Kegiatan Social Distancing Seru Untuk Kamu dan Keluarga - QNET

Diam di rumah akan membuat kita mudah bosan. Terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Namun jangan khawatir, karena kami punya rekomendasi aktivitas seru untuk kamu dan keluarga.

Berikut kami sudah merangkum kegiatan menarik apa saja yang bisa kamu coba lakukan dengan keluarga dan manfaatnya.

Kegiatan Saat Social Distancing Bersama Keluarga

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan bersama keluargamu dikala sedang menjalani social distancing sebagai berikut :

1. Permainan Memecahkan Puzzle

Kamu pasti akan terkejut jika tahu memainkan puzzle ternyata banyak manfaatnya. Permainan ini akan membuat suasana rumah menjadi hangat dan seru.

Saat ini ada cukup banyak jenis permainan puzzle yang bisa kamu pilih. Ada juga jenis puzzle yang terbuat dari kayu, hingga permainan menyusun kata, angka, bahkan menyusun gambar. Tingkat kesulitannya pun cukup beragam.

Manfaat Permainan Puzzle

Manfaat Permainan Puzzle - QNET

Siapa saja bisa memainkan puzzle. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa, semua bisa memainkannya karena cukup banyak jenisnya. Berikut apa saja manfaat dari memainkan permainan ini:

  • Melatih fungsi kognitif agar menjadi lebih baik. Mengerjakan permainan puzzle seperti teka-teki silang bisa membuat performa kognitif menjadi lebih baik.
  • Menyenangkan dan menjaga kesehatan otak. Memainkan puzzle juga sangat disarankan untuk seseorang yang menderita penyakit Alzheimer dan berbagai penyakit kognitif lainnya.
  • Meningkatkan kemampuan spasial dan visual. Pasalnya, ketika seseorang memainkan puzzle, maka harus melihat bagian-bagian yang terpisah agar bisa membentuknya secara utuh.
  • Membantu meningkatkan skor IQ. Karena permainan ini mampu meningkatkan daya ingat, fokus hingga perbendaharaan logika.
  • Melatih otak kiri dan otak kanan. Pada saat memainkan puzzle, kedua bagian otak kita akan sama-sama bekerja.
  • Bagus untuk memperbaiki mood. Cocok juga untuk aktivitas saat pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah.

2. Menikmati Makan Malam Bersama Keluarga

Kesibukan terkadang membatasi kita dan keluarga. Inilah saatnya kamu berbagi waktu berharga bersama mereka. Salah satunya dengan menikmati makan malam bersama-sama.

Ada banyak makanan yang bisa kamu sajikan bersama keluarga. Kamu bisa membuatnya sendiri, atau memesan makanan secara delivery. Jangan lupa juga untuk memilih menu yang disukai seluruh keluarga.

Anda juga bisa memilih makanan-makanan yang banyak diminati, seperti pizza. Jangan takut terkait permasalahan kesehatan. Karena produk QNET saat ini menawarkan banyak produk kesehatan terbaik dan terbukti secara klinis.

Manfaat Makan Malam Bersama Keluarga

Melakukan aktivitas makan malam bersama keluarga ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat-manfaat yang bisa kamu rasakan dengan keluarga.

  • Mengatur pola makan yang sehat bagi keluarga. Caranya adalah dengan memilih menu makanan sehat.
  • Membantu meningkatkan keterampilan sosial untuk anak-anak. Pasalnya, anak-anak yang sering duduk makan bersama keluarga cenderung memiliki sifat sopan.
  • Turut membantu mencegah obesitas dengan memilih menu yang tepat dan sehat.
  • Mengajarkan anak arti sebuah tanggung jawab. Salah satu contohnya yaitu saat kamu meminta mereka untuk membersihkan alat makan yang sudah digunakan.
  • Meningkatkan hubungan baik bersama keluarga dan membuatnya menjadi semakin berkualitas.

3. Membuat Café Sederhana di Rumah

Pemerintah melarang kita untuk berkunjung ke tempat-tempat nongkrong, seperti café. Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap seru-seruan di café meski tidak keluar rumah. Caranya adalah dengan membuat café sederhana di rumah.

Anda bisa membuat café sederhana tanpa biaya mahal dan takut akan peringatan social distancing. Anda bisa memanfaatkan ruang makan untuk mewujudkannya. Atau, juga bisa di ruang keluarga.

Belajarlah cara membuat kopi dan juga minuman dingin yang lezat. Ajarkan juga keluargamu untuk membuatnya. Tata ruangan yang kamu gunakan agar tampak seperti café meskipun sederhana.

Manfaat Membuat Café Sederhana di Rumah

Pada dasarnya, manfaat dan kelebihan aktivitas ini tidak jauh berbeda dengan dinner bersama keluarga. Kegiatan ini akan membantu meningkatkan keakraban dan kehangatan bersama keluarga.

Di lain sisi, kamu juga bisa mengajarkan bagaimana cara meracik kopi dan minuman dingin yang lezat. Selain itu, kegiatan ini juga akan mengobati kamu yang sudah lama ingin nongkrong di café tapi terhalang oleh aturan pemerintah terkait penanganan Corona.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mengenalkan pentingnya memilih minuman sehat bagi keluarga. Salah satunya dengan mengenalkan produk dari bisnis QNET, seperti Homepure Nova.

Homepure Nova adalah alat dari QNET Indonesia yang berfungsi untuk menyaring air dengan 9 tahap penyaringan. Alat ini mampu menyaring 99,99% virus maupun bakteri, racun, bahan kimia dari air keran.

4. Mengadakan Turnamen Board Game

Memainkan board game atau permainan papan bisa menjadi aktivitas seru bersama keluarga. Saat ini kamu bisa memilih berbagai jenis permainan papan. Pasalnya ada cukup banyak board game yang kini tersedia.

Jenis-jenis permainan papan yang bisa kamu mainkan di antaranya seperti ular tangga, monopoli, mouse trap, twister, dan lainnya. Permainan ini cocok sekali untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Manfaat Permainan Papan

Manfaat Permainan Papan - QNET

Board game memiliki banyak manfaat, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Berikut beberapa kami sudah merangkum manfaat yang bisa langsung dirasakan:

  • Melatih pengendalian emosi. Karena dalam permainan papan, ada saatnya kamu menang, dan ada juga saatnya kamu kalah.
  • Melatih fokus agar lebih optimal. Karena permainan papan memiliki sejumlah aturan yang harus kamu patuhi. Contohnya seperti dalam permainan monopoli yang memiliki banyak fitur dan aturan.
  • Sebagai solusi untuk menangkal kecanduan gadget. Cocok untuk kamu yang sedang mencari solusi untuk mengatasi kebiasaan menggunakan gadget tanpa henti.
  • Papan permainan bisa menjadi media belajar yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Contohnya seperti belajar matematika saat menghitung poin, jumlah dadu, dan lainnya.
  • Mampu membantu menumbuhkan jiwa berkompetisi anak-anak. Board game akan melatih mental anak-anak agar menjadi semakin percaya diri. Terutama mereka yang suka malu-malu.

5. Berolahraga di Rumah

Agar kesehatan tetap terjaga, kamu masih bisa berolahraga meski di dalam rumah. Ajak juga seluruh anggota keluarga untuk melakukan aktivitas fisik bersama. Tujuannya agar aktivitas olahraga menjadi semakin seru.

Pastikan juga kamu memilih olahraga yang tepat dan cocok dilakukan bersama-sama. Contohnya seperti stretching, sit up, push up, jumping jack, dan masih banyak jenis olahraga lainnya.

Manfaat Olahraga di Rumah

Meskipun kamu melakukan olahraga ini di rumah, namun manfaat yang dirasakan tetap sama seperti olahraga outdoor. Berikut kami sudah merangkum apa saja manfaat-manfaatnya:

  • Mampu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Selain itu, olahraga juga dapat membuat Anda merasa bahagia. Pasalnya, aktivitas fisik ini juga bisa mencegah depresi dan rasa cemas.
  • Bisa menambah energi bagi orang sehat maupun mereka yang sedang dalam kondisi medis tertentu.
  • Terbukti mampu mengurangi risiko penyakit-penyakit kronis. Olahraga di dalam rumah juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar lemak, dan lainnya.
  • Menjaga kesehatan dan juga memori otak. Terutama jika kamu melakukan aktivitas tersebut secara rutin dan teratur. Olahraga juga bisa meningkatkan fungsi otak dan juga melindungi daya ingat.
  • Olahraga secara teratur bisa membantu kamu tetap rileks dan kualitas tidur tetap terjaga dengan baik.

Membicarakan tentang kesehatan, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk dari QNET Direct Selling. Pasalnya, ada banyak produk kesehatan terbaik untuk kamu dan keluarga.

6. Menonton Acara TV atau Streaming Bersama

Acara TV maupun streaming bisa menjadi dua solusi mengatasi gabut di rumah saat pandemi covid-19. Kamu tinggal memilih acara yang tepat ditonton bersama keluarga tercinta. Carilah acara-acara positif yang ramah untuk anak-anak.

Selain acara-acara TV , film maupun serial streaming, kamu juga bisa memilih berbagai tontonan di Youtube. Banyak konten-konten positif yang ramah untuk keluarga, khususnya anak-anak di Youtube.

Manfaat Menonton Bersama Keluarga

Meski terkesan hanya diam saja, namun jangan salah, ternyata menonton bersama memiliki banyak manfaat. Berikut apa saja manfaat-manfaatnya:

  • Acara atau konten-konten yang edukatif bisa menambah wawasan. Tontonan semacam ini akan menambah ilmu dan dan wawasan kamu.
  • Sebagai sarana untuk melakukan interaksi dengan keluarga. Sambil menonton, kamu bisa berinteraksi dengan anak-anak, saudara, dan anggota keluarga lainnya.
  • Menawarkan jenis hiburan berkualitas yang murah meriah. Terutama di saat pandemi seperti ini, karena pemerintah masih membatasi orang yang mau menonton di bioskop.
  • Sebagai sarana untuk anak-anak yang ingin mempelajari sesuatu. Karena ada banyak tontonan yang bisa menambah kemampuan dan keahlian anak-anak.

7. Membaca Buku Bersama

Manfaatkan waktu di rumah dengan hal-hal yang positif dan berkualitas. Salah satunya yaitu dengan membaca buku. Bagi yang sudah berumah tangga, aktivitas ini juga menjadi cara yang tepat untuk mengenalkan membaca pada anak.

Saat memilih buku, alangkah baiknya kamu sesuaikan dengan bacaan yang disukai oleh keluarga. Silahkan pilih buku sesuai kategori, baik itu genre, maupun kategori buku yang cocok untuk anak-anak.

Manfaat Membaca

Kebiasaan membaca buku tergolong sangat banyak sekali manfaatnya. Berikut apa saja manfaat-manfaat dari aktivitas tersebut.

  • Membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi.
  • Menurunkan risiko depresi dan stres dibandingkan dengan mendengarkan musik.
  • Bagus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi.
  • Membaca buku secara rutin dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

8. Aktivitas Memasak Bersama Keluarga

Memasak ternyata bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bersama keluarga. Kamu bisa mencoba aktivitas ini selama masa pandemi. Selain itu, dengan memasak sendiri makanan di rumah, menu makanan keluarga akan terjamin kebersihannya.

Dalam mencari menu yang akan dibuat, pastikan bahan-bahannya mudah dicari dan resepnya mudah dibuat. Mencari resep makanan bisa kamu lakukan melalui internet, atau bisa juga melalui Youtube.

Manfaat Aktivitas Memasak Bersama

Aktivitas ini menawarkan keseruan saat berada di rumah. Selain itu, juga ada banyak manfaat-manfaat lainnya sebagai berikut:

  • Meningkatkan kehangatan kebersamaan dengan keluarga tercinta. Aktivitas ini sarat dengan komunikasi yang juga dapat menjaga kehangatan dan kebersamaan keluarga.
  • Membantu anak untuk mengembangkan sensitivitas rasa. Anak-anak akan mempelajari bagaimana berpendapat terhadap suatu masakan yang dibuat. Aktivitas ini juga dapat melatih mereka agar bisa mencium aroma masakan yang enak.
  • Melatih konsentrasi dan daya ingat. Karena, saat mengolah masakan, ada banyak resep dan langkah-langkah mengolah masakan yang harus diingat.
  • Menambah wawasan anak. Pasalnya, kamu dan anggota keluarga lainnya harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari memotong-motong, mengetahui kandungan gizi pada bahan makanan, dan lainnya.
  • Membiasakan pola makan yang sehat dengan memilih bahan-bahan terbaik. Maksud terbaik di sini yaitu bahan-bahan yang bergizi tinggi dan bagus untuk kesehatan.

Itulah beberapa aktivitas seru yang bisa kamu coba lakukan bersama keluarga di rumah selama pandemi. Kamu bisa memilih salah satunya, atau mencoba semua kegiatan-kegiatan tersebut satu per satu.

Baca Juga : Apakah Lemak Di bawah Kulit Baik Atau Buruk?