Langkah Penting Dalam Bisnis Network Marketing - QNETBisnis jaringan internet menjadi salah satu model usaha yang menggiurkan dalam lebih dari satu dekade terakhir. Model bisnis yang satu ini sangat cocok untuk individu dengan kemampuan jualan yang baik dan cakap dalam berinteraksi dengan banyak orang.

Meskipun tampak menggiurkan, penting untuk mengetahui banyak hal sebelum terjun ke dunia network marketing.

Pada dasarnya saat ini ada beberapa tipe pemasaran jaringan yang menarik minat pengusaha muda. Banyak di antaranya yang sukses dan melambung bersama bisnis startup dengan metode pemasaran jaringan.

Anda berminat untuk jadi bagian dari pengusaha sukses di atas?

Berikut kami bagikan tips yang akan mengembangkan dan membangun bisnis Anda hingga menjadi raksasa pundi-pundi keuntungan.

Network Marketing dan Definisinya

Network marketing adalah tipe usaha yang keberlangsungannya ditentukan oleh penjualan orang-ke-orang, atau penjualan langsung. Biasanya metode ini memerlukan sales representatif untuk memperkenalkan dan menawarkan produk dari suatu perusahaan. Menariknya, network marketing bisa dilakukan dari rumah.

Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh lead yang berakhir dengan penjualan. Tipe bisnis ini tidak sepenuhnya mudah, namun skill berjualan dan komunikasi mempengaruhi keberhasilan secara masif.

Pemasaran jaringan seringkali terkait dengan perekrutan. Namun ada beberapa perusahaan, seperti QNET, yang fokus menjual produk dan membangun relasi dengan konsumen daripada sebatas merekrut anggota.

Banyak sekali pengusaha terbaik lahir dari pemasaran jaringan.

Bagaimana Network Marketing Bisa Menguntungkan?

Network marketing terkenal dengan berbagai nama, salah satunya adalah direct marketing dan franchise dari rumah. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang mencari penghasilan tambahan ketika pandemi seperti ini.

Cara kerja network marketing tergantung dengan jenis penjualan. Biasanya individu – sales representatif sebuah perusahaan – akan menjual produk-produk dari perusahaan tersebut secara langsung kepada calon konsumen.

Karena pemasaran berbasis mulut-ke-mulut, konsumen yang telah membeli produk dari sales tersebut akan menyarankan orang lain untuk membeli produk yang sama. Pendapatan yang masuk ke kantong sales tergantung pada jumlah produk terjual. Bonusnya adalah komunitas yang solid karena penjual dan konsumen punya bonding yang baik, apalagi jika Anda bergabung dengan QNET.

Tips Sukses dalam Bisnis Network Marketing

1. Bergabung dengan perusahaan bereputasi

Langkah pertama untuk memulai bisnis jaringan adalah dengan bergabung dengan perusahaan yang bereputasi. Memilih perusahaan juga sebaiknya sesuai dengan hal yang Anda sukai.

Misal, Anda suka dengan otomotif. Untuk memulai bisnis jaringan, sebaiknya Anda mencari perusahaan bereputasi yang menjual berbagai kebutuhan otomotif.

Bekerja sesuai dengan apa yang Anda sukai juga memiliki keuntungan tersendiri. Anda bisa jadi lebih memahami suatu produk atau topik sehingga Anda tahu bagaimana “meracuni” calon konsumen dengan cara yang tepat.

Menjalani network marketing akan jadi lebih mudah ketika Anda memposisikan produk Anda sebagai sesuatu yang mengubah dunia menjadi lebih baik. Pundi-pundi keuntungan akan mengikuti setelahnya.

Apa ciri-ciri perusahaan bereputasi?

Berdiri dan melayani konsumen selama setidaknya lima tahun

Ini bukan suatu keharusan, namun Anda akan tahu bedanya perusahaan bonafide dan abal-abal.

Perusahaan yang baik memiliki pengalaman dan track record yang baik di bidang penjualan, pemasaran, dan lain sebagainya. Riset membuktikan bahwa 50% bisnis gagal di tahun pertama, dan 80% lainnya bangkrut setelah lima tahun. Cukup riskan bergabung dengan perusahaan yang pengalamannya belum jelas.

Transparansi

Salah satu ciri-ciri perusahaan bereputasi adalah adanya transparansi, terutama perihal keuangan. Pastikan perusahaan di mana Anda akan bergabung terdanai dengan baik dan pendanaannya berjalan lancar.

Memberi fasilitas untuk tumbuh

Bertumbuh itu perlu, apalagi bicara bisnis. Namun tidak akan ada pertumbuhan tanpa fasilitas yang mumpuni untuk bertumbuh dari perusahaan terkait.

Perusahaan yang baik selalu memberi fasilitas anggotanya, seperti bimbingan, teknologi yang sesuai kebutuhan, dan dukungan. Apabila anggota memerlukan pelatihan lebih lanjut, perusahaan juga tidak segan untuk menyertakan dalam rapat, konferensi, dan lain sebagainya.

Punya peminat

Meskipun network marketing sama sekali bukan bisnis yang mudah, bergabung dengan perusahaan yang sudah punya banyak peminat akan mengurangi stres yang Anda alami. QNET, misalnya, memiliki konsumen dari penjuru dunia. Dengan reputasi yang sangat baik, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperkenalkan produk pada calon konsumen lainnya.

2. Pelajari produk

Pelajari Produk - QNET

Memulai bisnis jaringan memerlukan kecakapan Anda akan pengetahuan produk. Penting mengetahui kelebihan produk dan menjadikannya solusi terhadap masalah yang dialami calon konsumen.

Untuk mengawali bisnis ini, Anda bisa menjual produk yang Anda suka. Konsumen akan tertarik dengan suatu produk ketika penjual memberikan cerita dan value, apalagi jika penjual terlihat excited dengan apa yang ditawarkan. Pengetahuan produk juga bagian dari skill komunikasi yang baik.

Ketika Anda menawarkan produk yang familiar, Anda memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Hal tersebut juga membantu untuk menjawab rasa ingin tahu calon konsumen.

Informasi penting tentang produk

Bicara soal pengetahuan produk, ada beberapa hal yang para penjual harus paham. Direct selling menuntut Anda belajar lebih banyak untuk hasil yang maksimal.

Informasi penting tentang produk mencakup:

  • Struktur harga;
  • Model, warna, ukuran, dan karakteristik produk secara umum;
  • Sejarah atau “cerita” soal produk;
  • Proses pembuatan yang terbilang unik;
  • Cara menggunakan produk;
  • Penyaluran dan pengiriman produk;
  • Layanan pelanggan, garansi, dan perbaikan;
  • Dan yang terpenting adalah menunjukkan hal yang menarik konsumen untuk membeli produk Anda.

Network marketing menjual kelebihan dan solusi, bukan fitur maupun hal-hal teknis lainnya.

3. Tentukan target pasar

Menentukan target pasar adalah syarat berlangsungnya sebuah bisnis, apapun jenisnya. Salah satu kesalahan terbesar dalam bisnis jaringan adalah target pasar atau target audiens yang belum pasti.

Biasanya, pelaku bisnis menjadikan semua orang sebagai target konsumen, termasuk teman dekat dan keluarga. Padahal hal tersebut dapat meruntuhkan bisnis bahkan sejak awal bisnis berlangsung.

Sebuah usaha akan berhasil apabila target pasar telah teridentifikasi. Selanjutnya, Anda hanya perlu fokus pada strategi marketing terhadap target tersebut.

Untuk apa Anda menawarkan produk pelangsing tubuh kepada para underweight? Maka dari itu, menentukan target pasar merupakan salah satu step awal dari memulai bisnis jaringan.

Memaksa keluarga dan teman dekat untuk bergabung dengan bisnis Anda juga bukan ide yang bagus. Tentu saja Anda boleh memberitahu mereka tentang bisnis Anda, tapi hindari pemaksaan.

Kuncinya adalah fokus pada mereka yang benar-benar tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, bukan semata-mata karena mereka orang terdekat Anda. Memusatkan perhatian pada calon konsumen yang sesuai dengan target pasar akan mendatangkan lebih banyak keuntungan tanpa harus “makan hati”.

4. Fokus pada penjualan langsung

Direct marketing atau penjualan langsung adalah salah satu metode yang paling ampuh untuk meningkatkan angka penjualan. Tentu saja Anda perlu mengasah skill komunikasi dan kemampuan menjual. Kabar baiknya adalah Anda bisa melakukannya dari rumah.

Mungkin Anda akan mendapatkan banyak penolakan di awal karir, namun percayalah bahwa penolakan adalah keberhasilan yang tertunda. Penting untuk terus mencoba ketika Anda telah berkomitmen merintis usaha di ranah network marketing.

Penjualan langsung juga sebuah metode yang membuat Anda menjual solusi, bukan hanya sebatas produk. Maka dari itu Anda perlu mempelajari seluk-beluk produk dan menyampaikannya sebaik mungkin. Dan jangan lupa untuk follow up setelah mendapatkan calon konsumen.

Bagaimana cara memamerkan solusi yang Anda tawarkan?

Melangsungkan demonstrasi atau party plan adalah ide yang bagus. Apapun metodenya, Anda harus menyampaikannya langsung di depan calon konsumen. Jangan ragu untuk buat janji dan melakukan peragaan.

5. Berbeda dari pesaing

Beda dari pesaing - QNET

Bisnis berbasis network marketing punya banyak sekali pesaing. Sehingga meskipun ada peluang besar untuk memiliki usaha yang sustainable, Anda harus menaklukkan banyak rintangan.

Agar berbeda dari pesaing, Anda harus tahu kenapa konsumen harus membeli dari Anda, dan bukan dari tetangga sebelah. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan “menjual” cerita personal terkait dagangan Anda. Anda adalah alat terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi berbeda.

Selain menawarkan cerita personal, memberikan pelayanan dan penghargaan tertinggi terhadap konsumen dan calon konsumen juga akan berhasil mengambil hati mereka. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat website sendiri dan memanfaatkan digital marketing dalam bisnis Anda, selama hal itu mendapat izin dari perusahaan.

Setelah melakukan segala upaya dengan hati-hati dan tekun, jangan lupa untuk selalu konsisten. Bisnis yang baik adalah bisnis yang menjual solusi dan konsisten akan hal tersebut.

Pola pikir Anda mempengaruhi

Dalam dunia network marketing, cara Anda memotivasi diri sendiri berpengaruh sangat besar. Pengaruhnya lebih besar daripada strategi yang Anda elu-elukan.

Katakanlah Anda menerapkan sekian banyak strategi jempolan. Namun ketika pola pikir Anda tidak sejalan dengan strategi tersebut, eksekusinya tidak akan berhasil. Maka dari itu, bangunlah mindset yang kuat dan tepat sebelum eksekusi.

Bahkan mindset harus sudah solid sebelum terjun ke dunia network marketing.

Hal pertama yang berpengaruh terhadap pola pikir adalah cara Anda melahirkan emosi positif di berbagai situasi. Dengan begitu Anda dapat mengontrol reaksi Anda terhadap setiap hal yang datang dan pergi.

Dari sini Anda dapat melihat bahwa suatu kejadian terjadi untuk Anda bukan pada Anda, karena Anda adalah nahkoda dari bahtera bisnis yang sedang berlayar di lautan luas.

Tentu akan ada banyak tantangan, dan tantangan tersebut tidak akan berhenti meskipun sekian tahun berlalu. Namun setidaknya Anda sudah belajar dari awal tentang berpikir kritis dan positif di setiap situasi. Nantinya hal itu akan membantu Anda beranjak dari kekecewaan sesaat dengan lebih cepat.

Kesimpulan

Memulai bisnis network marketing sama seperti memulai bisnis lainnya. Anda perlu menguasai beberapa keahlian, dan keahlian tersebut bisa dipelajari seiring berjalannya waktu.

Jika Anda kurang yakin harus mulai dari mana, Anda bisa bergabung dengan network marketing QNET. QNET menawarkan dan hanya memberikan produk unik yang bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Jaringan yang kuat dan konsumen yang sudah tersebar di mana-mana membuat perusahaan ini menjadi salah satu yang terkemuka di dunia. Meskipun Anda harus mulai dari nol, QNET akan memberikan solusi untuk Anda dan calon konsumen.

Ada banyak produk pilihan yang mungkin Anda sukai, sehingga memasarkan produk tersebut lebih mudah dan Anda pun lebih bersemangat.

Baca Juga : Mengapa Anda Harus Memahami Kalender Penjualan Bulanan QNET Anda