Segala jenis bisnis perlu mentalitas yang kuat dan leadership yang tak mudah diruntuhkan. Termasuk bisnis pemasaran jaringan terbesar di dunia seperti QNET. Untuk diketahui, QNET merupakan salah satu pionir bisnis direct selling yang full online (e-commerce) yang sangat profitable.

Berita QNET yang merupakan salah satu bisnis yang menguasai pasar pemasaran menjadikan banyak orang tertarik untuk mempelajari model pengembangan bisnis mereka. Karena cukup jarang perusahaan Direct Sellingisa berkembang sedemikian pesatnya.

Bahkan QNET masuk dalam jajaran perusahaan yang mendunia dan tersebar di beberapa negara. Cukup canggih. Padahal jika Anda ingin bergabung, Anda tinggal modal mental dan kemauan dan modal yang relative rendah dibandingkan dengan bisnis-bisnis konservatif lainnya.

Lalu bagaimana QNET yang bergerak di bidang pemasaran jaringan mengkombinasikan aspek pengembangan bisnis dengan leadership?

Apakah benar banyak yang bisa dicontoh dari perusahaan skala internasional tersebut?

Berikut ulasan lengkapnya, jangan sampai lewatkan salah satunya.

10 Cara Pemimpin Mengembangkan Bisnis Ala QNET

Cara Pemimpin Mengembangkan Bisnis - QNET

Apa yang Anda pikirkan pertama kali ketika membicarakan tentang “pengembangan bisnis”? Memperluas pangsa pasar? Meningkatkan product diversification?

No, sebenarnya ada cara yang lebih urgent daripada itu semua : yaitu memperbaiki dari sisi internal.

Seperti ketika membuat cup cake, bagian luar yang terlalu dihias namun dalamnya kempis membuat banyak orang enggan mencicipi.

Sebaliknya, kue yang terlihat penuh dari dalam akan menarik selera banyak orang. Yeah, you got it.

Nilai suatu perusahaan ada pada bagian dalam perusahaan itu sendiri. Lalu produk-produk yang dihasilkan akan tampak sempurna, sebaik citra perusahaan tersebut. Tapi bagaimana cara para pemimpin mengembangkan bisnis?

1. Bertujuan (Clear Vision)

Seorang pemimpin yang baik pasti memiliki visi atau tujuan yang jelas, sehingga tidak membuat anggotanya terombang-ambing.

Pemimpin yang baik akan menentukan suatu tujuan, menyusun misi, lalu mengomandokan aksi.

Para pemimpin pasti sudah merancang sebuah tujuan, dan memikirkan misi-misi yang dipikirkan secara mendalam. Dengan begitu seluruh komponen perusahaan akan seperti digerakkan untuk mencapai destinasi yang tercantum dalam visi.

Visi yang dipublikasikan pun biasanya merupakan sebuah titik puncak yang harus dituju oleh semua komponen perusahaan tau semua anggota tim Anda.

Visi tersebut haruslah sesuatu yang efektif, taktis, dan tidak bertele-tele. Dan visi tersebut yang akan membantu perusahaan atau tim Anda ntuk lebih berkembang.

2. Kejujuran

Kejujuran Pemimpin - QNET

Dalam proses pengembangan bisnis, transparansi dan kejujuran adalah satu hal yang harus diusung tiap pemimpin.

Pribadi yang jujur adalah aset yang lebih berharga daripada pribadi yang kredibel namun sering memutarbalikkan fakta.

Jujur yang dimaksud bukanlah jujur dan mengatakan semua rahasia pribadi yang dimiliki tiap individu. Melainkan jujur terhadap proses yang dilakukan demi mencapai semua visi misi perusahaan.

Ketika terjadi sesuatu yang tidak mengenakkan hati, pihak-pihak yang bersangkutan dituntut untuk jujur. Toh kejujuran itu nantinya akan membuat perubahan positif jika disampaikan secara gamblang.

Dan sebagai efeknya, bisnis pun akan lebih mudah dikembangkan, dan teamwork menjadi lebih solid. Simpel, karena tak ada yang ditutup-tutupi.

3. Heart to Heart Communication

Komunikasi adalah kunci dari semua kesuksesan, mungkin hal tersebut harus Anda pegang. Anda tidak harus jadi seorang pembicara yang handal.

Namun sejatinya dalam mengembangkan bisnis butuh sosok yang terbuka dan mampu bicara dari hati ke hati.

Bawahan atau Anggota tim Anda diam saja ketika Anda beri perintah, tapi hei.. coba sentuh perasaan mereka sedikit lebih dalam.

Jangan katakan “Selesaikan Plan A, Plan B,…”. Tapi coba bicarakan maksud dari perintah tersebut, mereka akan lebih sumringah.

Bantulah mereka ketika menghadapi kesulitan dalam menjalankan pekerjaan, karena menahan ego dan bersikap bossy justru malah mengulur waktu. Lebih baik segera membantu pihak yang kesusahan, bukan?

Dengan begitu tujuan akan lebih cepat tercapai.

4. Selalu Memotivasi

Motivasi Pemimpin - QNET

Apa yang kita butuhkan ketika kita patah semangat? Tentu saja semangat yang baru. Seperti baterai yang harus diisi ketika sudah habis, manusia selalu membutuhkan motivasi di tempat kerja.

Dan hal itu tidak bisa diberikan rekan atau orang dengan pangkat yang lebih rendah, namun yang bisa adalah seorang pemimpin.

Cobalah untuk memberikan briefing singkat di pagi hari ketika Anggota tim Anda ersiap menjalani tugas, sisipkan kata semangat di dalamnya. Mereka pasti akan melakukan pekerjaan dengan senang hati dan lebih maksimal.

Seperti yang dilakukan oleh semua pihak di perusahaan QNET, mereka bahu membahu untuk memotivasi pihak lain untuk segera mencapai target.

Tidak ada yang berlaku sombong, angkuh, atau lebih senior karena pada tingkatan yang tinggi pun seseorang harus mau struggle di QNET. Saling memotivasi, kuncinya.

5. Mempedulikan Tim

Bagaikan robot, Anda dan anggota tim Anda memiliki tugas dan kewajiban yang berbeda untuk bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Dengan tingkat beban yang berbeda, yang bisa Anda lakukan adalah memperkuat hubungan antar anggota tim. Pedulikan mereka.

Sekali waktu dalam seminggu, ajak mereka berkumpul santai di luar kantor. Ajak mereka sharing tentang hal-hal yang mungkin mengganjal saat bekerja, apa yang harus diperbaiki, dan melakukan pembicaraan sejenis.

Mereka yang merasa nyaman dengan Anda pasti lebih leluasa bekerja, dan itu kunci kesuksesan dalam sebuah teamwork.

Sama seperti ketika menjadi bagian dari perusahaan penjualan langsung erkenal di Indonesia, QNET. Semua lapisan pada perusahaan tersebut bahu membahu saling mempedulikan satu sama lain.

Suasana kerja yang kondusif pun akhirnya mendorong seseorang untuk meraih target lebih banyak dari hari kemarin. Sangat efektif.

6. Perhatikan Integritas Anda

Citra diri manusia adalah hal yang sangat fluktuatif dilihat dari sudut pandang orang lain. Bisa jadi masalahnya ada pada diri mereka, namun ada kalanya terdapat hal yang salah pada Anda.

Seperti yang kita tahu, manusia lebih mudah mengingat suatu kesalahan kecil daripada kebaikan yang telah berulang kali dilakukan.

Integritas diri Anda adalah hal yang sangat berharga, jangan sampai tindakan kecil merusak image positif tersebut.

Selalu jaga wibawa dimanapun Anda berada jika ingin anggota tim Anda etap menghormati.

Jaga agar tidak seorang pun di tempat kerja yang mengetahui sisi terburuk yang ingin Anda sembunyikan. Berusahalah untuk selalu jadi baik.

Jika memang Anda melakukan salah, segera minta maaf dan berjanji menjadi pribadi lebih baik. Dan ketika orang lain menyakiti Anda, berusahalah untuk membalas perbuatan tersebut dengan hal yang lebih terpuji. Jadilah diri Anda sendiri.

7. Hargai Orang Lain

Empati adalah jenis perlakuan yang cukup langka sekarang ini, Anda tidak bisa mendapatkannya dari orang yang apatis.

Dan dalam kehidupan, rasa menghargai bisa menyalurkan empati tersebut pada orang lain.

Dengan memberikan penghargaan pada orang lain, secara otomatis citra diri kita pun juga akan meningkat. Orang tak akan segan menghormati kita karena sudah menunjukkan perilaku terpuji.

Katakan selamat jika ada orang yang dipromosikan, beri mereka reward jika berhasil menunjukkan kinerja secara signifikan.

Hal-hal tersebut tak akan membuat Anda terkesan cheesy, justru menunjukkan jika Anda pemimpin yang patut dikagumi.

Selain itu, ketika ada orang sedang berbicara atau presentasi, perhatikan mereka. Jaga attitude Anda dari hal-hal yang terkecil sekalipun.

Dengan demikian Anda pun juga akan jadi sosok yang dihargai orang lain.

8. Do What You Say

Memang sangat mudah menasehati orang lain untuk bertindak seperti ini, seperti itu. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda melakukan apa yang Anda katakan pada orang lain.

Tentang bisnis QNET, Anda akan belajar banyak poin ini di sana.

Anda bukan lagi pemimpin yang harus didengar semua perkataannya dari A sampai Z.

Namun Anda akan didorong menjadi pemimpin yang juga melakukan apa yang Anda katakan. Cukup menantang.

Tetapi jika memang Anda memiliki kualifikasi yang baik sebagai pemimpin, Anda pun tidak terlalu sulit melakukan poin yang ini.

Karena takdir pemimpin adalah sebagai teladan, nasib perusahaan akan bergantung pada apa yang Anda lakukan. Alih-alih pada apa yang hanya Anda katakan, tunjukkan dengan aksi yang nyata.

Berusahalah untuk menjaga mulut dan lidah Anda ketika berada di tengah-tengah kolega. Ketika memberi mereka nasehat, jangan langgar perkataan tersebut. Posisikan diri Anda jadi pihak yang Anda nasehati.

Dengan demikian, Anda tidak akan dicap sebagai orang yang “suka menelan ludahnya sendiri”.

9. Tak Bersifat Anti Kritik

Ego yang dimiliki seseorang memang memiliki tingkatan yang berbeda. Ada yang lapang hatinya dan mudah memaafkan, namun ada pula tipe pemimpin yang anti kritik.

Tipe yang kedua ini cenderung banyak musuh, banyak dibenci.

Padahal kritik dilayangkan pada pemimpin untuk memperbaiki keadaan, agar yang salah bisa diperbaiki.

Sehingga sifat anti kritik bisa menghambat proses pengembangan bisnis dan membuat semuanya bubrah.

Dalam perusahaan Direct Selling QNET pun begitu, Anda harus legowo menerima saran dari pihak lain. Karena kesalahan kita pribadi seringkali tidak kita sadari, dan malah orang lain yang lebih jeli.

Dan karena bisnis ini berhadapan langsung dengan para klien, Anda pun harus pandai memposisikan diri agar bisa capai target. Tentu saja, bayaran yang Anda dapatkan tidaklah rendah.

Namun berusahalah untuk bersikap dengan gentle, dan tunjukkan bahwa Anda pantas berada di level dimana Anda berada sekarang.

10. Bersikap Profesional

Mungkin kalimat yang satu ini terdengar klise, namun nyatanya bersikap profesional cenderung lebih sulit.

Pada perusahaan QNET di Indonesia, semua tingkatan karyawan dan manajerial diharuskan bersikap profesional.

Dalam kata lain, tinggalkan urusan pribadi di luar kantor, dan bertindaklah layaknya sang ahli.

Mindset seorang profesional tidak suka mencampurkan antara urusan kerjaan dengan yang lain. Lakukan ini untuk mengembangkan diri serta bisnis Anda.

Hargai yang lebih tua, sayangi yang lebih muda. Jangan tunda-tunda kewajiban atau tugas Andagar nantinya waktu Anda bisa jadi lebih efektif.

Dengan bertindak lebih profesional, secara tidak langsung Anda telah melatih diri agar tidak mudah tergoda hal-hal yang merugikan selama bekerja.

Dan dengan mencontoh 10 cara pemimpin untuk kembangkan bisnis, Anda pun bisa lebih cepat mencapai puncak dari pihak lain. Anda pun bisa bergabung dengan perusahaan QNET secara langsung jika ingin merasakan atmosfer kerja di lingkungan tersebut.

Kami jamin Anda akan menjadi pribadi yang lebih berkembang dari siapapun juga. Lingkungan dengan sistem kerja yang progresif, komunikatif, dan kreatif akan membawa Anda pada jalan kesuksesan.

Dan dalam bisnis pemasaran jaringan, orang yang lebih beradaptasi selalu selangkah lebih maju. Semoga ilmu yang telah kami berikan ini bermanfaat untuk Anda. Semoga sukses!