Selasa, November 29, 2022

Cegah Penuaan Dini Begini 13 Cara Perawatan Kulit yang Tepat

Anda mulai khawatir akan kemunculan garis-garis halus di wajah? Ada baiknya Anda melengkapi penggunaan vitamin anti aging dengan melakukan perawatan kulit, yang membuat hasilnya lebih sempurna.

Untuk membantu Anda melengkapi efek positif vitamin untuk mencegah penuaan dini, simak perawatan kulit yang tepat di bawah ini.

Perawatan Tepat untuk Mencegah Penuaan Dini

Perawatan-Tepat-untuk-Mencegah-Penuaan-Dini-qnet

Photo by Jan Kopřiva on Unsplash

1. Mulai dengan Rajin Membersihkan Wajah

Lakukan beberapa perawatan berikut untuk memperlambat proses penuaan dini:

Wajah yang bersih adalah wajah yang sehat.

Jadi, ingatlah untuk mencuci wajah, setidaknya dua kali sehari pagi dan malam bagi pemilik kulit kering. Sementara bagi pemilik tipe kulit berminyak, lakukan 3 kali sehari.

Terlebih di malam hari, sebaiknya bersihkan wajah dari sisa make up sebelum tidur. Lakukan juga saat bangun tidur untuk mengangkat sisa minyak dan kotoran yang mengendap ketika Anda tertidur.

Selain itu, segera cuci wajah Anda setelah berkeringat atau setidaknya biarkan wajah selama 10 menit sebelum mencucinya. Untuk sabun, gunakan sabun wajah yang memang diformulasikan untuk mencegah penuaan kulit.

Maka hanya dengan mencuci wajah saja, Anda sudah membantu kerja vitamin untuk mencegah penuaan dini.

Namun, penting juga untuk diperhatikan, jangan mencuci wajah terlalu sering atau wajah Anda akan kehilangan minyak alaminya.

Tips lainnya yaitu, perlakukan kulit Anda dengan lembut supaya tidak sampai iritasi atau akan mempercepat penuaan kulit.

Cukup bersihkan wajah dari polusi, riasan, atau zat lain tanpa menggosoknya terlalu keras, sebaiknya gunakan tangan.

2. Oleskan Pelembap

Vitamin anti aging juga bisa Anda temukan dalam produk pelembap, seperti vitamin A, E, dan C.

Kombinasi sifat antioksidan dari vitamin tersebut dengan kandungan lainnya dapat merangsang produksi kolagen dan melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

Pelembap dapat mempertahankan kadar air di kulit sehingga mampu memberikan penampilan yang lebih muda. Ini memiliki manfaat untuk menjaga supaya kulit tetap lembap dan tidak kering.

Itu sebabnya dianjurkan mengoleskan pelembap yang diformulasikan untuk mencegah penuaan dini segera setelah mencuci wajah. Tidak hanya wajah, oleskan juga lapisan pelembap ke tubuh Anda untuk mengunci kelembapan kulit.

3. Selalu Gunakan Tabir Surya

Saat melakukan aktivitas di luar, perlindungan terhadap matahari juga sangat penting. Sebab, paparan sinar matahari berperan besar dalam menyebabkan penuaan kulit.

Maka dari itu, selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan kerusakan. Karena tabir surya bisa menjadi alternatif vitamin untuk mencegah penuaan dini.

Apabila hari terlalu panas, aplikasikan setiap beberapa jam untuk perlindungan maksimal.

Perlindungan dari tabir surya dapat memperbaiki warna kulit dan mencegah kerusakan permanen akibat paparan sinar matahari. Tanpa itu, kulit bisa kering, kusam, dan bernoda.

Tips:

  • Gunakan tabir surya yang berspektrum luas
  • Mengandung SPF 30 atau lebih tinggi
  • Tahan air
  • Mengandung antioksidan

Untuk pemakaian, aplikasikan ke semua kulit yang tidak tertutup pakaian supaya warna kulit Anda merata.

Tidak hanya itu, penggunaan sunscreen juga termasuk perawatan kulit wajah dari flek hitam.

4.  Gunakan Krim Mata

Selain tabir surya dan vitamin anti aging, penggunaan krim mata juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan membuat Anda lebih awet muda.

Untuk itu Anda bisa melengkapi rangkaian perawatan kulit serta vitamin untuk mencegah penuaan dini dengan menggunakan krim mata.

Karena area mata memiliki kulit yang lebih tipis sehingga mudah berkerut, kering, dan muncul garis-garis halus. Terutama jika sering tidur larut malam, tidak menggunakan tabir surya, menggosok mata, dan tidur dengan posisi salah.

Maka dari itu, pertimbangkan menggunakan krim mata yang mengandung asam hyaluronic acid dan perlindungan UV.

Setelah mendapatkan krim mata anti aging yang cocok, gunakan secara konsisten supaya hasilnya optimal.

5. Tambahkan Krim Malam

Perawatan selanjutnya adalah dengan menggunakan krim malam sebagai penutup perawatan kulit yang Anda lakukan pada pagi dan siang hari. Ini lebih dari sekadar vitamin untuk mencegah penuaan dini.

Ini karena kebanyakan krim malam dirancang untuk memperbaiki kulit saat tidur, sehingga formulanya dibuat menyerap dengan cepat ke dalam lapisan kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak.

Manfaatnya termasuk membantu menyempurnakan keseluruhan proses perawatan yang Anda lakukan, karena tidur adalah waktu bagi kulit beregenerasi.

Sementara krim malam dengan vitamin anti agingmembantu menyempurnakan proses regenerasi sel-sel kulit tersebut. Salah satu caranya, menutupi tanda penuaan dengan meningkatkan produksi kolagen dan melembapkan kulit.

6. Aplikasikan Masker Organik

Masker adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang lebih berorientasi pada hasil dan sudah mengandung vitamin anti aging.

Mengapa menggunakan masker organik adalah rekomendasi terbaik?

Karena produk dengan bahan-bahan alami tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga lebih aman dan dapat mengurangi iritasi kulit. Bahkan Anda bisa menggunakannya setiap hari tanpa khawatir dengan efek samping.

Namun tetap, Anda harus memilih dengan kandungan yang sesuai kebutuhan atau Anda tidak akan mencapai tujuan perawatan itu sendiri.

Maka dari itu, pilih masker organik dengan vitamin anti agingsupaya efektif melawan tanda-tanda penuaan seperti flek, garis halus, dan keriput.

Contohnya yang mengandung vanila milk, cocoa, aloe vera, alpukat, kopi, delima, moringa, madu, centella, dan almond.

Selain pilihlah produk dengan vitamin untuk mencegah penuaan dini, serta sesuaikan juga dengan jenis kulit Anda.

7.  Lengkapi dengan Serum Anti Aging

Saat Anda ingin meningkatkan rutinitas perawatan kulit wajah untuk mencegah penuaan lebih dari pembersih dan pelembap, tambahkan serum.

Serum adalah langkah lanjutan untuk menutrisi, melindungi sekaligus menghidrasi kulit. Tentunya serum harus mengandung vitamin untuk mencegah penuaan dini.

Untuk ini, sebaiknya gunakan serum yang mengandung bakuchiol supaya kekencangan kulit Anda meningkat dan pigmentasi memudar. Karena kandungan serum dengan vitamin anti aging inimendorong produksi kolagen dan pembaruan kulit.

Jadi, saat Anda merasa keelastisan kulit berkurang dan membutuhkan perbaikan lebih, tambahkan serum anti aging dalam perawatan harian Anda.

8.  Pertimbangkan untuk Menggunakan Toner

Jika Anda merasa kulit mulai tidak baik-baik saja, maka menggunakan toner menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda. Misalnya saja jerawat atau minyak berlebih yang bisa membuat wajah mengkilap.

Ini karena toner berfungsi efektif mengembalikan keseimbangan PH kulit, mengontrol minyak, dan menyempurnakan pembersihan wajah.

Untuk penggunaannya, jika Anda memiliki kulit kering, cukup sekali pada malam hari. Sementara jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, lakukan 2 kali sehari. Kemudian sesuaikan juga dengan jenis kulit Anda.

Namun tetap pastikan menggunakan toner yang mengandung antioksidan supaya benar-benar membantu mengurangi munculnya garis halus dan kerutan. Jika tidak, kulit akan terasa kering, kencang, bahkan muncul iritasi.

Untuk itu, perhatikan kandungan toner sebelum membeli dan sebaiknya pilih yang bebas alkohol. Supaya benar-benar bekerja seperti vitamin anti aging dan tentu meminimalkan timbulnya iritasi.

9.  Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi berperan besar dalam penyerapan skincare yang mengandung vitamin untuk mencegah penuaan dini.

Selain itu juga mendorong produk skincare yang Anda gunakan supaya bekerja secara maksimal.

Eksfoliasi juga membantu kerja skincare dalam meningkatkan produksi kolagen yang dibutuhkan wajah untuk menjaga elastisitasnya.

Maka dengan eksfoliasi wajah Anda akan lebih kencang dan kenyal.

Namun ingat, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi atau kulit Anda semakin kering. Jka dilakukan berlebihan pori-pori akan tersumbat, produksi minyak menjadi berlebih, muncul jerawat, dan masalah kulit lainnya.

10.  Menggunakan Produk yang Mengandung Retinoid

Menggunakan-Produk-yang-Mengandung-Retinoid-qnet

Photo by Mathilde Langevin on Unsplash

Saran lebih lanjut tentang perawatan kulit yang tepat untuk mencegah penuaan dini adalah tidak menggunakan produk kecantikan yang mengandung retinoid. Karena retinol adalah bahan yang sangat kuat.

Meskipun secara medis, retinol kerap digunakan dalam mengobati kekurangan vitamin A dan mendorong kinerja vitamin untuk mencegah penuaan dini, tapi ada beberapa efek samping yang menyebabkan masalah kulit, seperti:

  • Kulit menjadi berjerawat
  • Lapisan permukaan kulit mengering dan terkelupas atau iritasi
  • Kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari

Itu sebabnya, Anda membutuhkan lebih banyak penggunaan tabir surya jika menggunakan kosmetik dengan bahan retinol.

Namun hindari bahan retinol di siang hari, termasuk dalam produk tabir surya Anda. Sebab, seharusnya Anda menghindari penggunaan produk siang hari yang mengandung retinol.

Jadi, walaupun Anda sebenarnya membutuhkan efek positif dari retinol, masih ada bahan alternatif untuk anti aging yang tentu saja aman. Contohnya peptides, rosehip oil, glycolic acid, bakuchiol, dan niacinamide.

11. Hindari Gerakan Wajah yang Berulang

Melakukan gerakan wajah yang sama berulang kali dapat menyebabkan kerutan seiring waktu dan Anda akan terlihat lebih tua. Seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening, melipat dahi, tertawa, atau minum dengan sedotan.

Mengapa? Sebab faktanya, penuaan terjadi secara bertahap. Maka saat Anda melakukan hal yang sama secara terus menerus membuat kulit akan terbiasa dan seiring waktu akan semakin terlihat.

Oleh karena itu Anda harus selalu memperhatikan ekspresi wajah Anda.

Tidak hanya itu, tidur miring dengan posisi yang sama juga tidak dianjurkan. Karena membuat kulit wajah yang tertekan bantal secara terus menerus mulai mengendur.

12. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain menggunakan produk dengan kandungan vitamin anti aging, gaya hidup sehat juga berperan besar dalam mencegah penuaan.

Contohnya seperti makan makanan sehat dan seimbang, tidur cukup, rajin berolahraga kemudian kurangi rokok dan alkohol atau lebih baik, hindari.

Setelah melakukan semuanya, dapatkan lebih banyak tidur yang berkualitas supaya kulit lebih elastis, tidak keriput, dan tidak cepat kendur.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka Anda akan mendapatkan kulit sehat alami dan awet muda.

13. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Terakhir yang paling mendukung semua proses perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini di atas yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tidak ada alternatif lain untuk hal ini.

Karena air secara alami mengandung vitamin untuk mencegah penuaan dini.

Sementara kekurangan cairan alias dehidrasi, bisa menimbulkan masalah pada kulit, seperti melemahkan elastisitas serta menyebabkan garis halus, kerutan, dan kendur.

Meskipun pada dasarnya tidak sedikit makanan yang mengandung banyak air, namun tetap saja, tidak ada yang bisa menggantikan air putih. Karena hampir semua cairan penting dalam tubuh dibuat dengan air.

Untuk itu konsumsi 2 liter air putih setiap hari supaya kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi.

Jadi, saat Anda mulai khawatir dengan adanya tanda-tanda penuaan, maksimalkan manfaat vitamin anti aging Anda dengan perawatan harian di atas. Ingat, perawatan kulit yang tepat memberikan perlindungan berkelanjutan.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini