Pernahkah Anda mendengar tentang perusahaan QNET yang telah menjalankan usaha direct selling dengan strategi yang inovatif? Siapa sangka jika bisnis dengan cara penjualan langsung justru memiliki peluang kesuksesan yang begitu tinggi.

Nah, QNET sendiri telah hadir dan beroperasi di lebih dari 25 negara, termasuk Indonesia. Untuk Anda yang masih awam dengan direct selling, mari mengenal lebih jauh seputar QNET dan profil anggota resmi perusahaan ini. Di Indonesia sendiri, QNET hadir secara legal dengan nama PT. QN International Indonesia.

Sejarah QNET dan Masuknya QNET ke Indonesia

Kehadiran QNET sebagai sebuah perusahaan direct selling global tidak akan lepas dari ide brilian Vijay Eswaran. Vijay sendiri merupakan seorang pebisnis asal Malaysia yang menempuh studi pada bidang pemasaran di Inggris.

Pada tahun 1988, cikal bakal QNET Ltd. berdiri di Hong Kong dan dimiliki oleh QI Group. QNET telah melakukan ekspansi ke berbagai negara sebelum akhirnya masuk pertama kali ke Indonesia pada tahun 2001. Momentum ini juga dapat dilihat sebagai sebuah peluang bangkitnya dunia kewirausahaan. Adanya sebuah harapan baru akan bangkitnya kondisi finansial di Asia.

Tentu Anda tidak lupa bukan jika pada tahun-tahun sebelumnya, khususnya kisaran 1998, krisis moneter meluluhlantakkan ekonomi Asia, termasuk Indonesia.

PT.QN International Indonesia, sebagai anggota resmi perusahaan global QNET terbentuk secara sah dan memiliki badan hukum yang jelas. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga telah mengantongi SIUPL atau Surat Izin Usaha Penjualan Langsung.

Penerbitan SIUPL ini tentu tidak sembarangan karena hanya dapat dilakukan oleh Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Tidak berhenti sampai di sini saja, PT. QN International Indonesia juga telah tergabung ke dalam AP2LI. Bagi Anda yang awam di bidang direct selling, AP2LI merupakan singkatan dari Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia.

Dengan bergabungnya PT. QN International Indonesia ke dalam AP2LI, maka perusahaan berkomitmen mematuhi kode etik di dalamnya. Selain menunjukkan integritas perusahaan, hal ini juga menjadi bukti profesionalisme QNET.

Filosofi Perusahaan QNET

Banyak sekali bisnis direct selling yang gulung tikar terlebih dalam situasi ekonomi yang sulit dan daya beli masyarakat rendah. Namun tidak demikian dengan PT. QN International Indonesia. Perusahaan ini berhasil bertahan melewati krisis finansial global 2008 bahkan tetap eksis hingga saat ini.

Hal ini tidak terlepas dari idealisme para pemimpin di QNET untuk terus dapat memberdayakan lebih banyak individu.Tentang bisnis QNET sendiri boleh dibilang sebagai sebuah bisnis yang berangkat dari akar rumput. Artinya, anggota kelompok masyarakat dari segala lapisan dapat bergabung asalkan memiliki kemauan.

QNET percaya bahwa setiap individu berhak untuk memperoleh kemandirian ekonomi dan meningkatkan kualitas hidupnya. QNET sangat mendorong individu memulai bisnis direct selling-nya sendiri dengan risiko seminimal mungkin.

Visi mulia QNET ini tidak terlepas dari filosofi yang dianut oleh pendiri QNET yang merupakan pengagum sosok Mahatma Gandhi. Siapa sangka jika bisnis direct selling yang mendunia justru terinspirasi dari seorang aktivis perdamaian dan pegiat kemanusiaan.

Belajar dari nilai-nilai nir kekerasan serta humanisme yang diusung oleh Gandhi, PT. QN International Indonesia menjunjung prinsip-prinsip seperti:

1. RYTHM (Raise Yourself to Help Mankind)

Melalui prinsip ini, QNET mendukung pengembangan diri setiap karyawan, mitra, dan tentu saja perwakilan independennya. Namun, tidak berhenti sampai di sini saja. Setiap kemajuan ini selayaknya juga menjadi benih baik untuk menolong manusia yang lain.

Dari sini saja sudah terlihat adanya nilai kebersamaan dan kepedulian di antara setiap orang yang terlibat di dalam jejaring global QNET. Dengan filosofi ini, maka sangat terlihat adanya nilai cinta kasih dan welas asih. Tepat seperti apa yang diajarkan oleh Gandhi semasa hidupnya.

2. In-Service

QNET memiliki prinsip pelayanan yang solid, dan bahwa seorang pemimpin sejatinya adalah seorang pelayan. Maka jangan heran jika setiap pemimpin di QNET termasuk di PT. QN International Indonesia sangat menjunjung prinsip ini. Setiap orang layak diperlakukan dengan penuh rasa hormat.

3. Integritas

Dalam hal ini, berperilaku sesuai dengan norma dan etika, serta senantiasa berkata jujur sudah menjadi sebuah nilai utama di QNET.

Model Bisnis Perusahaan QNET

Sistem di QNET merupakan sistem penjualan langsung yang telah teruji keberlanjutannya. QNET juga tidak pernah menjanjikan bahwa skema penjualan langsung akan membuat orang menjadi kaya secara mendadak.

Sebaliknya, untuk dapat berhasil di industri ini, seseorang harus memiliki keuletan, tekad, dan kerja keras.

Mengklarifikasi berbagai berita QNET yang telah bertebaran, QNET bukan sistem piramida yang hanya menguntungkan satu oknum saja. QNET justru secara aktif mengadvokasi dan mengedukasi seputar bahaya sistem piramida. Sistem ini sangat rentan ambruk dan tidak akan pernah bertahan dalam jangka panjang.

Dalam menjalankan bisnisnya, QNET memiliki distributor resmi yang kemudian disebut dengan Perwakilan Independen atau Independent Representatives. Siapa saja dapat menjadi Perwakilan Independen QNET setelah mendapat referensi dari sponsor yang telah terdaftar di PT. QN International Indonesia.

Sejalan dengan filosofi perusahaan yang telah dipaparkan di atas, perekrutan Perwakilan Independen ini memiliki tujuan yang bersifat mulia.

QNET ingin mendorong kemandirian finansial individu sehingga dapat memperbaiki kesejahteraan keluarga. Tidak hanya itu, QNET juga beraspirasi untuk ikut memberdayakan komunitas yang termarjinalkan secara ekonomi. Dengan membuka peluang ini, maka semakin banyak orang dapat merealisasikan mimpinya.

Tidak hanya itu saja, PT. QN International Indonesia akan membekali setiap Perwakilan Independen-nya. Tersedia starter kit, serangkaian tools, pengetahuan, hingga keterampilan yang akan diajarkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya Perwakilan Independen memiliki pemahaman baik tentang model usaha QNET.

Dengan cara ini, maka Perwakilan Independen QNET juga diharapkan untuk bisa terus belajar secara proaktif. Jadi jangan heran jika mereka yang telah sukses bersama QNET adalah sosok pembelajar yang terus mengasah insting dan keterampilan penjualannya.

Produk Berkualitas dari Perusahaan QNET

Salah satu kebanggaan utama dari perusahaan QNET di manapun, termasuk di Indonesia yaitu terkait kualitas produk yang ditawarkan. QNET yakin bahwa pembelian produk-produk ini akan membantu meningkatkan kualitas hidup individu.

Keunikan lain dari produk-produk QNET yaitu ramah bagi vegetarian. Semua produk kecantikan dan perawatan tubuh milik QNET tidak pernah diujikan pada hewan.

Hal ini sejalan dengan prinsip vegetarianisme yang diusung QNET global. Bahkan, jangan heran jika pada setiap acara workshop QNET, Anda hanya akan disuguhi oleh makanan berbasis tumbuhan.

Nah, apa saja produk yang dapat Anda akses di katalog e-commerce milik QNET Indonesia? Beberapa di antaranya yaitu:

1. LifeQode

Merupakan rangkaian suplemen makanan yang tidak hanya mendukung pemenuhan nutrisi harian Anda, tetapi juga menjaga vitalitas. Salah satu produk unggulan LifeQode yaitu EDG3.

Manfaat produk QNET ini antara lain yaitu sebagai penguat imunitas tubuh, mampu mendetoksifikasi racun, hingga menyehatkan kondisi kulit.

2. Eternaleaf

Eternaleaf adalah produk pertama dari Indonesia yang mengangkat warisan budaya Papua dan kekayaan alam untuk merawat kulit dan rambut dengan minyak buah merah Papua murni.

Minyak buah merah di Eternaleaf diproses dari buah yang terpilih dan telah dipatenkan dengan nama Red Fruit Oil BM9. Kualitasnya telah diuji oleh Laboratorium Independen Institut Prof. Kurz, GMBH, Jerman.

Kontribusi Sosial Perusahaan QNET

Bergabung bersama dengan QNET bukan hanya sekedar masalah pencapaian tujuan finansial semata. Perusahaan ini sejak awal berkomitmen bahwa upaya peningkatan kesejahteraan diri juga haruslah menjadi berkah bagi kemanusiaan. Untuk itu, perusahaan QNET mendirikan Yayasan RYTHM Foundation .

Selain berangkat dari filosofi Raise Yourself to Help Mankind, yayasan ini juga ikut mendukung 17 poin tujuan pembangunan global berkelanjutan. Beberapa program yang telah dijalankan menyasar pada isu akses pendidikan yang berkualitas dan kesetaraan gender.

Tidak hanya itu, QNET juga memiliki kepedulian yang begitu tinggi pada kelestarian lingkungan hidup. Sejak tahun 2020, QNET telah menghentikan penggunaan plastik sekali pakai dan menargetkan untuk sepenuhnya bebas plastik di tahun 2025.

Dari sini Anda dapat sejenak melakukan refleksi apakah nilai-nilai yang diusung oleh QNET juga sejalan dengan nilai-nilai yang Anda yakini. QNET menawarkan bukan hanya sekedar jalan menuju peningkatan kondisi finansial. Lebih dari itu, QNET mengajak Anda untuk menjadi bagian dari perubahan menuju dunia yang lebih baik.

Nah, itu dia penjelasan seputar profil perusahaan QNET, termasuk anggotanya di Indonesia yaitu PT. QN International Indonesia.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, khususnya yang ingin memulai langkah baru menjadi wirausaha di bidang penjualan langsung. Semoga dengan artikel ini, Anda dapat memperoleh wawasan dan informasi kredibel seputarperusahaan QNET.