Selasa, November 29, 2022

16 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Tiru

Banyak orang ingin menjadi sukses tapi jarang yang mau berjuang mewujudkannya. Padahal dibalik cerita kesuksesan seseorang ada perjalanan panjang yang telah mereka lalui. Karenanya cara menjadi orang sukses tidak sama antara satu orang dan lainnya. Semua bergantung pada satu hal: kemauan.

Namun biasanya hampir kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan baik yang sama. Yang dapat Anda tiru bila ingin menjadi sukses. Berikut ini kami rangkumkan 16 kebiasaan orang sukses. Cobalah untuk membiasakannya dan menerapkannya dalam kehidupan, siapa tahu Anda lah orang sukses berikutnya.

Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Tiru

1.     Tidak Mudah Menyerah

Photo by Rowen Smith on Unsplash

Tips sukses yang pertama adalah tidak mudah menyerah. Seorang yang sukses tentu dia akan gigih dan tidak mudah menyerah. Bahkan Kolonel Sanders seorang pendiri KFC telah ditolak hingga 1009 kali. Bayangkan jika ia gampang menyerah, mungkin KFC tidak akan bisa sebesar sekarang.

Seorang penulis karya besar Harry Potter, JK Rowling juga pernah ditolak oleh 12 penerbit sebelum bukunya dicetak dan  terkenal seperti saat ini. Kalau saat itu JK Rowling menyerah begitu saja, tentu tidak akan ada film bernuansa sihir nan apik seperti Harry Potter.

2.     Selalu Mau Mencoba

Tips sukses berikutnya adalah selalu mau mencoba. Setelah ditolak berkali-kali dengan resep yang dibawa, Kolonel Sanders selalu mau mencoba untuk menemukan resep yang tepat. Hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan resep ayam goreng yang enak.

Sebelum menjadi seorang pemeran utama, aktris Oki Setiana Dewi juga selalu mencoba untuk ikut berbagai casting film. Meski kadang peran yang ia jalankan hanya sebatas figuran atau lewat sesekali.

Atau bahkan hanya terlihat kakinya saja, namun dia tak mau menyerah dan selalu mencoba. Hingga akhirnya bisa menjadi pemeran utama dalam film yang booming kala itu, Ketika Cinta Bertasbih.

Dan seorang yang sukses sepatutnya memang akan selalu mau mencoba. Gagal dengan yang ini ia mencoba yang lain. Jika belum enak, coba resep yang ini, coba lagi, hingga akhirnya bisa berhasil atau mungkin mencari hal lain yang bisa dicoba kembali.

3.     Tidak Ragu Mencoba Hal Baru

tidak-ragu-mencoba-hal-baru-QNET

Photo by Samantha Sophia on Unsplash

Jika Deddy Corbuzier tidak mau mencoba membuat podcast Youtube kala itu, mungkin youtube Deddy Corbuzier tidak akan sebesar sekarang. Karenanya mau mencoba hal baru adalah salah satu tips sukses yang seharusnya Anda tiru jika Anda juga ingin sukses.

Begitu juga yang terjadi pada perusahaan-perusahaan besar yang sekarang bangkrut, seperti Nokia, Yahoo, dan lainnya. Enggan mencoba hal baru dan senantiasa memperbaharui diri membuat seseorang akan stuck dan lari di tempat. Akibatnya tertinggal dari rekan yang lain.

4.     Sedikit Tidur

Tentu harus ada hal yang harus dikorbankan jika Anda ingin menjadi sukses. Salah satu hal yang harus Anda korbankan adalah jam tidur. Seorang BJ Habibie bahkan hanya tidur selama 4 jam saja, sisanya Beliau habiskan untuk observasi dan belajar.

Mungkin akan susah jika mengikuti gaya tidur seorang BJ Habibie. Namun tentu saja orang yang menghabiskan banyak waktunya untuk tidur akan lebih lama sukses dibanding yang sedikit tidur.

5.     Punya Banyak Relasi

Tips sukses berikutnya adalah memiliki banyak relasi. Dengan memiliki banyak relasi akan memungkinkan Anda membuka kesempatan seluas mungkin. Dan Anda dapat melihat bahwa orang sukses biasanya memiliki jaringan pertemanan atau relasi yang luas.

Seperti Raffi Ahmad yang berteman dengan banyak sultan, sehingga sedikit banyak mempengaruhi perluasan bisnisnya.

Meski cara menjadi orang sukses tidak selalu sama, tapi Anda bisa meniru kebiasaan bergaul yang membuatnya bisa dekat dengan banyak orang dari kalangan manapun.

6.     Suka Membaca

Orang yang sukses tentu memiliki kebiasaan membaca yang baik. Salah satunya adalah membaca pengalaman orang lain. Belajar bagaimana seseorang membangun kesuksesannya atau apa saja yang membuatnya gagal mempertahankannya.

Anda dapat membacanya di buku, koran, media online, dan lainnya. Bisa tentang apa saja, tidak melulu harus buku tentang cara menjadi orang sukses. Anda juga bisa membaca kisah kegagalan sebelum seseorang sukses, sehingga tidak perlu mengulang kegagalan yang sama.

Dengan membaca banyak buku, Anda akan punya banyak pencerahan yang sedikit banyak mengubah cara memandang hidup.

7.     Punya Target yang Jelas

Orang sukses biasanya pandai dalam merencanakan dan melihat peluang. Sehingga ia dapat memiliki gambaran jelas, apa yang harus dicapai dalam sebulan, setahun, bahkan beberapa tahun ke depan. Dengan begitu dia bisa tahu apa yang harus dia lakukan sehingga tidak ada waktu bersantai.

Cara menjadi orang sukses yang dapat Anda tiru adalah bagaimana memetakan target. Target apa yang hendak dicapai dan bagaimana mewujudkannya.

8.     Disiplin Tinggi

Tips sukses selanjutnya adalah disiplin tinggi. Untuk mencapai kesuksesan seseorang tentu haruslah memiliki kedisiplinan yang tinggi. Seorang Ade Rai dapat membentuk tubuhnya menjadi berotot seperti sekarang, dengan menerapkan disiplin tinggi.

Bahkan beliau masih mengkonsumsi 40 putih telur hingga saat ini. Karenanya di usianya yang sudah 50 tahunan, Ade Rai masih tampak bugar. Bayangkan bila Beliau berhenti diet dan pola hidup sehat, mungkin akan berbeda hasilnya.

Karenanya penting untuk Anda menerapkan tips sukses berupa disiplin tinggi mencontoh dari Ade Rai berikut.

9.     Rajin Sedekah

Rajin Bersedekah adalah salah satu tips sukses yang sering orang sukses kerjakan. Dengan banyak memberi, sesungguhnya Anda sedang berbuat sebuah kebaikan yang manfaatnya sebenarnya akan terasa untuk Anda sendiri.

Bill Gates adalah salah satu contoh orang sukses yang sering bersedekah, membantu proyek-proyek alam dan kemanusianaan. Jadi cara menjadi orang sukses tidak melulu mengenai diri sendiri. Berbagi sesuatu kepada orang lain juga dapat menjadi jembatan kesuksesan seseorang.

10.  Mengurangi Hal-hal yang Tidak Bermanfaat

Untuk menjadi sukses, seorang yang sedang berjuang tentu tidak punya waktu banyak untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Mereka sibuk dengan peningkatan life skill, membuka peluang, dan mempersiapkan kesuksesan.

Bermalas-malasan, mager,  bukanlah cara menjadi orang sukses yang dapat Anda tiru. Karena hampir tidak pernah ada kisah kesuksesan yang dipenuhi dengan drama bermalas-malasan.

11. Pandai Berhemat

Kebanyakan orang sukses umumnya adalah orang yang pandai berhemat. Mereka tidak akan ikut-ikutan mementingkan gaya hidup, melainkan memang karena kebutuhan. Itulah salah satu yang dilakukan Tung Desem Waringin, motivator sukses.

Sebelum benar-benar punya kemampuan untuk membeli sesuatu, apalagi hanya untuk gaya, mereka tidak akan menghambur-hamburkan uang. Bahkan biasanya mereka membeli barang branded untuk keperluan investasi atau sedikit penghargaan untuk diri sendiri.

Warren Buffett, seorang miliarder yang juga CEO Berkshire Hathaway ini bahkan selalu menikmati menu sarapan yang sama selama lebih dari 50 tahun yang biayanya bahkan tak lebih dari Rp 50.000. Padahal bisa saja ia membeli lebih dari itu atau bahkan membeli tempat makannya sekaligus.

12.  Punya Quality Time dengan Keluarga

Tips sukses berikutnya adalah penyayang keluarga. Orang sukses tahu betul bahwa di balik seorang yang sukses ada keluarga yang selalu menyemangati mereka. Menemani di kala susah, mendampingi dikala senang.

Karenanya meski waktunya sedikit, mereka akan mengupayakan punya quality time saat bersama dengan keluarga.

13.  Bangun Pagi

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa orang sukses umumnya adalah orang yang sedikit tidur. Karenanya biasanya mereka akan sangat menyukai bangun pagi. Karena di pagi hari suasana masih fresh dan segar untuk berpikir merencanakan hal-hal baru untuk hidup mereka.

Jarang sekali cerita kesuksesan dikaitkan dengan kegemaran bangun siang. Karena orang yang sukses adalah orang yang gigih dan memiliki semangat juang tinggi, sehingga tidak sempat untuk tidur yang begitu lama. Mereka tidak lagi memperhatikan lamanya, namun lebih pada kualitasnya.

14.  Optimis

Orang yang sukses tahu apa yang ingin dicapai sehingga punya target dari apa yang dilakukan. Selain itu, dia juga tidak gampang kalah dengan keadaan. Karenanya dia akan memiliki sikap optimis dan keyakinan tinggi bahwa ia akan bisa melewati semua halangan yang dilalui sebelum sukses.

Anda dapat meniru sikap optimis dari ibu seorang Thomas Alva Edison, sang penemu lampu pijar. Siapa sangka penemu besar seperti Thomas Alva Edison pernah ditolak oleh beberapa sekolah bahkan dicap sebagai orang yang bodoh.

Namun ibunya yang tahu bahwa anaknya tidak bodoh penuh dengan rasa optimis bahwa suatu saat anaknya akan menjadi orang besar. Bukan mengecilkan hati anaknya, malah ia memilih mendidik sendiri melalui homeschooling.

Jika saja dulu dia pesimis, mungkin lampu di rumah kita tidak dapat seterang saat ini.

15.  Jeli Melihat Peluang

Cara menjadi orang sukses berikutnya adalah jeli terhadap peluang. Biasanya mereka malah tidak menunggu peluang, melainkan menciptakan peluang sehingga bisa menjadi jalan untuk menuju apa yang mereka inginkan.

Tentu ini tidak terjadi begitu saja. Butuh pengalaman dan waktu untuk bisa seperti ini. Anda bisa memulainya mencoba mengambil setiap peluang yang ada dan memberikan yang terbaik dari yang Anda bisa.

16.  Semangat Belajar Tinggi

Tips sukses yang terakhir adalah semangat belajar. Untuk mencapai kesuksesan, seseorang haruslah haus dengan belajar. Belajar pun bisa dimana saja, kapan saja, tidak melulu di sekolah.

Siapa sangka seorang pengusaha besar ternama seperti Chairul Tanjung ternyata dulunya merupakan seorang dokter gigi. Jika saja beliau tidak memiliki semangat belajar tinggi dan merasa cukup hanya dengan satu bidang keilmuan saja, mungkin tidak akan ada Trans TV seperti saat ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa kebiasaan orang sukses yang bisa Anda tiru. Bagaimanapun semua orang bisa menjadi sukses asalkan dia punya tekad dan kemauan yang tinggi. Meski cara menjadi orang sukses tidak selalu sama, karena jalan hidup masing-masing orang berbeda.

Sedikit tidur, suka membaca, disiplin tinggi, optimis, suka bangun pagi, rajin sedekah, gigih adalah kebiasaan yang dapat Anda tiru bila Anda sedang mencari cara menjadi orang sukses. Yang terpenting adalah jangan bandingkan kesuksesan Anda dengan lain, Anda bisa meniru semangat yang mereka punya.

Ada orang yang sukses di usia muda, juga usia tua. Untuk tips sukses di usia muda juga tidak terlalu berbeda dengan beberapa hal di atas. Kunci sukses adalah kemauan seseorang untuk mau membiasakan kebiasaan-kebiasaan baik secara konsisten hingga membawanya pada gerbang kesuksesan.

Semoga cara menjadi orang sukses yang kami tuliskan sebelumnya dapat membawa Anda menjadi orang sukses sebenarnya

Baca Selengkapnya: 10 Tips Sukses Qnet Direct Selling

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini