Rabu, Oktober 5, 2022

Inilah 11 Kegiatan Amal yang Dapat Dilakukan Sejak Dini

Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain harus dilatih sejak dini. Anda mungkin pernah membaca tentang bisnis QNET yang memberikan nilai kebermanfaatan pada banyak orang dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Memberikan sesuatu kepada orang lain tak harus menunggu Anda hebat lebih dulu. Ada hal sederhana yang bisa Anda lakukan sejak dini.

Memudahkan urusan lain akan memberi imbas pada kemudahan hidup Anda, percayakan Anda dengan pernyataan tersebut? Barang siapa yang memudahkan urusan orang lain, maka Tuhan pun akan memudahkan urusannya. Cobalah belajar melakukan kegiatan amal sederhana dan kontinu dilakukan sedini mungkin.

Amal Sederhana Tetapi Luar Biasa yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini

Berbuat baik kadang harus dilatih. Bagi generasi muda jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang tak bermanfaat. Berikut ini beberapa rekomendasi aktivitas amal yang bisa Anda kerjakan di usia muda dan nikmati keberkahannya untuk kehidupan Anda di masa akan datang:

1. Relawan Mengajar

Relawan Mengajar - QNET

Bagi Anda generasi muda yang memiliki latar belakang pendidikan, pernahkah berpikir untuk melakukan kegiatan sosial dengan latar belakang yang Anda miliki? Di daerah-daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) masih banyak daerah-daerah dengan kondisi pendidikan yang memprihatinkan.

Lembaga-lembaga sosial banyak merekrut tenaga pendidikan untuk aktivitas sosial ini. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk belajar menjadi relawan sejak dini. Percayalah jika Anda terbiasa bekerja sosial tanpa berharap pada apresiasi gaji atau standar yang lebih, Anda bisa merasakan bonus kebahagiaan, berkah dari kebaikan yang Anda lakukan.

Hal ini sama dengan yang diterapkan oleh Perusahaan QNET di Indonesia. Bergerak bersama, tumbuh bersama jaringan untuk memberikan banyak manfaat pada orang lain. Hasilnya kebahagiaan akan tumbuh dalam diri sendiri karena berhasil memberikan nilai kepada orang lain.

2. Gerakan Sedekah Jumat

Berbagi atau sedekah di hari-hari mulia seperti Jumat memang sudah banyak dilakukan orang secara pribadi, tetapi di daerah tertentu mungkin aktivitas seperti ini masih terbilang asing. Bagi kalangan muda yang memiliki jiwa sosial tinggi bisa membuat gerakan masif di suatu daerah akan hal ini. Berbagi dan mengumpulkan apa saja yang bisa diberikan pada orang lain pada hari Jumat penuh berkah.

Fokuskan penyaluran pada kalangan kurang mampu atau di daerah yang memiliki kondisi masyarakatnya masih sulit. Bisa juga ditujukan untuk kalangan pemulung. Gerakan sedekah nasi bungkus di hari Jumat untuk kalangan pemulung yang sehari-hari kesulitan makan.

3. Donor Darah

Berapa usia Anda sekarang, sudah pernahkah Anda melakukan donor darah?

Aktivitas mulia ini masih banyak yang belum coba melakukannya padahal manfaatnya secara sosial dan kesehatan cukup banyak. Sebagian orang masih takut melakukan donor darah padahal kondisi fisiknya memungkinkan.

Bila Anda masih berusia muda, tak ada salahnya belajar mencoba kegiatan sosial amal yang satu ini. Manfaatnya akan terlihat bagi kesehatan tubuh. Darah di tubuh Anda akan lebih sehat dan kebahagiaan di hati Anda pun akan tumbuh karena melakukan amal kebaikan.

4. Relawan Literasi

Literasi di Indonesia pada umumnya masih rendah. Minat baca anak-anak hingga orang dewasa masih memprihatinkan, terlebih di daerah-daerah pelosok. Pemahaman literasi digital dan teknologi yang tidak baik menyebabkan masalah-masalah baru seperti efek kriminal, efek kesehatan hingga masalah sosial rumah tangga.

Relawan literasi adalah kalangan pegiat literasi yang bergerak mengajak anak-anak dan masyarakat memiliki minat baca yang lebih baik, memahami teknologi untuk kebutuhan yang tepat. Gerakan literasi yang digaungkan pemerintah saat ini memungkinkan Anda menjadi relawan literasi di berbagai daerah, terutama di daerah dengan tingkat pendidikan yang rendah.

5. Relawan Barang Bekas

Pekerjaan mengumpulkan barang bekas yang tidak terpakai bisa dikembangkan menjadi salah satu social preneur. Kalangan muda bisa menjadi pelopor gerakan ini. Bisnis social preneur seperti ini bukan semata-mata mencari keuntungan, tetapi memberikan nilai yang bermanfaat bagi masyarakat. Hasilnya Anda akan mendapatkan hal-hal kebaikan yang mungkin tidak Anda sangka.

Barang bekas bisa didaur ulang menjadi produk-produk bernilai ekonomis yang lebih bermanfaat. Selain mengurangi sampah, produk juga bisa dipasarkan. Barang bekas bahkan bisa meningkat nilai intrinsiknya jika dipadukan dengan kemampuan seni dalam mengolahnya.

Kualitas produk yang bagus dari hasil pengolahan barang bekas bisa sangat menguntungkan. Misalnya Anda membuat bisnis jaringan untuk memasarkan produk tersebut dengan dukungan instansi pemerintah dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat menengah (produk UMKM).

Saluran pemasaran dan jaringan nilai seperti Perusahaan QNET bisa Anda jadikan contoh bagaimana mengembangkan bisnis dengan segmentasi pasar yang lebih luas melalui teknik jualan langsung atau direct selling.

6. Bank Sampah

BANK SAMPAH - QNET

Kegiatan amal lainnya yang sudah banyak dilakukan orang tetapi mungkin di daerah Anda hal ini belum banyak dikembangkan adalah membuka bank sampah. Social preneur seperti ini adalah bagian dari pekerjaan amal yang bisa Anda kerjakan sejak dini, sejak usia muda. Peduli dengan lingkungan adalah nilai yang terkandung dalam aktivitas sosial yang satu ini.

Bank sampah bisa dilakukan di lingkungan kecil seperti RT, RW hingga tingkat kelurahan. Masalah sampah yang sering jadi keluhan masyarakat bisa sedikit terbantu jika ada solusi dari orang-orang baik yang peduli dengan masalah lingkungan. Anda bisa memulainya dari diri sendiri untuk berpartisipasi.

7. Relawan Kebersihan

Bila ingin menjadi pelopor kebaikan di usia muda, sangat banyak hal yang bisa Anda lakukan termasuk menjadi relawan kebersihan. Menggerakkan banyak orang untuk melakukan gerakan kebersihan, misalnya membersihkan kampung, membersihkan sungai, membersihkan tepian laut dan sebagainya.

Anak-anak muda bisa menjadi pelopor gerakan ini, cukup mudah dan inspiratif. Dibandingkan hanya sibuk mengkritik tanpa aksi nyata, lebih baik ikut serta membantu masalah kebersihan yang ada di lingkungan. Gerakan ini bisa mendapatkan dukungan yang kuat dari pemerintah setempat.

Masalah kebersihan apa yang ada di lingkungan Anda, cobalah membuat gerakan yang solutif untuk membantunya.

8. Relawan Anti Narkoba

Masalah yang sering terjadi di kalangan anak muda adalah hal-hal negatif seperti narkoba misalnya. Anda bisa membuat jaringan khusus remaja anti narkoba yang berkampanye secara sosial mengajak kalangan muda jauh dari barang haram tersebut. Selain itu juga membantu mereka yang sedang melakukan rehabilitasi agar tidak lagi tergoda dengan narkoba.

Kelihatannya relawan seperti ini bekerja sederhana tetapi ternyata manfaat dan pengaruhnya luar biasa. Seringkali kalangan muda terjebak narkoba karena pengaruh teman, maka dengan menjadi relawan Anda sedang memberikan solusi nilai sebagai seorang teman yang baik dan siap menjadi pemberi solusi yang sebenarnya dibandingkan barang haram seperti narkoba atau miras.

9. Donasi Sosial

Membuat gerakan donasi sosial juga hal yang bisa Anda lakukan sejak usia muda. Ada banyak musibah dan bencana yang terjadi, orang-orang sakit dan berbagai kalangan yang membutuhkan bantuan sosial. Membuat gerakan donasi sosial sangat mungkin Anda lakukan dengan menggandeng pihak-pihak LSM, pemerintah dan sebagainya untuk menolong banyak orang.

Berbicara tentang menolong banyak orang, Anda perlu belajar dari QNET Direct Selling, sebuah perusahaan yang bergerak menangani jualan langsung berbagai jenis produk branded yang bermanfaat. Memberikan manfaat kepada banyak orang adalah awal dari kesuksesan Anda dalam berusaha.

Mungkin secara nominal kekayaan tidak serta merta berubah dalam diri Anda, tetapi nilai kebaikan, keberkahan hingga balasan materi akan Anda rasakan saat banyak memberikan kebaikan pada orang lain.

10. Relawan Bencana

Relawan Bencana Alam - QNET

Saat bencana datang dan Anda sebagai kalangan muda memiliki kemampuan untuk membantu, pernah Anda benar-benar turun ke lapangan untuk menjadi relawan? Berbagai bencana yang ada di Indonesia seperti banjir, kebakaran hutan, gempa bumi dan sebagainya menyisakan kondisi memprihatinkan di masyarakat. Saatnya sebagai kalangan muda Anda ikut andil menjadi salah seorang relawan yang dibutuhkan.

Jika Anda menjadi relawan percayalah akan banyak keberkahan yang Anda dapatkan. Bukan hanya materi tetapi juga kebahagiaan hidup yang akan Anda rasakan. Pengalaman di daerah bencana adalah pelajaran hidup tak terlupakan yang memberikan arti yang cukup besar bagi banyak orang.

Relawan adalah mereka yang tak memikirkan lagi diri mereka sendiri sehingga sangat wajar jika mereka akan mendapatkan kebaikan hidup baik di dunia maupun saat telah meninggal.

11. Gerakan Donasi Buku

Menjadi pelopor gerakan donasi buku merupakan aktivitas intelektual yang mulia. Saat ini ada banyak perpustakaan desa, sekolah, taman baca dan sebagainya yang membutuhkan koleksi buku bagus, terutama di daerah-daerah tertinggal. Ada banyak orang yang siap berdonasi tetapi mungkin tidak tahu informasinya kemana harus berdonasi.

Peluang inilah yang bisa Anda ambil untuk menjadi relawan donasi buku ke berbagai daerah. Anda bisa merangkul kalangan penerbit, perpustakaan nasional dan daerah, pemerintah, swasta hingga pejabat untuk mendukung gerakan donasi ini.

Buku adalah produk intelektual yang sangat bermanfaat bagi banyak kalangan. Oleh karena itu, menjadi relawan mengumpulkan buku dan menyalurkannya juga menjadi peluang yang menjanjikan secara nilai dan kebermanfaatan. Betapa banyak anak-anak yang ingin sekali membaca buku-buku bagus dan layak, sementara di daerah mereka tidak tersedia buku yang cukup untuk dibaca.

Anda ingin berbuat baik pada banyak orang tetapi masih bingung apa hal yang bisa Anda lakukan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki? Jangan khawatir, rekomendasikan orang-orang untuk bergabung dengan perusahaan jualan langsung QNET. Jaringan bisnis berpengalaman yang siap meningkatkan kesejahteraan hidup Anda.

QNET bukan MLM, perusahaan ini menerapkan sistem reward, bonus dan sebagainya dengan sistem jaringan pemasaran yang kokoh. Jika Anda terbiasa dengan kegiatan membangun jaringan untuk memberikan manfaat yang luas bagi banyak orang, maka terlibat di bisnis QNET adalah hal yang menyenangkan bagi Anda.

Berbuat baik harus dilatih sejak dini, berikan apa yang bisa Anda berikan kepada orang lain agar manfaat yang dimiliki bisa tersampaikan. Hidup akan lebih indah jika Anda banyak memberi, banyak membantu dan memberi nilai bagi orang lain.

Interaksi dengan banyak orang akan membuat solusi hidup Anda lebih mudah dicapai. Lakukan kegiatan amal yang akan memberikan manfaat bagi kehidupan di dunia dan di akhirat. Belajar banyak tentang bisnis QNET, Anda akan bisa memaknai berbuat baik dan memberi manfaat yang luas bagi orang lain.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini