Setiap pebisnis tentunya mendambakan omzet penjualan yang memuaskan, termasuk bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis perusahaan direct selling QNET. Untuk mencapai tujuan tersebut yang bersangkutan wajib menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Ini misalnya dengan menyelenggarakan training pengembangan penjualan dengan pemateri sekaligus praktisi profesional. Seperti yang kita ketahui tim penjualan merupakan ujung tombak pada bisnis, apapun jenisnya.

Untuk membangun tim pemasar yang kuat, simak panduannya berikut ini!

Sekilas Tentang Bisnis QNET

Bisnis QNET -QNET

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pelatihan dimaksud, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai bisnis QNET. QNET merupakan perusahaan yang memilih strategi direct selling untuk memasarkan beragam produknya.

Perusahaan penjualan langsung ini menyediakan aneka jenis produk baik kesehatan, pendidikan, gaya hidup, serta kebugaran.

Keberadaan teknologi internet yang saat ini telah menjangkau hampir semua orang juga turut mengubah strategi marketing pada perusahaan ini. Salah satunya adalah penggunaan platform e-commerce dalam aktivitas penjualan langsung.

Lebih dari sekedar perusahaan biasa, seluruh produk QNET ditujukan untuk membuat orang menjadi lebih sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ini artinya juga termasuk meningkatkan penghidupan orang dengan peluang bisnis yang ditawarkan perusahaan QNET di Indonesia ini.

QNET sendiri berpusat di Hong Kong namun sekarang telah mempunyai cabang yang tersebar di lebih dari 25 negara seluruh dunia.

Secara berkesinambungan kantor-kantor dan agen ini memberikan dukungan bagi seluruh distributor dan customer setia demi pengembangan bisnis mereka.

Sistem penjualan langsung ini memungkinkan Anda untuk turut mempromosikan produk serta layanan perusahaan.

Sejak didirikannya hingga saat ini QNET hadir bagi jutaan customer dan distributor di berbagai penjuru dunia yang telah merasakan manfaat produknya.

Ini juga termasuk bagi mereka yang telah menikmati penghasilan sebagai komisi dari penjualan produknya. Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar tentang perusahaan direct selling yang satu ini, berikut adalah fakta penting tentang QNET.

Perusahaan Qnet didirikan di tahun 1998 dan selama 2 dekade terakhir telah membantu memberdayakan jutaan orang untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Hal ini baik dengan mendapatkan manfaat dari seluruh produk QNET yang premium, atau menjalankan peluang bisnisnya.

Tidak perlu ragu dengan kredibilitas perusahaan ini. Buktinya QNET berhasil menggandeng mitra Manchester City Football Club serta CAF Confederation dan CAF Champions League pada periode 2018 sampai 2019.

QNET adalah perusahaan sosial yang memiliki kepedulian tinggi terhadap komunitas dimana aktivitas bisnis QNET berlangsung. Prinsip pengembangan diri untuk menolong orang lain atau Raise Yourself To Help Mankind yang biasa disingkat menjadi RYTHM adalah misi perusahaan QNET dan menjadi dasar dan sebab yang mendalam dari semua aktifitas QNET.

Hal ini direalisasikan dengan aktif menggelar berbagai kegiatan SSR (Staff Social Responsibility) dan CSR (Corporate Social Responsibility). QNET selalu berusaha membantu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di lingkungan manapun mereka berada.

Mengenal Sistem Penjualan Langsung (Direct Selling)

Direct Selling QNET
Photo by Austin Distel on Unsplash

Direct selling atau penjualan langsung merupakan strategi pemasaran baik produk atau jasa secara langsung kepada konsumen tertarget. Aktivitas ini memungkinkan untuk dilakukan bahkan di tempat yang jauh dari letak ritel permanen atau distributor.

Seorang distributor dapat mendatangi prospek (target konsumen) ke kediamannya, menghubungi lewat telepon, pesan singkat, email, atau sarana lain. Intinya penjualan langsung adalah interaksi dua arah oleh kedua belah pihak yang sama-sama saling setuju, yaitu penjualan.

Strategi direct selling akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika produk yang ditawarkan sudah populer, misalnya karena rekomendasi dari mulut ke mulut. Keunikan perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah keberadaan fitur yang eksklusif dan unik yang tak dapat ditemukan di luar, misalnya pada department store.

Ternyata industry direct selling ini bukanlah penemuan baru melainkan telah berkembang selama lebih dari 150 tahun. Dapat dikatakan ratusan juta orang di berbagai negara di dunia pernah bersentuhan dengan industri tersebut baik secara full time atau part time.

Langkah-Langkah Pelatihan Untuk Mengembangkan Penjualan

Langkah-Langkah Pelatihan Untuk Mengembangkan Penjualan - QNET
Photo by Austin Distel on Unsplash

Sebelum memulai program pelatihan pengembangan penjualan, Anda atau siapa pun yang berwenang wajib untuk paham cara kerja, kelebihan dan kekurangan bisnis terkait. Ini misalnya bisnis pemasaran jaringan QNET.

Tim penjualan Anda harus tahu apa efek positif yang dihasilkan oleh perusahaan misinya di masa depan, serta kualitas produknya.

Inilah metode terbaik dalam melatih tim sales Anda.

1. Memperdalam Product Knowledge

Product knowledge adalah senjata para penjual untuk menghasilkan omset yang besar. Bagaimana mungkin yang bersangkutan dapat menjual suatu produk jika tidak tahu apa-apa atau tahu sedikit saja tentang produk dimaksud.

Contohnya mengenai produk-produk kesehatan QNET, tim penjualan Anda perlu memahami sedetail mungkin segala hal yang terkait produk tersebut. Ini antara lain bahan-bahan yang digunakan dan kualitasnya, khasiat produk tersebut, termasuk ada atau tidaknya efek samping.

Keuntungan memiliki product knowledge yang kuat adalah sales lebih dapat memetakan pelanggan-pelanggan tertarget.

2. Membagikan Berita Terkini Kepada Tim

Penjual yang baik harus mengetahui informasi-informasi teraktual yang berkaitan dengan bisnis. Inilah sebabnya Anda perlu membagikan informasi-informasi dimaksud atau dalam hal ini berita QNET secara berkala kepada tim Anda.

Beberapa tema penting yang perlu dikuasai seorang penjual adalah tren yang terjadi di perusahaan dan produk-produk pesaing terutama yang mirip dengan bisnis Anda.

Dengan modal wawasan tersebut tim penjualan Anda akan semakin sadar bahwa produk yang dipasarkannya memang lebih unggul dibandingkan pesaing. Kepercayaan diri ini juga akan meningkatkan kemampuan mereka dalam menjual.

3. Melakukan Pendampingan Secara Intensif Bagi Anggota Tim Pemula

Bagi member baru tim penjualan Anda, sebaiknya mendapatkan pendampingan yang intensif oleh seniornya. Dengan demikian yang bersangkutan akan semakin kompeten dan terampil menjalankan aktivitasnya di lapangan.

Cara melakukannya sangat mudah, yaitu dengan selalu menyertakannya dalam berbagai aktivitas penjualan. Dengan begitu dia akan belajar dan mendapatkan pengalaman secara langsung cara melakukan penjualan yang baik.

4. Mengajarkan Tentang Pentingnya Memonitor Penjualan

Jika memungkinkan sedini mungkin tenaga penjual perlu diwajibkan untuk mencatat histori penjualan. Alasannya agar tiap-tiap anggota tim dapat memonitor target penjualannya. Keberadaan catatan penjualan juga memudahkan langkah evaluasi untuk memperbaiki strategi penjualan di masa depan.

Data pada histori penjualan juga berguna sebagai referensi perusahaan jika berniat merilis produk baru.

5. Memberikan Panduan Penjualan

Agar lebih mudah dipelajari, Anda perlu membekali tim dengan buku panduan penjualan. Di QNET, Anda tidak perlu membuat panduan sendiri karena dalam Kantor Virtual QNET (Virtual Office), tersedia bahan-bahan panduan yang berguna untuk membantu pengelolaan bisnis QNET, baik dari sisi pengetahuan produk maupun tips untuk mencapai kesuksesan.

Pastikan Anda menggunakan bahasa-bahasa yang sederhana dan mudah dipahami dalam panduan tersebut agar anggota tim bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.

6. Membantu Anggota Tim Mengenali Goal Pribadinya

Sebagai coach Anda perlu membantu para anggota untuk mengenali tujuan pribadi mereka. Mengapa ini penting? Karena goal tersebut adalah sumber energi yang memastikan setiap anggota Anda fokus kepada tujuan serta berkomitmen untuk terlibat sepenuhnya.

Goal juga menjadi motivasi bagi para penjual untuk bergerak dan terus berjuang. Selama tujuan tersebut tergambar jelas pada benak mereka, apa pun rintangan dan kesulitan yang menghadang akan sanggup dilewati.

7. Membantu Anggota Tim Mengeksekusi Goal-nya

Seorang manager atau coach atau pemimpin seharusnya tidak berhenti pada tujuan pribadi anggota timnya saja, tetapi juga memastikan goal tersebut tercapai. Caranya adalah membantu setiap pribadi pada komunitas Anda untuk mengembangkan kebiasaan merealisasikan tujuan.

Tugas seorang coach cukup panjang, yaitu harus dapat “merawat” timnya dengan membantu mereka meretas jalan untuk meraih goal-nya. Untuk maintenance ini dilakukan dengan menjaga konsistensi anggota misalnya dengan melakukan pertemuan atau kopdar secara rutin.

Langkah monitoring ini berguna untuk memastikan upaya penjualan yang dilakukan lebih terarah, termasuk melakukan evaluasi dan perbaikan jika dianggap perlu.

8. Mengidentifikasi Hambatan Anggota Tim Penjualan

Sesekali Anda mungkin akan menemukan ada anggota yang tidak menjalankan program atau rencana yang telah dibuat. Manajer atau coach wajib menyelidiki hal ini atau bertanya langsung kepada yang bersangkutan masalah apa yang membuat aktivitasnya tertahan.

9. Memberikan Nasehat

Mendikte langkah-langkah anggota tim saat proses training bukanlah hal yang bijaksana namun dapat ditolerir jika mereka memang benar-benar menemui jalan buntu. Jika harus demikian sebaiknya ajukan dulu beberapa pertanyaan untuk mengeksplorasi wawasan anggota tim tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan eksplorasi biasanya akan mengarahkan yang bersangkutan untuk menemukan jawabannya sendiri. Teknik eksplorasi cocok diterapkan pada tenaga penjual yang belum berpengalaman dan jika langkah tersebut tetap gagal jalan satu-satunya adalah melakukan komunikasi langsung.

Sementara bagi anggota tim yang sudah banyak pengalaman, seorang pemimpin dapat terus memfasilitasinya agar kinerjanya semakin optimal.

10. Dapat Mengembangkan Kompetensi Tim

Salah satu tugas pemimpin adalah menilai tingkat kompetensi serta wawasan anggota timnya serta seberapa kuat tekad mereka untuk meningkatkan kapasitasnya.

Strategi coaching yang perlu diterapkan di sini adalah menyadarkan mereka bahwa peningkatan kemampuan akan berimbas kepada terealisasinya tujuan.

Tujuan teknik coaching ini adalah membuat yang bersangkutan bersedia untuk terus belajar demi menampilkan performa terbaiknya.

Pentingnya Melakukan Pelatihan Direct Selling

"<yoastmark

Terkait tentang bisnis QNET, kebanyakan anggotanya menganggap bahwa bisnis ini sangat penting untuk mengantarkan mereka menjadi pengusaha dan marketer professional. Sayangnya tidak sedikit dari mereka berangkat dari lingkungan yang kurang mendukung tekad tersebut.

Hal ini bisa menjadi penghalang karena yang bersangkutan tidak tahu apa yang perlu dilakukan setelah mendaftar. Beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui terkait coaching pada tim QNET adalah:

  • Menjual adalah suatu seni dan setiap tim penjualan mempunyai metode dan tekniknya masing-masing sesuai dengan kondisi di lapangan.

Inilah sebabnya Anda sebaiknya tidak mengimitasi mentah-mentah strategi yang diterapkan pada komunitas atau organisasi lain.

Ini karena keadaan yang dihadapi belum tentu sama. Terlalu terpaku pada teori dan riset ilmiah mengenai selling juga bisa menghambat jalan dan mempersulit pertumbuhan Anda.

Oleh sebab itu, di bisnis penjualan langsung, biasanya setiap tim memiliki sistem atau cara kerja yang berbeda-beda, sesuai dengan strategi dan target dari tiap-tiap tim tersebut. Anda harus mengikuti sistem yang sudah ditentukan oleh pemimpin tim Anda dan selalu berkomunikasi dengan tim secara teratur.

  • Pada bisnis jaringan, usaha Anda akan bertumbuh seiring pertumbuhan kepribadian.

Anda akan sukses jika bersedia mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi, melatih tim, serta melakukan multiplikasi dalam mengelola jaringan.

  • Pastikan buku yang perlu dibaca dapat membantu Anda bertumbuh. QNET telah mempersiapkan konten-konten yang relevan untuk mendukung bisnis Anda.

Jadi anggota komunitas tidak perlu terjebak dengan materi-materi yang tidak terlalu penting.

  • Terlibat dalam berbagai event akan membantu Anda mendapatkan energy positif yang sama sebagai booster semangat Anda. Jadi jangan melewatkan kesempatan tersebut baik yang diselenggarakan secara langsung maupun daring.

Anda beruntung jika sudah bergabung bersama QNET karena komunitas ini mempunyai sistem terbaik untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri dan bisnis Anda.

Seluruh “asupan” tersebut bisa didapatkan baik melalui upline, leader tim, training dan pelatihan, buku, event, dan sebagainya.

Jadi tidak perlu ragu lagi menjadikan perusahaan direct selling Qnet ini sebagai sarana meningkatkan kualitas hidup Anda. Semoga menambah wawasan.