Kenali 9 Makanan Sehat untuk Mencegah Penuaan Dini

0
114

Penuaan dini menjadi masalah serius yang harus Anda perhatian mulai dari sekarang. Saat masih remaja atau baru beranjak dewasa biasanya Anda tidak akan terlalu peduli dengan kondisi kesehatan kulit wajah. Kebiasaan buruk inilah yang harus hilang jika Anda ingin mencegah penuaan dini terjadi.

Gaya hidup tidak sehat membawa dampak untuk tubuh. Anda akan rentan terkena berbagai penyakit pada masa mendatang, yang menjadi salah satu tanda-tanda penuaan dini.

Penuaan dini dan masalah kesehatan lainnya bisa Anda cegah dengan cara hidup sehat mulai saat ini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk anti-aging, yang juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Apa Arti Penuaan Dini

Photo by Unsplash

Penuaan dini adalah kondisi di mana saat kulit berubah menjadi kendur dan keriput hingga bintik-bintik kehitaman. Banyaknya tanda penuaan ini muncul bahkan sebelum waktunya.

Semakin bertambahnya usia, akan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Jika saat remaja Anda memiliki pola hidup tidak sehat, maka akan ada banyak risiko buruk yang menanti.

Sebagian besar orang juga akan mengalami penuaan lebih cepat daripada seharusnya. Penuaan dini ini terjadi berkaitan dengan faktor genetik dan juga gaya hidup.

Penuaan yang berhubungan dengan gaya hidup tidak sehat terjadi akibat kurangnya tubuh melakukan olahraga rutin, makanan yang tidak sehat, tidak menjaga pola tidur, sering minum kafein, merokok, dan juga paparan sinar matahari.

Meski begitu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini yang terjadi.

Tanda-Tanda Penuaan Dini

Banyak kasus seseorang yang baru berusia tiga puluh lima tahun sudah memiliki masalah penuaan pada kulit wajahnya. Misalnya flek hitam atau kerutan halus yang mengganggu penampilan. Untuk mengetahui dengan tepat apakah Anda mengalami penuaan dini atau tidak, waspadai cici-ciri penuaan dini berikut ini.

  1. Muncul kerutan dan keriput pada wajah
  2. Kulit kendur, menjadi lebih rapuh dan kasar
  3. Kekurangan pigmen kulit yang membuat kulit terlihat lebih pucat dari biasanya.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Penuaan umumnya terjadi saat usia seseorang mulai memasuki umur lima puluh tahun ke atas. Usia yang tidak lagi muda membuat jaringan kolagen dan elastin yang ada di dalam tubuh melemah, sehingga kulit menjadi kendur, tidak lagi kencang, dan mulai muncul garis-garis halus pada wajah.

Penuaan yang terjadi pada seseorang sebelum waktunya dikatakan dengan penuaan dini. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini yaitu:

1. Mengubah Pola Hidup

Ubah pola hidup tidak sehat Anda mulai sekarang. Kurangi makanan siap saji dan mulai biasakan untuk perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan setiap harinya.

Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah penuaan dini. Misalnya sayuran hijau, seperti bayam atau buah alpukat. Anda juga bisa memakan jenis sayur dan buah lainnya yang bagus untuk mencegah penuaan dini.

2. Rajin Berolahraga

Elastisitas kulit berkurang salah satunya akibat kurangnya Anda melakukan olahraga. Untuk mencegah penuaan dini, ada baiknya mulai sekarang Anda melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan di pagi dan malam hari, agar tubuh tetap sehat dan bertenaga.

3. Atur Jam Tidur

Jam tidur yang berantakan memiliki banyak dampak buruk yang tidak baik untuk kesehatan. Seperti tubuh yang mudah lelah dan capek di siang hari dan rasa kantuk yang terus datang pada pagi hari.

Kurang istirahat juga akan berpengaruh pada regenerasi kulit Anda yang berkaitan dengan penuaan dini yang bisa terjadi.

Selain menghindari tiga kebiasaan buruk tadi, hal yang paling mudah dan bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

Berikut ini beberapa makanan yang telah kami rangkum yang bisa membantu Anda untuk mencegah penuaan dini.

Makanan Sehat Anti-aging

Photo by Unsplash

Ada banyak bahan makanan yang telah alam sediakan untuk merawat keremajaan tubuh. Saat usia menginjak usia tiga puluh tahun ke atas, mulailah perhatikan apa saja yang Anda konsumsi untuk mencegah penuaan dini yang tidak Anda inginkan.

Beberapa jenis makanan berikut ini dapat Anda konsumsi untuk mencegah penuaan dini.

1. Bayam

Salah satu jenis sayuran hijau yang umum dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh adalah bayam. Kandungan Fitonutrien yang ada pada sayuran hijau ini memiliki manfaat untuk melindungi kulit tubuh dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Bayam juga memiliki kandungan beta-karoten dan lutein untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami.

2. Ikan

Makanan berikutnya yang baik untuk mencegah penuaan dini yaitu ikan. Ikan yang bisa Anda konsumsi untuk pencegahan penuaan dini yaitu golongan ikan yang hidup di air bersuhu dingin. Contohnya seperti sarden dan juga salmon yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan juga stroke berat.

Ikan golongan ini juga memiliki kandungan Asam lemak omega-3. Mengonsumsi salah satu dari dua jenis ikan ini bisa membantu Anda menjaga keremajaan kulit dan memperkuat membran sel pada kulit.

3. Yogurt

Yoghurt menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang gurih, asam, dan manis, yogurt ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Usia yang kian bertambah membuat kepadatan tulang juga berkurang. Upaya untuk mencegah penuaan dini yang paling mudah Anda lakukan yaitu dengan rutin mengkonsumsi yogurt yang rendah lemak dan bebas gula.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi makanan berikutnya yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah penuaan dini. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi seperti kacang merah, kacang tanah, dan kacang mete.

Jika Anda ingin mencegah penuaan dini, kacang mete bisa jadi pilihan tepat. Kacang mete memiliki kandungan protein, serat, dan omega-3 tapi bebas dari lemak jenuh. Untuk mencegah radikal bebas yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit, mengonsumsi kacang-kacangan menjadi pilihan yang tepat.

5. Jamur

Apakah Anda tahu? Jamur kaya akan kandungan mineral seperti kalium dan juga selenium, yang mana keduanya memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini. Jamur juga baik untuk syaraf otak.

Makanan ini memiliki fungsi antikanker dengan kemampuannya membunuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Jamur juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus.

6. Buah Alpukat

Alpukat memiliki asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Selain itu lemak tak jenuh yang ada pada alpukat juga baik untuk kesehatan jantung dan sebagai pencegahan kanker.

Buah ini juga memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini. Jika Anda mengonsumsi alpukat secara rutin, ini juga akan membantu menurunkan kolesterol yang Anda miliki.

Dengan kandungan antiinflamasi, alpukat dapat membantu untuk melembabkan kulit, menunda kerutan, dan juga melindungi tubuh dari radiasi sinar matahari.

Ada bermacam olahan yang bisa Anda buat dari buat alpukat, seperti smoothie, salad, dan sandwich isi.

7. Delima Merah

Anda khawatir dengan kulit keriput dan munculnya garis-garis halus pada wajah?. Untuk mengatasi kekhawatiran itu coba konsumsi buah delima merah secara rutin. Senyawa pulicanagin yang terdapat pada buah delima merah membantu tubuh untuk menyimpan kolagen dan menjaga kesehatan jaringan kulit.

Buah delima juga memiliki polifenol yang mampu melawan radikal bebas dan memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

8. Anggur

Anggur memiliki antioksidan dan polifenol yang memiliki peran dalam pencegahan penuaan dini. Sebuah studi menunjukan bahwa pelifenol pada anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan otak, usus besar, mata dan lainnya.

Polifenol pada anggur terdapat pada setiap bagiannya baik kulit, daging, ataupun biji anggur. Selain itu anggur juga memiliki manfaat untuk kesehatan sel yang penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

9. Semangka

Dalam satu buah semangka terdapat banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh yaitu vitamin A, C, dan juga E yang tinggi dalam semangka. Vitamin inilah yang efektif untuk mencegah munculnya keriput di kulit.

Bukan hanya untuk merawat kulit, buah yang satu ini juga mengandung asam amino yang mampu melancarkan pembuluh darah.

Perawatan Kulit untuk Mencegah Penuaan Dini

Selain melalui makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk pencegahan penuaan dini pada kulit, Anda juga perlu merawat kulit dengan benar. Ada beberapa perawatan kulit yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini.

1. Gunakan Facial Wash yang Lembut

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini pada wajah dengan menggunakan facial wash yang lembut saat membersihkan muka.

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan sabun cuci muka yang mengandung asam lemak esensial yang berfungsi menjaga kelembaban kulit wajah. Anda juga bisa menggunakan facial wash yang memiliki kandungan teh hijau untuk mencegah kerusakan wajah akibat radiasi bebas.

Cuci wajah dengan gerakan memutar perlahan dan jangan terlalu kencang.

2. Pakai Sunscreen dengan SPF Tinggi

Seperti yang Anda ketahui penggunaan sunscreen sangatlah penting untuk melindungi kulit dari paparan cahaya matahari dan juga mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Pakai sunscreen dengan kandungan SPF tinggi pada area kulit wajah dan bagian kulit lain yang tidak tertutup pakaian. Hindari menggunakan sunscreen yang mengandung alkohol karena dapat membuat kulit menjadi kering.

3. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Setiap dua puluh delapan hari sekali kulit akan meluruhkan sel-sel kulit mati. Semakin bertambahnya usia proses ini pun menjadi semakin sulit dan lama, akibatnya kulit terlihat kusam dan terlihat lebih tua.

Untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit Anda perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi membuat kulit terlihat lebih cerah, dan lembut mencegah munculnya jerawat, mempercepat regenerasi kulit dan juga mencegah penuaan dini, seperti kerutan dan bintik hitam di wajah.

Penutup

Penuaan dini yang terjadi pada kulit sebelum waktunya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gaya hidup tidak sehat, hingga radiasi matahari.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda. Cara paling mudah yaitu dengan memperbaiki dan mengubah pola hidup. Kurangi makanan siap saji dan mulailah mengonsumsi makanan anti-aging yang bagus untuk mencegah penuaan pada kulit.

Kurangi konsumsi kafein ataupun rokok, atur jam istirahat dan hindari stress juga beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan sebelum waktunya.

Anda juga bisa melakukan beberapa perawatan wajah untuk mencegah penuaan dini, seperti rajin melakukan eksfoliasi, mencuci muka dengan bersih dan memakai tabir surya saat akan bepergian keluar rumah. Kenali juga sembilan makanan sehat untuk pencegahan pada penuaan dini.

Baca Juga: 3 Produk QNET untuk Perawatan Diri dan Kecantikan Anda – QNET Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini