Malou Caluza - QNET

Pertumbuhan bisnis saat ini bisa dibilang terus mengalami peningkatan yang pesat, terutama di bidang bisnis berbasis online. Siapa saja kini memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan secara online, tidak terkecuali seorang wanita. Bahkan, Malou Caluza yang kini adalah CEO QNET, bisa jadi contoh bahwa perempuan bisa sukses menjalankan sebuah bisnis.

QNET sebagai sebuah perusahaan penjualan langsung (direct selling) tidak hanya fokus pada pengembangan produk dan jaringan yang mereka miliki, tapi juga berusaha membangun kedekatan dengan para pengikut mereka di media sosial, salah satunya melalui akun Instagram yang mereka miliki.

Ada banyak pertanyaan yang ditujukan kepada Malou Caluza tentang kekuatan dan peran perempuan dalam menjalankan bisnis penjualan langsung. Melalui Insta Talk, CEO QNET tersebut mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang telah dipilih. Berikut penjelasannya.

Apakah direct selling merupakan pilihan yang tepat untuk wanita?

Caluza menjelaskan kalau penjualan langsung memberi perempuan peluang yang bukan sekedar membantu mereka secara finansial, tapi juga turut meningkatkan pengembangan dan pertumbuhan pribadi mereka dengan jam kerja yang fleksibel.

Ia juga melihat bahwa QNET berhasil memberdayakan wanita sambil menyeimbangkan tantangan harian mereka. Hal tersebut dinilainya sebagai salah satu pencapaian terpenting yang sangat membuat mereka merasa bangga.

Caluza juga menilai banyak perempuan yang sukses di industri ini, sehingga bisa menegaskan bahwa penjualan langsung adalah ekosistem kewirausahaan yang memupuk pengembangan pribadi serta mampu mendorong perempuan untuk berkembang dan menyeimbangkan banyak peran yang harus mereka penuhi setiap hari.

Apa yang membuat wanita sangat cocok untuk penjualan langsung?

Ketika ditanya tentang kualitas apa yang harus dimiliki wanita dalam penjualan langsung, Caluza menjawab kalau wanita memiliki banyak rutinitas harian yang telah melatih mereka menjadi seorang yang sangat tangguh, di mana proses perkembangan penjualan langsung sudah termasuk ke dalam peran-peran yang kita ambil, seperti sepenuh hati untuk pelayanan, ketekunan, dan kekuatan sosial.

Semua itu merupakan beberapa hal penting dari banyak kualitas yang diperlukan bagi seseorang untuk berhasil di industri ini.

Apa saran Anda untuk wanita yang ingin mendapatkan semangat seperti Anda?

Salah satu pertanyaan menarik ditujukan kepada Caluza yang merupakan ibu dengan tiga anak tersebut. Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak memiliki keinginan untuk berkarir sebelumnya, dirinya hanya melakukan yang menurutnya tepat bagi perusahaan dan bisnis yang sedang dijalankannya saat ini.

Meski begitu, ada hal yang tidak berhenti ia lakukan, yaitu belajar. Caluza banyak belajar dari sosok Dato Sri Vijay Eswaran, Joseph Bismark dan para Direktur selama lebih dari 20 tahun bekerja di bidang ini. Dirinya juga belajar banyak dari orang-orang di luar Perusahaan dan Industri yang ia geluti saat ini.

Pada sesi terakhir Caluza menjelaskan bahawa dirinya memahami kalau dirinya harus bisa bertanggungjawab dan selalu melakukan hal baik. Bagian paling bermakna dari semua pencapaian dirinya selam ini adalah ketika ia bisa membantu keluarga dan orang lain.

Ia berhasil menunjukkan kepada mereka bahwa kita bisa bermimpi lebih besar dan benar-benar mencapainya. Caluza juga mengaku sangat berterima kasih atas semua yang telah dilaluinya dan semua yang sudah dimiliki hingga sekarang.

Apa yang dilakukan oleh CEO QNET ini semoga saja juga bisa menjadi inspirasi kamu. Kamu bisa mencontoh apa yang sudah dilakukannya, dan mengambil pelajaran dari apa yang telah dilakukan oleh Caluza selama ini, terutama tentang bagaimana ia sangat bersungguh-sungguh dengan bisnis yang dijalankannya.