QNET-Sustainability-101-Series-1

Isu lingkungan menjadi salah satu yang hangat diperbincangkan belakangan ini. Salah satu yang paling banyak dibahas adalah tentang penggunaan plastik. Ada banyak perusahaan yang sedang berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik dan turut mengurangi sampah lingkungan. Ini tentu sebuah langkah yang sangat baik dalam usaha melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan. Siapapun bisa melakukannya.

Lingkungan ada dalam pikiran banyak orang adalah merupakan tanggung jawab sosial serta keberlanjutan yang terus dilakukan. Jadi, apa itu keberlanjutan?

Memahami Tentang Keberlanjutan (Sustainability)

Saat ini sudah banyak perusahaan global yang ikut serta menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. Hal ini juga banyak dilakukan oleh pemilik perusahaan multinasional seperti Tesla yang mendesak pengguna mereka pindah ke kartu hybrid, dan QNET yang melarang penggunaan plastik sekali pakai di semua kantor, acara, dan konvensi yang mereka adakan.

Menurut Komisi Dunia PBB untuk Lingkungan dan Pembangunan, “Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi masa depan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.”

Mudahnya adalah bagaimana kita memanfaatkan sumber daya alam yang ada di bumi secara seimbang, sehingga kita tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan, dan kita menyisakan sumber daya alam yang cukup bagi generasi yang akan datang.

Sustainability-101-5-Rs-1

Gaya Hidup Tanpa Limbah

Ada banyak penelitian yang membahas tentang dampak jangka panjang yang bisa dihasilkan dari menerapkan gaya hidup tanpa limbah secara berkelanjutan. Kita juga bisa menerapkannya dengan formula 5R, yaitu Reject, Reduce, Reuse, Recycle, Hoard, and Repair.

Cara QNET Menerapkan Gaya Hidup Tanpa Limbah

QNET selama ini dikenal sebagai sebuah perusahaan penjualan langsung (direct selling) yang sudah sangat sukses memasarkan produk kesehatan yang mereka tawarkan kepada masyarakat. Selain itu perusahaan ini juga memberikan banyak peluang kerja bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan serta memperbaiki ekonomi keluarga.

QNET juga sering terlibat dalam kegiatan sosial dan kesehatan. Perusahaan ini pun ditunjuk menjadi tim kesehatan sebuah tim sepak bola dunia. Sehingga menunjukkan bahwa QNET serius dalam upaya ikut memperbaiki kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Sebagai sebuah perusahaan hijau yang juga merupakan perusahaan vegetarian, QNET berkomitmen untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam segala hal yang mereka lakukan. Di lingkungan perusahaan misalnya, QNET berkomitmen untuk melakukan berbagai perubahan positif, termasuk melarang plastik sekali pakai di semua kantor, acara dan konvensi.

Mereka memilih untuk beralih ke pengemasan produk yang lebih ramah lingkungan dan bisa didaur ulang. Untuk itu perusahaan ini bermitra dalam berbagai kegiatan RYTHM yang berwawasan lingkungan.

Untuk itu QNET membuat sebuah program atau gerakan bertajuk “Sustainability 101” yang di mana mereka menunjukkan kepada kita cara untuk hidup sehat dan ramah terhadap lingkungan.

QNET berusaha membekali kita dengan semua pengetahuan dan peralatan yang kita butuhkan untuk membuat perubahan berkelanjutan dalam kehidupan kita sehari-hari. Seri “Sustainability 101” ini adalah cara QNET mencontohkan hal tersebut.

Ini tentu jadi hal yang sangat menarik untuk kita ikuti bersama. Menjaga lingkungan agar tetap sehat hingga generasi mendatang. Kita juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan yang sangat berpotensi membahayakan kita yang ada di masa sekarang. Mari melakukan hal kecil yang bermakna untuk hidup yang lebih baik di masa depan.