbagai jenis asam amino yang baik buat kesehatan kulit wajah Anda. Bahkan suplemen kolagen yang ada di pasaran berbahan baku daging ayam.

Jaringan ikat dan tulang rawan dari ayam yang paling banyak mengandung kolagen. Tingginya kandungan kolagen dari daging ayam membuat para ahli memanfaatkannya untuk terapi pengobatan sendi.

4. Bawang Putih

Bawang putih sebenarnya bukanlah bahan makanan yang tinggi kandungan kolagen. Akan tetapi, zat sulfur serta mineral yang terkandung dalam bawang putih mampu membantu produksi kolagen dan mencegah kolagen terpecah-pecah di dalam tubuh.

Sehingga kolagen yang diproduksi tidak akan terbuang dan termanfaatkan secara optimal untuk kesehatan kulit dan orang tubuh lainnya. Namun perlu Anda ingat untuk mengonsumsi bawang putih tidak berlebihan karena bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

5. Telur

Telur juga menjadi makanan harian bagi masyarakat kita. Telur terutama bagian putihnya kaya akan protein dan asam amino jenis albumin.

Putih telur tidak begitu kaya akan kolagen tapi kaya akan prolin, sejenis asam amino yang diperlukan dalam pembentukan kolagen. Manfaat kolagen untuk wajah bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi putih telur sesuai kecukupan harian tubuh.

6. Sayuran kaya Vitamin C

Salah satu manfaat baik dari sayuran yaitu sebagai sumber vitamin C yang sangat baik buat kesehatan. Sayuran seperti tomat dan paprika, kaya akan vitamin C yang membantu dalam produksi kolagen.

Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang berasal dari lingkungan seperti polusi dan makanan tidak sehat yang bisa membuat Anda terserang penyakit.

7. Buah-buahan Kaya Vitamin C

Vitamin C tidak hanya bisa Anda dapatkan dari sayur-sayuran tapi juga dari buah-buahan. Buah golongan sitrus seperti jeruk dan lemon terbukti secara ilmiah kaya akan kandungan vitamin C.

Pembentukan kolagen akan bisa berproses dengan baik dengan bantuan vitamin C. Dengan begitu, Anda bisa membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Kini Anda sudah tahu bahwa ada banyak manfaat kolagen untuk wajah, beserta bahan makanan yang bisa menjadi sumber kolagen harian Anda. Jadi, mulai sekarang Anda pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya kolagen.

Atau kalau ingin lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen yang bisa Anda dapatkan dari kami dengan mengunjungi situs ini. Jangan tunggu usia lanjut untuk bisa merasakan manfaat kolagen untuk kulit.

Baca selengkapnya : Manfaat Produk QNET Indonesia Untuk Kecantikan

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini