Kenali Ciri-Ciri Air Minum yang Layak Konsumsi - QNET

Air merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Tidak mengonsumsi air bisa berdampak buruk pada kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, para ahli kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi air sebanyak 6-8 gelas air, atau setara dengan 2-3 Liter setiap harinya.

Sayangnya, tidak semua sumber air layak Anda manfaatkan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2020, puluhan juta masyarakat Indonesia masih mengonsumsi air yang mengandung kontaminan berbahaya. Sekedar memasak air ternyata tidak cukup.

Mengonsumsi air yang terkontaminasi bisa membuat Anda terjangkit berbagai penyakit berbahaya. Maka dari itu, perlu ada tindakan pencegahan agar Anda bisa selalu menikmati air yang tidak hanya segar, tapi juga menyehatkan.

Tulisan ini akan memberi solusi bagi Anda yang ingin mengonsumsi air dengan kualitas yang lebih baik.

Ciri-Ciri Air Minum yang Tercemar

Mengonsumsi air yang tercemar dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Untuk mengetahui apakah suatu sumber air tercemar atau tidak, ada beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui:

1. Kriteria Tampilan Fisik Air

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah air layak konsumsi atau tidak adalah dengan memperhatikan tampilan fisiknya. Jika muncul bau, warna, serta rasa yang tidak lazim pada air, sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsinya.

2. Kriteria Kandungan Air

Selain dari tampilan kasat mata, Anda juga bisa melakukan uji kandungan air yang hendak Anda konsumsi. Hindari mengonsumsi air yang mengandung mikroorganisme berbahaya dan zat radioaktif. Selain itu, hindari pula mengonsumsi air yang tingkat pH-nya tidak memenuhi kriteria netral.

Dampak Mengonsumsi Air yang Tercemar

Air yang tercemar memiliki banyak kontaminan seperti kuman, bakteri, bahkan bahan kimia yang berbahaya. Efek mengonsumsi air yang tercemar seringkali muncul secara instan. Namun, bisa juga muncul komplikasi yang lebih serius dan tidak memunculkan gejala hingga sudah terlanjur parah.

Berikut adalah dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh setelah mengonsumsi air yang tercemar:

1. Dampak bagi Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan ‘benteng pertahanan’ pertama tubuh Anda terhadap penyakit yang menyerang. Namun, ‘benteng’ Anda bisa mengalami gangguan saat Anda mengonsumsi air yang tercemar.

Bakteri dan kuman yang bersarang pada air bisa membuat Anda terjangkit berbagai penyakit seperti kolera, disentri, bahkan tifoid (tifus/tipes). Jika Anda mengalami gejala seperti ini, segera periksakan diri Anda ke dokter.

2. Dampak bagi Penglihatan

Kualitas air yang tercemar juga berpotensi menimbulkan trachoma. Trachoma merupakan penyakit yang menyerang bagian mata, dan disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang hidup di area dengan kondisi kebersihan yang buruk.

3. Dampak bagi Liver

Mengonsumsi air yang tercemar bisa menimbulkan penyakit Hepatitis A. Hepatitis A merupakan penyakit peradangan pada liver. Penyakit ini bisa menjangkit melalui air, terutama bila sumber airnya sudah tercemar.

4. Komplikasi lainnya

Mengonsumsi air yang tercemar dalam jumlah banyak dan waktu lama bisa menimbulkan komplikasi jangka panjang. Misalnya saja, gangguan ginjal, gangguan sistem saraf, anemia, dan lain-lain. Gejala atas penyakit ini terkadang tidak dirasakan sampai sudah terlanjur parah.

Standar Air Layak Minum Menurut WHO

WHO (World Health Organization) menyebutkan dua standar air yang layak dikonsumsi. Secara singkat, terdapat dua kriteria yang harus Anda perhatikan:

1. Air Tidak Boleh Berbau

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah air rumah Anda tercemar atau tidak adalah dari baunya. Bau tidak sedap akan muncul saat air yang hendak Anda konsumsi terpapar zat kontaminan yang terlarut atau mengendap pada air. Hindari mengonsumsi jika airnya memiliki bau.

2. Air Berwarna Bening

Air yang bersih dan layak untuk konsumsi umumnya tidak berwarna, alias bening. Maka dari itu, jika Anda mendapati perubahan warna pada sumber air, maka kemungkinan besar air tersebut sudah tercemar.

3. Tidak Memiliki Rasa

Air yang tidak tercemar tidak memiliki rasa apapun, alias plain. Jika terdapat rasa pahit, asam atau lainnya, para ahli menganjurkan untuk tidak mengonsumsi air tersebut.

4. Mengandung Mineral yang Baik Bagi Tubuh

Air minum yang sehat harus mengandung berbagai mineral yang menunjang performa tubuh, yaitu zat besi, fosfor dan zinc.

5. Tingkat pH Air Tidak Jauh dari Batas Netral

Anda bisa menggunakan pH Meter untuk mengetahui tingkat pH air di rumah Anda. Air yang bersih adalah air yang memiliki pH netral, ditunjukkan dengan angka 7. Jika kurang atau lebih dari itu, ada baiknya Anda melakukan penyaringan tambahan.

6. Tidak Ada Mikroorganisme Berbahaya

Apabila Anda hendak mengecek lebih lanjut, Anda bisa membawa contoh air rumah Anda ke laboratorium untuk dicek kadar mikroorganismenya. Indikator air yang layak konsumsi adalah air yang tidak memiliki kandungan mikroorganisme berbahaya.

7. Tidak Terdapat Zat Radioaktif

Tidak Terdapat Zat Radioaktif - QNET

Banyak orang tidak tahu, zat radioaktif seperti uranium dan radium ada di barang-barang yang sering Anda temui sehari-hari, seperti limbah makanan, kotoran hewan atau puntung rokok.

Dalam jumlah kecil, zat radioaktif tidaklah membahayakan dan masih bisa terurai sendiri. Namun, Anda perlu waspada jika sumber air yang Anda konsumsi berada dekat dengan tempat pembuangan limbah, karena ada potensi terpapar dengan sisa zat radioaktif.

Mengatasi Air Tercemar Menggunakan Filter Air

Mengonsumsi air yang sudah tercemar memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan HomePure Nova dari QNET.

HomePure Nova adalah water purifier yang memiliki teknologi mutakhir. HomePure Nova mampu menyaring air, baik air mentah maupun matang, menjadi layak konsumsi.

Dengan menggunakan teknologi 35+ Ultratech Filter, HomePure Nova tidak hanya menjernihkan air dari kontaminan berbahaya, tapi juga menambah kandungan mineral di dalamnya.

HomePure Nova sudah membuktikan khasiatnya di banyak negara, serta sudah lolos uji mutu NSF, badan audit kesehatan US.

4 Keuntungan Menggunakan HomePure Nova

1. Lebih Bersih dengan 9 Tahap Penyaringan

Kebanyakan water purifier hanya menggunakan teknologi 3-5 tahap penyaringan. Sementara itu, HomePure Nova memiliki 9 tahap penyaringan menggunakan material yang sudah teruji efektif.

Tidak hanya menyediakan air bersih yang aman untuk Anda konsumsi, HomePure Nova juga menambahkan kandungan mineral air Anda.

2. Mengubah Air Biasa menjadi Pi-Water

HomePure Nova tidak hanya sekedar menyaring air, melainkan mengubah air biasa menjadi Pi Water.

Pi Water atau living water adalah air yang secara molekul mirip dengan air yang ada dalam tubuh makhluk hidup. Pi Water bisa diserap lebih baik oleh tubuh, membuat penyerapan oksigen lebih efektif, serta berkhasiat sebagai antioksidan.

3. Tidak Menggunakan Tenaga Listrik

HomePure Nova tidak menggunakan tenaga listrik melainkan menggunakan sistem mekanik. Teknologi ini membuat Anda bisa menghemat penggunaan daya listrik di rumah Anda.

4. Sistem Penyaringan Mutakhir dan Berteknologi Tinggi

HomePure Nova menggunakan sistem ultrafiltration (UF) dengan teknologi terbaru 35+ UltraTech sebagai metode penyaringan sehingga mampu menyaring kontaminan yang lebih kecil. Sistem penyaringan ini lebih baik daripada sistem Reverse Osmosis atau Ultra Violet yang umum digunakan.

5. Pemasangan dan Penggunaan yang Mudah

Untuk menggunakan HomePure Nova, Anda tidak perlu menggunakan jasa tukang pipa atau tukang listrik profesional. Instalasi HomePure Nova sangat mudah dan bisa langsung Anda gunakan dengan segera.

6. Cartridge Filter Awet

Cartridge filter HomePure Nova bisa bertahan selama satu tahun, atau setara dengan 4320 liter air. Anda juga tidak akan kesulitan saat waktu penggantian kartrid karena prosesnya yang sangat mudah.

9 Lapisan Filter HomePure Nova dan Manfaatnya

HomePure Nova menggunakan teknologi yang sudah teruji dalam proses penyaringannya. Berikut 9 langkah penyaringan air menggunakan HomePure Nova, serta manfaatnya.

1. Sediment Filter

Filter sedimen digunakan untuk menyaring kontaminan yang besar, misalnya, pasir, kerikil, atau kotoran lain berukuran lebih dari 5 micron.

2. High-Performing Activated Carbon Block Filter

Blok filter karbon aktif sudah dipercaya bertahun-tahun sebagai material yang mampu menyerap kotoran. Fungsinya adalah untuk menghilangkan zat klorin, logam berat serta zat kimia lainnya.

3. Coral Sand

Pasir koral memberikan pasokan mineral dan kalsium alami pada air yang Anda saring. Selain itu, pasir koral juga berfungsi sebagai penetral keasaman pada air. Proses ini menghasilkan air yang bebas bau dan segar saat dikonsumsi.

4. Pi-Water Ceramic Balls

Bola keramik Pi Water mengubah air biasa menjadi Pi Water, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, serta berkhasiat membawa oksigen ke aliran darah dengan lebih efektif.

5. Far Infrared Ray Balls

Bola-bola infra merah berfungsi untuk membersihkan air dari bakteri, menambahkan mineral yang bermanfaat, serta meningkatkan kadar oksigen dalam air.

6. Negative Ions Balls

Selain untuk menambahkan kadar mineral dalam air, bola-bola ion negatif juga berfungsi untuk mengurangi konsentrasi ion negatif dalam air minum.

7. Anti-bacterial Carbon Powder

Serbuk karbon anti-bakteri berfungsi untuk perlindungan terhadap bakteri, menyerap bau tidak sedap, serta menghilangkan rasa pada air.

8. 35+ Membran Serat UltraTech

Teknologi mutakhir yang dimiliki SuperHome Nova ini mampu mengurangi 99,9999% bakteri coliform dan E.Coli. Selain itu, teknologi ini juga bisa mampu mengurangi 99.99% virus berbahaya.

9. Batu Perak Antibakteri

Batu perak berfungsi sebagai ‘desinfektan’ untuk air. Selain untuk mencegah bakteri dalam air minum Anda, batu perak juga berfungsi mencegah kontaminasi filter dari lingkungan eksternal.

Sertifikasi HomePure Nova

HomePure Nova sudah lolos uji mutu dan mengantongi izin dari NSF (National Sanitation Foundation), organisasi kesehatan US yang bertugas menetapkan standar produk-produk kesehatan. Hal ini membuktikan bahwa HomePure Nova aman digunakan.

NSF 42

Sertifikasi ini menandakan kalau HomePure Nova mampu menghilangkan zat klorin, partikel-partikel kecil serta mampu menghilangkan rasa dan bau pada air.

NSF 53

HomePure Nova berkhasiat menghilangkan kontaminasi zat berupa cairan, gas atau material lain yang larut dalam air dan bisa berdampak buruk pada tubuh

NSF 401

Sertifikasi ini menandakan HomePure Nova mampu mengurangi zat-zat seperti sisa deterjen, hormon tanaman, komponen plastik, parfum, pestisida, dan lain-lain.

NSF P231

Sertifikasi ini menandakan HomePure Nova mampu mengurangi kontaminan mikroorganisme seperti bakteri, virus dan protozoa.

Meningkatkan Kualitas Hidup dengan QNET

HomePure Nova merupakan satu dari serangkaian produk QNET yang digemari di berbagai negara. Dengan pengalaman lebih dari dua dekade, QNET senantiasa menyediakan berbagai produk yang dapat menunjang kualitas hidup Anda, mulai dari suplemen kesehatan hingga perlengkapan rumah tangga.

QNET juga menyediakan kesempatan berbisnis bagi anda yang ingin memulai usaha sendiri dengan menggunakan model direct selling, di mana penjualan mouth to mouth merupakan kunci keberhasilan utama.

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Awali perjalanan menyehatkan tubuh dan menguatkan jiwa bersama QNET dan HomePure Nova.

Baca Juga : 7 Tips Pemasaran Untuk Penjualan Langsung di Masa Pandemi Covid-19