Minggu, Agustus 7, 2022

15 Kegiatan Pengembangan Diri yang Dapat Dilakukan

Banyak orang yang sudah nyaman dengan pekerjaan atau aktivitasnya sekarang enggan melakukan pengembangan diri. Tahukah Anda melakukan pengembangan diri sangatlah penting, hal ini bisa menggali potensi diri Anda agar lebih sukses.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pengembangan diri tahukah Anda apa sebenarnya istilah ini?

Pengembangan diri atau self development merupakan sebuah upaya untuk menggali dan meningkatkan potensi yang ada dalam diri Anda. Tujuan utama melakukan pengembangan diri adalah agar Anda bisa terus bisa maju dan lebih berhasil dari sekarang.

Kegiatan Pengembangan Diri yang Dapat Dilakukan

Kegiatan-Pengembangan-Diri-yang-Dapat-Dilakukan-QNET

Photo by MChe Lee on Unsplash

Pengembangan diri tidak hanya sebatas skill atau kemampuan fisik saja, melainkan mencakup kepribadian dan emosional. Untuk Anda yang ingin mengembangkan potensi yang ada di dalam diri Anda cobalah beberapa aktivitas berikut ini.

1.     Menentukan Tujuan Hidup

Seperti yang sudah dijelaskan, pengembangan diri tidak selalu berupa penambahan skill atau pengetahuan. Anda bisa mulai mengembangkan diri dengan menentukan tujuan hidup.

Tujuan hidup harus Anda miliki sejak dari sekarang. Tanpa adanya tujuan hidup Anda tidak akan tahu apa yang harus Anda lakukan. Dengan tahu apa tujuan hidup Anda maka Anda bisa mulai untuk mengembangkan diri Anda.

Contoh pengembangan diri dari tujuan hidup adalah jika Anda bertujuan ingin menjadi seorang model maka Anda harus mengembangkan kemampuan modelling. Namun jika Anda tidak mempunyai tujuan hidup maka Anda tidak tahu harus melakukan apa.

2.     Aturlah Pola Hidup Anda Sebaik Mungkin

Pengembangan diri yang paling penting adalah menata hidup Anda menjadi lebih baik. Agar potensi dari dalam diri Anda keluar maka Anda harus mulai mengatur pola hidup Anda mulai dari sekarang.

Jalankan pola hidup sehat yang bisa membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Biasakan diri Anda untuk melakukan hal-hal yang baik mulai dari diri Anda.

Misalnya saja dengan makan makanan yang bergizi. Makan makanan bergizi sangat baik untuk tubuh, dengan memberikan tubuh makanan bergizi maka Anda sudah menerapkan pola hidup yang baik.

3.     Fokus Saja dengan Kelebihan Anda

Fokus-Saja-dengan-Kelebihan-Anda-QNET

Photo by Chase Clark on Unsplash

Sebenarnya ada banyak aktivitas pengembangan diri yang bisa kamu lakukan. Namun melakukan semuanya tanpa adanya tujuan dan fokus tertentu hanya akan membuang waktu saja.

Agar potensi dalam diri Anda berkembang dengan maksimal maka fokuskan saja dengan kelebihan yang Anda miliki. Setiap orang pasti mempunyai kelebihan yang berbeda. Anda tidak perlu fokus pada kelebihan orang lain tapi fokuslah pada kelebihan diri Anda sendiri.

Mulailah untuk mengasah kelebihan yang Anda miliki. Dengan cara ini potensi dalam diri Anda akan terlihat dan bisa berkembang dengan maksimal.

4.     Belajar Mengikhlaskan dari Hal yang Kecil

Pengembangan diri secara emosional juga perlu Anda lakukan. Orang yang tidak berkembang biasanya dia belum bisa memaafkan atau mengikhlaskan hal kecil yang pernah terjadi pada dirinya.

Anda yang ingin berkembang harus mulai belajar mengikhlaskan hal kecil yang pernah terjadi pada diri Anda. Anggaplah hal kecil itu adalah masa lalu yang sudah berlalu. Maafkanlah diri Anda sendiri dan mulailah untuk menerima keadaan yang sekarang.

Mengikhlaskan dan menerima keadaan yang sekarang ini memang tidaklah mudah. Namun Anda harus melakukan hal ini. Anda yang belum bisa menerima keadaan akan sangat sulit mengembangkan potensi yang ada dalam diri Anda.

5.     Perbaiki Penampilan

Aktivitas pengembangan diri paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki penampilan. Anda bisa mengubah penampilan Anda menjadi lebih rapi dan sopan. Selain itu, Anda juga bisa mengganti model fashion menjadi yang lebih trendy.

Mengembangkan diri melalui penampilan ini sangat penting. Apalagi Anda yang sering bertemu dengan banyak orang, penampilan adalah salah satu hal utama untuk Anda.

Mengubah penampilan menjadi lebih baik akan membuat orang lebih menghargai Anda. Kepribadian Anda akan terlihat lebih baik dengan penampilan yang baik.

6.     Rajin Ikut Workshop dan Seminar

Aktivitas pengembangan diri lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti workshop atau seminar. Jenis aktivitas ini merupakan aktivitas untuk mengembangkan skill Anda.

Mengikuti seminar atau workshop ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan Anda. Anda juga bisa mencoba mengikuti seminar dengan tema yang berbeda-beda. Hal ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Selain itu, dengan sering mengikuti workshop atau seminar relasi Anda juga bisa semakin bertambah. Semakin banyak relasi Anda maka semakin banyak peluang-peluang baik untuk Anda.

7.     Jalin Hubungan yang Berkualitas dengan Orang Lain

Pengembangan diri juga bisa Anda lakukan dengan menjalin hubungan yang berkualitas dengan orang lain. Hubungan yang berkualitas adalah hubungan yang baik dan saling menguntungkan.

Belajar menjalin hubungan yang berkualitas dengan orang lain secara tidak langsung mengasah emosional Anda. Anda akan merasa lebih peka dan merasakan empati.

8.     Melanjutkan Pendidikan

Aktivitas pengembangan diri lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melanjutkan pendidikan. Anda yang lulusan SMA atau sederajat bisa mengambil kuliah untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Melanjutkan pendidikan merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengembangkan diri Anda. Dengan melanjutkan pendidikan Anda akan mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengalaman.

Anda bisa mengambil pendidikan yang linier dengan pekerjaan Anda saat ini atau dengan jurusan sekolah Anda. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin belajar dan mencoba hal baru dengan mengambil jurusan yang berbeda.

9.     Bergabung dengan Komunitas Tertentu

Aktivitas pengembangan diri lainnya yang bisa Anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas tertentu. Saat ini keberadaan komunitas sangat banyak dan mudah untuk ditemui. Anda bisa bergabung dengan komunitas sesuai dengan hobi atau ketertarikan kamu.

Bergabung dalam komunitas sangat banyak manfaatnya. Selain bisa mengembangkan diri, Anda juga bisa menjalin banyak relasi. Pengalaman baru juga akan Anda dapatkan dengan bergabung dalam komunitas.

Sebenarnya bergabung dalam komunitas tertentu tidak hanya bisa menambah skill saja. Anda juga akan merasakan kesenangan tertentu dengan bergabung dalam komunitas. Apalagi jika komunitas yang Anda ikuti sesuai dengan minat dan hobi Anda.

10.  Mengikuti Program Profesional

Jika Anda tidak ingin melanjutkan pendidikan maka aktivitas pengembangan diri yang bisa Anda coba adalah mengikuti program profesional. Program profesional ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melanjutkan pendidikan. Hanya saja dalam program profesional lebih khusus untuk mengembangkan kemampuan tertentu.

Mengikuti program profesional sangat menguntung, terutama untuk Anda yang ingin menambah kemampuan. Anda akan belajar menjadi lebih profesional dan menguasai bidang yang sedang Anda pelajari.

Saat ini ada banyak program profesional yang bisa Anda ikuti. Pilih yang sesuai dengan pekerjaan atau hobi atau minat Anda.

11. Mengikuti Mentoring

Untuk Anda yang baru lulus dan ingin masuk kerja, aktivitas pengembangan diri yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti mentoring. Program mentoring ini sebuah program di mana Anda akan belajar dengan 1 guru atau atasan.

Dalam program mentoring ini Anda akan dibimbing dan diawasi dalam melakukan sebuah pekerjaan. Program mentoring sangat berguna bagi Anda yang baru mulai masuk kerja. Dengan program ini Anda akan lebih mengerti apa saja job desk Anda.

Selama program mentoring Anda juga akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Jadi Untuk Anda yang ingin mengembangkan diri bisa mengikuti program mentoring.

12. Meningkatkan Interpersonal Skill

Aktivitas pengembangan diri lainnya yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan interpersonal skill. Interpersonal skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kemampuan interpersonal skill merupakan kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik. Untuk mengembangkan diri dalam dunia kerja Anda harus mengasah kemampuan ini.

Salah satu cara untuk mengasah kemampuan ini adalah dengan belajar berkomunikasi yang baik. Banyak orang yang masih awam untuk menjalin komunikasi yang baik. Anda harus mulai belajar kemampuan ini untuk mengembangkan diri Anda.

13.  Mencoba Kegiatan Baru

Melakukan kegiatan baru bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas pengembangan diri. Hal baru yang bisa Anda coba untuk mengembangkan diri adalah memulai bisnis penjualan langsung atau direct selling.

Bisnis direct selling atau penjualan langsung memang bukan bisnis yang baru. Namun untuk Anda mungkin ini bisa menjadi salah satu hal baru yang patut Anda coba.

Anda yang ingin memulai bisnis penjualan langsung bisa bergabung dengan QNET. QNET merupakan salah satu perusahaan penjualan langsung terbesar di dunia yang sudah ada sejak puluhan tahun. Di sini Anda bisa belajar banyak hal, termasuk menjalin komunikasi yang baik.

Berbisnis bersama QNET tidak hanya sekedar untung dan rugi saja tapi juga bermanfaat untuk Anda. Anda bisa mengembangkan diri dan menuju kesuksesan Anda bersama dengan QNET.

14.  Sering Membaca Buku

Aktivitas pengembangan diri sederhana yang bisa Anda lakukan adalah sering membaca buku. Seperti kata pepatah buku adalah jendela dunia, melalui buku Anda bisa menemukan banyak hal baru yang menarik.

Anda bisa mulai dengan membaca buku yang ringan seperti majalah atau koran. Dengan membaca buku atau majalah bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan Anda mengenai berita terkini. Biasakanlah untuk membaca buku setiap harinya untuk menambah wawasan Anda.

Dengan membaca buku, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda. Hal ini karena dengan membaca buku kosa kata Anda bisa bertambah. Anda juga bisa menemukan berbagai istilah dan kata baru yang bisa menambah kemampuan Anda.

15.  Ikut Pelatihan Tertentu

Rekomendasi aktivitas pengembangan diri yang terakhir adalah mengikuti pelatihan tertentu. Ikut pelatihan bisa membuat kemampuan Anda menjadi lebih banyak dan bertambah.

Anda bisa mengikuti pelatihan atau kursus online secara gratis ataupun ikut kursus berbayar. Mengikuti pelatihan tidak ada ruginya, Anda justru akan mendapatkan banyak manfaat. Selain kemampuan Anda bertambah, relasi Anda juga bisa bertambah dengan mengikuti pelatihan tertentu.

Untuk mengembangkan diri Anda bisa mengikuti banyak pelatihan. Semakin banyak pelatihan yang Anda ikuti maka kemampuan Anda juga akan semakin banyak. Hal ini tentu akan berdampak baik bagi karir atau pekerjaan Anda.

Jika Anda bertanya kapan waktu yang tepat melakukan aktivitas pengembangan diri ini? Jawabannya adalah sekarang. Apapun profesi Anda, apapun kegiatan Anda saat ini teruslah untuk mengembangkan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Perlu Anda ingat, pengembangan diri bukanlah untuk orang lain melainkan untuk diri Anda sendiri. Semakin Anda sering mengembangkan diri maka potensi Anda semakin terasah. Dengan demikian Anda bisa meraih kesuksesan yang Anda impikan.

Baca Selengkapnya: 10 Langkah Pelatihan dan Pengembangan Penjualan

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini