Selasa, November 29, 2022

Catat! Ini Lama Jeda Waktu Layering Skincare agar Lebih Meresap

Berapa lama produk skincare dapat menyerap sempurna ke dalam kulit dan Anda bisa mengaplikasikan produk selanjutnya? Di sini kami akan berbagi informasi dengan Anda terkait lama waktu jeda layering skincare.

Ingat, layering skincare yang benar adalah kunci sukses perawatan kulit.

Jadi, simak lebih lanjut.

Berapa Lama Produk Skincare Meresap ke Kulit?

Layering skincare adalah ritual kecantikan yang banyak dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sementara untuk mendukung itu Anda harus memastikan bahwa setiap produk bekerja secara efektif pada kulit Anda.

Untuk itu Anda harus menunggu sampai produk benar-benar meresap ke dalam kulit.

Berapa lama jeda waktu layering skincare? Tergantung dari produk apa yang sedang Anda gunakan.

Perkiraan waktu tunggu layering skincare:

1. Toner (1-2 menit)

Waktu tepat mengaplikasikan toner yaitu setelah mencuci wajah dengan facial wash. Lalu pastikan wajah benar-benar kering dan masih terasa lembab.

Dengan begitu maka toner akan benar-benar membantu menyempurnakan pembersihan wajah.

2. Serum, Pelembap (1-5 menit)

Perlu waktu sekitar 1-5 menit antara serum dan pelembap untuk memberi waktu bagi produk mengenali pori-pori Anda sehingga dapat meresap dengan baik.

Jeda waktu layering skincare ini berlaku jika Anda tidak menggunakan krim malam dan langsung menggunakan pelembap setelah serum.

3. Produk dengan Vitamin C dan Eksfoliasi (2-3 menit)

Pada beberapa produk seperti produk eksfoliasi dengan kandungan AHA/ABA dan produk yang mengandung vitamin C, membutuhkan lebih supaya meresap sempurna.

4. Spot Treatment (5-10 menit)

Produk untuk tujuan utama perawatan pasti membutuhkan jeda waktu layering skincare yang mungkin lebih lama. Misalnya produk khusus perawatan jerawat, komedo, pemutih, atau tujuan kecantikan lainnya.

Produk harus sepenuhnya meresap ke dalam kulit Anda sehingga bahan aktifnya mampu bekerja dengan maksimal. Jadi, tunggu sekitar 1-2 sebelum mengoleskan layering skincare lain di atasnya.

5. Retinol (0 detik)

Semakin berkualitas produk yang Anda gunakan, maka semakin cepat kulit menyerap produk.

Contohnya seperti retinol. Hampir tidak ada jeda waktu layering skincare untuk menggunakan produk selanjutnya setelah menggunakan retinol.

Hal itu disebabkan karena retinol mengandung bahan kimia berbeda yang mudah bercampur dan meresap lebih cepat ke kulit.

6. Sunscreen (30-60 menit)

Anda benar-benar tidak bisa mencampur produk tabir surya dengan produk lain, karena akan encer dan kurang efektif.

Untuk alasan ini, sebaiknya gunakan sunscreen sebagai lapisan terakhir dalam rutinitas perawatan kulit wajah pagi hari Anda. Kemudian biarkan sampai sunscreen benar-benar diserap oleh kulit sebelum beraktivitas di luar.

Pengecualian untuk produk tabir surya berbasis mineral. Karena produk tersebut sengaja dirancang untuk berada di permukaan kulit dan memantulkan sinar matahari. Jadi, tidak diserap oleh kulit.

Adakah yang Mencegah Penyerapan Produk Skincare?

Photo by engin akyurt on Unsplash

Sebaiknya, rutinitas layering skincare memang tidak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk diselesaikan.

Bahkan jika jauh lebih lama dari itu, atau mungkin Anda merasa jeda waktu layering skincare terlalu memakan waktu, ada beberapa kemungkinan antara lain:

1. Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Jangan berpikir bahwa menggunakan lebih banyak produk maka Anda akan menerima lebih banyak manfaat. Sebaliknya, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan ketidakseimbangan PH kulit.

Jika itu terjadi, maka kulit akan berusaha keras mengimbangi dan melawan tujuan utama produk. Lebih dari itu, sulit bagi kulit untuk menyerapnya.

Bahkan jika kulit menerima terlalu banyak asam dari produk yang membuat PH kurang atau kelebihan, maka kulit akan lebih banyak memproduksi minyak.

Parahnya, lapisan produk yang Anda gunakan selanjutnya tidak akan meresap dengan baik.

2. Kualitas Produk Buruk

Kualitas produk juga memengaruhi tingkat penyerapan sebuah produk. Karena produk berkualitas rendah tidak dapat terserap dengan maksimal, bahkan bisa tidak bekerja pada kulit Anda.

Jika demikian, maka jelas Anda tidak membutuhkan produk tersebut.

Jadi, sebaiknya gunakan produk yang lembut dan berkualitas tinggi untuk mempersingkat jeda waktu layering skincare.

Namun ingat, penekanan ‘berkualitas tinggi’ di sini bukan tentang harga. Akan tetapi produk yang mampu memberikan efek positif pada kulit dan aman untuk jangka panjang.

Sebab, setiap kulit memiliki reaksi yang berbeda terhadap sebuah produk.

3. Beberapa Produk Mengandung Bahan Aktif Sama

Selain kapasitas dan kualitas produk, menggunakan beberapa produk layering skincare dengan bahan aktif yang sama juga menghambat proses penyerapan produk.

Karena saat bahan aktif yang sama diulang dalam beberapa kali, saat itulah terjadi penyumbatan dan Anda telah membuang PH.

Seperti yang sudah dijelaskan, ketidakseimbangan PH membuat kulit tidak dapat menyerap produk dengan baik.

Jadi, periksa bahan aktif setiap produk yang akan Anda beli dan hindari yang bahan aktifnya sama.

4. Tergantung Bahan Produk

Selain memperhatikan bahan aktif, perhatikan juga bahan-bahan yang harus dihindari dalam spot treatment Anda, supaya jeda waktu layering skincare tidak terlalu lama.

Misal, Anda sedang dalam perawatan melawan jerawat yang disebabkan oleh make up.

Maka dari itu, sebaiknya lebih waspada dengan bahan-bahan berikut:

  • Petrochemicals
  • Paraben
  • Phthalates
  • Alcohol
  • Acrylics
  • Silicone
  • Talc
  • Pewarna / Pewangi

Contoh lain jika Anda sedang mengatasi komedo, maka hindari bahan-bahan ini:

  • Alkohol
  • Cocoa Butter
  • Silicone
  • Talc
  • Coconut Oil

Sementara itu, kandungan alkohol sangat dibutuhkan untuk kulit kusam supaya membantu mencerahkan kulit. Jadi, selain menyesuaikan produk dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit, sesuaikan juga bahan yang terkandung di dalamnya.

5. Urutan yang Salah

Meletakkan produk dalam urutan yang salah dengan produk-produk kecantikan yang lain juga dapat memperlambat proses penyerapan produk.

Urutan di mana Anda perlu menerapkan setiap produk sangatlah penting bahkan lebih penting dari jeda waktu layering skincare. Bagian terbaiknya, semua ahli kecantikan setuju akan hal itu.

Karena urutan yang salah menghambat kandungan aktif dalam produk untuk mencapai kulit dan Anda tidak akan menerima manfaatnya.

Sementara itu urutan yang benar adalah:

Pembersihan – toner – serum –  spot treatment – krim mata – day/night cream – moisturizer – sunscreen

Singkatnya, mulai dengan produk yang paling ringan kemudian diakhiri dengan produk yang paling berat atau tebal. Cara ini memungkinkan setiap lapisan produk terserap sepenuhnya ke dalam kulit.

Karena produk berbahan dasar air lebih cepat meresap sementara produk berbasis lipid akan menutup semuanya, jadi lakukan di langkah terakhir.

Terlebih jika Anda menggunakan retinol, maka sebaiknya diterapkan setelah serum. Sebab jika Anda menggunakan retinol setelah pelembap berbasis minyak, maka dapat menghambat kemanjuran retinol.

Tips Supaya Produk Skincare Cepat Meresap

Photo by Raphael Lovaski on Unsplash

Sangat penting agar kulit dapat menyerap dan memproses sebanyak mungkin bahan aktif yang terkandung dalam produk skincare.

Karena akan sangat disayangkan jika Anda menghabiskan banyak waktu dan uang untuk produk perawatan yang tidak meresap di kulit.

Oleh karena itu, perhatikan tips berikut untuk meningkatkan penyerapan kulit dari semua layering skincare yang Anda gunakan sehingga bekerja maksimal:

1. Mencuci Wajah

Untuk menyempurnakan semuanya, sangat direkomendasikan mencuci wajah dengan air hangat sebelum memulai perawatan.

Mengapa air hangat?

Tujuannya supaya pori-pori terbuka dan mudah bagi produk untuk benar-benar masuk ke dalam pori-pori kulit.

Karena produk melalui pori-pori lalu masuk ke dalam kelenjar minyak. Setelah itu, terserap ke dalam lapisan dermis, epidermis, dan epidermis atas (lapisan atas).

Setelah penyerapan, maka Anda akan melihat kekeringan di permukaan kulit dan Anda sudah bisa melapisinya dengan produk lain. Jelas jika mencuci wajah dapat memberi Anda jeda waktu layering skincare yang lebih singkat.

2. Oleskan ke Kulit yang Baru Dicuci

Kulit lembap bertindak sebagai spons sehingga cepat meresap produk yang Anda aplikasikan. Jadi, oleskan segera ketika kulit masih lembab (ingat, lembap bukan basah).

3. Gunakan Produk Sesuai Kebutuhan

Apakah Anda sedang melawan komedo, jerawat, keriput, garis halus, milia, atau flek hitam? Apa pun itu, gunakan spot treatment sesuai kebutuhan Anda dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Namun bagaimana jika Anda melawan dua masalah yang berbeda dan harus menggunakan produk yang juga berbeda?

Aplikasikan satu produk saat perawatan di pagi hari dan satu produk saat perawatan malam hari. Disarankan, gunakan produk yang paling dibutuhkan di malam hari, karena kulit menyerap lebih banyak saat malam hari.

Dengan demikian maka kedua produk akan sama-sama bekerja dan Anda mendapatkan manfaat yang tepat.

Selalu konsisten menggunakan produk, artinya tidak mengganti produk yang digunakan siang hari untuk malam hari, atau sebaliknya.

Kecuali kebutuhan Anda berubah. Tipsnya, gunakan produk yang paling dibutuhkan di malam hari.

4. Pertimbangkan Melakukan Eksfoliasi

Perhatikan juga sel-sel kulit mati yang menjadi penghalang penyerapan produk skincare di permukaan kulit. Anda harus segera menghapusnya.

Meskipun pembersih dasar menghilangkan kotoran dan minyak, tetapi untuk benar-benar meningkatkan penyerapan, sel kulit mati harus dihilangkan.

Selain itu, sel kulit mati juga menyumbat pori-pori yang pada akhirnya membentuk komedo, dan itu artinya muncul masalah baru.

Sementara jika Anda menghilangkan sel-sel kulit mati, maka Anda membiarkan serum, pelembap, dan produk lainnya mencapai kulit terdalam dan memberikan manfaatnya.

Sebaiknya, gunakan produk exfoliating toner yang aman dan lembut di kulit wajah, supaya tidak mengiritasi kulit dan aman digunakan setiap hari.

Simpan Perawatan Utama untuk Malam Hari

Anda berharap produk bekerja dengan sangat baik di kulit Anda?

Maka gunakan di malam hari. Mengapa?

Karena saat Anda tidur di malam hari, suhu kulit naik dan lebih banyak darah mengalir ke kulit. Dengan kehangatan yang lebih besar tersebut membuat pembuluh darah melebar dan menyerap lebih banyak produk.

5. Berikan Sedikit Tekanan

Menekan produk layering skincare yang Anda gunakan ke dalam kulit dengan telapak tangan yang bersih juga membantu penyerapan. Sebab, kehangatan tangan Anda membantu membuka pori-pori.

Sekaligus membantu bahan aktif dalam produk supaya merata dan terserap lebih cepat. Beri sentuhan lembut dengan sedikit penekanan dan lakukan perlahan.

Sebaiknya, aplikasikan produk mulai dari area kulit yang lebih kering, karena area tersebut membutuhkan lebih banyak produk untuk diserap.

Lebih dari itu, hindari menggosok atau melakukan usapan supaya tidak membuat gumpalan dan mengangkat lapisan sebelumnya.

Kesimpulan

Intinya, tidak ada patokan khusus kapan skincare meresap dan Anda bisa melakukan perawatan lanjutan. Jadi, cukup tunggu sampai produk terserap sempurna ke dalam kulit, tandanya:

  • Tidak ada lapisan yang mudah bergeser
  • Kulit tidak terasa basah
  • Saat disentuh, kulit tidak terasa lengket
  • Tidak ada sisa produk di permukaan kulit

Maka mulai sekarang, beri jeda waktu layering skincare yang tepat supaya setiap produk meresap sempurna dan memberikan manfaat yang lebih baik.

Baca juga : Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Pria di Segala Usia

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini