Minggu, Agustus 7, 2022

Ayo Kenali Jenis Moisturizer dan Manfaatnya bagi Kulit Wajah Anda

Produk moisturizer atau pelembap pastinya tidak pernah ketinggalan bagi Anda yang rutin merawat kulit wajah. Di pasaran terdapat macam-macam pelembab wajah yang bisa Anda sesuaikan dengan tipe kulit Anda.

Bagi Anda yang baru ingin memakai moisturizer, perlu tahu dulu manfaat dan cara menggunakan moisturizer. Moisturizer terbukti mampu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah dari munculnya berbagai masalah kulit.

Penggunaan pelembap secara rutin akan memperlambat laju dan intensitas munculnya garis-garis halus dan kerutan. Artikel ini akan membahas banyak hal mengenai macam-macam pelembab wajah, manfaatnya, serta cara menggunakan moisturizer dengan benar.

Mengapa Anda Mesti Menggunakan Pelembap?

Photo by Fleur Kaan on Unsplash

Alasan Anda sebaiknya menggunakan pelembap yang utama dalah melindungi kulit. Berikut sederet kebaikan dari penggunaan macam-macam pelembab wajah.

1. Mencegah Timbulnya Berbagai Masalah Kulit

Ketika kulit Anda terlalu kering atau terlalu berminyak tentunya akan mengundang datangnya masalah kulit. Penggunaan moisturizer di sini akan membantu menjaga keseimbangan antara kondisi kulit kering dan kulit berminyak.

Masalah kulit yang bisa muncul ketika Anda melewatkan pemakaian produk pelembap di antaranya, masalah jerawat, komedo, kulit kusam, dan masalah kulit lainnya.

Masalah kulit seperti jerawat akan tumbuh subur di saat kulit terlalu banyak memproduksi minyak atau di saat kulit terlalu kering. Manfaat moisturizer untuk jerawat sangat Anda butuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegahnya muncul kembali.

Jika Anda pemilik tipe kulit berminyak sebaiknya memilih produk pelembap berbentuk lotion yang ringan dan berbahan air serta mengandung bahan exfoliant. Berbeda halnya jika kulit Anda tergolong kulit kering maka pilihlah produk pelembap berbentuk krim.

Terdapat macam-macam pelembap wajah yang diformulasikan sesuai jenis kulit konsumen. Jadi, penting untuk memilih pelembap yang memang cocok dengan tipe kulit Anda

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa terjadi pada siapa saja termasuk juga Anda, apalagi jika aktivitas keseharian Anda di ruang ber-AC atau di bawah terik matahari dan mesti terkena polusi. Lingkungan yang kurang bersahabat jadi salah satu penyebab kulit lebih cepat menua.

Area di wajah yang rentan mengalami penuaan dini yaitu area sekitar wajah, leher, telinga, dan dada. Penggunaan pelembap akan membantu memenuhi nutrisi dan hidrasi yang cukup di area wajah tersebut. Sehingga, sel-sel kulit wajah tetap sehat dan beregenerasi dengan baik untuk membentuk sel kulit baru.

Jika demikian, pelembap akan mengurangi timbulnya kerutan atau keriput di wajah, sehingga kulit wajah akan tetap kencang, kenyal atau elastis, dan sehat.

Tidak hanya menghambat munculnya keriput, tanda-tanda penuaan dini lainnya seperti kulit mengendur, muncul flek atau noda hitam di wajah bisa terhindarkan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk rutin mengaplikasikan pelembap pada area wajah dan sekitarnya agar kelembapan kulit terjaga dan terhindar dari penuaan dini. Walaupun ada banyak macam-macam pelembap wajah beredar, semuanya punya kegunaan utama yaitu melembapkan kulit.

3. Melindungi Kulit Saat Beraktivitas dalam dan Luar Ruangan

Kerasnya pengaruh lingkungan terhadap kesehatan kulit menjadikan Anda harus punya tameng berupa produk moisturizer. Saat beraktivitas di dalam ruangan ber-AC selama berjam-jam akan menyebabkan kulit kering juga pecah-pecah.

Untuk melindungi kulit, Anda perlu menggunakan moisturizer agar kulit tidak mendapat pengaruh buruk dari penggunaan AC dan kulit tetap lembab.

Tidak jauh berbeda dengan efek ruangan ber-AC, efek sinar UV dari matahari dan polusi udara menghilangkan kelembapan kulit yang berujung pada munculnya berbagai masalah.

Tapi jika Anda memakai produk pelembap plus tabir surya, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kulit bakal terbakar, kusam, berjerawat, dan masalah kulit lainnya.

4. Membuat Kulit Lebih Halus

Saat kulit terhidrasi dengan baik, ketika disentuh teksturnya terasa lebih lembut dan halus. Ada beberapa kandungan yang umum dijumpai dalam produk-produk pelembab. Seperti, glycerin, aloe vera, hyaluronic acid, squalane, dan ceramide.

Bahan-bahan tersebut terbukti mampu menyegel air keluar dari pori-pori kulit. Sehingga kulit terhindar dari kekeringan yang bertekstur kasar.

Kandungan yang ada dalam macam-macam pelembap wajah bekerja pada sel-sel di bagian epidermis (lapisan paling atas kulit). Pelembap akan mencegah kelembaban meninggalkan permukaan kulit dan/atau mengisi kembali kebutuhan air kulit Anda.

Olehnya itu, pelembap akan selalu mengandung air yang cukup dan lmengandung semacam lilin, minyak atau minyak yang menjebak air di kulit sehingga tidak langsung menguap.

5. Mengontrol Produksi Minyak pada Wajah

Jika Anda tidak ingin kulit berminyak Anda semakin berminyak maka Anda mesti melengkapi skincare harian dengan menggunakan produk moisturizer. Kenapa? Sebab saat kulit dehidrasi, lapisan kulit akan merespon dengan memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

Produksi minyak atau sebum berlebih akan berisiko menyumbat pori sehingga kulit akan lebih gampang berjerawat.

Produk dari macam-macam pelembap wajah akan menghidrasi kulit sehingga kulit tidak perlu memproduksi minyak lebih banyak. Alhasil, produk pelembap juga bermanfaat dalam mengontrol produksi minyak pada kulit wajah.

Jenis Moisturizer yang Perlu Anda Ketahui

Photo by pmv chamara on Unsplash

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ada perbedaan moisturizer dan pelembap. Sebenarnya, penggunaan dan manfaatnya hampir sama saja, yang membedakan hanya kandungannya. Moisturizer mengandung bahan aktif seperti glycerin, lactic acid, hyaluronic acid, dan lainnya.

Sedangkan pelembap mengandung bahan-bahan bersifat emolien dari lipid, ceramide, dan lainnya. Produk moisturizer terbagi ke dalam beberapa jenis yang nantinya bisa Anda sesuaikan dengan tipe kulit Anda.

1. Humectants

Molekul humectants bekerja dengan menarik air ke kulit dan menahannya agar tidak meninggalkan kulit. Molekul ini juga membuat sel-sel baru menempel di permukaan kulit sehingga menjaga kulit tidak terkelupas.

Selain itu, mereka merangsang produksi ceramide alami tubuh, yang menjaga hilangnya air dari lapisan terluar.

Macam-macam pelembab wajah yang beredar di pasaran hampir semuanya bekerja dengan cara yang sama untuk melembapkan kulit.

Yang membedakan bisa dari penambahan aroma yang menenangkan, tambahan pengawet, dan lain sebagainya. Jenis pelembap ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak, kulit kombinasi, atau acne prone.

Bahan-bahan yang terkandung dalam pelembap jenis humectants dibuat lebih ringan sehingga mudah menyerap ke kulit, serta tidak meninggalkan kesan berminyak.

Hal ini dikarenakan kandungannya yang berbahan dasar air, biasanya lebih ringan dan tidak meninggalkan kesan berminyak di kulit wajah. Karena formula cukup ringan, humektan cukup efektif digunakan baik pada siang hari, bahkan bisa menjadi booster alias serum yang berguna melembapkan.

Humectants muncul dalam produk skincare dalam beberapa jenis di antaranya hyaluronic acid, AHA, sorbitol, dan urea

2. Emollient

Emollient merupakan jenis moisturizer yang bekerja dengan mengisi ruang diantara sel-sel kulit yang kehilangan lipid sehingga tetap lembap dan terasa lebih halus.

Cara kerja pelembap yang satu ini cukup berbeda dari pelembap lainnya. Makanya banyak orang yang mempercayakan perawatan kulitnya dengan memilih jenis moisturizer emollient.

Karena dapat memperbaiki jaringan kulit, jenis emollient mampu menghaluskan kulit yang mengelupas atau pecah-pecah. Jenis moisturizer ini cocok bagi Anda yang kondisi kulitnya kering dan kasar, sering lecet, terbakar, dan gatal.

Dengan penggunaan emollient kondisi kulit Anda bisa dipulihkan dan kembali sehat dan halus. Moisturizer jenis emollient ini kebanyakan berbahan dasar minyak atau oil based seperti Shea butter, sunflower speed oil, jojoba oil, dan lain-lain.

3. Occlusive

Cara kerja jenis moisturizer ini cukup efektif menjaga kelembapan kulit karena memberikan lapisan pelindung pada permukaan kulit. Tujuannya untuk mencegah cairan pada kulit menguap agar tetap lembap.

Kandungan dari moisturizer jenis occlusive ini terdiri dari mineral oil, parafin, petrolatum, lanolin, wax, silicone dan lain sebagainya.

Ciri khusus dari pelembap ini, teksturnya berminyak, padat, dan lengket di kulit. Produk pelembap ini cenderung susah menyerap di kulit dan ada efek terasa tebal saat diaplikasikan pada wajah. Perlindungan tinggi dari moisturizer jenis ini tidak hanya bisa menjaga kelembapan tapi membantu mengatasi dan mencegah terjadinya masalah kulit lainnya.

Hanya saja pemakaian jenis pelembap ini tidak diperuntukkan untuk pemakaian sehari-hari. Hal ini karena bisa menyumbat pori sehingga kulit wajah bisa berjerawat.

Ada macam-macam pelembab wajah yang memiliki kandungan hampir sama. Hanya saja, perlu Anda perhatikan lagi jenis dan kegunaan utamanya.

Cara Menggunakan Moisturizer

Agar Anda bisa merasakan segala manfaat dari produk moisturizer Anda tentunya perlu mengaplikasikannya dengan cara yang benar. Berikut tutorial cara menggunakan moisturizer yang benar buat Anda.

1. Membersihkan Wajah

Cara menggunakan moisturizer yang pertama sebelum mengaplikasikan pelembap adalah Anda perlu memastikan wajah sudah bersih. Wajah haruslah bersih dari minyak, kotoran, serta bakteri yang masih menempel di permukaan kulit.

Pembersihan kulit perlu Anda lakukan agar kandungan dari pelembap dapat terserap ke kulit dengan baik dan Anda bisa segera merasakan manfaatnya. Membersihkan wajah bisa dengan menggunakan sabun khusus pembersih wajah yang melunturkan semua kotoran yang ada di wajah Anda.

2. Mengeringkan Wajah

Cara menggunakan moisturizer selanjutnya yaitu mengeringkan wajah. Setelah selesai membersihkan kulit jangan lupa untuk mengeringkannya. Gunakan handuk yang lembut dan bersih agar tidak menyakiti kulit Anda.

Cara mengeringkan kulit tidak dengan digosok tapi cukup menepuk-nepuk ringan handuk pada permukaan wajah hingga kering.

Setelah kulit bersih dan kering barulah Anda bisa lanjut menggunakan produk pelembap dan skincare yang cocok untuk kulit Anda.

3. Menggunakan Produk Skincare Terlebih Dahulu

Jika Anda memiliki rangkaian produk skincare untuk dipakai, sebaiknya gunakan sebelum pengaplikasian moisturizer. Produk skincare yang dimaksud bisa berupa serum maupun toner. Dengan rangkaian produk tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat tambahan selain kulit tetap lembap sepanjang hari.

Cara menggunakan moisturizer adalah sebelum menggunakan tabir surya saat akan beraktivitas di luar. Cara menggunakan moisturizer paling baik adalah sesegera mungkin setelah mandi agar mendapatkan kelembapan kulit yang lebih maksimal.

4. Mengaplikasikan Pelembap pada Wajah

Cara menggunakan moisturizer yang terakhir, setelah semua tahapan di atas sudah Anda lakukan barulah kemudian Anda bisa menggunakan pelembap. Perlu diingat untuk menggunakan pelembap secukupnya saja.

Takaran umumnya yaitu seukuran kacang polong yang bisa Anda tuangkan ke ujung jari kemudian ratakan pada permukaan wajah. Ratakan perlahan pelembap pada wajah hingga ke bagian leher Anda.

Sampai sini Anda sudah tahu banyak mengenai macam-macam pelembab wajah, manfaat, serta cara menggunakan moisturizer dengan benar.

Jika Anda ingin menemukan produk pelembap atau moisturizer yang berkualitas bisa mengunjungi situs resmi kami di sini. Hanya produk skincare terbaik dan berkualitas yang kami tawarkan untuk Anda.

Baca selengkapnya : 3 Produk QNET untuk Perawatan Diri dan Kecantikan Anda

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini