Selasa, November 29, 2022

13 Cara Membentuk Karakter Kepribadian yang Baik

Setiap orang pastinya ingin menjadi manusia dengan kepribadian yang baik. Sebab dengan membentuk karakter positif, tentunya bisa memberikan berbagai keuntungan. Entah itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Oleh karena itu, kita setidaknya harus belajar membentuk karakter diri melalui berbagai hal positif.

Kepribadian manusia adalah hal yang unik. Sebagai makhluk yang memiliki pikiran serta akal yang berbeda pada setiap orang, pastinya membuat kepribadian dalam setiap diri manusia berbeda-beda pula. Tidak mungkin satu orang yang memiliki kepribadian yang sama persis dengan orang lainnya.

Sebenarnya faktor-faktor pembentuk kepribadian seseorang sangatlah beragam. Ada banyak cara untuk membentuk karakter supaya bisa disukai orang sekitar. Hal ini pastinya menuntun anda menuju hal-hal baik pula. Jadi untuk Anda yang ingin memiliki kepribadian yang lebih baik, simak artikel ini lebih lanjut.

Cara Membentuk Kepribadian yang Baik

Cara-Membentuk-karakter-yang-Baik-QNET

Photo by William Farlow on Unsplash

Pernah mendengar peribahasa “buah tidak jatuh jauh dari pohonnya” atau perumpamaan “bila bergaul dengan tukang minyak wangi, maka kamu juga akan kecipratan wanginya walaupun sedikit”?

Ya, kedua kata itu kurang lebih menggambarkan bagaimana sebuah kepribadian di dalam diri seseorang terbentuk. Agar lebih jelas baiknya kita perlu memahami pengertian dari kepribadian itu sendiri.

Mengacu dari pengertian britannica.com, kepribadian sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah cara berpikir, perasaan, dan perilaku yang khas. Lebih lanjut, hal-hal ini mencakup suasana hati, sikap, pendapat dan ekspresinya dalam interaksi dengan orang lain.

Hal-hal yang melekat dalam kepribadian seseorang mencakup karakteristik perilaku, baik itu yang berupa bawaan maupun sifat yang diperoleh setelahnya. Sifat ini membedakan satu orang dari orang lain. Ini juga dapat diamati dalam hubungan seorang dengan lingkungan dan kelompok sosial.

Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk membentuk karakter atau kepribadian yang baik.

1.      Mengenali diri Sendiri Secara Lebih Dalam

Sebelum kamu berusaha untuk membentuk kepribadian yang baik, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Sebab acuan dari segala tindakan kita sebagian besar berasal dari dalam diri. Sebagai permulaan, kamu bisa memikirkan mengenai hal-hal filosofis mengenai hidup.

Contohnya, adalah apa tujuan hidup Anda, mengapa Anda harus tetap hidup, mengapa kita harus bersikap baik, dan berbagai pertanyaan lainnya. Lalu kaitkan dengan segala kekurangan maupun kelebihan dari diri Anda. Dengan begitu, Anda pun menjadi lebih mantap untuk senantiasa memiliki kepribadian yang baik.

2.      Mulai Mencoba Membentuk Berbagai Kebiasaan Baik

Setelah Anda melihat diri sendiri secara lebih mendalam beserta kekurangan dan kelebihannya, mulailah untuk membentuk berbagai kebiasaan. Tentunya ini adalah kebiasaan yang bisa mengarahkan Anda pada kebaikan. Kebiasaan yang baik bisa menjadi landasan untuk membentuk karakter positif pada dalam diri.

Ada berbagai bentuk kebiasaan yang bisa Anda lakukan. Mulailah dari yang termudah terlebih dahulu. Misalnya saja membiasakan untuk mengucapkan terima kasih, bangun pagi, atau berolahraga. Yang terpenting adalah bahwa Anda harus berusaha tetap konsisten untuk melakukan kebiasaan baik tersebut sehari-hari.

3.      Bergaul dengan Orang-orang yang Bisa Memberikan Dampak Positif

Seperti mengenai peribahasa atau perumpamaan yang sudah artikel ini berikan sebelumnya, cobalah bergaul dengan orang-orang dengan kepribadian yang baik pula. Hal ini bisa sangat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sebab terkadang perubahan juga bisa berasal dari luar diri.

Anda bisa mencontoh perilaku yang sekiranya mereka tunjukkan ketika bergaul. Perhatikan pola-pola atau kebiasaan hidup yang sekiranya membuat hidup mereka terlihat positif. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan perbincangan pada mereka mengenai bagaimana membentuk karakter positif yang menguntungkan.

4.      Belajar untuk Menghargai Diri Sendiri

belajar-untuk-menghargai-diri-sendiri-Qnet

Photo by Giulia Bertelli on Unsplash

Membentuk karakter positif dalam diri kita memang bukanlah sebuah hal yang instan. Terkadang kita bisa berhenti di tengah jalan, kehilangan konsistensi, atau bahkan terjerumus ke dalam kebiasaan buruk yang sebelumnya sudah ingin kita hilangkan. Meskipun niat kita sudah bulat, terkadang hambatan bisa saja terjadi.

Tapi kamu tidak perlu cemas. Kejadian seperti ini adalah sebuah hal yang wajar dalam perubahan. Sebab hidup merupakan sebuah proses, begitu pula perjalanan kita untuk memiliki kepribadian yang baik. Tetaplah hargai perjuangan Anda apapun kelemahan diri atau rintangan yang menghambat untuk menuju kebaikan.

5.      Mencari Ilmu Sebanyak-banyaknya

Untuk membantu Anda memiliki kepribadian yang baik, perluaslah wawasan Anda. Sebab ilmu adalah jendela dunia. Ilmu dalam hal ini tidak hanya seputar mengenai hal-hal akademik atau pengetahuan umum saja saja. Carilah juga ilmu yang berkaitan dengan nilai hidup dan spiritual yang dapat mengarahkan pada hal positif.

Keluasan dan kedalaman pengetahuan bisa membuat Anda melihat berbagai sisi perspektif kehidupan. Terkadang apa yang kita anggap baik pun belum tentu bisa benar-benar baik bagi orang lain. Anda bisa membaca buku, membuka konten atau tayangan positif, atau mengobrol dengan orang lain.

6.      Menghargai Perbedaan Apapun dalam Hidup

Manusia adalah makhluk yang dikaruniai oleh berbagai perbedaan yang semestinya kita hargai satu sama lain. Meskipun hal itu bertentangan dengan apa yang kita percayai. Bukan berarti segala perbedaan tersebut menjadi penghambat bagi kita. Sebenarnya, hal seperti itu bisa menjadi pelengkap atau membuka perspektif baru.

Dengan menghargai perbedaan, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih bijak dalam melihat permasalahan. Contohnya bila Anda melihat anak jalanan yang nakal. Cobalah melihat perspektif bahwa mereka hidup seperti itu karena kurangnya perhatian orang tua atau ekonomi yang terpaksa membuat mereka seperti itu.

7.      Carilah Motivasi Hidup atau Kata-kata yang Membangkitkan

Pada poin sebelumnya sudah disinggung bahwa terkadang tahap Anda untuk membentuk kepribadian yang baik terkadang penuh rintangan. Proses untuk menuju kebaikan memang tidak selalu mulus. Namun tidak perlu ikut tenggelam dalam permasalahan yang Anda hadapi.

Carilah berbagai motivasi yang sekiranya berkaitan dengan masalahmu dan bisa membangkitkan semangat Anda. Motivasi ini bisa Anda temukan dalam berbagai bentuk, entah itu dari konten yang Anda dapatkan dari internet atau orang terdekat. Ingatlah bahwa melampiaskan permasalahan dengan hal yang buruk bukan hal baik.

8.      Perbaiki Masa Lalu untuk Melihat Ke Depan

Segala tindakan buruk yang sebelumnya sudah Anda lakukan pada masa lalu bukan merupakan hal yang harus Anda sesali secara mendalam. Cukup berjanji secara sungguh-sungguh kepada diri sendiri untuk tidak mengulanginya. Karena menyesalinya secara terus menerus pun tidak ada gunanya.

Satu poin yang paling penting adalah Anda harus menjauhi faktor atau pemicu yang bisa membuat Anda mengulanginya. Selain itu, bulatkan tekad untuk menjadi seseorang yang bisa berdampak baik bagi orang banyak. Jadikanlah masa lalu yang Anda alami sebagai hikmah untuk kehidupan di masa depan.

9.      Lakukan Pengendalian Diri

Meskipun Anda sudah mulai merasa konsisten untuk menjadi pribadi yang lebih baik, namun tetaplah ingat kalau Anda bisa saja melakukan hal yang buruk. Di sisi lain, apa yang Anda lakukan kepada orang lain juga belum tentu dipandang sebagai kebaikan. Meskipun Anda sudah menganggapnya itu tidak merugikan.

Oleh sebab itu, lakukanlah pengendalian pada diri Anda supaya tidak keluar jalur dari tujuan untuk menjadi orang dengan kepribadian baik. Anda tetap harus berpikir sebelum bertindak di situasi apapun. Setidaknya dengan kontrol yang Anda miliki, Anda bisa menimbang-nimbang kata atau sikap apa yang ingin Anda tunjukkan.

10.  Berusaha Untuk Hidup dengan Disiplin

Disiplin dalam hidup adalah hal yang wajib Anda terapkan. Sebab sikap disiplin merupakan salah satu dasar dari kepribadian yang baik. Kedisiplinan ini harus Anda terapkan baik dalam kehidupan sosial maupun pada urusan pekerjaan. Tanamkan ini sebagai acuan untuk menciptakan kebaikan.

Salah satu contoh dari hal yang masih kerap jadi permasalahan di Indonesia adalah masalah ketepatan waktu ketika berjanji dengan orang lain. Usahakanlah agar kamu menjadi orang yang tepat waktu bila memungkinkan. Sikap disiplin yang Anda terapkan ini juga bisa membuat Anda memiliki reputasi yang baik di mata orang lain.

11.  Mendalami Kepercayaan yang Anda Anut

Kepercayaan yang Anda anut entah itu agama, budaya, ataupun nilai-nilai moral di masyarakat pastinya mengajarkan sesuatu yang mengarahkan pada kebaikan. Sehingga segala manusia di masyarakat bisa bermanfaat bagi orang banyak serta bisa menjadi contoh atau teladan yang baik bagi sesama

Apapun itu yang Anda percaya, cobalah untuk mendalami nilai-nilai atau prinsip yang sudah diajarkan. Misalnya bila anda orang Jawa, carilah berbagai referensi atau literatur mengenai falsafah kebudayaan Jawa. Bila Anda sudah memiliki banyak pengetahuan akan hal tersebut, terapkanlah kepada sesama manusia.

12.  Memiliki Prinsip Hidup yang Kuat

Hidup yang Anda jalani harus didasari dengan prinsip yang kuat. Dasar dari segala tindakan yang Anda lakukan juga pastinya berdasarkan pada prinsip. Selain itu, pastikanlah bahwa prinsip yang Anda jalani merupakan prinsip yang baik. Sehingga apapun kebaikan yang Anda niatkan akan selalu memiliki manfaat.

Membentuk karakter yang kuat juga berangkat dari prinsip yang kuat. Sebagai contoh, Anda memiliki prinsip untuk tidak mencuri hak orang lain. Bila kedepannya Anda berkesempatan untuk memegang jabatan tinggi, Anda tidak bisa bersikap semena-mena. Berbagai bisikan-bisikan buruk setidaknya bisa Anda hilangkan.

13.  Jangan Pernah Berhenti Belajar untuk Menjadi Lebih Baik

Perlu Anda ingat bahwa manusia adalah makhluk pembelajar. Masa kita untuk mempelajari sesuatu tidak hanya berhenti setelah kita menamatkan pendidikan atau saat hendak berbisnis saja. Namun, sepanjang hidup kita harus terus senantiasa belajar dan belajar.

Teruslah mempelajari berbagai hal dunia ini, orang lain, dan pastinya diri sendiri. Segala sesuatu terkadang memiliki sifat yang dinamis, termasuk dengan kepribadian dan nilai-nilai. Oleh karena itu, janganlah berhenti untuk belajar agar sepanjang hidup Anda tetap jadi individu yang bermanfaat bagi sendiri dan orang lain.

Itulah cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk membentuk karakter positif sehingga bisa memiliki kepribadian yang baik. Pembentukan karakter yang baik memang bukan sesuatu yang dalam sekejap bisa Anda terapkan. Tetapi setidaknya Anda harus tetap senantiasa konsisten untuk melakukannya.

Semoga ke depannya Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa menjadi contoh bagi banyak orang, ya. Tetaplah semangat untuk menebar kebaikan pada sesama.

Baca Selengkapnya: Kunci Dalam Mencapai Kesuksesan

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini