Memelihara kesehatan gigi dan mulut terutama pada anak-anak membutuhkan pengawasan dari orang tua terutama seorang ibu. Minimnya perhatian pada perawatan gigi di keluarga contohnya pada anak-anak disaat memasuki usia prasekolah akan mengakibatkan resiko anak mengalami karis cukup tinggi. Beberapa masalah yang seringkali ditemui di usia anak-anak umumnya muncul, karena kurangnya edukasi dari orang tua. Mari kita simak beberapa masalahnya diantaranya seperti:

1. Gigi berlubang
Gigi berlubang biasanya disebabkan karena tidak rutin menyikat gigi. Orang tua biasanya suka membiarkan anaknya kalau mereka tidak mau sikat gigi sehabis makan atau sebelum tidur. Ini harus dihindari dan jika hal ini dibiarkan terlalu lama maka gigi akan mudah berlubang. Oleh karenanya orang tua harus ibu harus lebih rajin mengingatkan anak untuk untuk mnyikat gigi.

2. Masa peralihan gigi susu yang tak sempurna
Masa peralihan gigi susu ke gigi permanen pada anak dimulai pada usia enak tahun
Jika hal ini terlalu lama dibiarkan maka gigi akan mudah berlubang. Oleh karenanya orang tua harus lebih rajin mengingatkan anaknya untuk menyikat gigi. Tak cuma itu, orang tua juga seharusnya bisa menjadi role model bagi anak-anaknya agar mau menyikat gigi. “Pada usia ini masalah yang sering muncul adalah gigi susu yan gmasih ada tapi gigi permanennya sudah tumbuh,” katanya. “Giginya pun jadi dobel.” Hal ini menyebabkan gigi permanen terjepit dan tumbuh beraturan.

3. Gusi bengkak
Gusi bengkak bisa disebabkan karena banyak hal. Diantaranya karena gigi berlubang atau karena akar gigi susu yang tertinggal. Namun penyebab yang umum terjadi adalah karena akar gigi susu yang tak dicabut sempurna dan menyebabkan gusi membengkak.

Tenyata dari hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara pengetahuan dengan sikap, merupakan faktor penting dalam membentuk sikap seseorang sehingga ibu dengan pengetahuan yang baik maka sikap ibu dalam perawatan gigi anak akan positif.

Selanjutanya cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi keluarga anda maka penting bagi ibu untuk mengetahuinya untuk lebih jelasnya mari kita simak tips berikut ini:

1) Biasakan Sikat Gigi Sebelum Tidur
Kita pasti dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari; Bangun pada dan sebelum beranjak tidur. Sikat gigi sebelum tidur ternyata menghilangkan kuman dan plak pada gigi yang menumpuk sepanjang hari. Dianjurkan juga untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.

2) Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras
Salah satu tujuan sikat gigi adalah menghilangkan plak gigi, Namun, jika kamu menyikat gigi terlalu keras, gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya gigi akan jadi lebih sensitif. Selain itu, cara sikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang dapat berakibat pada gingivitis (peradangan gusi). Menguatkan gigi haruslah dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi, Biasanya, lama durasi yang efektif untuk sikat gigi adalah sekitar dua menit. `

3) Gunakan Pasta Gigi Yang Tepat
Untuk menentukan pilihan yang tepat dalam menggunakan pasta gigi yang tepat bagi keluarga kita harus memastikan bahwa mereka mendapatkan keuntungan seperti :
• Membantu menyembuhkan infeksi jaringan di sekitar gigi, yang bisa menyebabkan peradangan pada gusi
• Menyingkirkan racun pada gigi akibat pengunaan amalgam, konsumsi rokok, serta obat-obatan
• Memerangi kasisiasis, gingivitis dan infeksi mulut lainnya

Salah satu yang terdapat dalam kandungan Prospark yang mengandung asam amino komplit ekslusif dan sudah terbukti secara ilmiah – Glycine, L Glutamine, dan L-Cyctein yang diperlukan untuk menghasilkan produksi glutathione tertinggi yang merupakan antioksidan utama, peningkat kekbelana tubuh, serta pembasmi racun. Dengan ekstrak mimba dan garam batu, Prospark penting untuk kesehatan gigi dan gusi optimum.

4) Minum Lebih Banyak Air
Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan anda secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut karena aktifitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negative dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi Anda.

5) Batasi Konsumsi Makanan Yang Manis dan Asam
Anda mungkin seringkali mendengar nasihat “ Jangan banyak makan-makanan manis, nanit giginya bolong.” Ternyata kita memang tidak boleh sembarangan membantah nasehat orang tua. Makanan manis dan asam akan idubah menjada asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat mengeorgoti enamel gigi anda. Asam inilah yang menyebabkan gigi anda cepat berlubang. Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu hanya perlu membatasi konsumsinya.

6) Makan-makanan Yang Bergizi
Sama halnya dengan air, makan-makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut kamu. Makan makanan yang bergizi- termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, dan produk susu – dapat memberikan semua nutrisi yang kamu butuhkan. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa omega-3 lemak – jenis lemak sehat dalam makanan laut dapat mengurangi resiko peradangan, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit gusi.

Dengan menggunakan sistem serapan yang sudah dipatenkan di AS, pasta gigi ProSpark memastikan tingkat penyerapan glutathione tertinggi, yang merupakan antioksidan utama, peningkat kekebalan tubuh, serta pembasmi racun. Dengan ekstrak Mimba dan garam batu, Prospark penting untuk kesehatan gigi dan gusi optimum.

Manfaat utama ProSpark:
• Membantu menyembuhkan infeksi jaringan di sekitar gigi, yang bisa
menyebabkan peradangan pada gusi
• Menyingkirkan racun pada gigi sebagai akibat penggunaan amalgam, konsumsi
rokok, serta obat-obatan
• Memerangi kandidiasis, gingivitis, dan infeksi mulut lainnya
• Memulihkan mineral gigi
• Gigi lebih bersih dan cerah
• Napas yang lebih segar

[Pramavita]