Cara Menyeimbangkan Keuangan Dalam Berbisnis

Keuangan dalam berbisnis sangatlah penting. Setelah bergabung dalam bisnis terbaik QNET, dan memutuskan untuk berkecimpung di dalamnya, Anda juga perlu memperluas wawasan terkait pengelolaan keuangan. Namun sebagai langkah pertama Anda wajib memahami cara kerja bisnis QNET.

Selanjutnya menerapkan metode pengelolaan keuangan yang baik akan membantu Anda meraih tujuan keuangan dengan bisnis tersebut. Simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Mengenai Bisnis QNET Yang Perlu Anda Ketahui

QNET merupakan perusahaan penjualan langsung yang berkantor pusat di Hong Kong. Bisnis direct selling ini membuka peluang bagi semua orang untuk menawarkan beragam produk dan layanan premium gaya hidup, kebugaran, dan kesehatan.

Sampai saat ini, bisnis QNET telah tersebar di lebih dari 100 negara di dunia. Sementara pasar terbesarnya adalah di India, Kazakhstan, dan termasuk di Tanah Air.

Keberadaan teknologi memudahkan sistem bisnis direct selling dengan penjualan berbasis e-commerce atau online. Produk QNET yang cukup populer dan diminati salah satunya adalah Amezcua Geometri yang diklaim dapat menjaga kebugaran tubuh.

Dua kali dalam setahun QNET menggelar acara yang disebut V-Convention untuk mempertemukan antara pendiri, para pemimpin serta distributor QNET. Acara bertaraf internasional ini kerap mengundang para pejabat pemerintah serta mitra untuk turut merasakan keunggulan layanan serta produk QNET.

Bagaimana Sistem Kerja Bisnis QNET?

Kemudian bagaimana perusahaan penjualan langsung QNET ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan Anda? Setelah menjadi anggota QNET Anda akan mendapatkan akses akun resmi QNET untuk memulai bisnis.

Strategi penjualan perusahaan merupakan bisnis penjualan langsung (direct selling). Jadi member QNET tidak hanya memperoleh penghasilan dari penjualan produk atau layanan yang dilakukan sendiri, namun juga penjualan downline-nya.

Ini artinya orang lain yang mendaftar kepada perusahaan atas rekomendasi si Upline.

Poin atau bonus yang didapatkan akan semakin berlipat jika semakin banyak yang bersangkutan berhasil menjual produk. Agar lebih jelas inilah dua cara untuk mendulang penghasilan dari QNET.

  • Mendapatkan Laba Eceran 

Dengan menjual produk Anda memperoleh keuntungan atau komisi laba eceran. Untuk meningkatkan penjualan Anda harus rajin melakukan promosi agar semakin banyak orang teredukasi dengan keunggulan produk ini.

  • Meraup Komisi Dari Mengembangkan Tim Penjualan Anda

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda perlu membangun tim penjualan Anda. Tujuannya adalah ikut menikmati komisi dari produk yang dijual tim penjualan Anda. Semakin besar tim penjualan Anda dan semakin banyak prooduk atau layanan yang terjual, pendapatan Anda akan semakin berkembang.

Mengelola Keuangan Perusahaan Agar Bisnis Semakin Berkembang

Cara Menyeimbangkan Keuangan Dalam Berbisnis

Walaupun usaha Anda sudah berkembang semakin maju, jangan mengubah mindset berhemat dan menabung.

sukses adalah mengelola dana dengan bijaksana. Begini panduannya.

1. Menentukan porsi keuangan

Yang dimaksud porsi keuangan secara sederhana adalah pemilahan total pendapatan ke dalam pos-pos tertentu.

Dalam perusahaan, pos-pos dimaksud secara umum meliputi membayar dana operasional, menabung dan membayar hutang atau cicilan.

Sejak awal Anda perlu menentukan besaran porsi yang akan digunakan bagi keperluan bisnis Anda. Setelah itu pastikan Anda konsisten menerapkannya agar pengelolaan keuangan keuangan dalam berbisnis dan usaha menjadi lebih mudah.

2. Tidak mencampuradukkan keuangan pribadi dan bisnis

Untuk bisnis yang baru dirintis biasanya pengusaha tidak akan terlalu ambil pusing untuk memilah-milah antara keuangan pribadi dan keuangan dalam berbisnis. Mungkin ini karena nilainya yang belum terlalu besar, mengingat profit yang diperoleh masih minim.

Padahal kebiasaan tersebut bisa fatal dan menyulitkan alur keuangan dalam berbisnis yang sedang Anda tekuni. Ini belum lagi kesulitan lain yang berpeluang terjadi, misalnya pencatatan pembukuan.

Sembarangan menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi bisa membuat keuntungan bisnis menguap begitu saja untuk pengeluaran yang tidak jelas.

Menyatukan keuangan pribadi dan keuangan dalam berbisnis juga akan menyulitkan Anda untuk menilai perkembangan bisnis. Akibatnya Anda tidak dapat melakukan evaluasi dan pembenahan untuk memajukan perusahaan.

Cara paling mudah untuk memisahkan keuangan perusahaan dan Keuangan dalam berbisnis adalah menggunakan dua akun rekening yang berbeda.

3. Merancang perencanaan

Tidak hanya memilah-milah keuangan bisnis dan pribadi, Anda juga perlu merancang rencana usaha yang tengah ditekuni sekarang. Tindakan ini membuktikan keseriusan Anda dalam menjalankan aktivitas bisnis dan inilah yang nantinya akan membawa kepada keberhasilan.

Untuk itu pastikan arti QNET dalam pekerjaan Anda sebagai hal yang penting untuk memunculkan motivasi dalam melakukan yang terbaik.

Upline atau leader dalam komunitas Anda akan membantu merancang rencana kerja agar penjualan Anda meningkat.

Ini contohnya perencanaan jangka pendek dengan periode mingguan, bulanan, serta tiga bulanan yang menjadi bagian dalam perencanaan periode panjang.

Setelah itu Anda dapat membuat perhitungan yang lebih detail terkait kebutuhan keuangan untuk merealisasikan program tersebut. Dalam aktivitas penjualan ini misalnya bajet iklan, endorsement, promosi media sosial, dan sebagainya.

4. Membuat perencanaan penghasilan dari keuntungan

Dengan modal yang telah ditentukan Anda juga perlu menetapkan target pendapatan. Langkah pertama yang dapat dikerjakan adalah merancang sistem bagaimana bisnis yang Anda tekuni itu mampu menghasilkan keuntungan.

Selanjutnya Anda perlu membuat target penjualan yang meliputi berapa banyak produk perusahaan pemasaran jaringan ini yang harus terjual. Untuk merealisasikan rencana tersebut Anda perlu merancang strategi marketing terbaik.

Para senior dalam komunitas tim penjualan Anda akan membantu dalam hal ini. Dengan bergabung bersama QNET Anda tidak perlu merintis usaha Anda seorang diri. Tidak hanya sekedar tim yang bermisi menjual produk QNET sebanyak mungkin, komunitas ini adalah juga keluarga Anda.

Keluarga artinya bersedia saling membantu untuk meringankan kesulitan member yang lain. Yang perlu Anda lakukan adalah menjalin komunikasi dan interaksi yang sehat antar sesama anggota.

5. Membuat proyeksi arus kas

Pembukuan yang rapi akan memudahkan Anda untuk membuat proyeksi arus kas secara detail. Yang dimaksud pembukuan secara umum adalah data semua transaksi yang mencakup pengeluaran serta pemasukan. Manfaatnya adalah Anda lebih mudah memonitor kondisi keuangan bisnis Anda.

Cara Menyeimbangkan Keuangan Dalam Berbisnis

Bagi perusahaan besar tentu saja ada akuntan yang mengerjakan semua ini secara profesional. Sementara untuk pemula seperti Anda dan banyak orang lainnya saat ini Anda masih harus mengerjakan segalanya seorang diri.

Tiga poin penting dalam pengelolaan keuangan yang perlu mendapatkan pengawasan secara teratur adalah,

  • Jumlah keuntungan yang diterima bisnis, termasuk piutang
  • Pengeluaran yang harus dibayar untuk keperluan bisnis, misalnya membayar cicilan pinjaman modal
  • Jumlah dana segar

Di zaman sekarang ini Anda tidak perlu melakukan pencatatan keuangan bisnis ini secara manual. Sudah tersedia banyak sekali aplikasi pembukuan yang praktis dan user-friendly untuk memudahkan aktivitas pencatatan keuangan. Anda dapat mendownloadnya baik secara gratis atau berbayar di Playstore dan Appstore.

6. Merancang budgeting

Mengapa hal ini diperlukan? Alasannya adalah untuk menetapkan batasan serta menilai apakah aktivitas bisnis Anda sudah cukup efisien atau belum. Keberadaan perencanaan anggaran akan memudahkan Anda dalam membatasi pengeluaran sesuai pos-pos yang telah diprediksi sebelumnya.

Budgeting perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk merealisasikan target perkembangan perusahaan. Selain itu dengan menetapkan anggaran Anda juga lebih dimudahkan dalam menjaga kestabilan laju arus kas.

7. Mengembangkan bisnis dengan profit yang diperoleh

Jangan menghabiskan keuntungan yang diperoleh dari perusahaan direct selling QNET hanya untuk kebutuhan konsumtif. Sebaliknya, Anda dapat mencoba mengembangkan bisnis dengan profit tersebut.

Misalnya menggelar training penjualan untuk tim Anda, memasang iklan dengan jangkauan yang lebih luas, dan upaya-upaya sejenisnya. Walaupun memang menguras profit bisnis Anda, tetapi ini adalah bentuk investasi agar usaha lebih berkembang di masa depan.

Jika Anda terbiasa melakukan hal ini secara berkesinambungan, proses yang ditempuh untuk meraih kesuksesan tentu menjadi lebih singkat.

8. Mempersiapkan dana darurat

Kita tidak bisa meramal masa depan, termasuk kondisi usaha di masa yang akan datang. Hal-hal diluar kuasa manusia bisa saja terjadi, misalnya bencana alam, kerusuhan, dan sebagainya. Sedikit banyak hal ini bisa menghambat bisnis Anda walaupun di QNET kemungkinan tersebut sangat kecil.

Pada kondisi genting Anda bisa memanfaatkan dana simpanan darurat yang telah Anda kumpulkan bahkan sejak awal merintis bisnis. Inilah sebabnya dana darurat ini harus digunakan secara bijaksana.

Jika kondisi yang terjadi dirasa masih dapat Anda tangani, sebaiknya jangan menggunakan dana darurat ini. Dana simpanan berfungsi untuk meminimalkan resiko bisnis, misalnya saat terjadi kerugian.

Sementara pada kondisi yang stabil anggap saja dana simpanan ini adalah profit yang Anda peroleh dari bisnis yang dilakukan.

9. Meminimalkan resiko

Selain mengelola keuangan dengan bijaksana dan profesional Anda juga perlu melakukan upaya untuk memperkecil resiko. Ini misalnya mengambil pinjaman berbunga tinggi untuk memajukan usaha.

Bagi pengusaha berhutang memang merupakan hal yang biasa, tetapi yang perlu dipertimbangkan adalah dapat menanggung risikonya secara optimal.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menangani keuangan perusahaan Anda. Sekedar tekad yang kuat saja masih kurang memadai untuk membuat bisnis Anda berhasil. Anda juga perlu mempelajari berbagai hal penting yang berkaitan dengan usaha Anda, termasuk pengelolaan dana.

Merintis bisnis bagi pemula yang tidak mempunyai latar belakang usaha sama sekali saat ini semakin mudah. Salah satunya adalah bergabung dengan perusahaan direct selling QNET dan mempelajari ilmu bisnis dari praktisi dan trainer professional.

Dengan cara kerja bisnis QNET yang mudah dan menguntungkan, Anda bisa memotong jalan untuk mencapai puncak kesuksesan dalam hidup dan keuangan. Semoga menginspirasi!