Sabtu, Desember 3, 2022

7 Cara Merawat Wajah Pria, Tak Cukup Hanya Cuci Muka Saja

Seberapa pentingkah memiliki produk perawatan wajah pria?

Matthew Avram selaku Direktur Dermatologi dan Pusat Kosmetik Rumah Sakit Massachusetts Harvard menyebutkan, jika pria ingin memiliki wajah yang awet muda dan sehat maka mereka harus melakukan perawatan wajah secara rutin.

Avram juga menyebutkan, masalah mendasar bagi kulit kaum pria umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan paparan sinar UV dari cahaya matahari yang langsung mengenai kulit wajah pria tanpa menggunakan tabir surya.

Merokok secara langsung menyebabkan masalah kerutan pada wajah atau risiko penuaan dini yang lebih cepat.

Langkah-Langkah Merawat Kulit Wajah Pria, Tidak Cukup Cuci Muka

Merawat Wajah - QNET

Secara umum perawatan kulit yang dilakukan pada kulit pria hampir mirip dengan kulit wanita. Kondisi fisik kulit pria dengan struktur yang lebih tebal, pori-pori yang lebih lebar dan kadar minyak yang lebih tinggi menyebabkan ada perlakuan lebih intensif yang dilakukan pada kulit pria.

Dikutip dari indiatimes.com ada beberapa tahapan perawatan kulit pria agar kulit terlihat sehat, awet muda dan terawat:

1. Proses CTM (Cleansing, Toning, Moisturising)

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh kaum pria terhadap kulitnya adalah membersihkan, mengencangkan dan melembabkan kulit wajah. Paparan polutan yang lebih tinggi di permukaan kulit pria seperti misalnya asap kendaraan, debu, kotoran dan sebagainya meningkatkan risiko masalah bagi kulit pria.

Belum lagi jumlah minyak yang lebih banyak diproduksi akibat sel pori-pori yang lebih lebar semakin memicu masalah kulit. Kaum pria umumnya malas membasuh muka sebelum tidur. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya komedo pada kulit.

Selain itu, risiko kulit kering mungkin saja terjadi pada sebagian pria. Makanya dibutuhkan pelembab kulit formula ringan, yang dapat menjaga kelembaban kulit wajah pria selama beberapa waktu.

Aktivitas membersihkan, mengencangkan dan melembabkan diperlukan dengan memilih produk perawatan kulit pria yang bisa menjawab permasalah kulit tersebut. Membersihkan kulit akan membantu risiko jerawat yang muncul sekaligus membantu proses perawatan selanjutnya agar lebih maksimal.

2. Penggunaan Tabir Surya

Setelah dibersihkan, dikencangkan, dan dilembabkan, urutan perawatan wajah pria selanjutnya adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Bukan hanya wanita yang membutuhkan perlindungan kulit dari sinar UV matahari, kulit pria pun sama halnya.

Bagi pria dibutuhkan pelindung kulit atau tabir surya minimal SPF 30 yang lebih aman melindungi kulit. Tabir surya ini disarankan digunakan 15 menit sebelum kulit terpapar matahari sehingga hasil perlindungannya lebih terasa.

Jika Anda beraktivitas cukup lama di bawah cahaya matahari, maka perlu mengulangi pemakaian tabir surya tersebut jika dirasa khasiatnya sudah berkurang. Sinar UV yang terkandung dalam cahaya matahari menyebabkan risiko kerutan pada kulit, kulit kering, munculnya flek hitam dan pigmentasi. Penggunaan tabir surya yang tepat dapat mengurangi risiko masalah tersebut.

3. Eksfoliasi Kulit

Sama halnya dengan kulit wanita, kulit pria pun diperlukan teknik eksfoliasi untuk membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati pada lapisan kulit. Tumpukan sel kulit mati yang tidak diangkat dan dibersihkan dapat memicu terjadinya infeksi bakteri pada kulit yang mengakibatkan jerawat. Selain itu, wajah juga akan terlihat kusam dan tidak cerah.

Anda membutuhkan scrub wajah untuk membantu mengangkat sel kulit mati tersebut. Gunakan jenis scrub yang lembut untuk mengurangi risiko iritasi pada kulit. Jenis bahan scrub berupa gel atau krim lebih disarankan untuk memberikan hasil perawatan pengangkatan sel kulit mati yang lebih baik hasilnya. Penggunaan scrub bahan alami seperti gula pasir juga cukup mungkin Anda gunakan. Lakukan perawatan eksfoliasi kulit di atas dengan terlebih dahulu melakukan pembersihan pada kulit.

4. Menghilangkan Kerutan Mata

Kerutan Pada Mata - QNET

Tanda penuaan dini salah satunya bisa muncul dari kerutan di bagian bawah mata. Hal itu akan mengganggu penampilan wajah secara umum. Sama halnya dengan wanita, bagi kaum lelaki juga sangat penting memperhatikan hal ini dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Kerutan pada bagian kantung bawah mata terjadi akibat bagian area kulit di bagian tersebut memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit. Akibatnya kulit lebih rentan mengalami dehidrasi sehingga terjadi masalah kerut akibat kondisi kulit terdehidrasi.

Bagaimana cara mengatasinya? Gunakan krim mata untuk pria pada pagi hari dan sebelum tidur. Kerutan pada awalnya juga bisa berupa garis halus di bagian bawah mata. Hilangkan dan samarkan kerutan tersebut dengan penggunaan krim mata untuk pria yang ada di pasaran. Kondisi kulit yang telah diberi krim akan terlihat lebih halus dan tatapan mata Anda pun bisa lebih memesona.

5. Penggunaan Serum dan Essence Kulit Wajah

Bila Anda ingin mendapatkan hasil perawatan kulit wajah yang lebih maksimal, Anda sebagai kaum pria juga bisa menggunakan produk serum wajah bagi pria. Serum kulit wajah ini memiliki berbagai fungsi sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Beberapa fungsi serum misalnya melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit wajah, mencerahkan lapisan kulit dan sebagainya. Pilih jenis serum kulit wajah pria yang paling sesuai dengan kondisi dan masalah kulit yang Anda hadapi.

Konsultasikan dengan pakar perawatan untuk membantu Anda mendapatkan produk serum yang paling sesuai. Selain serum, Anda juga tetap bisa menggunakan essence vitamin C yang membantu kulit wajah terlihat lebih cerah dan bersih. Bila Anda ingin melakukannya dengan hasil yang baik, datanglah ke salon pusat perawatan wajah kaum pria.

6. Perawatan Bibir Pria

Perawatan wajah untuk pria yang selanjutnya adalah bagian bibir. Banyak kaum pria kurang memperhatikan masalah bibir mereka, padahal dengan tampilan bibir yang lebih sehat ketampanan jelas akan bertambah.

Tahukah Anda bahwa kulit bibir juga akan sama dengan kulit wajah yakni mengalami penuaan seiring waktu. Perhatikan garis-garis yang muncul pada bagian bibir Anda sebagai garis penuaan pada kulit.

Selain itu kondisi bibir yang pecah-pecah akibat dehidrasi juga semakin membuat penampilan bibir Anda bermasalah. Kaum pria tidak bisa menyembunyikan kondisi ini layaknya kaum wanita dengan menggunakan lipstick. Lalu apa yang perlu dilakukan?

Disarankan kepada pria untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF yang tinggi pada siang hari. Fungsinya sama seperti menjaga kelembaban kulit dan risiko dari sinar UV yang dapat memicu penuaan kulit.

Lalu pada malam hari pula disarankan untuk menggunakan lip balm yang menghidrasi dengan baik dan mengandung nutrisi gizi kulit yang lebih baik. Jadi perawatan bibir pria juga dilakukan pada siang dan malam.

7. Merawat Jenggot pada Wajah

Merawat Jeggot pada Wajah - QNET

Apakah Anda memutuskan untuk tetap memelihara jenggot? Hal tersebut tak jadi masalah asalkan Anda bisa merawatnya dengan baik. Beberapa cara perawatan jenggot antara lain yang pertama rapikan ukurannya sesuai dengan bentuk wajah. Lalu setelah itu, bersihkan dan cuci jenggot Anda dengan pembersih khusus jenggot.

Namun, perlu diingat bahwa tidak dianjurkan terlalu sering mencuci jenggot karena dapat mengurangi kelembaban alami dari lapisan kulit tempat tumbuhnya rambut jenggot Anda. Cara untuk menjaga agar jenggot Anda tetap sehat dan terpelihara adalah dengan menggunakan minyak jenggot. Oleskan minyak jenggot secara teratur agar rambut jenggot tersebut terlihat lebih sehat, bersih dan terawat.

Perawatan Penampilan Pria yang Lainnya

Selain merawat kulit wajah sebagaimana kaum wanita, ada beberapa perawatan lainnya yang juga penting dilakukan oleh kaum pria, antara lain:

1. Perawatan Kuku bagi Kaum Pria

Perawatan manikur ternyata juga dibutuhkan untuk kaum pria. Di tempat perawatan wajah pria misalnya, rangkaian perawatan lengkap manikur bagi pria juga ditawarkan. Tampilan kuku kaum pria tetap perlu dirapikan, dipangkas dan dibersihkan. Penampilan kuku yang bagus dan rapi juga menjadi bagian perawatan bagi pria.

Bayangkan jika Anda akan bersalaman dengan seorang mitra bisnis yang penting tetapi tampilan kuku tidak sedap dipandang. Hal itu dapat mengurangi rasa percaya diri tentunya.

2. Perawatan Kulit Tubuh

Kulit tangan dan kaki pria adalah bagian yang juga mempengaruhi penampilan selain kulit wajah. Jika Anda termasuk pekerja di lapangan yang sering terpapar cahaya matahari, maka penggunaan pelembab kulit atau pelindung dari sinar UV tetap dibutuhkan.

Penggunaan body lotion bukan hanya ditujukan untuk kulit perempuan saja, tetapi bagi kaum lelaki pun tetap membutuhkan produk skincare ini untuk menjaga kulit dari risiko sinar UV. Gunakan pelembab lotion untuk membantu merawat kulit lebih segar, lembab alami dan terlindungi dari paparan sinar UV.

3. Perawatan Rambut Pria

Penampilan yang tak kalah pentingnya bagi pria adalah rambut. Penampilan rambut akan semakin menyempurnakan penampilan kulit wajah yang sudah terawat. Selain dengan bentuk potongan rambut yang bagus dan rapi, perawatan rambut juga membutuhkan produk pomade yang paling sesuai dengan kondisi rambut. Bersihkan rambut menggunakan produk perawatan rambut pria yang paling sesuai dengan masalah rambut Anda.

Rapikan penampilan rambut, kulit wajah yang lebih sehat dan kondisi kulit tubuh terutama tangan dan kaki yang tampak lebih sehat dan cerah. Hasilnya penampilan Anda akan benar-benar terlihat sempurna. Perhatikan bagaimana penampilan kaum pria yang memperhatikan perawatan wajah, rambut, kulit dan penampilan. Mereka akan memiliki tingkat rasa percaya diri yang lebih.

Banyak kaum pria yang memandang perawatan pada kulit wajah mereka sebagai sesuatu yang kurang penting. Perawatan hanya dibutuhkan pada saat kondisi kulit bermasalah seperti berjerawat misalnya. Padahal seharusnya yang diperlukan adalah perawatan kulit di awal sehingga bisa mencegah terjadinya masalah jerawat pada kulit atau masalah lain seperti dehidrasi, kulit kusam dan kering.

Bagi yang ingin menggunakan bahan alami juga cukup memungkinkan. Seperti halnya kulit perempuan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti madu, lemon, jeruk nipis, lidah buaya, bengkoang, tomat, dan yang lainnya untuk merawat kulit wajah.

Jika Anda tidak telaten, maka carilah produk skincare pria yang berkualitas untuk memastikan perawatan kulit wajah Anda berhasil. Jangan lupa konsultasikan lebih dulu apa masalah utama kulit wajah Anda sehingga produk skincare pria yang Anda pilih bisa menyelesaikan masalah yang ada.

Langkah-langkah produk perawatan wajah pria bisa dilakukan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Awali dengan membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan agar kulit terlihat lebih sehat dan awet muda.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini