Senin, Desember 5, 2022

10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Sekarang ini tidak hanya kesehatan tubuh saja yang harus Anda perhatikan, kesehatan mental juga harus Anda perhatikan. Fisik dan mental Anda harus seimbang agar mendapatkan kehidupan yang bahagia.

Seseorang yang mengalami gangguan mental akan cukup sulit terdeteksi. Hal ini karena mental berhubungan dengan hati atau jiwa seseorang. Oleh karena hal inilah Anda harus tetap menjaga agar mental Anda sehat.

Salah satu ciri orang yang sehat mental dan fisiknya adalah merasa bahagia. Jika Anda merasa tidak bahagia mungkin ada sesuatu yang salah dengan mental Anda.

Untuk Menjaga Kesehatan Mental Sebenarnya Bisa Dilakukan dengan Cara yang Sederhana

Berikut ini adalah beberapa tips cara menjaga kesehatan mental dengan cara yang sederhana :

1. Berhubungan dan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Berhubungan dan Berkomunikasi dengan Orang Lain

Cara menjaga agar mental tetap sehat yang pertama adalah dengan tetap berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. Berbicara dengan orang lain menjadi salah satu cara sederhana untuk menjaga mental tetap sehat. Dengan berbicara pada orang lain Anda akan merasa dihargai dan mendapatkan perhatian.

Jika Anda seorang yang tertutup dan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain cobalah menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga. Komunikasi yang baik dengan anggota keluarga akan membuat Anda merasa lebih aman dan bahagia.

Sederhananya untuk membuat mental Anda tetap sehat maka Anda harus menjalin komunikasi yang baik dengan orang lain terutama keluarga. Untuk mempererat komunikasi dan hubungan antar anggota keluarga Anda bisa melakukan beberapa aktivitas berikut ini:

  • Cobalah meluangkan sedikit waktu untuk mengobrol bersama keluarga setiap harinya.
  • Temui sahabat atau teman lama yang sudah lama tidak bertemu.
  • Matikan TV dan handphone Anda kemudian ajak keluarga untuk bermain bersama.
  • Rutinlah untuk menelepon keluarga atau teman daripada mengirimnya chat saja.
  • Ajak orang asing untuk berbicara dan cari tahulah mengenai kehidupannya.

Poin terakhir di atas bisa Anda lakukan ketika Anda bepergian. Mulailah untuk mengobrol dengan orang lain agar mental Anda tetap sehat.

2. Tetap Aktif Melakukan Olahraga

Aktif melakukan olahraga tidak hanya untuk menjaga kesehatan fisik Anda saja tapi juga kesehatan mental Anda. Olahraga secara fisik akan membuat Anda menjadi lebih sehat, secara mental Anda juga akan lebih bahagia.

Kebahagiaan muncul ketika Anda bisa melakukan olahraga bersama dengan teman atau saudara. Jika biasanya Anda sering berolahraga di gym atau hanya di sekitar rumah cobalah untuk melakukan olahraga luar ruangan.

Ada banyak olahraga luar ruangan yang bisa Anda coba, misalnya saja jogging di taman, bersepeda keliling kompleks. Anda juga bisa mencoba untuk jelajah alam bersama teman-teman Anda. Olahraga dalam bentuk tim seperti sepak bola dan sejenisnya juga bisa menguatkan dan menyehatkan mental Anda.

Tidak perlu melakukannya setiap hari, Anda bisa melakukan olahraga luar ruangan satu minggu sekali pada saat akhir pekan. Anda bisa memilih tempat olahraga yang berbeda-beda setiap minggunya agar Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru.

3. Belajar Hal-Hal Baru

Cara sederhana untuk menyehatkan mental adalah dengan menambah kepercayaan diri. Untuk meningkatkan kepercayaan diri salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah belajar hal-hal baru yang belum Anda kuasai.

Melakukan aktivitas yang sama secara rutin akan membuat Anda jenuh dan merasa tertekan. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba hal baru yang lebih menantang.

Belajar hal baru akan membuat Anda merasa bergairah dan tertantang. Perasaan seperti inilah yang Anda butuhkan agar mental Anda tetap sehat.

Mempelajari suatu hal tidak hanya bisa Anda lakukan ketika sekolah saja. Setelah lulus sekolah justru banyak hal yang bisa Anda pelajari. Berikut ini beberapa rekomendasi kegiatan untuk belajar Anda :

  • Daftar kursus qLearn di QNET, ada banyak hal baru yang bisa Anda pelajari di sini dan Anda akan mendapatkan sertifikat.
  • Mengambil kelas untuk memasak atau membuat kue.
  • Lakukan proyek DIY yang sederhana seperti berkebun atau kegiatan menarik lainnya seperti membuat kerajinan tangan.
  • Menonton tutorial membuat ketrampilan di YouTube atau untuk perempuan bisa menonton tutorial untuk make up.

4. Membantu Sesama Umat Manusia

Untuk membuat mental Anda tetap sehat dan Anda tetap bahagia salah satu caranya yaitu dengan berbagi dengan sesama. Membantu sesama manusia tidak perlu yang terlalu mewah dan besar. Anda bisa menjadi relawan dalam sebuah kegiatan amal atau sejenisnya.

Jika Anda terbatas pada keuangan, Anda bisa berbagi dengan menyumbangkan tenaga dan waktu Anda. Bersikap ramah dan selalu tersenyum juga termasuk salah satu hal yang terpuji dan bisa membuat Anda bahagia.

Sebagai member QNET yang selalu terupdate dengan berita QNET terbaru tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan RYTHM. Anda bisa mempraktekkannya untuk membuat Anda tetap sehat secara mental.

Selain itu, ada beberapa aktivitas yang mungkin bisa Anda lakukan seperti :

  • Jika dana Anda mencukupi Anda bisa bergabung dengan perusahaan nirlaba yang meminjamkan modal usaha mikro seperti Kiva
  • Sebagai anggota QNET Anda bisa membantu mentoring downline baru atau wirausaha baru.
  • Menjadi sukarelawan untuk rumah sakit, dapur umum, dan komunitas sukarela lainnya.

Pada prinsipnya untuk membuat mental Anda sehat maka bahagiakan diri dengan cara ikut membahagiakan orang lain. Hal kecil dan sederhana yang Anda lakukan bisa membawa kebahagian untuk orang lain.

5. Mengatakan Hal-Hal yang Positif untuk Diri Sendiri

Menyehatkan mental tidak hanya bisa dengan melakukan hal positif untuk orang lain tapi juga untuk diri sendiri. Melakukan hal positif untuk diri sendiri bisa dimulai dengan mengatakan hal positif kepada diri sendiri.

Kebanyakan orang mengeluh dan berputus asa ketika menghadapi sebuah masalah, Anda mungkin saja termasuk di dalamnya. Mengeluh dan berputus asa akan membuat mental Anda semakin tertekan dan Anda tidak akan bahagia.

Untuk menghindari hal ini, Anda seharusnya mengatakan hal positif pada diri Anda sendiri. Alih-alih mengatakan menyerah, sebaiknya Anda mengatakan pasti bisa. Kata-kata positif ini sangat berpengaruh pada kesehatan mental Anda.

Orang yang selalu mengatakan hal positif pada dirinya sendiri akan lebih bahagia. Dia tidak akan merasa sedih dan tertekan dengan keadaannya saat ini.

Seperti pepatah mengatakan bahwa ucapan adalah sebuah doa. Jadi mulailah mengatakan hal positif pada diri Anda agar apa yang terjadi pada Anda adalah hal-hal yang positif.

6. Makan Makanan yang Bergizi

Makan Makanan yang Bergizi

Memakan makanan yang bergizi tidak hanya menyehatkan tubuh saja tapi juga menyehatkan mental Anda. Makanan bergizi akan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Metabolisme yang baik akan membuat pencernaan Anda juga baik. Dengan pencernaan yang baik maka tubuh Anda akan sehat selalu.

Di dalam tubuh yang sehat pasti terdapat jiwa yang sehat pula. Oleh karena itu, dengan memakan makanan bergizi kesehatan dari mental Anda juga akan terjaga dengan baik.

Mengkonsumsi makanan bergizi adalah memakan makanan dengan gizi yang seimbang. Tubuh Anda harus tercukupi protein, lemak, vitamin, dan kalorinya.

Tidak hanya mengkonsumsi sayur dan buah saja, Anda juga perlu mengkonsumsi daging dan ikan agar tubuh tetap sehat. Sesekali Anda juga membutuhkan coklat untuk menstabilkan hormon atau mood dalam diri Anda.

7. Lakukan Meditasi untuk Menenangkan Diri

Lakukan Meditasi Untuk Menenangkan Diri

Meditasi juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan jiwa atau mental Anda. Melakukan meditasi bisa membuat Anda menjadi lebih tenang dan rileks.

Untuk melakukan meditasi Anda bisa melakukannya di dalam rumah maupun di luar rumah. Jika Anda ingin bermeditasi di dalam rumah sebaiknya pilih ruangan yang tenang. Anda juga bisa menambahkan aromaterapi agar Anda semakin rileks.

Begitu juga jika Anda ingin bermeditasi di luar ruangan, Anda harus memilih tempat yang tenang dengan udara yang sejuk. Meditasi bisa Anda lakukan 1 minggu atau 2 minggu sekali atau jika memang Anda memerlukannya.

Namun perlu Anda ketahui, melakukan meditasi bukan berarti hanya duduk bersila dan diam saja. Selama meditasi Anda juga harus mengatur nafas Anda. Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan yoga selama melakukan meditasi.

8. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Cara sederhana lainnya agar mental Anda tetap sehat adalah dengan beristirahat dan tidur yang cukup. Istirahat sangat diperlukan oleh tubuh apalagi jika Anda melakukan aktivitas yang berat. Tubuh Anda bukanlah robot yang bisa bekerja terus menerus tanpa istirahat.

Anda bisa melakukan istirahat setelah 2 sampai 3 jam beraktivitas. Istirahat ini tidak perlu lama cukup 10 menit saja.

Tidak hanya istirahat, Anda juga membutuhkan tidur yang cukup. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental minimal Anda membutuhkan tidur 8 jam setiap harinya.

Tidur selama 8 jam ini bisa memulihkan tenaga yang sudah Anda gunakan untuk beraktivitas. Jika memang memungkinkan Anda juga bisa tidur siang selama 1 jam untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

9. Membuat Jurnal Harian

Mungkin bagi sebagian Anda membuat jurnal harian terkesan kuno dan tidak modern. Jurnal harian ini bisa menjadi salah satu obat agar mental Anda tetap sehat.

Isi dari jurnal harian bisa aktivitas Anda sehari ini dan apa saja nikmat yang sudah Anda dapatkan. Mendaftar capaian harian sangat bagus karena Anda akan sadar betapa banyak kenikmatan yang Anda dapatkan selama ini.

Daftar ini akan membantu Anda dalam mensyukuri kehidupan yang sedang Anda jalani sekarang. Dengan bersyukur Anda akan lebih bahagia dan mental Anda akan sehat selamanya.

10. Membangun Fokus dan Kesadaran Diri

Tips terakhir agar mental Anda tetap sehat adalah fokus dengan apa yang Anda tuju saat ini. Hindari melakukan banyak pekerjaan sekaligus karena bisa membuat Anda stres dan tidak fokus.

Anda juga harus mempunyai kesadaran terhadap diri sendiri. Kesadaran diri sendiri yang dimaksud adalah sadar apa yang sedang Anda kerjakan dan apa tujuannya. Dengan demikian Anda tidak hanya sehat mental tapi juga bisa meraih kesuksesan seperti yang Anda cita-citakan.

Cara-cara di atas merupakan cara paling sederhana agar mental Anda selalu sehat. Manfaat kesehatan mental tidak hanya bagus untuk diri sendiri tapi juga untuk orang sekitar Anda. Dengan mental yang bagus Anda juga bisa membawa kebaikan dan aura positif untuk lingkungan.

Menjaga kesehatan mental memang harus Anda lakukan. Fisik yang sehat tanpa mental yang sehat tidak akan membuat hidup Anda bahagia. Karena kebahagian yang sebenarnya ada dalam mental yang sehat.

Baca juga : Apa Itu Peluang Qnet dan Apa Hebatnya?

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini