Selasa, Juni 28, 2022

5 Keistimewaan dan Manfaat dari Buah Merah Papua

Indonesia merupakan negeri dengan kekayaan alam luar biasa, baik itu kekayaan bahari maupun daratan. Kekayaan sumber daya alam yang berada di daratan terdiri atas flora, fauna, dan lain-lain.

Salah satu yang menarik dari kekayaan sumber daya alam Indonesia adalah kekayaan flora atau tumbuh-tumbuhan. Indonesia memiliki tumbuhan khas, atau biasa disebut dengan tumbuhan endemik, yang hanya bisa ditemukan di negeri kita ini.

Jenis-jenis tumbuhan endemik di Indonesia berasal dari berbagai macam spesies yang beragam. Ada anggrek hitam, bunga padma raksasa atau Rafflesia Arnoldii, kibut atau bunga bangkai raksasa, kayu hitam Sulawesi, edelweiss Jawa, daun payung, mangga kasturi, bambu manggong, buah merah, dan lain-lain.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang salah satu tumbuhan endemik yang sangat menarik dari Papua, yaitu buah merah.

Simak penjelasan saya selengkapnya, ya!

Asal-Usul Buah Merah

Buah merah merupakan tumbuhan khas tanah Papua yang dengan alami tumbuh tanpa perlu pupuk maupun obat-obatan kimiawi. Buah ini memiliki nama lain kuansu, nama oleh warga Wamena. Tumbuhan dengan nama latin Pandanus Conoideus ini termasuk dalam famili pandan-pandanan.

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi hingga 16 meter dan pohonnya mirip dengan pandan. Sedangkan, buahnya sendiri dapat mencapai hingga 55 cm panjang, dengan diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg.

Umumnya, ia tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 2.500 m dpl. Anda bisa menemukan buah ini antara lain di lembah Tolikara, Baliem Wamena, Sorong, Yahukimo, Jayapura, Manokwari dan daerah lain di area Papua.

Meskipun merupakan sebuah tanaman endemik, buah ini tergolong langka karena hanya dipanen dua kali dalam setahun.

Oleh karena itu, selain membiarkannya tumbuh secara alami, saat ini warga lokal juga mulai membudidayakan buah merah. Nicolaas Maniagasi, warga lokal Papua, ternyata merupakan pelopor kegiatan membudidayakan tanaman ini.

Sejak 1983, Nicolaas mulai membudidayakan buah ini dan berlanjut hingga sekarang. Nicolaas menerima penghargaan atas lingkungan hidup dari Kehati Award di tahun 2002 atas usahanya tersebut.

Saat ini, sudah banyak warga Papua yang membudidayakan buah merah ini dengan baik.

Hasil Olahan Buah Merah

Anda dapat menemui berbagai jenis hasil olahan buah merah. Buah merah segar pada umumnya dijual dengan harga Rp20.000,00 hingga Rp50.000,00.

Selain sebagai bahan pangan untuk konsumsi, buah merah dapat juga diambil minyak ekstraknya. Minyak ekstrak buah merah memiliki harga yang cukup tinggi karena pembuatannya yang cukup rumit. Harga itu dapat mencapai Rp1.500.000,00 per 1 liter.

Hal ini membuat pemerintah setempat gencar mendukung petani untuk memanfaatkan produk olahan ini demi meningkatkan kesejahteraannya.

Selain sebagai minyak ekstrak, Anda juga dapat memanfaatkan olahan buah ini sebagai campuran masakan, pakan ternak, kosmetik, selai, roti kering, bahkan pewarna.

Serba-serbi Konsumsi dan Kandungan Buah Merah Papua

Warga Papua telah terkenal mengkonsumsi buah merah serta olahan-olahannya sejak zaman dahulu. Biasanya, warga Wamena menggunakan buah ini sebagai konsumsi pada saat pesta adat, misalnya pesta bakar batu.

Nah, selain untuk dimakan sebagai keperluan konsumsi biasa, masyarakat lokal juga percaya buah ini dapat dijadikan obat karena ia mengandung segudang manfaat untuk kesehatan dan vitalitas tubuh.

Sebuah penelitian oleh seorang dosen merangkap ahli gizi Universitas Cendrawasih, Drs. I Made Budi, M.S., menyebutkan bahwa ternyata, di dalam sari buah merah terdapat kandungan antioksidan yang relatif tinggi.

Beberapa kandungan antioksidan itu di antaranya adalah karoten, beta karoten, dan tokoferol. Selain itu, masih ada kandungan antioksidan lain yang berguna untuk kesehatan tubuh.

5 Keistimewaan dan Manfaat dari Buah Merah Papua

Berikut saya rangkum beberapa manfaat buah merah yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian di sebuah lab menemukan bahwa kandungan yang terdapat pada buah merah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker ovarium dan kanker payudara.

Meski begitu, penelitian ini masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut agar klaim buah merah sebagai antikanker dapat tervalidasi dengan sempurna.

2. Memiliki Karakteristik yang Anti Peradangan

Dengan kandungan antioksidan, buah merah diklaim bisa mengurangi peradangan. Manfaat ini membuat potensi buah merah lebih tinggi sebagai obat alternatif bagi penyakit radang usus yang dapat berlanjut menjadi kanker usus.

Meski begitu, penelitian masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut agar klaim buah merah sebagai anti peradangan dapat tervalidasi dengan sempurna.

3. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian terhadap hewan mengungkapkan bahwa ekstrak yang diambil dari buah merah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Dari sini, dapat Anda pahami bahwa ekstrak tersebut bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit pada jantung.

Lagi-lagi, penelitian terhadap klaim yang satu ini masih harus dilanjutkan lagi karena penelitian ini baru dilakukan pada hewan. Sedangkan, pada manusia, manfaat buah merah dalam menurunkan kolesterol jahat masih perlu pembuktian.

4. Menutrisi Kulit

Selanjutnya, buah merah ternyata dapat mampu membantu untuk menutrisi kulit. Selain sebagai produk konsumsi, pemanfaatan olahan produk buah merah dapat berupa produk perawatan kulit.

Dengan kandungan nutrisinya yang banyak sekali, produk perawatan kulit yang mengandung buah merah kian banyak penggemar karena kandungannya yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan kulit.

5. Menangkal Radikal Bebas

Selain menutrisi kulit, produk olahan buah merah berupa produk perawatan kulit juga dapat membantu Anda menangkal radikal bebas. Kandungan betakaroten yang tinggi bermanfaat dalam menjaga kondisi kulit si pemakai produk.

Penelitian ilmiah terhadap manfaat dari buah merah lebih lanjut masih sangat kita butuhkan untuk membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada buah merah benar-benar teruji dapat memberikan manfaat tersebut.

Rekomendasi Produk Perawatan Tubuh dengan Ekstrak Buah Merah

Eternaleaf - QNET

Saat ini, produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh mulai menggunakan ekstrak buah merah dalam komposisinya. Banyak produk yang beredar di pasaran yang telah beredar, salah satunya produk ini.

Nah, saya punya merekomendasikan produk perawatan dengan ekstrak buah merah untuk Anda, yaitu Eternaleaf dari QNET.

Produk QNET yang satu ini merupakan sebuah produk perawatan tubuh yang penuh manfaat. Kenapa?

Eternaleaf merupakan produk lokal pertama di Indonesia yang menggunakan ekstrak buah merah asli Papua dan minyaknya untuk perawatan kulit tubuh dan rambut Anda.

Kandungan minyak dari ekstrak buah merah yang terdapat di Eternaleaf berasal dari buah merah terpilih. Minyak ini memiliki nama Red Fruit Oil BM9 yang diperoleh melalui proses paten. Tak perlu khawatir, kualitas minyak ekstrak tersebut telah teruji di sebuah Laboratorium Institut Kurz, GmbH, yang terletak di Jerman.

Faktanya, minyak ekstrak buah merah memiliki kandungan nutrisi penuh manfaat seperti Beta Carotene, Alpha Tocopherol, Omega 9 Oleic Acid, Vitamin C, Omega 6 Linoleic Acid, Omega 3 Linolenic Acid, Selenium, dan Carotenoids.

Produksi Eternaleaf telah diformulasikan khusus agar aman untuk penggunaan sehari-hari. Produk ini merupakan produk tanpa paraben, silikon, parafin, sulfat, dan alkohol. Tentu saja produk-produk ini akan aman Anda gunakan, apalagi untuk Anda yang berkulit sensitif.

Ada tiga jenis produk Eternaleaf, yaitu Body Bath, Body Lotion, dan Shampoo. Mari simak penjelasan saya mengenai satu per satu produknya berikut ini.

Detail Rangkaian Produk Eternaleaf

Detail Rangkaian Produk Eternaleaf

1. Eternaleaf Body Bath

Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi mandi dengan sabun yang memiliki segudang nutrisi dari ekstrak minyak buah merah, cobalah produk ini.

Melalui websitenya, Eternaleaf Body Bath menyebutkan bahwa dengan minyak ekstrak buah merah, produknya mengandung manfaat diantaranya:

  • Membuat kulit terlindung dari kerusakan dan radikal bebas dengan kandungan Beta Carotene.
  • Melembutkan dan menghaluskan kulit dengan kandungan Omega 3.
  • Membantu mengurangi radang dan gatal pada kulit serta mencegah penuaan dini dengan kandungan Alpha Tocopherol/Pro Vitamin E.
  • Membantu sel kulit yang baru untuk regenerasi dengan kandungan Omega 6.
  • Selenium untuk mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit.

Gunakan Eternaleaf Body Bath dengan rutin untuk kulit yang lebih halus, sehat, dan glowing.

2. Etenaleaf Body Lotion

2. Etenaleaf Body Lotion

Nah, produk yang satu ini cocok untuk Anda yang mendambakan kulit sehat dan lembab dengan nutrisi berlimpah dari ekstrak minyak buah merah Papua.

Inilah beberapa manfaat dari produk Eternaleaf Body Lotion:

  • Membantu mengurangi radang dan gatal pada kulit serta memperlambat efek penuaan dengan kandungan Alpha Tocopherol.
  • Melindungi kulit dari radikal bebas dengan kandungan Beta Carotene.
  • Menjaga dan meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit dengan kandungan Tocopherol.
  • Mencegah iritasi dan peradangan pada kulit dengan kandungan Selenium.
  • Membantu mempercepat regenerasi sel kulit baru dengan kandungan Omega 6.

Nah, Anda tentu tertarik, kan, dengan klaim-klaim yang produk ini tawarkan?

Eternaleaf Body Lotion memang menawarkan kandungan yang tidak main-main.

3. Etenaleaf Moisturizing Shampoo

Nah, selain mengeluarkan produk untuk perawatan kulit, Eternaleaf juga punya produk untuk perawatan rambut, loh!

Eternaleaf Moisturizing Shampoo merupakan produk shampo pertama di Indonesia dengan kandungan minyak ekstrak buah merah. Inilah beberapa manfaat andalan yang mereka tawarkan:

  • Membantu memperbaiki kerapatan dan ketebalan rambut dengan kandungan Alpha Tocopherol.
  • Membantu mengembalikan batang rambut yang ujungnya pecah dan rapuh dan dengan kandungan Beta Carotene.

Hasil Riset Rakuten Singapore membuktikan bahwa 90% responden yang teratur menggunakan produk shampo ini terbukti dapat menyehatkan kulit kepala & rambut, meningkatkan volume rambut, dan mengurangi kerontokan rambut.

Kesimpulan

Bagaimana, Anda tertarik memiliki produk-produk menarik dan berkualitas dengan kandungan ekstrak buah merah Indonesia dari Eternaleaf?

Anda bisa mendapatkan produk-produk tersebut dengan mudah dan terjangkau hanya di QNET!

QNET merupakan perusahaan direct selling yang telah terkenal seantero Asia. Dalam kiprahnya, QNET berhasil mengantongi sejumlah penghargaan di level Asia.

Melalui bisnis QNET, Anda tidak hanya dapat menjadi konsumen, namun juga peluang menjadi partner bisnis untuk tumbuh dan sukses bersama. QNET direct selling memberikan Anda kesempatan menjadi distributor produk Eternaleaf ini untuk dijual langsung kepada para konsumen Anda.

Manfaat produk QNET, terutama Eternaleaf, sudah teruji dan terbukti jelas. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi, kualitas produk yang QNET tawarkan terjamin mantap dan meyakinkan.

Untuk Anda yang ingin mencoba produk Eternaleaf, dapatkan produk Eternaleaf dengan harga diskon sekarang juga hanya di Official Store QNET!

Baca Juga : Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk pria di segala usia

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini