Selasa, November 29, 2022

Healthy Aging, Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Seiring Bertambahnya Usia

Bertambah usia dan menjadi tua seiring berjalannya waktu tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Ada banyak perubahan yang mau tidak mau harus Anda terima ketika usia tidak lagi muda. Namun bisa tetap sehat pada usia tua alias healthy aging, adalah impian banyak orang.

Sebenarnya penurunan kemampuan fisik dan perubahan fisik menjadi satu tanda jika Anda tidak lagi muda. Namun tetap saja bisa tetap sehat saat usia senja adalah kualitas hidup yang didambakan banyak orang, sehingga berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkannya. Apa saja?

Healthy aging Menurut WHO

Photo by LOGAN WEAVER | @LGNWVR on Unsplash

WHO menjelaskan jika health aging adalah proses pengembangan untuk mempertahankan kesehatan fisik, sosial mental, agar tetap sejahtera di usia tua dalam rangka meningkatkan kualitas hidup seiring bertambahnya usia.

Konsep ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Informasi mengenai Healthy aging masih sedikit dan terasa sangat asing bagi masyarakat. Padahal bila konsep ini bener-benar bisa berjalan akan meningkatkan kualitas hidup seseorang di usia senja.

Untuk itu dibutuhkan peran aktif untuk menyebarluaskan hal ini baik pada kalangan kelompok lansia atau pada kalangan kelompok dewasa di masyarakat. Mereka juga harus tahu mengenai hal ini agar bisa mempersiapkan usia tua yang selalu sehat.

Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia

Ketika menjadi lansia akan banyak terjadi perubahan pada diri Anda seperti perubahan fisik, mental, sosial, dan kesehatan. Perubahan yang terjadi pada saat lansia juga membuat Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini terjadi karena kondisi dan kekuatan fisik yang melemah.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencapai masa tua yang sejahtera ? Ada dua hal penting dan berpengaruh besar di kelompok usia dewasa agar memiliki kesehatan yang tetap baik dan produktivitas yang terjaga di usia senja.

Dikutip dari Tribunnews.com, terdapat dua elemen utama yang dapat mendorong optimalnya healthy aging saat usia seseorang bertambah tua.

Untuk memaksimalkan healthy aging, mengasup nutrisi yang tepat dan pemberian edukasi mengenai konsep healthy aging, adalah dua hal terpenting saat ini.

Ini sebabnya, guna meningkatkan kualitas hidup lansia yang sejahtera dan sehat, memberikan perhatian khusus pada lansia sangat penting untuk dilakukan.

1. Menjaga Kesehatan Fisik pada Usia Lansia

Seperti yang telah Anda ketahui jika healthy aging adalah tetap sehat pada usia tua. Hal ini bertujuan agar Anda tetap produktif bahkan pada usia senja. Berdasarkan prinsip inilah kenapa penting untuk menjaga kesehatan pada dewasa awal.

Menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup pada masa dewasa awal, sama halnya dengan melakukan investasi kesehatan jangka panjang. Salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan yaitu dengan memberikan nutrisi dan makanan yang sehat untuk tubuh.

Tambahan nutrisi dapat memberikan manfaat bagi orang dewasa untuk menjaga kekebalan dan kesehatannya yang cenderung mengalami penurunan saat usia bertambah.

Kesehatan lansia akan terus meningkat seiring dengan kemajuan pada bidang kesehatan yang akan mendorong angka harapan hidup dan menurunkan angka kematian.

Dari hal ini dapat Anda simpulkan jika harapan hidup lansia akan meningkat dengan kemajuan kesehatan. Kelompok lansia memiliki resiko tinggi mengidap beberapa penyakit yang mematikan seperti hipertensi, anemia, penyakit jantung, stroke dan obesitas.

Hal ini dapat diperparah dengan pola makan buruk dan kurangnya aktivitas yang dilakukan. Dengan kemajuan dalam dunia kesehatan beberapa penyakit tadi bisa ditangani sehingga taraf hidup lansia meningkat.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pertambahan usia tidak dapat Anda hindari.  Tapi jika pertambahan usia Anda persiapkan dengan baik, maka konsep healthy aging dapat terwujud secara nyata.

Lansia harus didorong untuk memiliki hidup yang sehat dan berumur panjang. Hal ini juga berlaku dalam pemberian akses kesehatan yang berkualitas dan perawatan sosial bagi lansia.

Kendalanya adalah jumlah tempat perawatan untuk lansia masih sangat terbatas. Padahal lansia sangat membutuhkan perawatan untuk kesehatan mereka, mengingat pada saat inilah berbagai penyakit mungkin saja menyerang tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Mental Lansia

Selain perubahan sistem tubuh, kesehatan mental lansia juga akan berubah. Anda perlu memahami kesehatan mental lansia juga sama penting seperti kesehatan fisik. Semakin bertambah usia semakin mungkin lansia mengalami kesepian yang nantinya akan berujung menjadi depresi.

Kondisi fisik dan mental pada lansia berhubungan erat dan tidak dapat Anda pisahkan. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas hidup lansia, berilah perhatian lebih dan pastikan jika meski pada usia senja masih ada aktivitas yang dapat mereka lakukan. Penting untuk tetap produktif meski di usia senja.

Dengan dua faktor di atas menjadi penting sebagai acuan populasi dewasa muda yang ada di indonesia sekarang menjadi penduduk lansia yang memiliki kualitas kesehatan yang baik dan tetap produktif pada usia lanjut.

Tetap Sehat pada Usia Senja

Pada usia senja, fisik seseorang akan mengalami banyak perubahan kesehatan lansia pun akan sangat rentan. Pola hidup yang Anda jalani sangat berpengaruh pada saat ini.

Menurut sebuah penelitian di Amsterdam lansia dengan pola hidup sehat memiliki masa penuaan yang lama, mereka juga mampu beraktivitas secara aktif dan juga mencegah penyakit kronis seperti stroke, jantung, dan penyakit lainnya.

Proses penuaan biasa bermula dari keriput yang muncul pada wajah kemudian perlahan sistem kekebalan tubuh menurun dan mudah terkena penyakit.

Tidak perlu khawatir meski menurunnya kesehatan pada usia senja tidak dapat Anda cegah tapi bisa Anda perlambat. Meski pada usia yang tidak lagi produktif Anda masih bisa hidup sehat dan bugar.

Seiring bertambahnya usia pola hidup juga harus mulai Anda sesuaikan dengan kondisi kesehatan. Penyesuaian gaya hidup akan mencegah tubuh terkena penyakit berbahaya. Untuk menjaga kesehatan pada usia senja ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Cara Menjaga Kesehatan Lansia

Photo by Unsplash

Untuk tetap sehat pada usia senja menjaga kesehatan pola hidup sehat menjadi hal yang penting untuk lansia. Untuk menjaga pola hidup sehat ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Pola makan sehat sangat penting untuk lansia. Tubuh dan sistem pencernaan yang tidak lagi bekerja sebaik dulu membuat lansia tidak bisa memakan sembarang makanan. Dengan menjaga pola makan sehat maka Anda berhasil menjaga kesehatan tubuh dan Anda berhasil menerapkan konsep healthy aging dengan baik.

Selain itu pola makan sehat juga akan menjaga berat badan lansia tidak berlebih dan menghindari terjadinya obesitas, darah tinggi, kolesterol dan penyakit berbahaya lainnya hal ini juga akan meningkatkan kualitas hidup lansia.

Contoh pola makan sehat pada lansia:

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi
  • Hindari makanan yang manis, dan mengandung lemak. Tidak memakan kue kering dan cemilan kering.
  • Memperhatikan porsi makan, jam makan yang teratur dan hindari makanan cepat saji
  • Tidak membeli makanan luar dan memakan buah dan kacang-kacangan sebagai pengganti cemilan.
  • Kurangi makanan yang mengandung banyak minyak dan mulailah beralih dengan memakan makanan rebusan.
  • Meminum susu yang rendah lemak mengandung vitamin D dan kalsium

2. Menjaga Pola Olahraga dan aktivitas fisik

Olahraga bermanfaat untuk menjaga stamina membantu agar tubuh lansia tetap aktif bergerak, memiliki kekuatan dan keseimbangan merupakan bagian dari usaha untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.

Olahraga juga berpengaruh dalam meningkatkan kesehatan tubuh yang akan membantu lansia terhindar dari berbagai penyakit dan memiliki hidup yang sehat sesuai healthy aging.

Ada beberapa kegiatan aktifitas fisik yang dapat lansia lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup seperti berjalan-jalan ringan pada sore hari, membersihkan rumah dan bermain dan menari bersama cucu

Lansia juga bisa berolahraga ringan seperti berolahraga mengangkat tangan dan kaki agar tubuh tidak kaku, bersepeda dan juga melakukan senam aerobik

Tips olahraga dan aktivitas sehat bagi lansia :

  • Memilih aktivitas olahraga apa yang lansia sukai berdasarkan saran dokter
  • Memulai olahraga perlahan dan meningkatkan intensitasnya secara perlahan
  • Awali dengan berjalan-jalan sehat dengan anak ataupun cucu
  • Berhenti berolahraga jika tubuh mulai terasa sakit
  • Menggunakan sepatu yang nyaman untuk olahraga
  • Cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih

3. Waktu Istirahat yang Cukup

Gangguan susah tidur seperti insomnia tidak hanya menyerang orang dewasa tapi juga lansia. Karena itu mulai sekarang terapkan kebiasaan tidur sehat untuk memastikan jika waktu istirahat yang Anda miliki cukup dan juga berkualitas.

Hal ini memiliki tujuan agar kebutuhan istirahat Anda terpenuhi dan bisa beraktifitas dengan nyaman pada siang hari tanpa gangguan kantuk berat.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak

  • Matikan lampu saat Anda ingin beristirahat
  • Hindari melakukan kegiatan di tempat tidur seperti bermain handphone ataupun menonton televisi
  • Hindari menaruh jam pada tempat tidur yang akan membuat Anda menunda-nunda waktu untuk istirahat.

4. Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Bertambahnya usia meningkatkan risiko terkena penyakit. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah. Untuk menjaga kesehatan Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Anggota keluarga memiliki peran untuk memantau perkembangan kesehatan lansia di rumah. Jika terjadi gejala tertentu segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit.

Catatlah perkembangan lansia selama melakukan pengobatan, pastikan juga jika Anda meminum obat yang anda dapatkan secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan.

Penutup

Healthy aging atau tetap sehat pada usia senja menjadi keinginan banyak orang. Untuk menjaga kesehatan hingga usia senja dan tetap produktif seperti biasanya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mulai saat ini.

Sehat pada usia senja sangat berkaitan dengan pola hidup yang Anda jalani. Jika Anda memiliki pola hidup yang sehat akan sangat bagus untuk meningkatkan kualitas hidup masa tua Anda.

Tubuh yang sehat dan tetap produktif pada usia senja yang Anda kenal dengan konsep healthy aging dapat berawal dari  nutrisi makanan yang Anda makan sehari-hari.

Asupan nutrisi menjadi satu dari dua komponen penting dalam mewujudkan konsep healthy aging. Meningkatkan kualitas hidup akan mudah jika Anda memiliki pola hidup sehat dan juga olahraga teratur untuk menjaga kebugaran tubuh.

Baca Juga: 6 Tanda Penuaan Umum yang Telah Anda Abaikan – QNET Indonesia

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini