Apakah Anda adalah seorang wanita pebisnis? Ataukah Anda kebetulan memiliki kenalan wanita yang menggeluti bidang bisnis?

Memang, sejak dulu bisnis merupakan sektor yang banyak orang-orang minati. Apalagi setelah maraknya bisnis online yang kian lama kian mengejar kedudukan bisnis offline dengan konsisten.

Selain itu, bisnis bukanlah bidang yang memandang gender. Baik itu pria maupun wanita, semua orang punya kesempatan dan hak yang sama untuk memulai berbisnis. Maka dari itu, semua orang bebas dalam memulai dan menjalankan sebuah bisnis yang mereka kehendaki.

Semakin ke sini, baik itu dalam bisnis online maupun offline, peran wanita di dalamnya semakin kuat. Coba Anda perhatikan di sekitar Anda. Anda dapat menemukan seorang entrepreneur wanita dengan mudah sekarang ini.

Semakin majunya zaman, tentu wanita juga ingin berkembang, termasuk dalam usaha bisnisnya. Berbagai cara dan upaya mereka lakukan dalam menjalankan dan mempertahankan bisnisnya.

Jika Anda tinjau lebih dalam, para pebisnis wanita ini dalam kiprahnya juga tak kalah keren dari deretan pebisnis pria, loh!

Wanita di zaman sekarang memang semakin cerdas dan maju, baik itu dalam hal skill, kecerdasan, maupun mental set-nya. Para wanita dan pria semakin bersaing dalam hal bisnis.

Pebisnis Wanita vs Pebisnis Pria, Siapa Pemenangnya?

Meskipun pada kenyataannya bidang ini penuh dengan persaingan, hal ini bukanlah sebuah alasan untuk menjadikan bisnis sebagai persaingan gender.

Pada dasarnya, pria dan wanita memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam berbisnis. Memandang kompetitor bisnis berdasarkan gendernya bukanlah suatu hal yang bijak. Malahan, hal tersebut akan membuat Anda terlihat sebagai pebisnis yang tidak profesional sama sekali.

Tidak dapat dipungkiri bahwa para wanita biasanya adalah pihak yang sering dianggap remeh dalam kiprahnya di dunia bisnis. Namun, wanita di zaman sekarang perlahan namun pasti mulai menunjukkan kemampuan mereka dan bersaing secara ketat di dunia bisnis.

Oleh karena itu, sebagai profesional, Anda sebaiknya bersaing secara sehat dan rasional. Jangan merasa superior hanya karena Anda seorang wanita ataupun hanya karena Anda seorang pria.

Sekali lagi, ingat bahwa bisnis tidak memandang gender. Tidak peduli apakah Anda wanita atau pria, jika Anda memang merupakan seorang pebisnis profesional, maka Anda pantas mendapat titel tersebut.

Jadi, antara pebisnis wanita dan pebisnis pria, siapa pemenangnya? Jawabannya, pemenangnya ialah mereka yang bersaing secara sehat dengan kompetitornya tanpa sedikitpun memandang gender satu sama lain.

Tips Berbisnis untuk Wanita

Nah, jika Anda adalah seorang pebisnis wanita atau ingin mulai merintis karir di bidang bisnis, saya ingin menyajikan sekilas tips yang patut Anda lakukan dalam berbisnis.

Mulailah dan jalankan karir bisnis Anda dengan langkah-langkah yang cermat dan tepat. Jangan khawatir, dengan memperhatikan langkah-langkah ini, Anda akan terbantu untuk memajukan bisnis Anda.

Simak tips-tips dari saya berikut ini, ya!

1. Miliki Niat dan Tekad yang Kuat

Kunci utama dari memulai dan menjalankan bisnis adalah komitmen untuk selalu berusaha dan memperjuangkan bisnis tersebut.

Jika Anda sudah memiliki pondasi dasar berupa niat dan tekad yang kuat, maka kemungkinan Anda bertahan akan semakin tinggi meskipun bisnis Anda suatu saat menghadapi masalah.

Hal ini dikarenakan menjalankan bisnis bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi mempertahankannya. Anda harus siap menghadapi segala macam tantangan dalam berbisnis.

Tantangan-tantangan tersebut juga bermacam-macam bentuknya, mulai dari modal, partner bisnis, hingga kompetitor, dan lain sebagainya.

Yakinkan diri sendiri bahwa Anda adalah seorang pebisnis wanita cerdas dan tangguh, siap menerima segala resiko, dan sanggup menyelesaikan masalah-masalah yang yang mungkin akan terjadi nantinya.

2. Perbanyak Relasi

Memperluas relasi dan memperbanyak kenalan merupakan hal yang dapat mendukung karir Anda sebagai pebisnis wanita, baik itu wanita atau pria, tua atau muda, serta yang lebih profesional atau yang setara.

Dengan network yang luas, Anda akan semakin terbantu jika ingin membuat produk bisnis Anda semakin dikenal.

Anda dapat mulai bergabung di grup-grup atau komunitas sesama pebisnis dan berinteraksi dengan orang-orang di dalamnya. Komunitas seperti itu dapat menjadi wadah untuk Anda mengenal semakin banyak rekan dan partner bisnis yang berpotensi.

Serap dan bagikan ilmu-ilmu yang bisa Anda dapatkan dari hasil networking tersebut. Lalu, aplikasikan kepada bisnis yang Anda jalankan.

3. Jangan Ragu untuk Bertanya

Umumnya, pebisnis pemula merasa ragu atau sungkan untuk bertanya kepada yang lebih berpengalaman maupun kepada yang setara dengannya.

Padahal, bertanya bukanlah sesuatu yang memalukan. Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Jika Anda menjalani bisnis Anda dengan benar-benar clueless, maka jalan menuju kesuksesan bisnis akan semakin panjang.

Anda dapat bertukar pikiran dan meminta saran kepada mereka yang lebih berpengalaman.

Namun, jika Anda tetap enggan bertanya kepada orang lain secara langsung, Anda dapat membaca buku-buku maupun sumber bacaan di internet yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalani.

Ingat, ilmu bisa didapat dari mana saja, asalkan kita mau berusaha!

4. Jadi Pribadi yang Rendah Hati

Menjadi pebisnis yang low profile mungkin tidak mudah bagi beberapa orang, namun Anda tetap bisa menjadi salah satu di antaranya.

Jangan terlalu banyak mengekspos narasi-narasi berlebihan tentang diri Anda, karir Anda, prestasi Anda, dan hal-hal yang terkesan sombong lainnya.

Cukup jelaskan hal-hal tersebut dengan padat, jelas, dan seperlunya. Hal ini dikarenakan sesuatu yang diekspos secara kurang low profile dan berlebihan dapat mengompori kompetitor bisnis Anda.

Jadilah pebisnis yang santai dan rendah hati, maka orang-orang akan lebih mudah respect kepada Anda.

5. Jangan Gengsi untuk Cari Dukungan dari Orang Terdekat

Menjadi seorang wanita entrepreneur Indonesia yang mandiri dan berdikari memanglah luar biasa keren, tapi janganlah Anda terlalu memaksakan diri sendiri hingga berada di atas titik toleransi tubuh dan pikiran Anda.

Jika Anda merasa bahwa beban yang Anda pikul terlalu berat, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dan meluapkan keluh kesah pada orang-orang terdekat Anda.

Carilah dukungan dari orang-orang terdekat Anda yang Anda percayai. Percaya, deh, dukungan orang-orang terdekat tuh bisa jadi booster buat kepercayaan diri dan kekuatan Anda dalam menjalankan bisnis!

Ingat, jangan gengsi!

Cara Mendukung Wanita dalam Berbisnis

Seorang wanita pebisnis sebaiknya diberi dukungan dengan baik dan suportif agar mereka semakin semangat dalam menjalankan bisnisnya. Nah, ada banyak cara untuk turut serta merayakan dan mendukung wanita dalam berbisnis.

Untuk Anda yang ingin merayakan dan mendukung pebisnis wanita kenalan Anda untuk berbisnis, ada beberapa cara yang bagus untuk dilakukan.

Saya telah menyajikan daftarnya berikut ini. Simak dengan baik, ya!

1. Ikut Merayakan Women’s Entrepreneurship Day

Salah satu cara untuk ikut merayakan dan mendukung wanita dalam berbisnis adalah dengan memperingati Women’s Entrepreneurship Day.

Women’s Entrepreneurship Day atau Hari Bisnis Wanita adalah sebuah hari peringatan yang diinisiasi oleh Women’s Entrepreneurship Day Organisation. Hari peringatan ini diselenggarakan setiap tanggal 19 di bulan November setiap tahunnya.

Hari ini bertujuan untuk mendukung para wanita untuk berpartisipasi secara aktif dalam roda ekonomi.

Semarakkan hari ini dengan mengirim ucapan-ucapan dukungan kepada mereka, baik secara langsung, melalui hadiah, ataupun lewat sosial media. Tunjukkan bahwa para pebisnis wanita itu sangat menginspirasi Anda dan bahwa mereka sangat keren dan inspiratif.

2. Edukasi Diri Sendiri

Untuk sepenuhnya memahami bagaimana tantangan dan kesuksesan yang para pebisnis wanita hadapi dalam bisnisnya, Anda dapat mencoba mencari bahan bacaan yang sesuai. Misalnya, buku-buku tentang bisnis atau artikel berita tentang pebisnis wanita.

Pelajari tentang mengapa Anda perlu mendorong wanita untuk berbisnis dan gunakan ilmu tersebut untuk Anda aplikasikan nantinya. Dengan mengedukasi diri sendiri tentang hal ini, Anda dapat turut serta merayakan dan mendukung kiprah pebisnis wanita di dalam karirnya.

Selain itu, jika perlu, Anda juga dapat mengedukasi orang-orang terdekat Anda untuk ikut serta dalam belajar mengenai topik tersebut untuk kemudian turut serta mendukung para pebisnis wanita.

3. Berpartisipasi dalam Kegiatan Mendukung Pebisnis Wanita

Kerahkan usaha Anda untuk mempromosikan wanita dalam roda ekonomi. Jika Anda adalah seorang wanita, terjun langsung menuju kegiatan promosi tersebut.

Anda juga dapat menjadi seorang volunteer atau sukarelawan untuk ikut menyukseskan terselenggaranya bisnis oleh para wanita yang membutuhkannya.

Lalu, Anda juga dapat memberi dukungan moral maupun materi terhadap organisasi-organisasi yang mempunyai visi dan misi membantu wanita untuk sukses dalam bisnisnya.

Dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, Anda sudah cukup membantu untuk mendukung dan merayakan dan mendukung wanita dalam berbisnis.

Potensi yang para wanita miliki dalam berbisnis sangat luar biasa. Apalagi jika mereka mau dan niat menjalani dan mengeksplorasinya. Anda dapat turut serta membantu mereka secara moral maupun material dengan menjalankan cara-cara di atas.

Peluang Sukses Wanita dalam Bisnis Melalui QNET

Jika Anda adalah seorang wanita yang tertarik berbisnis, atau Anda memiliki kenalan wanita yang ingin berbisnis, saya akan memperkenalkan Anda kepada bisnis QNET. Anda mungkin sudah familiar dengan perusahaan ini, ya?

Tidak heran, QNET memang sebuah perusahaan yang terkenal dan namanya dikenal banyak orang. Anda mungkin sempat mendengar tentang bisnis ini dari kenalan Anda maupun dari media lain.

Yuk, kita telusuri lebih dalam tentang bisnis ini!

QNET adalah sebuah perusahaan direct selling atau penjualan langsung yang menawarkan berbagai produk kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup.

QNET merupakan perusahaan besar dengan cabang di lebih dari dua puluh lima negara di dunia dengan kantor pusat perusahaan yang berada di Hong Kong.

Produk-produk yang ditawarkan oleh QNET merupakan produk-produk berkualitas yang diciptakan dengan teknologi mutakhir. Misalnya, produk perawatan wajah, produk alat kesehatan, dan lain-lain.

Anda dapat memilih berbagai macam produk untuk bisnis Anda sesuai yang Anda inginkan jika Anda bergabung dalam bisnis ini.

Kesempatan tidak datang dua kali. Jika Anda ingin memiliki karir dan memiliki bisnis wanita sukses, Anda dapat bergabung bersama QNET maupun merekomendasikan QNET kepada pebisnis wanita di sekitar Anda.

Baca Juga : Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Pria di Segala Usia