Senin, Agustus 8, 2022

16 Cara Mudah dan Ampuh Menghilangkan Rasa Malas

Rasa malas seringkali muncul sehingga menghambat penyelesaian suatu pekerjaan. Tentu Anda ingin tahu bukan bagaimana cara menghilangkan rasa malas ini?

Berdasarkan penelitian oleh Live Science, rasa malas muncul karena kurangnya dorongan motivasi dalam diri seseorang. Orang yang kurang motivasi dalam melakukan sesuatu cenderung akan menunda pekerjaannya.

Rasa malas yang dibiarkan begitu saja bisa berdampak buruk bagi kehidupan dan kesehatan Anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa malas ini?

16 Cara Mudah dan Ampuh Menghilangkan Rasa Malas

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan rasa malas yang bisa Anda coba.

1. Ingat Kembali Apa Tujuan Anda

Photo by Sam Owoyemi on Unsplash

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjauhkan rasa malas adalah mengingat kembali apa tujuan Anda. Ketika Anda ingin melakukan sesuatu Anda tentu mempunyai tujuan bukan?

Misalnya saja Anda bekerja dengan tujuan ingin membeli mobil dan rumah mewah. Ketika rasa malas itu datang ingatlah tujuan Anda dan apa saja yang sudah Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Jika apa yang Anda lakukan dirasa masih kurang tapi Anda bermalas-malasan, segeralah untuk bangkit.

Anda harus ingat jika Anda bermalas-malasan maka apa yang Anda inginkan tidak akan tercapai. Selain mengingat tujuan, Anda juga bisa membaca doa menghilangkan rasa malas.

2. Berpikirlah yang Positif Agar Anda Kembali Semangat

Cara menghilangkan rasa malas yang selanjutnya adalah dengan berpikir positif. Rasa malas biasanya hadir ketika Anda berpikiran negatif atau ketika Anda mulai mau menyerah.

Ketika Anda merasa usaha yang akan Anda lakukan tidak akan berhasil maka Anda akan mulai merasa malas. Anda harus melawannya dengan terus berpikiran positif. Berpikir positif akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat kembali.

3. Lakukan Dalam 5 Detik Pertama

Menjauhkan rasa malas bisa Anda lakukan dengan trik 5 detik. Yang dimaksud dengan trik 5 detik adalah lakukan dalam 5 detik pertama.

Misalnya saja Anda akan menyelesaikan pekerjaan hari ini maka lakukanlah maksimal setelah 5 detik ketika keinginan itu muncul. Langsung mengerjakan pekerjaan pada saat itu juga akan membuat Anda terhindar dari rasa malas.

Hilangkan sifat malas Anda dengan cara ini atau dengan kata lain jangan menunda pekerjaan. Ketika Anda ingin melakukan pekerjaan segera lakukan pada saat itu juga. Jangan sampai dikerjaan setelah lewat 5 detik karena rasa malas pasti akan datang.

4. Membuat Jadwal Secara Periodik

Cara menghilangkan rasa malas juga bisa Anda lakukan dengan cara membuat jadwal secara periodik. Anda bisa membuat jadwal bulanan, mingguan, sampai harian.

Agar rasa malas Anda hilang sebaiknya buat jadwal rutin harian. Dengan jadwal ini Anda bisa tahu apa saja yang harus Anda lakukan pada hari tersebut. Jika perlu berikan tenggat waktu selesainya. Cara ini cukup efektif untuk melawan kemalasan dan membantu Anda cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Membuat To Do List Setiap Hari

Selain membuat jadwal, untuk menjauhkan rasa malas Anda juga bisa membuat to do list setiap harinya. Anda bisa memanfaat noted yang ada di handphone Anda atau menyiapkan buku catatan kecil dan bolpoint.

Catatlah apa saja yang akan Anda kerjakan hari ini di buku tersebut. Anda bisa mencatat apa yang akan Anda kerjakan pada malam hari sebelum tidur. Kemudian periksa kembali pagi hari setelah bangun tidur apakah ada kegiatan yang terlewat atau tidak.

Sebelum Anda memulai aktivitas sebaiknya baca kembali to do list yang sudah Anda buat. Anda juga bisa membawa catatan ini selama beraktivitas untuk mengingatkan apa saja yang perlu Anda lakukan hari ini.

6. Lakukan Meditasi

Rasa malas bisa saja muncul karena ada hal yang meresahkan atau sesuatu yang membuat Anda tidak tenang. Cara menghilangkan rasa malas ini bisa Anda lakukan dengan melakukan meditasi.

Anda bisa duduk bersila di ruangan yang senyap selama beberapa menit. Bermeditasi bisa membuat Anda menjadi lebih rileks dan mengembalikan semangat Anda. Anda juga bisa menambahkan wewangian agar suasana menjadi lebih segar dan tenang.

7. Susun Skala Prioritas Kegiatan

Cara menghilangkan rasa malas yang selanjutnya adalah dengan menyusun skala prioritas kegiatan. Anda yang termasuk orang sibuk tapi agak malas untuk mulai kegiatan sebaiknya buatlah skala prioritas kegiatan.

Skala prioritas kegiatan ini merupakan urutan kegiatan dari yang paling urgent untuk diselesaikan sampai yang paling kurang penting. Dengan adanya skala prioritas Anda bisa tahu pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu dan pekerjaan mana yang bisa ditunda.

Namun jika Anda mempunyai banyak sisa waktu sebaiknya segera selesaikan pekerjaan Anda tanpa menundanya. Menunda pekerjaan akan membuat Anda menjadi lebih malas.

8. Jangan Banyak Mengeluh

Menjauhkan rasa malas juga bisa Anda lakukan dengan tidak banyak mengeluh. Mengeluh hanya akan menambah beban Anda. Anda akan merasa semakin malas ketika mengeluh akan pekerjaan yang sedang Anda lakukan.

Sebaiknya jangan banyak mengeluh agar rasa malas tidak hadir kembali. Kerjakan saja apa yang harus Anda selesaikan tanpa mengeluh. Mengeluh juga hanya akan membuang waktu Anda, waktu Anda hanya akan terbuang hanya untuk mengeluh saja.

Coba Anda praktikkan cara ini, 1 hari saja tanpa mengeluh. Anda akan merasakan perbedaan yang sangat besar ketika Anda mengeluh dan tidak mengeluh. Pekerjaan pasti akan lebih cepat selesai ketika Anda kerjakan tanpa mengeluh.

9. Pasang Alarm Selama 10 Menit

Cara menghilangkan rasa malas yang selanjutnya adalah dengan memasang alarm selama 10 menit. Cara ini cukup sederhana dan bisa membantu Anda melihat pekerjaan apa saja yang bisa Anda selesaikan dalam 10 menit.

Selain alarm, Anda juga bisa menggunakan timer selama 10 menit. Setelah timer menyala kerjakan pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Lihat pekerjaan apa saja yang bisa Anda lakukan selama 10 menit tersebut?

Cara ini cukup efektif untuk menjauhkan rasa malas pada diri Anda. Anda mungkin akan sadar jika 10 menit adalah waktu yang sangat cukup untuk menyelesaikan banyak pekerjaan.

10. Beri Reward Pada Diri Sendiri

Cara lainnya agar bisa menjauhkan rasa malas pada diri Anda adalah dengan memberikan reward atau hadiah pada diri sendiri. Diri Anda juga membutuhkan hadiah setelah selesai atau berhasil menyelesaikan pekerjaan. Hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat kembali melakukan aktivitas.

Hadiah untuk diri sendiri sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Misalnya saja makan es krim setelah menyelesaikan pekerjaan yang berat. Makan es krim terihat sederhana memang, tapi ini bisa menjadi self reward yang membangkitkan semangat.

11. Kerjakan yang Paling Mudah Terlebih Dahulu

Banyak di antara Anda ingin pekerjaannya cepat selesai bukan? Bahkan banyak yang memilih mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu. Mengerjakan pekerjaan yang sulit di pagi hari atau di awal jam kantor justru akan membuat Anda semakin malas.

Cara menghilangkan rasa malas ini adalah dengan mengerjakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Anda mungkin berpikiran mengerjakan yang sulit terlebih dahulu agar nanti pekerjaan menjadi ringan. Hal ini merupakan pemikiran yang salah.

Mengerjakan hal berat atau sulit terlebih dahulu akan membuat Anda menjadi cepat lelah. Pada akhirnya pekerjaan yang mudah sudah malas untuk Anda kerjakan. Jadi agar tidak malas sebaiknya kerjakan yang paling mudah terlebih dahulu.

12. Cari Suasana Baru

Photo by Peter Conlan on Unsplash

Menjauhkan rasa malas juga bisa Anda lakukan dengan cara mencari suasana baru. Biasanya rasa malas hadir karena Anda merasa bosan dengan suasana ruangan atau kantor. Untuk menghilangkannya Anda bisa mencari tempat atau suasana yang baru.

Misalnya saja Anda yang biasa bekerja di dalam ruangan bisa mencoba untuk bekerja di area outdoor. Suasana baru akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat kembali.

Selain pindah ruangan, Anda juga bisa menata ulang ruang kerja Anda agar tampak lebih fresh. Anda bisa menggantinya dengan warna baru atau menambahkan hiasan lainnya. Mengubah letak meja kerja juga bisa menciptakan suasana baru.

13.  Lawan Rasa Bosan dengan Mengerjakan Hal Baru

Rasa malas hadir ketika Anda merasa jenuh atau bosan dengan pekerjaan Anda. Cara menghilangkan rasa malas ini bisa Anda lakukan dengan mengerjakan hal baru.

Salah satu hal baru yang bisa Anda coba adalah berbisnis penjualan langsung atau direct selling QNET. Bisnis ini merupakan bisnis yang cukup menantang di mana Anda ditantang untuk bisa menjual produk langsung dari produsen ke konsumen.

Tenang saja, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis ini. Tidak hanya dalam bentuk uang tapi Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dari produknya.

Mengerjakan hal baru seperti berbisnis ini bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat. Apalagi jika Anda tahu keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat banyak.

14. Olahraga Secara Rutin

Cara menjauhkan rasa malas yang selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mengembalikan semangat Anda. Orang yang sudah terbiasa berolahraga secara rutin biasanya tidak akan malas.

Olahraga juga termasuk aktivitas fisik yang bisa meningkatkan dopamin dalam tubuh. Zat dopamin inilah yang akan merangsang Anda agar tidak malas.

Anda yang belum terbiasa olahraga bisa mulai dengan olahraga ringan misalnya jalan kaki di pagi hari. Berkeliling kompleks sambil membawa hewan peliharaan bisa menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan untuk Anda.

15.  Hindari Distraksi yang Mengganggu Produktivitas

Menjauhkan rasa malas juga bisa Anda lakukan dengan cara menghindari distraksi yang mengganggu produktivitas Anda. Jika gadget atau handphone merupakan distraksi yang sangat mengganggu bagi produktivitas Anda maka singkirkanlah sejenak dan mulai untuk menyelesaikan pekerjaan.

Anda bisa menyimpan handphone Anda sejenak sampai pekerjaan Anda selesai. Apapun yang membuat Anda malas menyelesaikan pekerjaan sebaiknya disimpan terlebih dahulu.

16.  Istirahat yang Cukup

Rasa malas juga bisa hadir karena Anda kurang istirahat. Untuk menjauhkan rasa malas ini sebaiknya Anda mengatur pola tidur Anda.

Orang dewasa membutuhkan waktu istirahat 7 sampai 8 jam di malam hari. Jika waktu istirahat Anda kurang dari ini maka tubuh akan menjadi lemas dan cepat lelah. Hal inilah yang membuat Anda menjadi malas menyelesaikan pekerjaan.

Pastikan istirahat malam Anda cukup agar rasa malas tidak hadir ketika Anda sedang bekerja. Istirahat yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Bagaimana apakah Anda siap untuk menjalankan hal-hal ini untuk menjauhkan rasa malas dalam diri Anda?

Dengan melaksanakan semua cara menghilangkan rasa malas ini Anda bisa kembali produktif dan pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu. Rasa malas harus Anda lawan agar Anda tetap bisa produktif dalam kehidupan Anda.

Baca juga: 4 Kebiasaan sehat orang sukses ini untuk mengubah hidup anda

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini