Jumat, Desember 9, 2022

5 Cara Menghadapi Berita Negatif Di Media Online

Dewasa ini, istilah hoax mungkin sudah tidak asing lagi. Tapi apa itu hoax? Dan mengapa banyak berita hoax yang beredar, khususnya di dunia maya?

Hal ini disebabkan lantaran penyebaran informasi melalui media sosial sangatlah mudah. Akibatnya, penyebaran berita dan informasi hoax juga sangat mudah dan berkembang dengan cepat. Bahkan, dalam hitungan menit berita hoax ini bisa dibagikan hingga ratusan kali.

Nah, sebenarnya berita hoax itu apa sih? Apa ciri-ciri suatu berita itu termasuk berita hoax atau bukan? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi berikut sampai habis!

Apa Itu Hoax?

Menurut KBBI, hoax merupakan berita bohong yang tidak bersumber, tetapi dibuat seakan-akan benar adanya. Berita hoax ini berbeda dengan ilmu semu, April mop, maupun rumor.

Sementara itu, menurut Silverman, hoax berarti suatu rangkaian informasi yang sengaja dibuat menyesatkan, tetapi disajikan sebagai sebuah kebenaran.

5 Cara Menghadapi Berita Negatif di Media Online

Hoax ini bukan hanya sekedar menyesatkan atau misleading saja, tetapi juga tidak memiliki landasan faktual. Sayangnya, berita tersebut disajikan seakan-akan suatu rangkaian fakta.

Salah satu contoh berita hoax yang paling umum Anda temui yaitu mengklaim suatu kejadian atau barang dengan sebutan yang berbeda dan tidak sesuai dengan kejadian atau barang aslinya.

Hoax sendiri dibuat oleh seseorang atau kelompok dengan berbagai tujuan. Mulai dari hanya sekadar main-main, penipuan, hasutan (agitasi), maupun propaganda dan pembentukan opini publik.

Umumnya, hoax akan muncul saat sebuah isu muncul ke permukaan. Namun, isu tersebut memiliki banyak hal yang menjadi tanda tanya dan belum terungkap. Di Indonesia sendiri hoax mulai banyak bermunculan saat pemilihan presiden pada 2014.

Pada saat itu sedang gencar-gencarnya kampanye di media sosial. Keberadaan berita hoax ini bertujuan untuk kampanye negatif atau kampanye hitam guna menjatuhkan citra lawan politiknya.

Informasi atau berita hoax ini tentu memiliki dampak negatif. Apa saja dampak negatif dari berita hoax?

Dampak Negatif Informasi Hoax yang Berbahaya

Sejak awal, berita hoax memang terdengar mencurigakan dan juga membahayakan. Hanya saja, masih saja banyak orang yang kerap tertipu dengan berita-berita hoax.

Yang lebih ironis, meski terdengar sepele, berita hoax dapat memberikan dampak yang negatif. Beberapa dampak berita hoax yang dapat merugikan yaitu:

1. Hoax Buang-Buang Waktu dan Uang

Menurut perhitungan dari situs cmsconnect.com, membaca berita hoax bisa menyebabkan seseorang rugi. Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan lantaran produktivitas Anda yang dapat menurun akibat dari efek yang ditimbulkan oleh berita hoax.

Tak hanya itu, berita hoax juga dapat merugikan suatu perusahaan. Bayangkan saja jika setiap pegawai yang ada di sana menghabiskan sekitar 5 menit untuk membaca berita hoax dan membicarakannya terus menerus. Ada berapa kerugian yang harus diterima perusahaan tersebut hanya karena terbuangnya waktu pegawai akibat membahas berita hoax.

2. Hoax Jadi Pengalih Isu

Pada dunia maya, keberadaan berita hoax dapat digunakan oleh para penjahat siber untuk melancarkan aksi ilegal mereka. Perlu Anda ketahui, penjahat siber ini kerap menyebar berita hoax mengenai adanya kerentanan sebuah sistem di internet, seperti misalnya Gmail.

Nah, dalam berita tersebut, si hacker bisa saja menyertakan sebuah tautan yang nantinya disarankan untuk diklik agar dapat terhindar dari kerentanan sistem tersebut. Namun ternyata, tautan tersebut justru akan berisi virus dan dapat membajak Gmail.

3. Hoax Penipuan Publik

Tak hanya dapat membuat kehebohan, beberapa hoax juga bertujuan untuk mencari uang dan simpati.

Hal ini pernah terjadi di ACS (American Cancer Society), sebuah lembaga kanker Amerika. Pada saat itu, tersebar kabar hoax yang menyatakan bahwa mereka membutuhkan uang untuk biaya operasi gadis kecil yang menderita kanker.

Dari berita tersebut, ada banyak orang yang tertipu dan sudah mengirimkan sejumlah uang pada nomor rekening yang tertera pada berita tersebut.

4. Hoax Pemicu Kepanikan Publik

Beberapa hoax juga sengaja dibuat untuk memicu kepanikan publik. Seperti halnya sebuah pesan yang mengabarkan adanya perampokan di Surabaya yang mana pelakunya menyilet wajah para korban. Ada juga yang sengaja mengabarkan hilangnya sebuah pesawat Garuda dengan jurusan Jakarta-Palu.

Untuk hoax semacam ini bahkan membutuhkan pihak lain guna menghentikan kepanikan. Umumnya, pihak-pihak tersebut akan membuat klarifikasi dan memberi tahu bahwa berita tersebut hanya hoax semata

Bagaimana Cara Menghadapi Berita Hoax di Media Online?

Seperti yang sudah Anda ketahui, dampak berita hoax ini tidaklah baik. Maka dari itu, sebagai pengguna sosial media yang cerdas, tidak selayaknya Anda menerima berita tersebut secara mentah-mentah, tanpa mencari tahu lebih jauh.

5 Cara Menghadapi Berita Negatif di Media Online

Nah, agar Anda tidak ingin termakan oleh berita palsu, Anda dapat mengikuti beberapa cara mengetahui berita hoax di bawah ini.

1. Waspada dengan Judul Berita yang Provokatif

Untuk mengetahui apakah berita tersebut termasuk berita palsu atau tidak, Anda dapat melihat judulnya. Biasanya, berita hoax akan diberi judul yang cenderung provokatif dan sensasional. Sebagai contoh, penggunaan judul yang terlalu menunjuk ke pihak tertentu.

Isi beritanya sendiri memang bisa diambil dari beberapa sumber media resmi. Namun, ada beberapa bagian yang diubah guna memberikan informasi dengan pemahaman seperti yang diinginkan oleh pencipta hoax.

Maka dari itu, sebelum Anda termakan dengan judul- judul berita yang palsu, alangkah lebih baik jika Anda mencari berita yang sejenis di berbagai media resmi. Setelah itu, bandingkan isi dari kedua berita tersebut apakah ada yang tidak sesuai atau tidak.

Jika ada yang tidak sesuai dan cenderung bertolak belakang, susah dipatikan berita tersebut termasuk berita palsu.

2. Periksa Faktanya

Cara selanjutnya agar Anda terhindar dari berita hoax yaitu dengan selalu memeriksa fakta dari berita tersebut. Periksalah sumber berita, apakah sumbernya berasal dari media resmi atau bukan. Jika berita tersebut bersumber dari pengamat, pelaku ormas, dan tokoh politik, sebaiknya Anda tidak mudah percaya.

5 Cara Menghadapi Berita Negatif di Media Online

Selain itu, periksa juga keberimbangan berita tersebut dan bandingkan dengan sumber berita yang lain. Hal ini bertujuan agar Anda dapat membandingkan keaslian informasi dan gambaran utuh dari berita tersebut.

Jika sudah, jangan lupa untuk mengamati jenis berita yang Anda baca, apakah berita tersebut didasarkan pada fakta atau opini.

Fakta sendiri merupakan suatu peristiwa yang terjadi dengan disertai bukti dan saksi. Sementara itu, opini merupakan suatu peristiwa yang didasarkan pada pendapat dari penulis berita yang cenderung subjektif.

3. Teliti Keaslian Foto

Umumnya, konten berita dihadirkan tidak dalam bentuk teks saja, tetapi juga ada beberapa foto atau video pendukung. Sayangnya, kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat video dan foto dalam suatu berita dapat diedit guna mempengaruhi pembacanya.

Oleh sebab itu, Anda juga perlu meneliti keaslian dari foto atau video yang digunakan oleh sebuah berita. Anda dapat melakukannya dengan bantuan Google. Nah, bagaimanakah caranya?

Untuk mengecek keaslian foto atau video dari suatu berita, Anda tinggal melakukan drag and drop pada kolom pencarian Google image. Jika sudah, Anda akan memperoleh hasil pencarian yang menampilkan beberapa gambar serupa. Bandingkan beberapa gambar tersebut hingga Anda tahu keasliannya.

4. Telusuri Alamat Situs

Beberapa berita memang berani untuk mencantumkan link atau alamat situs agar terlihat asli. Namun Anda jangan mudah percaya. Anda tetap berkewajiban untuk menelusuri alamat tersebut untuk mengetahui apakah sudah terverifikasi dalam institusi pers resmi maupun belum.

Perlu Anda ketahui, umumnya situs yang memakai domain blog kurang dapat dipercaya kebenarannya. Berdasarkan catatan dewan pers, di Indonesia sendiri terdapat sekitar 43.000 situs yang mengklaim dirinya sebagai situs berita. Namun, hanya 300 situs saja yang baru terverifikasi sebagai portal berita resmi.

Itu berarti ada sekitar 40.000 situs yang memiliki potensi untuk menyebarkan berita hoax. So, Anda harus mewaspadainya.

5. Bergabung dengan Grup Anti-Hoax

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menghindari berita hoax yaitu dengan bergabung ke dalam grup anti hoax.

Saat ini, ada banyak grup anti hoax yang dapat Anda temukan di internet. Misalnya saja beberapa fanpage Facebook, seperti fanpage Indonesia Hoaxes, fanpage dan group Indonesian Hoax Buster.

Selain itu, ada juga grup-grup diskusi anti hoax, seperti FAFHH (Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax) dan grup sekoci. Melalui grup-grup ini, Anda akan memperoleh klarifikasi dari orang lain tentang keaslian suatu berita. Di sana Anda juga dapat bertanya apakah berita tersebut merupakan berita hoax atau bukan.

Saat Anda mengetahui bahwa berita tersebut merupakan berita hoax, Anda dapat melaporkannya. Namun, bagaimana cara melaporkan sebuah berita hoax?

Cara Mudah Melaporkan Berita Hoax

Jika Anda menemui sebuah berita hoax yang mungkin sudah masuk pada taraf yang membahayakan, tidak ada salahnya untuk Anda laporkan. Anda dapat melaporkannya dengan mereport akun tersebut.

Biasanya, setiap media sosial dilengkapi dengan fitur report untuk komentar atau konten yang dianggap melanggar. Sebagai contoh, pada Facebook terdapat fitur report status dengan berbagai jenis pelanggaran. Nah, jika banyak yang mereport akun tersebut, maka pihak Facebook akan menghapus status atau bahkan akun itu.

Tak hanya Facebook, Google juga memiliki fitur feedback yang digunakan untuk melaporkan situs-situs yang mengandung informasi palsu. Tak ingin ketinggalan, Twitter juga dilengkapi dengan fitur report untuk melaporkan tweet yang berbau negatif dan menyebarkan informasi palsu.

Lalu bagaimana dengan Instagram? Untuk Instagram juga dilengkapi dengan fitur report yang dapat melaporkan suatu konten sebagai konten yang tidak pantas atau spam.

Selain dapat dilaporkan secara langsung dengan mereport berita tersebut, solusi melawan hoax lainnya yaitu dengan membuat aduan konten negatif ke Kominfo.

Di samping itu, komunitas anti hoax yang ada di Indonesia juga menyediakan laman data (turnbackhoax.id) untuk menampung berbagai aduan hoax dari masyarakat. Laman tersebut juga dapat digunakan sebagai database yang berisi berbagai informasi berita hoax.

Jadi, berita hoax merupakan suatu berita yang tidak dapat dibuktikan keasliannya. Keberadaan berita hoax ini memiliki berbagai dampak negatif. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri berita hoax dan melaporkannya saat Anda menemukan suatu berita merupakan berita hoax.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai apa itu hoax, mulai dari dampak negatif, ciri-ciri, dan cara menyikapi berita hoax. Ingat, tetap selektif dalam menerima sebuah informasi, jangan menelannya mentah-mentah. Sekian dan selamat beraktivitas lagi.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini