Cara Menjalankan Bisnis Anda Selama Jarak Sosial Coronavirus - QNET

Tahun 2020 merupakan tahun yang sulit bagi sebagian besar orang di seluruh dunia. Siapa sangka bahwa ada penyakit yang memaksa manusia untuk menjauhi kerumunan dan menjaga jarak.

Coronavirus telah menelan banyak nyawa dan juga membuat berbagai bidang kehidupan menjadi kesulitan. Salah satu bidang yang paling terdampak ialah bisnis, tak sedikit perusahaan dan pelaku bisnis yang harus gulur tikar.

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda mengalami kesulitan untuk tetap mempertahankan bisnis. Namun, Anda tetap harus berusaha dan berjuang untuk tetap menjalankan bisnis dengan lancar.

Tips Menjalankan Bisnis Selama Pandemi

Menjalankan Bisnis ditengah Pandemi - QNET

Penerapan strategi yang tepat membuat Anda tetap bisa menjalankan bisnis selama ada peraturan jarak sosial selama pandemi. Berikut ini ialah tips berbisnis yang perlu Anda perhatikan dan lakukan

1. Jangan Gelar Perkumpulan Skala Besar

Salah satu cara untuk mengendalikan penyebaran virus ialah dengan menghindari terjadinya kerumunan dan keramaian. Beberapa negara dan wilayah kota juga melarang munculnya terjadinya keramaian.

Selain menjaga bisnis tetap berjalan, Anda juga harus menjaga kesehatan diri dan keluarga. Oleh karena itu coba hindari untuk bertemu dengan banyak orang dan jika memang terpaksa untuk menggelar pertemuan jaga jarak satu dengan yang lain.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setelah bertemu dengan orang lain. Hindari untuk kontak langsung dengan banyak orang untuk mencegah terjadinya penyebaran virus.

Jika memang pertemuan tidak perlu dilakukan secara langsung, Anda bisa memanfaatkan teknologi. Kini banyak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rapat secara online dengan jumlah peserta yang banyak.

Anda harus mengatur strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis pada saat pandemi. Perubahan harus berlangsung dan Anda harus cepat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

2. Kreatif Melihat Peluang Bisnis

Meskipun terbilang berbagai bisnis mengalami penurunan, ternyata ada berbagai produk yang mengalami peningkatan penjualan. Apakah Anda tahu apa saja produk yang terjual laris pada masa pandemi?

Ya, produk produk yang mengalami peningkatan ialah produk kebersihan dan kesehatan. Adanya pandemi ini membuat banyak orang mulai memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, berbisnis ialah kegiatan Anda menjual solusi kepada para pelanggan. Jika produk yang Anda tawarkan mengalami penurunan peningkatan, berarti solusi tidak sudah relevan.

Sebagai pebisnis, Anda harus jeli melihat peluang bisnis. Sesuaikan produk yang dimiliki dengan kebutuhan pelanggan.

Tawarkan berbagai produk kesehatan dan kebersihan yang memang mampu membuat keluarga menjadi lebih sehat. Jika Anda memiliki usaha makanan, pastikan Anda memperhatikan kesehatan dan kebersihan produk.

Untuk tetap bertahan, Anda memang perlu memilih produk yang akan dijual. Perhatikan kebutuhan masyarakat dan tawarkan solusi terbaik bagi mereka.

Untuk mendapatkan ide tentang produk yang akan Anda jual mulailah dengan sebuah pertanyaan sederhana. “Bagaimana pandemi mempengaruhi kebiasaan konsumen?”

Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menjalankan bisnis dengan tepat pada masa sulit seperti ini.

3. Melakukan Riset Pasar

Pada setiap bisnis, melakukan riset pasar adalah hal yang penting. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda bisa melakukan pendekatan yang tepat kepada para konsumen.

Ketahui produk apa yang Anda jual dan tentukan target pasar yang cocok. Apakah target pasar Anda adalah pekerja, ibu rumah tangga atau pihak lainnya.

Setelah mengetahui target pasar, lakukan riset untuk mengetahui apa saja kebutuhan dari konsumen. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan konsumen yang lebih potensial.

Misalkan Anda menjual produk kecantikan, maka target utama ialah remaja dan wanita. Apabila menjual produk rumah tangga maka targetnya ialah ibu rumah tangga.

4. Manfaatkan Digital

Menjalankan Bisnis selama jarak sosial coronavirus - QNET

Teknologi dan komunikasi sudah berkembang dengan sangat pesat dan semakin memudahkan manusia. Peraturan yang membuat orang orang tidak boleh keluar rumah dan berkerumun terlalu sering membuat perubahan kebiasaan belanja konsumen.

Beruntung, kini terdapat berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Kini, berbelanja kebutuhan sehari hari dapat Anda lakukan melalui online.

Sebagai pebisnis, Anda harus mengikuti perubahan konsumen dan melakukan inovasi. Meskipun sedang dalam pandemi, Anda tetap bisa berjualan dan mencari keuntungan dengan memanfaatkan teknologi.

Jika Anda selama ini berbisnis secara offline, mulailah untuk memasuki belanja online. Gunakan berbagai platform yang mendukung bisnis online menjadi lebih mudah dan cepat.

Anda bisa menggunakan e commerce yang memudahkan transaksi jual beli. Jangan lupa untuk tetap mempromosikan barang dagangan melalui sosial media. Berjualan secara online memiliki berbagai manfaat termasuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan menggunakan internet, maka penjualan Anda tidak akan dibatasi oleh waktu dan jarak. Siapapun bisa mengetahui dan membeli produk dengan memesan secara online.

Terlebih, kini banyak layanan ekspedisi dan pengiriman instan yang bisa Anda gunakan. Hal ini akan mendukung bisnis online dengan lebih mudah dan cepat.

Jangan lupa untuk membuat laman sosial media menarik sehingga para konsumen percaya untuk membeli produk Anda.

5. Promosi

Anda sebagai pebisnis tidak boleh malu dan ragu untuk mempromosikan produk jualan kepada orang lain. Bagaimana orang lain akan membeli produk ketika mereka tidak mengetahui keberadaan produk Anda?

Baik perusahaan besar sampai pelaku bisnis rumahan harus melakukan promosi dengan tepat. Anda bisa mempromosikan produk kepada para kerabat, sahabat hingga orang yang belum dikenal.

Bagaimana strategi promosi yang baik?

Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk memperkenalkan produk. Buatlah konten yang menarik dan upload foto produk yang estetik dan berkualitas. Jangan lupa untuk menjelaskan kelebihan dan manfaat produk yang Anda jual.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan promosi seperti potongan harga khususnya apabila baru memulai bisnis. Anda juga bisa memberikan promosi beli 1 gratis 1 untuk setiap produk tertentu.

Salah satu jenis promosi yang cukup disukai oleh para pelanggan ialah gratis ongkir. Peningkatan penjualan karena ongkir gratis cukup besar dan mampu memberi keuntungan bagi Anda.

Pada kondisi pandemi ini, Anda juga bisa memberikan hadiah gratis seperti masker atau hand sanitizer.

6. Buatlah Kemasan Menarik

Pada pandemi ini, banyak orang orang yang terpaksa tidak bertemu dengan orang orang terkasih. Namun, mereka masih bisa memberikan kasih sayang melalui berkirim makanan dan barang.

Hal ini membuat para pebisnis mulai memberikan penawaran kemasan menarik yang bisa menjadi hadiah untuk orang lain. Apakah Anda mengalami penurunan penjualan? Bagaimana jika Anda membuatnya seperti hampers.

Kini banyak orang yang merayakan kebahagiaan para kerabat dengan saling berkirim barang. Mulai dari ulang tahun, wisuda hingga perayaan hari besar sudah tidak asing lagi dengan berkirim produk.

Anda bisa menyediakan kemasan yang menarik untuk pembeli yang akan memberikan produk kepada sahabatnya.

Tambahkan berbagai ornamen menarik seperti kartu ucapan, dekorasi produk yang indah dan sebagainya.

Yuk, jangan mau kalah sama keadaan dan terus melakukan inovasi untuk membuat bisnis tetap bertahan pada keadaan sulit ini.

7. Susun Rencana Bisnis

Sayangnya, tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Semua upaya yang dilakukan memang bertujuan untuk mempercepat penghentian virus hingga kita semua bisa kembali beraktivitas normal.

Namun, sudah lebih dari satu tahun, dunia tetap kesulitan untuk mengatasi dan mengakhiri pandemi ini. Daripada Anda hanya berharap pada ketidakpastian, pilihan lainnya ialah menghadapi semua kemungkinan yang ada.

Bagaimana cara untuk menghadapi hal tersebut?

Anda bisa menyusun rencana bisnis dan melakukan analisis bagaimana pandemi ini akan mempengaruhi kegiatan bisnis. Apakah ada perubahan yang signifikan pada kegiatan operasional, biaya, permintaan hingga keuntungan.

Buatlah perencanaan dan mitigasi pada setiap risiko yang mungkin akan terjadi. Hal ini perlu Anda lakukan sehingga ketika berbagai kondisi terjadi, bisnis sudah siap untuk menghadapinya.

8. Tidak Buru Buru Mencari Keuntungan

Tentu tujuan untuk melakukan bisnis ialah untuk meraih keuntungan. Namun, Anda harus tetap bersabar ketika menjalankan bisnis terlebih ketika baru memulainya.

Saat pandemi ini, memang daya beli masyarakat mengalami penurunan. Namun, bukan berarti bahwa tidak ada kesempatan untuk Anda meraih keuntungan dari bisnis yang dijalani.

Kunci dalam melakukan bisnis saat pandemi ialah bersabar dan tidak terburu buru sejak awal. Mulailah untuk melakukan semuanya dengan sabar mulai dari melakukan promosi hingga akhirnya ada pembeli.

Dengan konsisten memberikan yang terbaik saat menjalankan bisnis, Anda akan meraih keuntungan. Meskipun bukan dalam waktu yang cepat, namun Anda tetap harus konsisten.

9. Jual Produk yang Berkualitas

Apakah Anda bingung mencari produk apa yang harus ditawarkan kepada konsumen? Anda bisa menjual berbagai produk QNET yang berkualitas dan tentunya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

QNET adalah perusahaan penjualan langsung dunia yang sudah terkenal dengan berbagai produk berkualitas. Keuntungan dari melakukan pemasaran jaringan ini ialah Anda memiliki banyak pilihan produk untuk dijual.

Saat kondisi pandemi ini, produk kesehatan dan kebersihan mengalami permintaan yang cukup tinggi. QNET menyediakan berbagai produk unggulan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jika Anda bekerja sama dengan QNET, maka Anda tidak perlu menyimpan banyak barang di rumah. Ketika ada konsumen, maka Anda bisa langsung mengirimkan produk yang dibeli.

Dalam melakukan bisnis ini, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menarik banyak konsumen.

QNET Pastikan Melindungi Pengguna Saat Corona

Bisnis QNET tetap memperhatikan kesehatan serta kesejahteraan pengguna dalam masa sulit ini. QNET membantu banyak orang untuk tetap bertahan saat mereka mengalami kesulitan secara finansial.

Meskipun beberapa kegiatan terhambat, namun QNET tetap melakukan semuanya dengan beberapa penyesuaian. Network Marketing QNET tetap memastikan bahwa koordinasi dengan pemasok akan tetap berlangsung.

Tidak akan terjadi perubahan pengiriman barang dan QNET memastikan bahwa semua barang akan sampai kepada pelanggan.

Untuk membantu mengurangi penyebaran virus, QNET juga melakukan berbagai aktivitas lainnya secara online. Pelatihan dan seminar yang pada umumnya dilakukan secara langsung, kini beralih menjadi pelatihan online.

Para anggota QNET juga tetap bisa terhubung ke GSC untuk berkoordinasi dengan kantor wilayah. QNET tetap membantu para anggota yang mengalami kesulitan dan memastikan tetap memberikan pelayanan terbaik.

Berita QNET juga tetap bisa Anda akses secara online dan tetap memberikan informasi yang lengkap.

Dengan bantuan dari QNET kepada para anggotanya, Anda tetap bisa melakukan bisnis meskipun sedang berada pada kondisi yang sulit. Bersama sama, Anda tetap harus semangat dan berjuang untuk menjalankan bisnis.

Baca juga : Apa Itu Kopi Hijau dan Apa Perbedaan dengan Kopi Hitam?