Bisnis QNET-Mengenal Bisnis QNET Lebih Dalam-qnet

Bisnis QNET itu apa sih? Apakah benar QNET bisnis dapat membuat pelaku bisnisnya cepat kaya? Ataukah ini hanya akal-akalan money game dan penipuan seperti sebuah sistem piramida atau skema Ponzi?

Ketertarikan masyarakat pada bisnis QNET memang tak pernah surut. Berita QNET seakan tak pernah sepi Wajar saja, mengingat QNET merupakan salah satu perusahaan direct selling dengan pertumbuhan terbesar di Indonesia. Bahkan, di tingkat dunia, QNET termasuk Top 100 perusahaan direct selling dengan revenue mencapai 495 juta USD di 2019. Lalu, seperti apakah bisnis QNET yang mampu menarik perhatian ini?

QNET, Perusahaan Direct Selling tingkat Dunia

QNET merupakan sebuah perusahaan yang menggunakan model penjualan langsung dalam memasarkan dan mendistribusikan produknya. Sebagai perusahaan yang telah berdiri selama 22 tahun, QNET telah menjelma menjadi perusahaan penjualan langsung internasional yang sukses. Indikatornya dapat dilihat dari tingkat revenue yang stabil di atas 400 juta USD selama 5 tahun berturut-turut.

Bisnis Qnet: Mengenal Bisnis Qnet Lebih Dalam - Qnet

Ini menempatkan QNET sebagai perusahaan penjualan langsung dengan pertumbuhan stabil 4% per tahun. Konvensi virtual QNET yang diselenggarakan September 2020 lalu di tengah pandemi bahkan dihadiri lebih dari 200.000 tenaga penjual. Semuanya tersebar di lebih dari 50 negara di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, QNET baru saja meluncurkan kantor resminya yang ketiga di Surabaya September lalu. Ini melengkapi 2 kantor sebelumnya yang berada di Bali dan Jakarta. Meresmikan kantor baru di tengah ekonomi terdampak pandemi ini tentu menggambarkan potensi besar di industri direct selling Indonesia.

Sistem Bisnis QNET: Direct Selling (Penjualan Langsung)

Misi QNET adalah untuk berkontribusi pada komunitas global melalui penerapan prinsip RYTHM (Raise Yourself to Help Mankind) dalam keseharian. Hal ini dapat terwujud dengan membantu individu untuk meraih impian dan menjalani hidup yang lebih baik. Caranya dengan menyediakan kombinasi dari kesempatan bisnis dan produk perbaikan kualitas hidup yang unggul.

Untuk memenuhi faktor pertama, kesempatan bisnis dan usaha yang sama bagi setiap orang, QNET memilih sistem penjualan langsung. Baik untuk sistem pemasaran maupun distribusinya. Direct Selling merupakan salah satu metode pemasaran yang bersifat spesifik dan tertarget dengan pendekatan person to person. Metode penjualan langsung ini mendorong tenaga penjual untuk memasarkan langsung ke konsumen, tanpa melalui perantara.

Dengan pendekatan yang personal, diharapkan konsumen dapat benar-benar mengerti nilai dan manfaat produk yang dijual tersebut. Karena fungsi penting tenaga penjual sebagai bentuk perwakilan dari QNET langsung, maka QNET menyebutnya sebagai Independent Representative (IR).

Perbedaan Sistem Direct Selling QNET Dengan Penjualan Konvensional

Sistem pemasaran dan penjualan konvensional memerlukan biaya pemasaran dan beberapa lapis distribusi belum sampai ke tangan konsumen. Untuk pemasaran konvensional, perusahaan akan membutuhkan biaya iklan yang sangat besar. Belum lagi untuk tenaga marketingnya. Biaya ini dapat mencapai 10-20% dari harga jual produk yang dibayarkan oleh konsumen. Selain iklan, faktor distribusi juga memegang peranan penting dalam penentuan harga produk sampai ke tangan konsumen.

Sistem penjualan konvensional akan menggunakan jalur distributor > agen > pedagang besar > pedagang kecil > konsumen. Lebih ataupun kurangnya, bagian middle agent selalu ada dalam jalur distribusi konvensional. Ini membuat harga produk sampai ke tangan konsumen dalam harga yang cukup mahal. Karena setiap lapis distribusinya tentu akan mengambil keuntungan dalam perdagangan tersebut.

Keuntungan yang terbagi dalam jalur tersebut, jika diakumulasikan dapat mencapai 20-30% dari harga jual ke konsumen. Dan semua keuntungan tersebut hanya dinikmati oleh penyedia layanan iklan atau distributor dan pedagang. Konsumen hanya mendapatkan manfaat produk tanpa mendapatkan keuntungan finansial.

Keuntungan Sistem Penjualan Langsung Bisnis QNET

Bisnis QNET, dengan sistem penjualan langsung, memangkas jalur pemasaran dan distribusi tersebut sehingga dari QNET langsung ke konsumen. QNET dalam hal ini diwakili oleh IR (Independent Representative) dalam mengedukasi pelanggan tentang nilai dan manfaat produk QNET.

Sebagai balas jasa dalam perannya yang merangkap pemasar dan distributor, IR QNET mendapatkan komisi dari perusahaan. Nilai komisi ini tentu cukup besar mengingat banyak peran dari struktur penjualan konvensional yang digantikan. Jadi jika dalam sistem penjualan konvensional keuntungan finansial utama didapat oleh penyedia iklan dan distributor, tidak demikian halnya di QNET.

Dengan sistem penjualan langsung, pelanggan dapat merangkap sebagai konsumen dan IR. Sehingga tidak hanya nilai dan manfaat produk, pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan finansial yang menarik. Keuntungan ini diberikan dalam bentuk komisi, reward, bonus, dan lain-lain dengan syarat yang sebanding dengan upaya pemasaran.

Pada tahun 2019 saja, QNET global telah membayarkan komisi hingga 173,25 juta US dollar kepada para IR-nya. Alias, sebanyak 3,33 juta US dollar komisi per pekannya. Ini menempatkan QNET sebagai Top 100 perusahaan direct selling terbesar di dunia dan Top 50 perusahaan penjualan langsung terbesar di Asia.

Cara Mendapatkan Komisi Dalam Bisnis QNET

Seperti halnya dalam bisnis lain, sebagai tenaga pemasar, IR mendapatkan skema kompensasi yang kompetitif atas usahanya mewakili QNET. Skema ini diberikan dalam bentuk komisi, reward, atau bonus dengan skema yang fair dan adil sesuai upaya IR tersebut.

Bisnis Qnet: Mengenal Bisnis Qnet Lebih Dalam - Qnet

Untuk itu QNET menggunakan istilah business volume (BV) untuk menunjukkan besar volume penjualan para IR-nya. Komisi yang diberikan QNET nantinya sesuai dengan besar point BV yang berhasil dijual oleh IR tersebut. Untuk mendapatkan komisi dalam bisnis QNET, ada 6 cara atau 6 jenis komisi:

1. Laba Eceran (Retail Profit)

Laba eceran atau ritel berasal dari selisih harga penjualan produk untuk konsumen dengan harga diskon khusus IR. Sebagai IR, Anda akan mendapatkan diskon khusus pembelian produk dengan besar mencapai 20%. Harga khusus dengan diskon ini dapat berlaku baik untuk penjualan ke konsumen maupun pembelian untuk pemakaian pribadi.

2. Komisi Langkah (Step Commission)

Komisi langkah merupakan bentuk penghargaan QNET atas upaya IR dalam membentuk tim penjualan dan melakukan edukasi bisnis. Karena ini merupakan apresiasi atas tim penjualan, maka untuk mendapatkannya, Anda perlu membentuk tim penjualan terlebih dahulu.

Anda dapat membentuk tim penjualan dari 2 IR yang telah memiliki kualifikasi atau memenuhi syarat. Kualifikasi atau syarat yang dimaksud adalah telah melakukan pembelian sesuai dengan minimal BV yang ditentukan. Model ini menjadi contoh jaringan pemasaran yang fair dan adil untuk pemasar. Sehingga hasil yang didapat akan sesuai dengan effort yang dikeluarkan.

Bonus step commission dari QNET bisa didapatkan jika pada salah satu tim penjualan mendapatkan minimal 3000 BV. Besar komisi ini mulai dari 200 USD hingga maksimum 525 USD per pekan. Semakin besar tim penjualan Anda, tentu semakin mudah mencapai minimum BV yang dibutuhkan.

3. RSP (Repeat Sales Points)

RSP di Qnet berarti Repeat Sales Points, yang merupakan poin yang didapat dari pembelian ulang oleh Anda maupun tim penjualan. Seperti namanya, poin ini hanya diberikan saat Anda melakukan pembelian berulang. Anda perlu mempertahankan keaktifan dan peringkat Anda dengan melakukan pembelian secara rutin.

Dengan sistem poin pembelian berulang ini, QNET menjadi contoh jaringan pemasaran yang stabil dan bertahan selama dari 22 tahun. Sesuai peringkat, total RSP Anda dapat dijumlahkan bersama dengan RSP Anda. Mulai dari 4 level  untuk peringkat Bronze hingga level untuk peringkat Diamond.

4. Peringkat Bulanan

Peringkat bulanan akan mempengaruhi komisi RSP dan apresiasi lainnya. Selain dari komisi RSP, bentuknya dapat berupa penghargaan dalam konvensi di atas panggung, tiket liburan gratis, dan lain-lain.

5. Bonus Pemeliharaan Peringkat

Mempertahankan peringkat bulanan selama 6 bulan berturut-turut akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan bonus. Bonus pemeliharaan peringkat diberikan dalam bentuk tunai yang nominalnya sangat memuaskan.

6. Insentif Sepanjang Tahun

Semakin Anda mampu berprestasi sepanjang tahun, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan imbalan, poin, dan insentif. Bentuknya dapat berupa promosi produk reguler, wisata, ataupun insentif tunai.

Keseluruhan komisi dan bonus tersebut merupakan bentuk penghargaan QNET atas kerja keras para Independent Representatives. Ini juga menunjukkan bahwa kemajuan QNET berkorelasi secara langsung dengan peningkatan kesejahteraan hidup para IR.

Produk Unggulan Qnet

Untuk melengkapi dari kesempatan bisnis yang luar biasa ini, QNET juga menghadirkan produk-produk pilihan dalam menjalankan misi RYTHM-nya.

Terdapat puluhan produk terpilih yang terbagi dalam 8 kategori utama:

  1. Liburan
  2. Kesejahteraan menyeluruh
  3. Jam tangan dan perhiasan
  4. Rumah dan kehidupan
  5. Pendidikan
  6. Kesehatan
  7. Perawatan Diri
  8. Teknologi

Bisnis Qnet: Mengenal Bisnis Qnet Lebih Dalam - Qnet

  • Liburan

Produk QNET dalam kategori liburan QNET hadir dalam bentuk QVI Tripsavr, QVI Club, dan QVI Breaks. Masing-masing memberikan Anda atau klien Anda kesempatan untuk memanjakan diri di destinasi wisata terbaik di dunia.

Ada ribuan hotel, ratusan moda transportasi, beserta guide terbaik jika dibutuhkan. Yang terbaik, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan sembari melaksanakan liburan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat produk QNET terbaik bahkan saat sedang liburan.

  • Kesejahteraan Menyeluruh

Kategori kesejahteraan menyeluruh merupakan lini produk QNET yang mendorong dan memperbaiki kesehatan Anda secara holistik. Kategori ini hadir dalam bentuk Amezcua Biodisc, Biolight, Chi pendant, dan E-guard. Masing-masing memiliki manfaat secara ilmiah dalam memperbaiki profil energi tubuh dan kesehatan Anda.

  • Jam Tangan dan Perhiasan

Lini jam tangan dan perhiasan menampilkan produk terpilih dari Bernard H Meyer dan Brook & Blaze asal Swiss. Produk pilihan tersebut menghadirkan nuansa mewah dan elegan yang memancarkan sinar kebangsawanan dalam diri pemakainya.

  • Rumah dan Kehidupan

Produk QNET dari lini rumah dan kehidupan merupakan produk-produk yang didesain khusus meningkatkan kualitas hidup keluarga. Menghadirkan air dan udara yang bersih, segar, dan menyehatkan secara sempurna merupakan nilai unggul dari manfaat produk QNET ini.

  • Pendidikan

Lini pendidikan QNET menghadirkan produk-produk pendidikan yang berfokus pada pengembangan diri dan bisnis. Kursus bersertifikasi ini memberikan Anda bekal pengetahuan yang luas, mendalam, dan dapat diaplikasikan dalam bisnis. Sehingga baik pribadi maupun bisnis, Anda dapat bersaing secara kompetitif.

  • Kesehatan

Kategori produk kesehatan QNET merupakan produk nutrisi dan suplemen kesehatan yang diformulasikan secara khusus.

Manfaat produk QNET dari lini kesehatan ini mencakup:

  1. penguatan sistem imun dan kekebalan tubuh;
  2. pengelolaan berat badan yang efektif, efisien, dan aman untuk kesehatan
  3. peningkatan profil kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  • Perawatan Diri dan Kecantikan

Produk kecantikan QNET merupakan produk khusus yang didesain untuk merawat tubuh Anda secara menyeluruh dan sempurna. Produk paling populer dari lini ini adalah Physio Radiance yang merawat kecantikan dan kemudaan kulit secara aman dan sempurna.

  • Teknologi

Lini teknologi QNET menghadirkan direktori video pelatihan bisnis dan motivasi yang luar biasa lengkap. Ini meliputi semua yang Anda butuhkan untuk sukses dalam bisnis, terutama bisnis penjualan langsung. Semua manfaat produk QNET maupun benefit dari sistem penjualan langsung ditujukan untuk membawa kebaikan dalam kemanusiaan.

Karena itu nilai-nilai dari RYTHM diharapkan selalu menjadi pedoman para IR dalam menjalankan bisnis yang profesional dan bermartabat. Demikian ulasan bisnis QNET secara lengkap mulai dari sistem, komisi, dan produk QNET serta manfaatnya. Jadilah bagian dari solusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan keseluruhan sekarang juga.